free page hit counter
peluang usaha digital

25+ Peluang Usaha Digital yang Belum Banyak Pesaing

Pada zaman yang serba dengan teknologi ini, banyak manfaat yang akan didapatkan. Salah satunya yaitu untuk membuka sebuah peluang usaha digital. Sekarang ini bisnis bisa dijalankan melalui jalur online. Jadi, tentunya akan lebih mudah dioperasikan serta lebih praktis.

Sudah banyak yang menjalankan ide bisnis dalam bentuk digital, tentunya dengan berbagai model sesuai dengan minatnya. Namun, ada pula yang belum mengerti dalam bentuk apa bisnis digital tersebut. Jadi, banyak juga yang enggan untuk mencobanya.

Padahal, apabila dijalankan dengan konsisten akan menjadi peluang usaha digital yang menjanjikan. Hanya bekerja di depan komputer saja, sudah bisa menghasilkan penghasilan tambahan. Berikut akan dipaparkan beberapa contoh bisnis digital:

1. Bisnis Afiliasi

Peluang usaha digital yang pertama yaitu bisnis afiliasi atau orang yang menjalankan bisnis tersebut disebut dengan afiliator. Tak banyak orang yang tahu mengenai bisnis yang satu ini, karena memang belum banyak yang meminatinya.

Padahal, hasilnya cukup menguntungkan dan lumayan juga. Tugas dari afiliator hanya memasarkan produk dari suatu platform. Sekarang ini sudah banyak platform yang menyediakan bisnis tersebut. Seperti Shopee, TikTok, serta platform lainnya.

Dari hasil pemasaran tersebut, afiliator akan memperoleh sejumlah keuntungan. Seorang afiliator hanya menyematkan tautan dari produk tersebut pada sebuah postingan. Kemudian jika ada yang tertarik dengan tautan tersebut, afiliator akan mendapatkan keuntungan.

2. Joki Game

Bagi yang suka bermain sebuah game, bisa memanfaatkan hal tersebut sebuah ladang bisnis yang menjanjikan. Apalagi, jika sudah jago dalam satu permainan maka bisa memanfaatkan satu game tersebut sebagai sumber penghasilan.

Tidak semua orang bisa menjadi seorang joki game, karena belum tentu menguasai permainan tersebut. Menjadi seorang joki harus menguasai teknik serta karakter dari sebuah permainan. Nah, kemudian joki harus mempromosikan kemampuannya tersebut di sosial media.

Biasanya, banyak yang berminat dengan jasa joki ini. Tugas dari joki adalah memainkan akun dari orang lain untuk menaikkan level permainannya. Kemudian, jika berhasil naik level sesuai dengan keinginan pemesan. Maka, akan mendapatkan sejumlah keuntungan yaitu uang.

3. Bisnis Jasa Voice Over

Untuk yang mempunyai suara yang khas atau memiliki sebuah karakter sepertinya wajib mencoba peluang usaha digital yang satu ini. Bisnis tersebut yaitu menjadi seorang voice over yang sekarang ini banyak diperlukan pada beberapa perusahaan.

Di sebuah perusahaan biasanya membutuhkan seseorang yang mempunyai suara yang berkarakter untuk mempromosikan produknya. Baik itu untuk iklan, animasi, atau pun di sebuah radio.

Tentunya akan sangat mudah sekali bagi yang memiliki bakat suara emas dari lahir. Bagi yang merasa memiliki suara yang berkarakter, maka bisa langsung mencoba bisnis digital ini. Bisa dengan menawarkan jasa ke beberapa perusahaan yang memang membutuhkan.

4. Blogger

Bisnis digital yang selanjutnya yaitu bisa menjadi seorang blogger atau membuat sebuah blog. Sepertinya tidak banyak yang tertarik untuk menggeluti bisnis ini. Karena, banyak yang berpikir jika tidak bisa menghasilkan.

Padahal, apabila sudah membuat sebuah blog dalam kurun waktu tertentu bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan. Lalu diperoleh dari mana keuntungan tersebut? Biasanya jika blog tersebut menarik, maka akan banyak yang memasang iklan.

Nah, jika menguasai dalam bidang kepenulisan maka bisa mencoba bisnis ini. Tetapi, harus membuat tulisan atau konten yang menarik serta unik. Supaya, banyak yang mengunjungi blog tersebut dan bahkan bisa menjadi pelanggan dari blog-nya.

5. Bisnis Membuat Aplikasi

Peluang yang selanjutnya yaitu dengan membuat sebuah aplikasi, bisnis ini cocok sekali bagi yang menguasai bidang teknologi. Apalagi, sekarang banyak yang membutuhkan sebuah aplikasi untuk memudahkan suatu pekerjaan.

Kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan bagi yang berbakat dalam bidang ini. Untuk jenis aplikasinya bisa dalam berbagai hal. Misal, aplikasi untuk hiburan seperti sebuah permainan sederhana. Bisa juga dengan membuat aplikasi yang saat ini paling dibutuhkan.

Melalui pembuatan aplikasi tersebut bisa dimasukkan ke dalam Play Store. Apabila banyak yang tertarik, maka akan menghasilkan cuan yang tidak sedikit. Tentunya akan membuat si pembuat aplikasi tambah bersemangat untuk melanjutkan bisnis ini.

6. Jasa Content Writer

Bagi yang mempunyai waktu luang lebih dan berbakat dalam bidang menulis bisa mencoba bisnis yang satu ini, yaitu menjadi content writer atau penulis konten. Tugasnya yaitu menulis sebuah konten untuk suatu perusahaan atau bidang jasa tertentu.

Saat ini, bisnis tersebut sangat menjanjikan sekali dan sangat dibutuhkan. Tetapi, masih sepi untuk peminatnya. Padahal, apabila konsisten dalam menjalankannya bisa memperoleh penghasilan tambahan yang lumayan.

Apalagi sekarang banyak jasa kepenulisan yang membutuhkan seorang content writer. Biasanya penulis akan disuruh untuk menulis sebuah artikel, menulis berita, menulis script, serta yang lainnya. Terlebih bisa dikerjakan dari rumah dengan jam kerja yang bebas.

7. Membuat Podcast

Apabila sedang mencari sebuah peluang usaha digital yang cukup menggiurkan, sepertinya bisa mencoba untuk membuat sebuah podcast. Apalagi yang hobi berbicara dan suka melakukan sebuah perdebatan. Cocok sekali untuk mencoba bisnis yang satu ini.

Sekarang banyak sekali sarana yang bisa digunakan untuk melakukan podcast. Seperti di Spotify, YouTube, serta sarana yang lainnya. Melalui bisnis tersebut, seseorang bisa mengambil keuntungan darinya.

Namun, harus diimbangi juga dengan konten podcast yang menarik. Bisa membicarakan sesuatu hal yang sedang hits atau sesuatu yang belum terpecahkan. Jika banyak yang mendengarkan podcast tersebut, maka akan semakin banyak keuntungannya.

8. Jasa Penerjemah

Menguasai berbagai bahasa bisa menjadi keuntungan tersendiri, karena bisa melakukan beberapa hal. Seperti bisa berkunjung ke berbagai negara tanpa bingung cara berkomunikasinya. Bahkan, bisa juga dijadikan ladang bisnis.

Saat ini banyak sekali media atau perusahaan yang membutuhkan seorang penerjemah bahasa asing. Biasanya seorang penerjemah akan dibayar untuk sekali menerjemahkan. Bisa juga apabila sudah dikontrak, tentunya akan lebih dari itu.

Pekerjaan atau bisnis tersebut bisa dijadikan sampingan yang cukup menggiurkan. Apalagi bisa bekerja sambil bersantai. Terlebih jika menerjemahkan bahasa yang dikuasai, tentunya akan lebih mudah lagi dalam mengerjakannya.

9. Bisnis Content Creator

Selain menjadi seorang content writer, seseorang bisa juga menjadi seorang content creator. Peluang usaha digital tersebut saat ini banyak sekali peminatnya. Namun, sedikit sekali yang dapat berhasil sampai puncaknya.

Walaupun, terlihat sangat mudah tetapi nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Menjadi content creator haruslah menarik dan harus berani beda dari yang lainnya. Selain itu, harus membuat konten yang menarik perhatian juga.

Biasanya, sarana yang menaungi content creator yaitu bisa di TikTok, Instagram, atau YouTube. Melalui ketiga platform tersebut, seseorang bisa berkreasi membuat sebuah konten. Nantinya, bisa mendapatkan sejumlah endorse juga dari beberapa perusahaan.

10. Bisnis Developer

Jarang yang mengetahui peluang usaha digital yang satu ini, padahal sangat menjanjikan sekali. Biasanya seorang developer bertugas untuk mengelola sebuah web, aplikasi, atau sebuah situs. Bisa juga membuat sebuah desain web yang menarik.

Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa developer ini. Biasanya ditugaskan untuk mengelola website milik perusahaan tersebut. Misal, apabila website sedang bermasalah maka yang memperbaiki developer tersebut.

Apalagi jika sudah dikenal oleh banyak perusahaan, pasti akan menjadi rebutan. Terlebih pekerjaan ini bisa dikerjakan dari rumah. Jika beruntung, biasanya akan terdapat perusahaan dari luar negeri yang membutuhkan developer tersebut.

11. Bisnis Thrift Shop

Untuk yang ingin berjualan namun bingung harus berjualan produk apa, mungkin bisa mencoba bisnis thrift ini. Di kalangan anak muda, istilah tersebut pasti sudah tidak awam lagi. Thrift shop sendiri merupakan menjual produk yang sudah bekas.

Namun, jangan salah walaupun bekas tetapi biasanya barang yang dijual impor dari luar negeri. Apalagi, barang tersebut masih bagus dan hanya terdapat lecet sedikit. Untuk harganya juga sangat terjangkau dan bisa dikatakan murah.

Bisnis ini bisa dilakukan secara online, yaitu bisa melalui sosial media atau marketplace. Biasanya untuk produknya bisa dibeli dari beberapa perusahaan yang menyediakannya. Bentuknya dalam satu paket bisa memperoleh produk atau baju dengan berbagai model.

12. Bisnis Fotografi

Hobi mengabadikan sebuah momen atau bisa dibilang hobi memotret sesuatu bisa juga menjadi sebuah peluang usaha digital. Apalagi, jika suka memotret hal random atau juga sebuah pemandangan. Tentunya hasil foto tersebut bisa dimanfaatkan kembali.

Tak banyak yang mengira bahwa banyak pula yang membutuhkan sebuah foto yang menarik. Baik itu hanya sekedar untuk pajangan, wallpaper ponsel, atau untuk bisnisnya. Nah, hal ini dapat dimanfaatkan oleh seorang fotografer untuk menjual fotonya.

Media untuk melakukan penjualan tersebut bisa melalui sebuah sosial media. Tentunya harus diimbangi juga dengan promosi yang unik. Dijamin pasti akan banyak yang tertarik jika hasil fotonya juga bagus dan sesuai dengan tren masa kini.

13. Jasa Pembuatan Website

Sebuah website sekarang banyak digunakan untuk berbagai hal, misal untuk berjualan sebuah produk. Namun, banyak yang tidak bisa untuk membuat sebuah website sendiri. Karena, membuat website ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Website akan banyak pengunjungnya jika isinya menarik. Nah, untuk membuat website yang menarik bisa menggunakan jasa pembuatan website. Sekarang ada juga layanan untuk pembuatan hal seperti itu.

Pasti akan bermanfaat sekali dan menguntungkan bagi pembuat website tersebut. Namun, si pembuat website juga harus menguasai kemampuan dalam membuat website. Karena, tidak sekedar membuat saja tetapi harus memikirkan desain serta teknik agar muncul di pencarian.

14. Jasa Kursus Online

Apabila menguasai suatu bidang tertentu, harus bisa memanfaatkan kemampuan tersebut. Jadi, kemampuan yang ada tidak akan terbuang dengan sia-sia. Terlebih jika banyak yang membutuhkan atau menguasai ilmu dari bidang tersebut.

Seseorang bisa membagikan ilmu tersebut kepada orang lain, yaitu dengan cara mengadakan sebuah kursus secara online. Karena, dengan menggunakan sistem tersebut lebih banyak jangkauannya dan banyak yang mengikuti pula.

Untuk jenis kursusnya bisa disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Misal, memiliki kemampuan memasak yang handal. Maka bisa mengadakan sebuah kursus teknik memasak melalui aplikasi Zoom. Tentunya penyampaian yang digunakan harus unik dan menarik.

15. Bisnis Toko Online

Jika mempunyai atau berjualan sebuah produk, sekarang ini bisa dipasarkan melalui media apapun. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi yang memang dikhususkan untuk berjualan. Nah, penjual bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengembangkan bisnisnya.

Melalui toko online tentunya akan lebih banyak orang yang mengetahuinya. Selain itu, pembeli atau pelanggan juga akan menjadi lebih banyak. Dengan seperti itu, bisnis akan semakin lancar dan juga semakin berkembang.

Penjual bisa mencoba berbagai platform toko online. Seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, serta yang lainnya.

Beberapa aplikasi tersebut sudah sangat terkenal. Pastinya akan membuat bisnis juga semakin dikenal banyak orang. Selain itu, bisa melalui sosial media juga seperti Facebook dan Instagram.

16. Dropshipper

Pasti banyak sekali yang ingin memulai sebuah bisnis, tetapi terhalang karena tidak ada modal. Apabila mengalami hal seperti itu, maka tenang saja. Karena, sekarang ini ada sebuah bisnis yang tidak memerlukan modal sama sekali.

Nama bisnis tersebut adalah menjadi seorang dropshipper. Tugas dari dropshipper yaitu sifatnya hanya memasarkan saja. Namun, tentunya akan memperoleh keuntungan dari hasil memasarkan tersebut. Bahkan, untuk keuntungannya bisa ditentukan sendiri.

Dropshipper tidak perlu membeli barangnya terlebih dahulu. Karena, yang akan mengirimkan barang tersebut adalah si pihak pertama. Si dropshipper tersebut hanya memasarkan dan mengambil untung dari produk tersebut.

17. Bisnis Penjualan Produk Digital

Seseorang juga bisa membuka peluang usaha digital dalam hal penjualan produk. Namun, jika biasanya menjual produk dalam bentuk fisiknya. Untuk kali ini menjual produk yang bukan dalam bentuk fisik melainkan digital.

Pasti banyak yang bertanya, apakah bisa menjual sebuah produk digital? Tentu jawabannya sangat bisa sekali. Produk digital bisa dalam berbagai bentuk, seperti video, Ebook, atau pun sebuah karya musik.

Penjualan dari produk digital tersebut sepertinya lebih menjanjikan daripada produk fisik. Karena, biasanya sebuah karya digital akan lebih dihargai dan mempunyai nilai yang lebih. Apalagi, jika produknya sampai terkenal pasti akan memperoleh royalti.

18. Konsultan SEO

Belum banyak yang mengetahui kehadiran dari pekerjaan atau bisnis yang satu ini. Karena, memang masih sangat sedikit yang menguasainya. Jadi, tentunya belum banyak yang melakukan pekerjaan yang satu ini.

Bisnis atau pekerjaan tersebut adalah menjadi seorang konsultan SEO. Apa sih SEO itu? Merupakan sebuah teknik dalam website agar situs yang dibuat dapat masuk dalam daftar pencarian di mesin pencarian.

Apabila sudah menguasai teknik tersebut, seseorang bisa menjadi seorang konsultan. Karena, sekarang ini banyak sekali yang membutuhkan jasa ini. Tujuannya adalah supaya website yang dibuat menjadi lebih banyak pengunjungnya serta masuk dalam pencarian teratas.

19. Jasa Desain Grafis

Sekarang ini banyak sekali yang membutuhkan jasa desain grafis. Peluang usaha digital ini dapat dicoba bagi yang menguasai bidang tersebut. Mungkin banyak yang menguasai bidang itu, tetapi tidak tahu bagaimana untuk menyalurkannya.

Nah, jika bingung maka bisa menyalurkannya lewat cara online. Pasti akan banyak yang tertarik dan membutuhkan jasa tersebut. Karena, jarang sekali yang bisa menguasai desain grafis dengan benar. Pasti banyak perusahaan besar yang juga membutuhkan jasa tersebut.

Cara untuk promosinya bisa dengan memberikan portofolio ke beberapa perusahaan. Bisa juga dengan cara dipasarkan ke berbagai marketplace, seperti Shopee. Mengingat sekarang banyak sekali yang mencari suatu produk atau jasa melalui Shopee.

20. Jasa Pembuatan Artikel

Jika di atas terdapat peluang usaha digital menjadi seorang content writer, maka untuk kali ini bisnis yang menaungi penulis tersebut. Masih sangat jarang sekali yang membuka usaha yang satu ini. padahal, pasti banyak website yang membutuhkannya.

Jasa atau agensi penulisan artikel ini bisa merekrut beberapa penulis yang memang handal dalam bidang kepenulisan. Bisa juga dengan dilatih terlebih dahulu, sehingga bisa menulis sesuai dengan SEO.

Selain penulis, agensi penulisan artikel juga membutuhkan seorang editor. Karena, tidak semua penulis dapat memeriksa tulisannya sendiri. Maka dari itu, editor yang profesional sangat dibutuhkan sekali dalam bisnis jasa yang satu ini.

21. Konsultan Digital Marketing

Saat ini banyak sekali yang memasarkan usahanya melalui jalur digital. Namun, banyak juga yang menggunakan teknik pemasaran yang salah. Jadi, produk pun tidak banyak terjual dan modal malah habis untuk melakukan promosi.

Peran seorang konsultan digital marketing sangat dibutuhkan di sini. Apabila menguasai dalam bidang atau ilmu tersebut. Sebaiknya, dimanfaatkan dengan sebaik mungkin agar memperoleh keuntungan yang tak sedikit.

Tugas konsultan tersebut bisa memberikan sebuah saran atau mengajari bagaimana menggunakan teknik yang benar. Tentunya akan banyak yang tertarik, karena bisa meningkatkan penjualan produknya. Jadi, pastinya akan sama-sama menguntungkan.

22. Influencer

Untuk peluang usaha digital yang selanjutnya yaitu dengan menjadi seorang influencer. Memang tidak semua orang bisa memiliki sebuah kemampuan menjadi influencer. Tetapi, tak ada salahnya jika ingin mencoba karena bisa saja beruntung.

Menjadi influencer tidak selalu harus tentang penampilan yang cantik atau tampan. Namun, harus mempunyai sebuah daya tarik yang tidak dimiliki orang lain. Selain itu, harus bisa membuat konten yang menarik dan juga unik di setiap harinya.

Tugas dari seorang influencer adalah mempromosikan suatu barang dari perusahaan yang memintanya. Tetapi, tidak sekedar itu saja namun harus bisa juga memberikan inspirasi yang baik kepada para penggemarnya. Tentunya hal tersebut tidaklah mudah dan cepat.

23. Membuat YouTube

Seseorang bisa juga mencoba peluang usaha digital yang berikut, yaitu membuat sebuah akun YouTube. Tak dapat dipungkiri, sekarang ini mungkin sudah jutaan orang yang membuat video di YouTube. Namun, pasti jarang yang bisa bertahan hingga lama.

Membuat sebuah video atau konten di YouTube bukanlah hal yang mudah. Video yang disajikan harus mempunyai sebuah pesan. Selain itu, dari segi editing-nya juga pasti harus diperhatikan. Karena, penonton akan melihat dari semua sisi.

Selain hal di atas, menjadi seorang YouTuber haruslah konsisten dan juga tidak mudah menyerah. Setiap harinya harus membuat setidaknya satu video yang menarik jika ingin cepat dikenal. Jika banyak yang menonton maka kesempatan memperoleh uang semakin besar.

24. Usaha Perpustakaan Digital

Untuk yang hobi membaca atau mengoleksi sebuah buku, mungkin bisa mencoba peruntungan yang satu ini. Peluang usaha digital ini yaitu bergerak dalam bidang perpustakaan yang berbasis digital.

Jadi, bisa dikatakan semua aktivitas perpustakaan dilakukan secara online. Jika biasanya hanya mengunjungi ruang perpustakaan yang besar serta dipenuhi dengan tumpukan buku. Sekarang bisa dilakukan di rumah dan hanya di depan perangkat ponsel maupun PC saja.

Tentunya cara yang satu ini lebih praktis dan cocok sekali bagi yang sedang malas keluar rumah tetapi ingin membaca dengan produktif. Bentuk dari perpustakaan digital bisa dibuat dalam bentuk website atau bisa juga dengan sebuah aplikasi.

Untuk mempromosikan usaha ini, tentunya harus dibarengi dengan promosi yang menarik serta tidak membosankan. Dengan seperti itu akan membuat banyak pengunjung yang tertarik dan ikut berlangganan.

25. Bisnis Penjualan Template dan Plugin

Ide peluang usaha digital yang berikutnya yaitu dengan menjual produk digital dalam bentuk template atau plugin. Ide ini bisa diterapkan bagi yang menguasai pembuatan sebuah coding. Biasanya yang membutuhkan jasa ini yaitu yang mempunyai WordPress.

Semakin meningkatnya jumlah pengunjung di situs web tersebut, maka membuat permintaan pemesanan template juga tentunya semakin besar. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai ide usaha yang baru serta tidak banyak yang mengikutinya.

Tetapi, bukan sembarangan orang yang bisa melakukan pekerjaan ini. Tentunya harus yang ahli dan profesional dalam bidang web. Karena, jika tidak tentunya akan kebingungan bagaimana cara untuk membuat template atau plugin yang benar serta dibutuhkan pelanggan.

26. Jasa Reseller

Apabila di atas ada menjadi seorang dropshipper, maka untuk kali ini yaitu peluang usaha digital menjadi seorang reseller. Kedua istilah tersebut memang masih berhubungan dengan agen penjualan, namun memiliki teknik yang berbeda.

Jika di dropshipper hanya bersifat memasarkan dan tidak perlu membeli barangnya dahulu. Beda halnya dengan reseller ini, yang harus membeli beberapa produknya terlebih dahulu. Tentunya harus mempunyai modal agar bisa membeli barangnya.

Kelebihan dari reseller ini adalah bisa mengetahui kualitas barang yang akan dijualnya kembali. Jadi, bisa diperkirakan untuk dijual kembali atau tidak. Selain itu, untuk keuntungannya juga bisa ditentukan sendiri oleh reseller tersebut.

27. Jasa Iklan Digital

Dewasa ini iklan tidak hanya bisa ditampilkan melalui media televisi atau di sebuah kertas saja. Tetapi, bisa dilakukan pula dengan cara yang lebih canggih yaitu digital. Sudah banyak platform yang menyediakan jasa iklan digital tersebut.

Sayangnya, belum banyak diketahui oleh pelaku bisnis dan ada yang mengetahui pun tidak tahu cara untuk mengiklankannya. Nah, jika menguasai dalam bidang jasa tersebut maka bisa dimanfaatkan dengan baik. Membuka jasa iklan digital akan sangat membantu sekali.

Untuk platform iklan digital bisa melalui media apa saja, bisa Google Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya. Peluang usaha digital ini pasti akan diminati oleh banyak pelaku usaha. Pasalnya, tak semua orang bisa membuat layanan iklan digital dengan benar dan menarik.

28. Admin Sosial Media

Peluang usaha digital yang terakhir yaitu menjadi seorang admin sosial media. Sekarang ini banyak sekali bisnis yang membuat sebuah akun sosial media. Tujuannya pasti sebagai sarana promosi agar produknya dapat laku terjual.

Nah, tidak mungkin seorang pemilik usaha yang sudah besar terjun langsung di sosial media. Biasanya membutuhkan seorang admin untuk mengelolanya. Kesempatan itu bisa dimanfaatkan bagi yang suka bersosial media.

Untuk tugasnya yaitu mempromosikan produk, membuat sebuah konten, melayani pelanggan, dan tugas lainnya. Peluang usaha digital yang satu ini memang tidak semudah yang dibayangkan. Karena, harus mampu mempromosikan sebuah produk dengan menarik.

Itulah berbagai macam peluang usaha digital yang bisa dijadikan ide bisnis di zaman yang sudah modern ini. Bisnis atau usaha bisa dalam berbagai bentuk apapun, termasuk dalam bentuk digital. Tentunya lebih praktis dan juga lebih menjanjikan.

Melalui media digital tersebut akan membuat banyak orang tahu mengenai bisnis atau usaha yang dijalankan seseorang. Jadi, pelanggan tidak hanya datang dari teman dekat saja tetapi bisa dari orang dari daerah manapun. Namun, yang pasti harus dijalani dengan konsisten.

Jadi, bagi yang sekarang sedang bingung untuk memulai sebuah usaha. Sepertinya bisa mencoba peluang usaha digital yang sudah disebutkan di atas. Namun, sesuaikan juga dengan kemampuan serta bakat yang dimiliki.