free page hit counter
Ide Bisnis Gurih

Ide Bisnis Gurih: 25+ Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Beberapa orang pada masa sekarang memang memilih untuk mencoba usaha yang khusus seperti berjualan makanan yang dianggap memberikan banyak keuntungan. Ditambah dengan banyaknya ide bisnis gurih yang dapat dimasukkan ke dalam daftar rekomendasi yang terbaik dan dicoba secara langsung nantinya.

Sebenarnya memang ada beberapa opsi yang paling tepat untuk dicoba jika ternyata belum memiliki pengalaman untuk membuka sebuah usaha makanan. Ditambah lagi, dengan adanya beberapa hal yang termasuk ke dalam persiapan mulai dari menentukan tempat usaha sampai harga untuk produk masing-masing.

Sebelum mengambil keputusan untuk berjualan makanan dengan rasa yang gurih, maka sebaiknya sejak awal tentukan dahulu perkiraan terkait pesaing usahanya. Namun bagi yang membutuhkan rekomendasi yang terbaik, maka bisa segera menyimak dalam uraian secara lengkap dan detail di bawah ini:

1. Makanan Cepat Saji

Untuk ide bisnis gurih yang pertama ini tentu saja sudah banyak dikenali dan mungkin beberapa kali berhasil masuk ke daftar teratas. Secara sederhana, jika memiliki ketertarikan untuk mencoba tipe usaha makanan ini, maka nantinya masih ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan oleh pengusaha.

Mungkin pada awalnya, juga banyak yang merasa ragu untuk mencoba karena dianggap memiliki banyak pesaing terutama dengan brand yang besar. Namun ada sebuah alternatif terbaik dengan memakai tempat usaha yang tidak ada di tengah kota yang bisa jadi peluang tepat.

Nantinya, jangan sampai lupa untuk menentukan juga mana makanan utama yang akan dijual ke konsumen dan mana yang dijadikan tambahan. Selain itu, penting pula untuk menentukan produk andalan yang akan ditawarkan ditambah dengan beberapa makanan ringan yang cocok sebagai pengunggah selera.

2. Cireng Aneka Rasa

Selanjutnya, ada  ide bisnis gurih yang lainnya yang jangan sampai dilewatkan untuk dicoba dan dijadikan sebagai pilihan pertama. Kali ini, ada sebuah makanan yang ternyata berasal dari daerah sekitar Jawa Barat seperti cireng yang bisa jadi peluang besar.

Walaupun begitu, setiap calon pengusaha bisa membuat sebuah siasat baru dengan membuat produk cireng aneka rasa ditambah dengan isi yang menarik. Ada yang bisa memadukannya dengan keju sebagai isi atau saosi, atau juga ditambah dengan bakso di bagian dalam dari cireng.

3. Bakso Goreng Malang

Sementara itu, mungkin sudah ada yang pernah mendengar nama dari produk usaha yang berikutnya ini karena memang termasuk populer dijual. Salah satu dari sekian rekomendasi untuk ide bisnis gurih ini bisa dijadikan sebagai pilihan tepat terutama untuk produk camilan utama.

Berbeda dengan menu bakso yang pada umumnya dijual dengan satu porsi untuk makanan berat, maka menu ini bisa untuk camilan. Selain itu, setiap orang bisa mencoba dengan menggunakan bakso dengan ukuran pada umumnya dan disajikan dengan saos khusus sesuai selera.

Tidak hanya bisa meraih keuntungan yang cukup besar tanpa harus mengeluarkan banyak modal, makanan ini juga cocok dinikmati setiap saat. Bahkan tidak hanya itu, makanan ini juga bisa dipadukan dengan menu yang lainnya seperti nasi untuk makan siang atau hanya sekedar dinikmati ketika waktu luang.

4. Siomai Mini Kering

Jika ingin sebuah  ide bisnis gurih yang jauh lebih menarik, maka bisa secara langsung mencoba produk makanan yang keempat ini. Secara garis besar, produk makanan ini bisa dibuat dengan mudah dan bahannya sama seperti halnya membuat produk siomay yang biasa.

Setiap orang yang memulai usaha ini juga bisa menentukan harga yang sesuai dengan pasar masing-masing, namun setidaknya mulai Rp2 ribu. Tidak hanya itu, produk makanan ini bisa menjadi menu yang paling tepat ketika menikmati waktu santai dengan keluarga.

5. Gurilem Asli Bandung

Ada sebuah solusi yang menarik untuk dicoba dan jangan ketinggalan terutama bagi yang memerlukan  ide bisnis gurih yang baru dan menarik. Bahkan kali ini, nantinya setiap pengusaha bisa mencoba untuk membeli produk cemilannya secara langsung saja di beberapa toko di Bandung.

Produk makanan yang mirip dengan kerupuk yang kecil dan menggoda ini bisa dibeli dengan banyak sebelum dijual lagi di toko. Terbuat dari bahan yang utama seperti tepung tapioka, produk ini bisa dibeli dengan berbagai rasa mulai dari manis tapi gurih.

6. Stick Talas Pontianak

Sebuah  ide bisnis gurih lainnya yang sangat bisa dicoba adalah dengan menggunakan produk khas Pontianak dengan rasanya yang menggugah selera. Kali ini, ada sebuah keripik berbentuk stick yang terbuat dari talas yang nantinya dapat dijual.

Tanpa harus merasa khawatir juga, setiap orang yang ingin mencoba hanya perlu membeli secara online dengan harga yang dipenuhi promo. Jangan lupa untuk membeli rasa yang dianggap paling sesuai dengan keinginan atau target khusus konsumen sebelum nanti dijual kedua kalinya.

7. Inovasi Tahu Bakso

Selanjutnya, sebuah  ide bisnis gurih yang lainnya yang patut dicoba demi bisa mendatangkan banyak keuntungan adalah dengan menggunakan tahu bakso. Tentu saja sebagian besar orang sudah tidak asing dengan produk ini apalagi banyak disukai anak muda ketika ingin mencari camilan.

Walaupun begitu, bagi yang ingin mencoba untuk menjual makanan ini, maka sebaiknya gunakan pula inovasi yang tepat demi menunjukkan keunikan. Bisa memulai dengan menambahkan isi ke dalam tahu bakso tersebut atau juga dipadukan dengan saos khusus yang aneka rasa menggoda.

8. Kerupuk Seblak Bandung

Untuk ide yang selanjutnya ini mungkin kembali lagi ke wilayah sekitar Jawa Barat tepatnya Bandung yang dikenal dengan makanan gurihnya. Setiap orang yang akan memulai usaha bisa mencoba untuk menjual produk kerupuk seblak yang ada dengan berbagai rasa yang menarik.

Ditambah lagi, sebenarnya makanan ini juga semakin ke sini semakin banyak dicari karena cita rasanya yang gurih namun juga pedas. Jika ingin menarik pelanggan yang jauh lebih banyak, maka bisa saja mencoba menambahkan menu khusu ke dalam seblak yang dijual.

9. Camilan Aneka Tahu

Ide yang berikutnya yang sangat bisa dimasukkan ke rekomendasi terbaik kali ini adalah yang berasal dan diolah dari bahan tahu. Makanan ini juga bisa dibuat sejak awal dengan memadukan berbagai resep dari belahan wilayah Indonesia agar nantinya keuntungan lebih banyak.

Secara sederhana, hanya dengan bahan yang cukup murah seperti tahu, setiap penjual bisa menyediakan produk yang menarik mulai tahu gejrot. Namun untuk produk tambahannya, maka bisa juga menambahkan produk tahu lainnya seperti tahu Sumedang yang dikombinasikan dengan tambahan saos yang dianggap unik.

10. Mie Lidi Kemasan

Selanjutnya,  ide bisnis gurih yang mungkin jarang dipikirkan saat ini adalah ide untuk mengembalikan kembali produk-produk makanan yang sudah jadul. Misalnya saja, kali ini ada sebuah produk makanan yang gurih seperti mie lidi yang bisa menjadi sumber penghasilan yang besar.

Sebagian besar orang saat ini tentu saja pernah mendengar nama makanan ini apalagi dengan ketenarannya untuk anak-anak muda masa lampau. Namun setiap penjual bisa kembali menghadirkan produk ini dengan rasa yang jauh lebih bervariasi yang sesuai dengan target para konsumen.

Tidak hanya itu, bisa juga membeli produk mie lidi melalui toko yang besar dan dijual kembali dengan harga lebih mahal. Selain itu, untuk membuat produknya menjadi lebih unik dan berbeda, maka jangan lupa memakai kemasan khusus ditambah dengan nama usaha.

11. Kuaci Aneka Rasa

Jangan ketinggalan juga untuk dicoba, sebuah  ide bisnis gurih lainnya yang mungkin tidak pernah terpikirkan adalah dengan berjualan camilan kuaci. Ada beberapa orang yang mungkin merasa ragu untuk mencoba ini, padahal camilan ini bisa dikatakan salah satu camilan paling terlaris.

Awalnya, setiap orang yang ingin membuka usaha ini juga akan diuntungkan karena tidak memerlukan modal yang banyak untuk memulai dahulu. Nantinya, bisa juga membuat kerja sama dengan pihak produsen kuaci terutama jika ada rencana khusus untuk berjualan dalam jangka panjang.

Banyak juga yang sudah tahu  bahwa produk makanan termasuk camilan ini bisa dibeli dengan aneka rasa yang dianggap sesuai lidah. Jika ingin memasarkan dengan tepat, maka jangan lupa juga untuk menyediakan kemasan yang memang khusus dengan nama dari tempat usahanya.

12. Camilan Kacang Polong

Selanjutnya, ada  ide bisnis gurih yang lainnya dengan memanfaatkan bantuan dari produk khusus kacang polong yang diolah dahulu. Walaupun begitu, sebenarnya produk kacang polong ini bisa dikatakan masih banyak tidak dijual secara khusus dan lebih dijual dengan kombinasi.

Sejak awal, setiap calon pengusaha yang ingin mencoba makanan ini, bisa memulai dengan melakukan survei dahulu terhadap pesaing usahanya. Jangan lupa pula untuk menentukan harga yang tepat sesuai dengan kemasan yang direncanakan untuk dipakai ketika dipasarkan ke para konsumen.

Selain itu, makanan dari kacang polong ini bisa dibuat sederhana hanya dengan diinovasikan dengan tepung dan digoreng seperti pada umumnya. Bisa juga dipadukan dengan bubuk rasa yang beraneka ragam baik yang gurih namun berkesan manis atau rasa pedas berbagai level.

13. Tahu Kremes Gurih

Sementara itu, produk yang berikutnya ini mungkin bisa menjadi sebuah  ide bisnis gurih yang terbaik dengan keuntungan yang cukup banyak. Ditambah lagi, setiap orang pada awalnya tentu saja ingin menggunakan produk makanan yang bisa mendatangkan uang balik modal yang banyak.

Sama seperti produk yang sebelumnya, produk ini juga masih terbuat dari bahan utama berupa tahu yang membutuhkan modal yang cukup sedikit. Jadi nantinya para calon pengusaha tidak perlu lagi merasa khawatir karena tidak hanya bisa hemat namun produknya bisa dibuat banyak.

Sebenarnya memang ada banyak inovasi yang menarik untuk dicoba langsung, misalnya dimulai dengan memotong dahulu tahunya menjadi kecil sebelum digoreng. Selain itu, setelah digoreng dan ditambah dengan beberapa tambahan kremesan, bisa juga memadukannya dengan bubuk pedas untuk menambah kesan selera.

14. Camilan Singkong Keju

Tidak hanya memanfaatkan bahan tahu seperti produk usaha yang sebelumnya, ada juga  ide bisnis gurih yang memanfaatkan bahan seperti singkong. Kali ini, setiap orang bisa mencoba mengolah bahan singkong ini dengan mudah hanya dikukus dahulu untuk melunakkan tekstur yang ada.

Walaupun begitu, hal yang berbeda dan juga unik dari makanan berupa camilan ringan ini terletak pada kombinasinya dengan bahan seperti keju. Setelah memastikan bahwa tekstur dari singkongnya sudah aman, maka bisa segera digoreng lalu ditambahkan dengan topping berupa parutan dari keju saja.

15. Batagor Isi Ikan

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa pada masa sekarang ini, produk makanan yang cukup berat seperti batagor masih banyak disukai masyarakat. Makanan ini kemudian bisa menjadi ide yang paling tepat untuk dijadikan bahan utama dan dijual dalam usaha yang baru dibuat.

Hanya dengan menggunakan bahan seperti membuat batagor pada umumnya, namun ditambah dengan isi berupa ikan, maka bisa membawa keuntungan nantinya. Tidak hanya itu, setiap orang juga masih bisa memberikan kombinasi seperti telur dan ikan tenggiri sebagai menu tambahan yang semakin menarik.

16. Oreo Goreng Unik

Sebuah  ide bisnis gurih yang awalnya tampak asing dan aneh, namun sebenarnya bisa saja membawa banyak keuntungan karena keunikan produknya. Bahkan kali ini, setiap orang hanya perlu memakai bahan utama dari produk Oreo yang dijual di pasaran sebelum diolah langsung.

Tanpa harus merasa bingung nantinya, produk makanan ini bisa dibuat tanpa memakan banyak waktu hanya dengan dimasukkan ke dalam tepung. Namun untuk membuat menjadi lebih kriuk dan enak, maka bisa juga untuk memberikan kombinasi dengan tepung roti sebelum Oreo akan digoreng.

17. Pizza Ukuran Mini

Kemudian terdapat ide yang lainnya yang makanannya mungkin sudah banyak dikenali, terutama dengan ukuran yang mini dan harga yang murah. Bagi yang belum pernah mencoba, sebenarnya bisa memulai dengan membeli langsung ke beberapa produsen makanannya atau membuat sendiri di rumah.

Tenang saja, berbeda dengan Pizza pada umumnya yang berukuran besar, nantinya setiap orang hanya perlu membuat dalam ukuran mini saja. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan tambahan bahan keju parut di atasnya dan dilengkapi dengan saos sehingga lebih mudah menikmatinya.

18. Tempura Topping Keju

Jangan sampai merasa terkejut, ada sebuah ide untuk produk makanan lainnya yang bisa langsung dicoba dengan modal yang cukup kecil. Kali ini, ada produk tempura yang mungkin sudah banyak ditemui dan dijual oleh beberapa kios dengan daya pesain yang tinggi.

Meskipun begitu, jika bertolak dari produk seperti camilan tempura ini, maka bisa saja membuat inovasi dengan tambahan topping yang khas. Misalnya saja, bisa memulai dengan menggunakan bahan tambahan seperti keju sebelum nantinya akan diparut dan diberikan ke atas tempura tersebut.

19. Keripik Cakalang Jepang

Ada sebuah ide yang secara sederhana bisa dikatakan sebagai produk yang sangat unik untuk dijual langsung demi pendapatan semakin banyak. Kali ini, sebuah produk yang berasal dari bahan ikan terutama ikan cakalang yang bisa dijadikan sebagai ide utama usaha.

Sebenarnya, setiap orang yang ingin mencoba sebuah usaha camilan baru, bisa langsung membeli produk keripiknya yang ternyata berasal dari Jepang. Tidak hanya itu, produk keripik ini juga bisa dibeli dengan jumlah banyak dan menyajikan rasa yang gurih sesuai selera.

20. Fish n Chips

Tidak kalah menarik dari beberapa produk makanan yang direkomendasikan tadi, ada juga pilihan yang lainnya yang bisa mendatangkan banyak uang. Setiap orang bisa mencoba untuk menjual produk makanan dengan rasa gurih seperti fish n chips ini dengan harga sesuai dengan pasar.

Mungkin sudah ada beberapa tempat yang menjual produk makanan ini terutama kafe namun dengan harga mahal sesuai dengan nama merek. Namun para pengusaha yang baru bisa mencoba untuk menjual makanannya dengan ala rumahan yang bisa saja bertahan dalam waktu lama.

Meskipun begitu, bisa dikenali dahulu sejak awal bahwa produk ini bisa membutuhkan modal yang banyak sehingga perlu disiapkan dengan matang. Selain itu, jangan lupa untuk lebih berhati-hati dalam membeli bahannya terutama untuk bahan yang kentang agar hasilnya sesuai dengan harapan.

21. Camilan Onion Ring

Jika sedang membutuhkan sebuah  ide bisnis gurih yang lebih menarik, maka bisa saja mencoba untuk menjual makanan camilan yang lainnya. Berbeda dengan makanan yang berat, jenis makanan camilan yang ringan pada umumnya lebih menarik konsumen walaupun dijual dengan harga lumayan.

Mungkin sudah ada beberapa orang yang pernah mendengar nama menu seperti menu Onion Ring ini namun tidak berpikir untuk menjualnya. Padahal sebenarnya, setiap orang bisa membeli bahan utamanya di pasar tanpa harus memakan banyak modal sebelum digoreng dan dijual kembali.

Dibuat hanya dengan bahan utama seperti bawang bombay, makanan ini bisa disajikan dengan cukup mudah, misalnya hanya dengan saos saja. Selain itu, makanan ini juga bisa dijual dalam bentuk kemasan dengan ukuran yang cukup bervariasi jika ingin diberikan bubuk rasa.

22. Camilan Brulee Bomb

Selain beberapa camilan yang ada seperti pada penjelasan di atas, ada juga  ide bisnis gurih lainnya yang masih seputar camilan. Hanya saja, kali ini, setiap orang perlu untuk membeli produk khusus yang dikenal dengan Brulee Bomb yang menjadi salah satu andalannya.

Sebenarnya jenis makanan ini mulai semakin terkenal setelah ada artis yang menawarkan produk makannya melalui sosial media yang sudah dimiliki. Nantinya, hanya perlu memanfaatkan bahan seperti bawang bombay yang bisa ditambah dengan sosis sapi atau juga beef yang memang asli. 

Selain itu, diperlukan pula bahan utama seperti keju khusus mozarella karena teksturnya dianggap lebih sesuai untuk membentuk Brulee Bomb yang enak. Ditambah lagi, produk makanan ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan sebagai makanan beku sebelum dibuat dan dijual lagi sesuai kebutuhan.

23. Dessert Box Gurih

Sementara itu, untuk  ide bisnis gurih yang kelima ini bisa menjadi solusi dan ide yang terbaik untuk para pemula nantinya. Bahkan hanya dengan mencoba membuat apa saja menu khas untuk dijadikan sebagai dessert yang gurih, maka produk makannya pun siap.

Untuk yang ingin mencoba usaha ini, maka sejak awal kenali dahulu kemungkinan modal yang cukup besar ditambah dengan alat yang diperlukan. Hanya saja, jenis usaha ini secara sederhana bisa dikatakan sebagai usaha yang sangat cocok untuk jangka yang lama sesuai keinginan.

Bagi yang tertarik mencoba langsung, maka bisa mengawali dengan menentukan dahulu mana menu yang akan dipakai sebagai dessert dan dijual. Tanpa harus merasa bingung, bisa memulai dengan memakai jenis makanan yang dibuat dari bahan kelapa yang manis namun juga gurih.

24. Aneka Rasa Basreng

Tidak hanya usaha di atas, ada juga ide menarik lainnya untuk memulai usaha makanan baru dengan produk berupa keripik saja. Bahkan tidak terbatas pada keripik yang terbuat dari bahan singkong, ada juga ide keripik basreng yang saat ini semakin terkenal.

Sebenarnya untuk memulai usaha makanan ini, nantinya tidak perlu banyak bahan apalagi dengan modal yang masih bisa dikatakan cukup terjangkau. Setiap calon pengusaha juga bisa mencoba untuk membuat produknya sendiri hanya dengan bahan utama bakso yang dipadukan dengan aneka rasa.

Untuk memudahkan ketika menjual produknya, maka bisa memulai dengan memanfaatkan bantuan dari kemasan yang biasa saja namun dengan kesan menarik. Jangan lupa juga untuk memberikan keterangan yang memang jelas terkait dengan apa saja rasa yang ditawarkan sesuai dengan keinginan konsumen.

25. Jajanan Pasar Gurih

Kali ini, sebuah  ide bisnis gurih yang sangat menarik untuk dicoba bahkan oleh para pemula adalah dengan memanfaatkan berbagai jajanan pasar. Walaupun memiliki kesan yang jadul, justru berbagai aneka jajanan ini semakin banyak dicari saat ini karena rasa rindu yang terpendam.

Pada umumnya, nanti akan ada berbagai pilihan untuk jajanan pasar apa yang gurih dan dianggap sesuai untuk dijual secara langsung. Misalnya saja, ada makanan seperti lemper dengan berbagai isi menarik yang ditambah dengan lumpia khas yang dapat dijual setiap orang.

6. Aneka Macam Dimsum

Sebenarnya produk makanan yang bisa saja berat dan juga ringan seperti dimsum ini banyak dijual di beberapa makanan khas China. Hanya saja jika ingin memanfaatkan peluang yang ada dengan baik, maka bisa saja memulai dengan menjual dimsum ala rumahan saja. 

Misalnya saja, nanti bisa membuat dimsum dengan ukuran yang lebih mini dan tentunya lebih menggemaskan namun dengan isi yang menjanjikan. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyediakan pilihan aneka saos yang menarik sembari menyesuaikan dengan selera yang dimiliki konsumen.

27. Paket Salad Sayur

Kemudian sebuah  ide bisnis gurih yang lainnya yang bisa dimasukkan ke dalam daftar terbaik untuk dicoba langsung sesuai dengan rencana. Berbeda dengan ide yang sebelumnya, ide usaha makanan selanjutnya ini bisa dimasukkan ke dalam makanan yang berat untuk dinikmati konsumen.

Kali ini, setiap orang bisa mencoba untuk berjualan salad sayur yang jika dibandingkan salad buah, memang lebih sedikit untuk pesaingnya. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan racikan yang memang tepat, terutama untuk jenis saosnya yang jangan sama dengan salad buah.

28. Rice Box Rumahan

Masih termasuk sebuah  ide bisnis gurih yang menarik untuk dicoba, ada ide yang mengutamakan pada jenis makanan berat untuk dijual. Ditambah lagi, banyak yang saat ini membutuhkan bantuan dari layanan makanan berat seperti rice box dengan isi lauk yang rumahan.

Berbeda dengan menu yang pada umumnya memang dijual di kafe, setiap calon pengusaha bisa memulai dengan menggunakan menu yang umum. Menu yang umum ini lebih berkaitan dengan menu sayur rumahan yang dipadukan dengan lauk menarik serta kemasan yang memang aman.

29. Makanan Khas BBQ

Sementara itu, untuk  ide bisnis gurih ini yang berikutnya ini, secara sederhana bisa dikatakan membutuhkan modal yang memang lebih besar. Sebaiknya sejak awal coba gunakan survei yang tepat untuk produsen bahannya terutama khusus daging sapi atau ayam sebagai bahan utama.

Nantinya, ada kemudahan bagi para pengusaha hanya dengan menjual produk mentahnya dalam bentuk paket khas BBQ yang semakin banyak diperlukan sekarang. Tidak hanya itu, bisa juga menambahkan beberapa makanan beku lainnya yang juga banyak dipakai ketika ada pesta BBQ yang diadakan. 

30. Aneka Sambal Indonesia

Terakhir, ada  ide bisnis gurih yang mungkin tampak mengejutkan namun sebenarnya bisa memberikan banyak keuntungan terutama dalam waktu yang lama. Kali ini, setiap orang bisa memulai untuk memilih terlebih dahulu mana produk sambal yang sesuai terutama bisa bertahan dengan lama.

Setelah itu, jangan lupa pula untuk memanfaatkan wadah atau kemasan yang memang tepat sehingga produk tetap aman. Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan harga untuk produknya yang sesuai dengan pasar.

Beberapa  ide bisnis gurih di atas bisa dijadikan sebagai rekomendasi yang tepat dan terbaik sebelum dipilih salah satu saja. Ada yang bisa membutuhkan modal yang sedikit saja dengan model rumahan dan ada pula usaha dengan modal yang besar.