free page hit counter
jualan dari rumah

Jualan dari Rumah: 25+ Produk yang Bisa Jadi Ladang Usaha

Artikel diperbarui pada 25 Mei 2022.

Siapa bilang jualan dari rumah tak bisa menghasilkan banyak uang? Ada banyak usaha rumahan yang berpotensi untung besar. Tak hanya menghasilkan, membuka bisnis dari rumah juga memiliki banyak kelebihan lain. Diantaranya adalah waktu kerja yang lebih fleksibel dan bisa menekan biaya produksi. 

Sebab bisnis rumahan tak perlu mengeluarkan uang lagi untuk menyewa tempat. Tak sedikit yang berhasil sukses dengan menjalankan bisnis rumahan ini bahkan bisa memiliki omzet yang fantastis. Apabila ingin memulai bisnis rumahan, simak beberapa rekomendasi produk yang dapat dicoba berikut ini:

1. Pulsa dan Paket Internet

Semenjak pandemi, berbagai kegiatan lebih banyak dilakukan secara online. Oleh sebab itu kebutuhan untuk selalu online menjadi hal yang krusial. Beberapa upaya dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan tetap terhubung dengan pekerjaan secara online. 

Selain menggunakan wifi, penggunaan pulsa dan paket internet masih mendominasi. Keterbatasan dari cakupan wifi menjadi alasan mengapa lebih banyak masyarakat menggunakan paket data. Untuk itu membuka usaha dengan berjualan pulsa dan paket internet di rumah bisa menjadi ladang usaha yang menjanjikan. 

Penjualan pulsa dan paket data bisa dilakukan langsung maupun online seperti menawarkannya melalui sosial media. Karena lebih banyak kegiatan online, maka tak perlu khawatir dengan sistem pembayaran. Sebab apabila pembeli berada jauh dari penjual pembayaran bisa dilakukan dengan e-money.

2. Dessert Box

Makanan manis yang sempat viral beberapa waktu lalu ini ternyata masih banyak diminati hingga sekarang. Justru sekarang lebih banyak variasi dari dessert box yang dijual dipasaran. Minat masyarakat yang masih tinggi untuk dessert box bisa menjadi ide jualan dari rumah yang bisa dilakukan.

Terlebih lagi biaya untuk membuat dessert box ini cukup kecil. Bahan-bahan untuk membuatnya juga dapat ditemukan dengan mudah. Cara pembuatannya juga sangat mudah sebab tak memerlukan alat-alat khusus untuk membuatnya. 

Agar berbeda dari competitor sebaiknya buat varian baru dessert box yang lebih fresh dan memiliki nilai lebih dari competitor. Oleh sebab itu penting untuk riset terlebih dahulu. Untuk pemasaran sendiri, dessert box bisa dijual secara online melalui ecommerce atau ditawarkan melalui media sosial. 

3. Sembako

Membuka toko sembako juga merupakan ide jualan dari rumah bisa dicoba di rumah. Kebutuhan yang satu ini tak akan ada habisnya. Oleh sebab itu usaha bisnis kelontong juga akan terus ada untuk memenuhi kebutuhan sembako masyarakat. 

Membuka bisnis kelontong bisa dimulai dengan membuka toko kecil-kecilan di rumah. Dengan demikian tak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat. Setelah itu isi toko dengan berbagai kebutuhan sembako yang lengkap.

4. Air Galon Refill 

Berikutnya, ide jualan yang juga bisa dilakukan di rumah adalah menjual air galon refil. Kebutuhan air minum galon ini cukup tinggi, apalagi jika berada di daerah perkotaan maka air galon menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Dengan demikian usaha yang satu ini terdengar cukup menjanjikan. 

Untuk menjalankan bisnis air galon refil ini tak membutuhkan banyak ruang, sehingga dapat dilakukan dirumah. Selain itu ada banyak perusahaan air minum yang membuka kemitraan untuk para pengusaha kecil. Melalui kemitraan tersebut, segala kebutuhan usaha akan disediakan oleh pihak mitra kerjasama.

Sedangkan untuk pemilik usaha hanya perlu menyiapkan modal dan juga tempat. Dengan menjalin kemitraan seperti ini usaha air galon refil bisa lebih mudah dijalankan. Untuk menarik konsumen, bisa juga dengan menambahkan layanan pesan antar sehingga gallon bisa langsung diantar ke rumah konsumen.

5. Ketering Sehat

Untuk menjaga hidup sehat bisa dimulai dengan banyak mengonsumsi makanan yang sehat dan alami. Kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat kian meningkat. Hal ini bisa menjadi ide jualan dari rumah yang bagus. 

Untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat ini bisa juga membuka katering berbagai makanan sehat. Catering sehat ini bisa dibuat dengan menu-menu masakan rumahan. Hanya bermodalkan bahan-bahan masakan dari pasar bisa diubah menjadi bisnis yang menguntungkan.

Untuk membuat catering sehat perhatikan kandungan gizi yang ada di makanan agar seimbang. Selain itu dalam makanan juga menggunakan bahan-bahan alami dan menghindari MSG dan juga rendah kalori. Berbagai menu diet bisa menjadi salah satu pilihan menu catering sehat yang bisa dibuat.

6. Aneka Kue 

Bisnis kue kering adalah salah satu ide bisnis rumahan yang patut dipertimbangkan. Ada banyak jenis kue kering yang disukai oleh masyarakat. Kue kering juga menjadi makanan wajib yang disuguhkan pada acara-acara tertentu seperti pada saat lebaran. 

Usaha kue kering ini juga tidak membutuhkan peralatan yang rumit serta bahan yang mudah ditemukan. Semua bahan pembuatan kue kering bisa ditemukan di pasar atau toko kue. Kemudian untuk alat pembuatannya bisa memanfaatkan peralatan dapur yang ada. 

Penjualan kue kering ini bisa dimodifikasi agar lebih menarik. Misalnya membuat bentuk yang unik, varian rasa baru hingga pengemasan yang menarik. Pemasaran kue kering bisa dilakukan secara online. Tak perlu khawatir makanan cepat rusak, sebab kue kering cenderung atahn lama.

7. Kue Ulang Tahun Kustom

Selain kue kering, ide jualan dari rumah yang masih berhubungan dengan kue adalah jualan kue ulang tahun. Kue ulang tahun seakan sudah menjadi tradisi yang biasa dilakukan saat melakukan perayaan hari lahir tersebut. Agak kurang rasanya jika ulang tahun tanpa kue ulang tahun.

Jualan kue ulang tahun kustom bisa menjadi usaha kuliner yang cukup menjanjikan. Sebab kue ulang tahun bukan makanan musiman yang cepat hilang. Selain keahlian membuat kue, modal dalam usaha ini adalah kreatifitas. 

Banyak konsumen yang ingin melakukan kustom kue ulang tahun. Dengan memberikan pilihan desain yang unik maka bisa menarik lebih banyak perhatian konsumen. Dengan desain yang unik tentunya harga yang dikeluarkan juga bisa lebih besar sehingga bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan bagi penjual.

8. Aneka Keripik

Produk makanan berikutnya yang bisa menjadi ladang usaha di rumah adalah keripik. Camilan yang satu ini memang tak ada matinya. Berbagai jenis dan inovasi keripik dapat ditemukan di pasar.

Peminat keripik juga berasal dari berbagai kalangan. Untuk membuat keripik agar lebih menarik selain mempertimbangkan rasa, pertimbangkan pula inovasi yang dilakukan. Misalnya pemilihan rasa atau bahan pembuatan keripik. 

Setelah itu jual produk dalam kemasan yang menarik. Keripik yang dikemas dengan tampilan yang lebih kekinian memiliki nilai jual lebih tinggi. Agar pemasaran dapat menjangkau konsumen lebih luas, gunakan ecommerce sebagai media penjualan.

9. Tanaman Hias

Tak hanya makanan saja, ide jualan dari rumah juga bisa berasal dari tanaman. Peminat tanaman hias kian meningkat semenjak pandemi. Beberapa jenis tanaman tertentu memiliki peminat yang tinggi dengan harga yang fantastis. 

Satu tanaman hias bahkan bisa terjual seharga ratusan ribu bahkan hingga jutaan. Keuntungan yang besar ini cukup menggiurkan untuk mulai berjualan tanaman hias. Membudidayakan tanaman hias ini tak perlu lahan yang besar. Namun untuk perawatannya butuh ketelatenan. 

10. Frozen food

Memiliki makanan siap saji di rumah menjadi penyelamat saat membutuhkan makanan di waktu-waktu tertentu. Misalnya ketika lapar di tengah malam, menghangatkan makanan siap saji menjadi jalan yang tepat agar bisa segera menyantap makanan. Salah satu yang menjadi andalan adalah frozen food. 

Ide jualan dari rumah yang satu ini patut dicoba. Sebab selain memiliki omzet yang tinggi, frozen food juga awet dan tidak mudah rusak. Dengan demikian meskipun tidak terjual semua hari ini, frozen food masih bisa disimpan dan dijual lagi lain hari. 

Memulai bisnis frozen food ini hanya membutuhkan freezer sebagai tempat pendingin frozen food. Tak perlu membuat produk sendiri sebab untuk membuat bisnis ini bisa dimulai dengan menjadi reseller atau agen. Usaha ini sangat menjanjikan dan bisa meraup keuntungan yang besar. 

11. Baju Thrift

Beberapa waktu belakang, aktivitas thrifting banyak diminati oleh masyarakat bahkan para anak muda sekalipun. Bisnis ini memang tak ada matinya, kini justru semakin berkembang karena kecepatan internet dan arus informasi di media sosial. Dengan banyaknya peminat ini maka membuka usaha thrift ini bisa menjadi pilihan. 

Pakain-pakain thrift yang sudah dikumpulkan bisa dijual lagi dengan harga murah. Bahkan jika beruntung bisa mendapatkan pakaian bermerek namun dengan harga yang jauh lebih rendah. Untuk menjalankan bisnis ini bisa dilakukan secara offline di rumah atau online dengan membuka toko di ecommerce. 

12. Minuman Kopi Kemasan

Minuman berkafein ini merupakan favorit banyak orang. Minum kopi bahkan sudah menjadi bagian dari lifestyle yang tidak bisa ditinggalkan. Mulai dari minum kopi saat bersantai, saat bekerja, atau menemani di berbagai kegiatan lainnya. 

Membuka bisnis minuman kopi rumahan ini menarik untuk dicoba. Sebab peminat dari minuman ini akan selalu ada. Karena masih skala rumahan, bisnis ini bisa dibuat dengan membuka kedai kecil-kecilan di rumah. 

13. Minuman Kekinian

Selain kopi, produk minuman lain juga bisa menjadi ide jualan dari rumah yang menarik untuk dicoba. Beberapa minuman kekinian bisa menjadi pilihan. Minuman semacam ini memiliki keunikan tersendiri dan inovatif. 

Ada banyak minuman kekinian yang dapat dicoba. Variasi minuman kekinian ini terus berkembang. Didukung pula dengan minat masyarakat yang tinggi membuat usaha seperti ini kian menjamur. 

Apalagi di Indonesia yang notabene memiliki iklim tropis. Usaha minuman kekinian bisa laris manis di saat udara panas. Untuk membuat usaha minuman kekinian seperti ini ada banyak pilihan franchise yang dapat dipilih. Dengan demikian memulai usaha minuman dari rumah bisa menjadi lebih mudah. 

14. Ikan Hias

Melihat ikan hias bisa menjadi salah satu cara refreshing yang menyenangkan. Selain menjadi sarana refreshing, ikan hias juga bisa menjadi sumber uang. Membuka bisnis ikan hias di rumah bisa menjadi salah satu lading usaha yang patut untuk dipertimbangkan. 

Ikan hias ini memiliki banyak jenis, harganya juga beragam ada yang murah hingga harga yang fantastis. Bagi para pecinta ikan hias harga yang mahal tentunya bukan masalah. Oleh sebab itu bisnis ikan hias semacam ini juga tak ada matinya. 

Untuk membuka bisnis ini juga tidak membutuhkan tempat yang luas. Dengan demikian usaha ini bisa dilakukan di rumah. Agar bisa memulai usaha, hanya perlu menyiapkan satu ruangan khusus untuk menempatkan akuarium-aquarium yang menjadi tempat membudidayakan ikan hias tersebut. 

15. Ikan Konsumsi

Selain ikan hias, ide jualan dari rumah yang bisa dicoba adalah menjual ikan konsumsi. Ikan air tawar merupakan ikan konsumsi yang banyak dicari. Rasa ikan air tawar ini enak dan bergizi serta harganya juga termasuk ramah di kantong. 

Untuk menjual ikan air tawar ini, bisa dengan cara membudidayakan sendiri dan menjualnya ketika sudah masa panen. Beberapa ikan air tawar seperti lele, ikan mas, gurame dan juga mujaer bisa menjadi pilihan. Sebab ikan-ikan tersebut memiliki perawatan yang mudah dan waktu panen yang cepat. 

Agar tidak memakan tempat saat membuat tempat budidaya, kolam ikan untuk membudidayakan ikan-ikan ini bisa dibuat dengan menggunakan terpal yang disangga dengan kayu atau batu bata. Dengan demikian biaya pembuatan kolam juga lebih sedikit. Selain itu kolam dapat dibongkar pasang dengan mudah.

16. Aksesoris

Berjualan aksesoris juga bisa menjadi alternatif pilihan lainnya. Bergaram aksesoris buatan tangan dapat dibuat mulai dari aksesoris HP, strap masker, gantungan kunci dan lain sebagainya. Untuk membuat barang jualan yang satu ini perlu kreatifitas dari penjualnya untuk membuat berbagai kerajinan menarik.

Agar lebih banyak menarik konsumen, berjualan aksesoris ini bisa juga dengan menawarkan pilihan custom aksesoris. Hal ini akan membuat konsumen lebih tertarik sebab konsumen bisa memilih aksesoris yang sesuai dengan keinginan. Dengan demikian kebutuhan konsumen terpenuhi, dan penjualan juga terus berjalan.

Untuk memasarkan aksesoris ini bisa dengan cara membuka toko online di ecommerce. Sebab konsumen yang bisa dijangkau bisa lebih besar. Agar bisa menarik banyak konsumen, memberikan beberapa promo menarik pada waktu tertentu bisa menjadi strategi yang bagus. 

17. Churros

Camilan dari spanyol yang satu ini ternyata banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bentuknya mirip dengan kecipir dan memiliki rasa yang unik. Churros merupakan salah satu makanan kekinian yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. 

Berjualan churros bisa menjadi bisnis dengan potensi yang cukup baik. Dengan modal yang minim churros bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Untuk membuat churros ni tidaklah sulit serta bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk diperoleh. 

18. Makanan Khas Korea

Siapa yang tak kenal drama Korea? Serial drama dari negeri gingseng tersebut memang memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan. Tak heran, sebab drama Korea memiliki alur cerita yang unik, pemain yang mumpuni serta selalu menyelipkan kebudayaan Korea dalam setiap dramanya. 

Hal tersebut membuat makanan khas Korea juga menjadi ikut terkenal dan menjadi makanan kekinian yang banyak diminati. Berjualan berbagai makanan Korea bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Rasa makanan Korea yang enak dan unik membuat makanan ini banyak dicari. 

Beberapa jajanan Korea yang terkenal diantaranya adalah tteokbokki, odeng, bulgogi, jajangmyeon, kimbab dan masih banyak lagi. Berjualan makan Korea ini bisa dilakukan juga secara online. Untuk melakukannya dapat memanfaatkan jasa delivery makanan yang bisa mengantarkan makanan dengan cepat.

19. Corn Dog

Makanan lain yang juga berasal dari Korea dan bisa menjadi ide jualan dari rumah yang menguntungkan adalah corndog. Makan yang satu ini cukup popular dan memiliki banyak peminat. Rasanya yang enak dan memiliki karbohidrat tinggi sehingga bisa menjadi makanan penahan lapar. 

Corndog ini terbuat dari sosis yang digulung dengan adonan tepung kemudian dilumuri dengan potongan kentang. Selain itu bisa juga menambahkan keju yang digulung bersama sosis agar memberikan sensasi lumer ketika dimakan. Makanan yang dibuat dengan cara digoreng ini sangat menggugah selera. 

20. Takoyaki

Tak hanya makanan dari Korea saja yang viral dan menarik minat masyarakat Indonesia. Makanan Jepang yang satu ini juga menjadi jajanan yang banyak digemari. Takoyaki adalah cemilan yang dibuat dari adonan terigu, telur dan juga kaldu dashi.

Rasa Takoyaki yang gurih ini bisa ditambahkan dengan berbagai varian isi dan topping sesuai selera. Untuk menjual Takoyaki dalam bisa dengan membuka kedai di rumah atau menggunakan food truck. Pembuatan Takoyaki ini juga tidak sulit sehingga bisa menjadi bisnis yang mudah dijalankan.

21. Martabak

Makanan yang banyak dibawa untuk bertemu calon mertua yang satu ini juga bisa menjadi ide jualan dari rumah yang menguntungan. Martabak adalah jenis makanan yang tak ada matinya sebab memiliki banyak peminat. Makanan yang cocok di santap saat malam hari ini memang selalu dicari. 

Baik itu martabak telur maupun terang bulan. Untuk membuka usaha ini di rumah juga tak perlu modal yang terlalu banyak. Sebab bahan-bahan untuk membuat martabak ini sebenarnya murah dan mudah sekali ditemukan. 

Namun agar bisnis martabak memiliki banyak konsumen dan bisa Berjaya, pastikan untuk selalu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Sebab bahan juga akan mempengaruhi rasa martabak yang dibuat. Dengan demikian agar menjaga konsumen tetap bertahan bisa dengan cara mempertahankan cita rasa martabak yang dijual.

22. Seblak

Berikutnya, makanan yang bisa menjadi ide jualan menarik adalah seblak. Makanan yang satu ini memiliki banyak penggemar. Makanan yang terdiri dari Kerupuk basah yang direndam dengan kuah pedas dan gurih serta ditambah dengan berbagai isian lainnya seperti sosial, ayam, telur dan lainnya ini banyak diminati. 

Rasanya yang pedas dan gurih membuat nagih di lidah. Oleh sebab itu banyak yang memilih seblak sebagai makanan yang disantap terutama saat cuaca dingin. Ide jualan ini bisa berpotensi untung besar dengan banyaknya antusias masyarakat terhadap olahan makanan dari kerupuk yang satu ini. 

23. Jasuke

Jagung susu dan keju adalah camilan yang bisa menjadi ide jualan dari rumah. Camilan yang satu ini mempunyai rasa yang manis gurih sehingga punya banyak peminat. Ditambah lagi dengan bahan dan cara pembuatan yang mudah. 

Dengan demikian jualan jasuke bisa dilakukan dengan modal minim namun bisa menghasilkan untung yang besar. Jasuke ini hanya dibuat dari biji jagung yang direbus kemudian dicampur dengan susu dan juga topping keju di atasnya. Makanan ini enak dimakan ketika masih hangat. 

24. Lilin Aromaterapi

Berikutnya, produk jualan yang bisa dicoba di rumah adalah lilin aromaterapi. Barang yang dikenal sebagai alat penerangan ini juga banyak dikreasikan menjadi pengharum ruangan dengan menambahkan aromaterapi pada campuran lilin. Usaha ini cukup populer dan banyak diminati. 

Produksi lilin aromaterapi ini bisa dilakukan di rumah dengan alat-alat yang sederhana. Untuk menambahkan keindahan dari lilin aromaterapi yang dibuat bisa juga menambahkan bunga kering pada campuran lilin. Lilin aromaterapi yang cantik ini bisa juga dijadikan souvenir atau hadiah. 

Untuk penjualan lilin aromaterapi ini bisa dilakukan melalui ecommerce agar penjualan lebih luas. Modal untuk membuat lilin ini juga tidak banyak. Untuk membuatnya hanya diperlukan lilin, essential oil, pewarna, dan bahan opsional seperti bunga kering.

25. Souvenir Akrilik

Ide jualan dari rumah berikutnya adalah menjual berbagai souvenir dari akrilik. Souvenir semacam ini banyak dicari untuk kado wisuda, ulang tahun, souvenir acara dan lain-lain. Kreasi akrilik yang unik dan kreatif membuat souvenir ini banyak diminati. 

Melihat peluang yang ada, kreasi akrilik ini bisa menjadi ide bisnis kreatif yang layak dicoba. Pembuatan kreasi souvenir akrilik ini juga tidak membutuhkan alat serta bahan yang sulit dicari. Meski bahan-bahan dan cara membuatnya mudah, harga jualnya bisa tinggi. 

26. Buket Bunga

Usaha buket bunga menjadi usaha rumahaan yang bisa  dicoba. Buket bunga menjadi barang yang banyak dicari untuk berbagai acara-acara penting. Memberikan buket Bunga bisa menjadi bentuk penghargaan atau bisa juga menjadi hadiah untuk orang tertentu. 

Dengan banyaknya permintaan buket bunga ini maka bisa menjadi peluang usaha. Namun untuk membuat usaha buket bunga ini sebaiknya mencari supply bunga segar yang memiliki kualitas bagus. Selain itu toko bunga juga harus menyiapkan alat pendingin untuk menjaga bunga tetap segar. 

27. Produk Kecantikan

Produk kecantikan adalah sekarang sudah menjadi seperti kebutuhan. Tidak hanya wanita saja namun pria juga menggunakannya untuk menjaga agar kulit tetap terlindungi dan terawatt. Produk kecantikan ini beragam mulai dari skin care hingga make up. 

Kebutuhan akan produk kecantikan ini terus meningkat dan akan terus berkembang. Untuk membuka usaha di bidang ini tak perlu memiliki produk sendiri. Menariknya hanya dengan modal minim dan dapat dikerjakan di rumah, usaha ini sudah bisa berjalan. 

Untuk menjual produk kecantikan ini bisa dengan cara menjadi reseller atau dropshiper. Ada banyak perusahaan produk kecantikan yang membuka kesempatan untuk menjadi reseller ataupun dropship. Dengan demikian untung yang melimpah bisa didapatkan meski hanya memiliki modal yang minim. 

28. Jilbab

Selanjutnya, produk jualan lainnya yang dapat dicoba adalah jilbab. Kebutuhan perempuan muslim ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tren fashion yang semakin berkembang membuat kebutuhan akan jilbab juga berkembang. 

Mulai dari jilbab kekinian hingga jilbab-jilbab syar’i banyak dicari di pasaran. Untuk berjualan jilbab ini tak perlu membuka toko sendiri dan bisa jualan dari rumah. Caranya adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper dari merek jilbab tertentu. 

Penjualan dengan cara ini memang lebih banyak diminati. Sebab dengan reseller dan dropship modal yang diperlukan tidaklah banyak. Hal yang perlu dilakukan adalah gencar melakukan promosi. Meskipun dilakukan dari rumah, penjualan jilbab bisa dimaksimalkan dengan memasarkannya melalui media sosial atau ecommerce. 

29. Jamu

Siapa sangka produk jamu bisa menjadi minuman kekinian yang banyak dilirik? Biasanya penjual jamu menjajakan dagangannya dengan cara berkeliling atau hanya menjadikannya dalam gelas biasa. Agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi penjualan jamu tersebut dapat dimodifikasi. 

Hal ini bisa menjadi ide jualan yang dapat dilakukan dari rumah. Untuk membuat jamu menjadi minuman yang banyak dilirik bisa membuatnya dalam kemasan yang lebih menarik seperti menggunakan botol dan menambahkan merek. Setelah itu pasarkan melalui media sosial atau ecommerce. 

Itu tadi adalah beberapa rekomendasi produk jualan dari rumah yang bisa menjadi inspirasi. Menariknya usaha rumahan seperti di atas dapat dimulai dengan modal yang minim. Untuk mendapatkan untung besar dari bisnis rumahan memang tak mudah, diperlukan ketekunan dan kesabaran dari pelaku usaha.