free page hit counter
tidak bisa instal brimo android ios
tidak bisa instal brimo android ios

Tidak Bisa Instal BRImo di Android & iOS, Sebab & Solusinya

Artikel diperbarui pada 9 April 2022.

Dihadapkan dengan kesibukan yang sangat padat membuat sebagian orang lebih menyukai hal yang efisien, praktis, dan tidak perlu meluangkan waktu yang terlalu lama. Karena itulah beberapa bank menciptakan aplikasi mbanking. Namun sayangnya beberapa nasabah mengalami tidak bisa instal BRImo Android IOS.

Banyak bank yang berbondong-bondong meluncurkan aplikasi m banking, salah satu nya adalah bank BRI dengan aplikasinya yaitu BRImo. Aplikasi m banking yang satu ini digunakan khusus untuk nasabah bank BRI.

Dengan meluncurkan aplikasi BRImo, salah satu bank plat merah ini ingin memberikan kemudahan bertransaksi kepada nasabahnya, tanpa perlu membuang waktu terlalu banyak. Namun akhir-akhir ini banyak nasabah mengalami tidak bisa instal BRImo Android IOS, berikut penyebab dan solusinya:

Penyebab Tidak Bisa Install Aplikasi BRImo di Android dan IOS

Bagi nasabah bank BRI tentu tidak asing dengan aplikasi BRImo ataupun BRI Mobile, kedua aplikasi tersebut adalah dua aplikasi yang berbeda. Pihak bank BRI awalnya memberi kebebasan untuk memilih diantara kedua aplikasi tersebut.

Namun saat ini aplikasi BRI mobile telah dinonaktifkan dan digantikan dengan BRImo. Sayangnya bagi beberapa  nasabah yang baru saja menggunakan aplikasi BRImo sering mengalami tidak bisa menginstall aplikasi yang satu ini, entah pada perangkat android ataupun IOS.

Hal semacam ini memang bisa saja terjadi. Kegagalan dalam proses instalasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Ini dia beberapa penyebab tidak bisa instal BRImo Android IOS yang harus diperhatikan, untuk menghindari kegagalan dalam proses instalasi.

1. Koneksi Jaringan Internet Yang Tidak Mumpuni

Untuk menginstal dan menjalankan aplikasi sejenis mbanking seperti BRImo, koneksi jaringan internet menjadi salah satu faktor penting. Koneksi internet yang terlalu lambat bahkan tidak adanya koneksi internet dapat mempengaruhi jalannya proses instalasi.

Agar proses install aplikasi BRImo dapat berjalan dengan lancar, maka lakukan pengecekan koneksi internet yang digunakan terlebih dahulu. Pastikan koneksi internet yang akan digunakan dalam kondisi yang lancar, sebelum akan memulai proses instalasi.

2. Ruang Penyimpanan Yang Tidak Memadai

Untuk menginstal aplikasi BRImo, nasabah memang harus menyediakan ruang penyimpanan pada perangkat hp yang cukup banyak. Hal itu dikarenakan ukuran aplikasi yang satu ini memang terbilang cukup besar yaitu sekitar 66 MB.

Dengan segala fitur yang telah diberikan dalam aplikasi ini ukurannya setimpal. Dalam menunjang proses transaksi rasanya untuk ukuran aplikasi sebesar 66 MB masihlah wajar. Oleh sebab itu sebelum menginstal aplikasi m banking BRImo pastikan telah memiliki ruang penyimpanan hp yang memadai.

3. Versi Sistem Operasi Hp Yang Digunakan Tidak Kompatibel

Penyebab terakhir kenapa tidak bisa instal BRImo Android IOS adalah versi sistem operasi yang digunakan pada hp terlalu lama. Hal ini disebabkan karena untuk memastikan semua fitur yang diberikan oleh BRImo dapat berjalan dengan baik diperlukan sistem operasi yang lebih canggih.

Seperti yang telah tertera pada kolom informasi di PlayStore atau AppStore. Untuk dapat menginstal BRImo pihak bank BRI memberikan syarat yaitu ketentuan System requirement yang digunakan untuk menjalankan aplikasi BRImo.

Untuk Android diperlukan sistem operasi minimal versi Marshmallow sedangkan untuk perangkat IOS adalah dengan menggunakan versi minimal 11.2. Agar proses instalasi dapat berhasil pastikan telah memenuhi syarat System requirement yang telah diberikan oleh pihak Bank BRI.

Itu tadi beberapa faktor penyebab kenapa tidak bisa instal BRImo Android IOS yang perlu untuk diperhatikan. Dengan menghindari hal-hal seperti diatas, nasabah dapat mengurangi resiko kegagalan yang terjadi dalam proses instalasi aplikasi m banking BRImo pada perangkat hp.

Solusi Tidak Bisa Install Aplikasi BRImo Di Android dan IOS

Mengingat betapa pentingnya aplikasi sejenis m banking di zaman seperti sekarang ini, tentu dengan terjadinya tidak bisa instal BRImo Android IOS akan membuat gundah gulana. Namun tidak perlu merasa khawatir karena disetiap masalah tentu akan ada solusi untuk memecahkannya.

Begitu pula dalam proses instalasi aplikasi BRImo yang gagal. Ketidakberhasilan dalam proses instalasi bukan berarti hal itu membuat nasabah tidak lagi bisa menggunakan aplikasi m banking yang satu ini. Berikut beberapa solusi yang bisa digunakan untuk mengantisipasi terjadinya tidak bisa instal BRImo Android IOS:

1. Gunakan Koneksi Jaringan Internet Dengan Mode 4G

Seperti yang diketahui, koneksi internet memiliki beberapa mode yaitu 3G, 4G dan yang paling baru yaitu 5G. Mode jaringan yang terakhir ini digadang-gadang memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan model sebelumnya yaitu 4G. Sayangnya di Indonesia belum tersedia koneksi jaringan internet mode 5G.

Mode koneksi internet tercepat di Indonesia saat ini adalah 4G. Tidak hanya dikenal dengan kecepatannya saja, namun mode koneksi internet yang satu ini cukup stabil untuk digunakan. Oleh karena itu selalu setel koneksi internet pada hp menggunakan 4G, agar proses instalasi dapat berjalan dengan lancar.

2. Perbanyak Ruang Penyimpanan Pada Perangkat Hp

Salah satu faktor kenapa tidak bisa instal BRImo Android IOS adalah minimnya ruang penyimpanan yang tersedia dalam perangkat hp. Hal ini dikarenakan ukuran aplikasi ini yang memang terbilang relatif besar yaitu 66 MB.

Karena Aplikasi BRImo ini memang memiliki ukuran besar, maka untuk menginstal dan menggunakan aplikasi ini pada hp, diperlukan ruang penyimpanan yang tidak sedikit. Untuk memperbanyak ruang penyimpanan terdapat beberapa pilihan cara.

Pertama dengan menguninstal beberapa aplikasi yang tidak diperlukan. Terlebih lagi apabila aplikasi tersebut berukuran besar, kedua dengan menghapus file cache dari aplikasi. Ini juga dapat menambah kapasitas ruang penyimpanan, terakhir yaitu dengan memindahkan beberapa file kedalam memori card.

3. Menggunakan BRI Internet Banking

Apabila penyebab tidak bisa instal BRImo Android IOS adalah system requirement yang tidak memenuhi syarat, maka tidak ada pilihan solusi yang lain. Kecuali dengan menggunakan BRI Internet Banking melalui situs resmi yang telah disediakan oleh pihak bank BRI.

Nasabah dapat mengakses situs ini melalui web browser yang tersedia di perangkat hp. Memiliki fitur dan interface yang hampir sama dengan aplikasi BRImo untuk Android dan IOS.

Namun nyatanya, untuk melakukan transaksi melalui BRI Internet Banking memerlukan proses yang cukup panjang. Hal itu dikarenakan untuk setiap transaksi yang akan dilakukan, nasabah perlu memasukkan token yang telah dikirim melalui layanan SMS terlebih dahulu.

Itu tadi faktor penyebab tidak bisa instal BRImo Android IOS beserta solusi untuk memecahkannya. Setelah mengetahui tentang informasi tersebut maka nasabah tidak perlu lagi merasa khawatir tidak bisa menggunakan BRImo karena proses instalasi yang gagal.

Dengan menerapkan solusi diatas maka tidak ada lagi kendala dalam menjalankan proses transaksi melalui hp. Sebagai pengingat, kebijakan yang diberikan oleh pihak BRI merupakan keputusan terbaik. Karena sebuah aplikasi m banking memerlukan keamanan yang ekstra untuk menjaga kenyamanan nasabahnya.

Oleh karena itu jangan sebagai nasabah yang bijak, jangan pernah menginstal BRImo melalui situs sembarangan. Cara yang paling aman adalah menginstal BRImo melalui PlayStore jika tidak memungkinkan maka gunakan BRI Internet Banking yang telah disediakan.