free page hit counter
monetization Twitter
monetization Twitter

2 Cara Memanfaatkan Monetization Twitter

Twitter bisa dibilang merupakan media sosial yang memiliki pengguna yang sangat banyak di dunia. Dari dulu sampai sekarang, kepopuleran platform satu ini tetap stabil dan malah semakin menanjak. Bahkan sekarang, fitur platform ini sudah ditambah Monetization Twitter.

Pada nama fitur ini, banyak orang yang bisa menebak apa tujuan dari fitur terbaru ini. Kehadiran fitur satu ini, bisa menjadi kesempatan baru bagi banyak orang. Twitter pun seiring dengan berjalannya waktu mulai berubah.

Tidak hanya sekedar menjadi platform media sosial untuk berbagi cuitan. Namun, sebagai ladang penghasilan tambahan juga bisa. Produktivitas pada penggunaan Twitter pun semakin meningkat tidak kalah dengan platform media sosial yang lainnya.

Apa itu Monetization Twitter ?

Monetization Twitter atau dalam Bahasa Indonesia bisa juga disebut sebagai monetisasi Twitter. Tujuan dan fungsi dari fitur ini sudah tercermin dalam nama fiturnya, yaitu untuk menghasilkan uang melalui platform Twitter.

Fitur monetisasi yang bisa menghasilkan di uang dari media sosial memang bukanlah wacana baru. Sudah banyak media sosial lain yang menyediakan fitur monetasi ini. Sebelumnya di Twitter pun, banyak orang yang mencoba memonetisasi platform tanpa fitur tertentu.

Misalnya dengan membuka jasa endorse, jasa tag, atau memanfaatkan platform Twitter untuk berjualan. Namun, dengan fitur ini para pengguna Twitter bisa mendapatkan dukungan fitur tertentu dari Twitter secara langsung.

Untuk cara monetisasi Twitter satu ini lebih fokus pada bidang iklan dan endorse. Dengan adanya fitur dan cara tertentu untuk melakukan monetisasi pada akun Twitter, alur monetisasi Twitter menjadi lebih jelas.

Ada dua cara atau sistem Monetization Twitter yang bisa dilakukan para pengguna Twitter. Sistem dan cara yang dimaksud adalah Pre-Roll Amplify dan  Sponsorship Amplify. Dua cara ini sama-sama merupakan program pengiklanan namun dengan sistem yang berbeda. Pengguna bisa memilih cara yang sesuai.

Kedua cara di atas, sama-sama merupakan program iklan dengan objek konten video. Jadi, bentuk konten yang bisa dimonetisasi dalam program ini adalah konten video. Tentu saja, untuk mengikutinya ada ketentuan dan syarat yang berlaku.

Jadi, bisa dipastikan bahwa para pengguna Twitter yang mengikuti program ini akan mendapatkan uangnya, sesuai dengan ketentuan program yang diikutinya. Namun, tentu saja ada pendaftaran dan syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh para pengguna Twitter yang ingin mendaftar program.

2 Cara Memanfaatkan Monetization Twitter

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Twitter membuatkan fitur atau sistem khusus untuk melakukan Monetization Twitter. Kedua cara itu pun sudah disebutkan sebelumnya, pada bagian ini akan diulas lebih jelas lagi bagaimana cara untuk memonetisasi Twitter.

Bagi para pengguna Twitter aktif mungkin bisa menyimak pembahasan di bawah ini dengan cermat. Karena mungkin saja bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Para pengguna yang ingin menggunakan program ini untuk monetisasi akun Twitter juga tidak perlu khawatir. Karena kedua cara yang dibahas disini merupakan dua program resmi yang dikeluarkan oleh Twitter.

1. Terapkan Pre Roll Amplify

Sistem Pre Roll Amplify adalah program Monetization Twitter pertama dan yang paling awal. Program ini bertujuan untuk melakukan pengiklanan, pilihan utamanya pada pre-roll dari konten video yang dibagikan di Twitter secara premium.

Para pengguna Twitter yang memenuhi kriteria harus mendaftar dulu pada program ini. Kemudian, mengembangkan paket untuk menawarkan dukungan pada sponsor. Barulah beralih pada fungsi-fungsi dan cara melakukan monetisasi dengan cara satu ini.

Fokus dari metode ini adalah konten yang berbentuk video. Jadi, setelah mendaftar, para pengguna tinggal mengaktifkan fitur monetisasi pada video yang diposting. Caranya sebagai berikut :

  • Pilih video yang akan dimonetisasi dari perangkat telepon.
  • Buka Pengaturan pada halaman posting video.
  • Aktifkan fitur untuk monetisasi pada video.
  • Lengkapi data yang dibutuhkan untuk video. Seperti deskripsi, konten yang relevan, dan sebagainya.
  • Sebagai fitur opsional, pengguna bisa memilih kategori iklan yang akan muncul dalam video. Namun, lebih baik jangan terlalu banyak memilih kategori ini. Karena menyebabkan terlalu banyak iklan yang muncul. Karena itu, lebih baik batasi saja sejak awal.

Jika ada satu pengiklan yang tidak ingin dikaitkan pada video yang diposting. Para pemilik video bisa memilih sendiri iklan yang ingin dikaitkan atau ditampilkan pada videonya. Tujuan utama dari fitur ini, adalah untuk mempertemukan perusahaan, atau usaha tertentu yang ingin mengeluarkan ad pada Twitter dengan, pemilik konten atau pemilik pengikut di Twitter.

Para pengguna akan mendapatkan fee atau komisi pada setiap iklan yang muncul pada video yang diaktifkan fitur monetisasinya. Jadi, iklan yang dimaksud akan secara otomatis masuk pada video yang telah di monetisasi begitu fiturnya diaktifkan.

Para pengguna Twitter masih harus mendaftar menjadi mitra pada program ini. Setelah itu, barulah para pengguna Twitter yang sudah menjadi mitra bisa menikmati fitur monetisasi pada akunnya.

2. Terapkan Sistem Sponsorship Amplify

Cara Monetization Twitter yang selanjutnya adalah dengan sistem sponsorship amplify. Sama dengan sistem yang sebelumnya. Sebenarnya fitur satu ini juga merupakan fitur pengiklanan pada Twitter dengan peraturan tertentu.

Para pengguna Twitter juga harus mendaftar dan mengaktifkan fitur tertentu untuk melakukan monetisasi. Berikut adalah cara untuk mengaktifkan fitur monetisasinya:

  • Pilih video yang akan dimonetisasi dari perangkat telepon.
  • Masukkan teks atau tweet yang bisa mendukung konten video.
  • Aktifkan fitur untuk monetisasi pada video dengan memberi tanda centang.
  • Lengkapi data yang dibutuhkan untuk video. Seperti deskripsi, konten yang relevan, dan sebagainya.
  • Lengkapi data-data yang diperlukan oleh video seperti judul video, deskripsi, dan URL menuju situs sasaran. Walaupun cukup diperlukan, namun data ini bersifat opsional. Jadi, walaupun tidak diisi video tetap bisa diupload.
  • Pilih kategori dan tema di mana video ingin dimunculkan. Opsi ini juga termasuk opsional, jadi tanpa dipilih pun video tetap bisa diupload. Namun, lebih baik mengisi kategori ini agar sasaran penonton video lebih jelas.
  • Walaupun begitu, hindari untuk mengisi terlalu banyak kategori untuk video. Jika, tidak ingin dideteksi sebagai video spam.
  • Setelah hal-hal yang disebutkan di atas sudah dilengkapi, para pengguna Twitter tinggal menekan tombol Tweet untuk mengirim konten tersebut ke media sosial.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui sama seperti program Pre Amply Amplif, konten yang dimonetisasi Twitter dalam cara ini adalah video. Fitur ini disebut fitur monetisasi yang paling premium di Twitter.

Dari penjelasan cara di atas, pasti sudah mulai terlihat jelas apa perbedaan dua program monetisasi Twitter ini. Namun, kedua program ini sama-sama menguntungkan untuk dicoba bagi para pengguna aktif Twitter.

Jadi, jangan merasa ragu bagi yang para pengguna Twitter yang ingin mulai menghasilkan uang tambahan melalui aplikasi burung biru ini. Jika, para pengguna memang memiliki jumlah followers yang terbilang banyak. Bisa mencoba untuk menjadi bagian dari salah satu program Monetization Twitter di atas.