free page hit counter
aplikasi menulis
aplikasi menulis

8 Aplikasi untuk Mendukung Kamu Makin Rajin Menulis

Kemampuan menulis di masa kini memang sangat dibutuhkan, terlebih lagi ketika berhubungan dengan media sosial. Nah kini ada banyak pilihan aplikasi menulis dapat digunakan untuk melatih tata kalimat, kreativitas, dan membuat semakin rajin menulis.

Perlu diketahui juga bahwa semakin baik ketika seseorang menulis maka akan semakin banyak pilihan kosa kata. Terlebih lagi banyaknya ragam bahasa memiliki banyak kosa kata disertai dengan sinonim pada suatu kata sehingga dapat digunakan beragam.

Aplikasi bantuan untuk melatih tulis menulis selain bermanfaat untuk penggunaan umum, kadang juga berguna bagi kepentingan pekerjaan. Khusus pembahasan kali ini akan disampaikan mengenai rekomendasi aplikasi menulis untuk meningkatkan produktivitas berikut:

1. Writer Plus (Write On the Go)

Masuk ke pembahasan pertama yaitu aplikasi Writer Plus yang menonjolkan fitur kemudahan bagi penggunanya untuk mulai menulis. Sesuai dengan namanya, Writer Plus dapat digunakan untuk menulis ketika sedang di jalan.

Selain itu, aplikasi satu ini tersedia untuk didownload dengan mudah tanpa berbayar di Play Store dan telah diulas oleh 78 ribu pengguna. Keistimewaan menggunakan aplikasi ini adalah penyimpanan yang dibutuhkan ada di bawah 1 MB saja, sehingga lebih ramah pada smartphone.

Berbagai fitur juga tersedia dalam aplikasi Writer Plus contohnya seperti membuka, mengedit, menyimpan, membuat folder, menghitung kata, dan lainnya. Ditambah lagi menyediakan sambungan bluetooth yang dapat tersambung dengan keyboard.

2. Grammarly – Grammar Keyboard

Selanjutnya juga masih ada rekomendasi lainnya yaitu aplikasi Grammarly yang lebih ditujukan bagi pengguna dengan fokus tulisan bahasa Inggris. Penulisan dan pengecekan dalam bahasa Inggris ini meliputi tata grammar, spelling, punctuation, dan sebagainya.

Aplikasi menulis satu ini memang direkomendasikan untuk pengembangan aktivitas menulis dalam bahasa Inggris sekaligus meningkatkan kemampuan. Grammarly juga menyediakan berbagai fitur writing assistant yang dapat memperbaiki kesalahan.

Tidak hanya bahasa Inggris secara umum, namun pengaturan Grammarly dapat juga disesuaikan dengan kustomisasi yang diinginkan. Misalnya bahasa Inggris American dan British memiliki beberapa kata yang berbeda sehingga dapat disesuaikan.

3. Writer Tools – Novel Planner, Editor, and Tracker

Setelah sebelumnya membahas rekomendasi aplikasi menulis berbahasa Inggris, kini meluas ke aplikasi berbahasa asing yaitu Writer Tools. Bahasa yang disediakan dalam aplikasi ini meliputi Belanda, Italia, Korea, Cina, Spanyol, Jerman, Portugis, dan sebagainya.

Fitur menarik yang mungkin tidak ditemukan pada aplikasi lain adalah layanan back up yang hadir sebagai langkah pencegahan kehilangan progress. Selain itu ada juga pengaturan timer yang dapat diatur, sehingga dapat membuat penggunanya fokus menulis. 

Tidak hanya itu saja, namun ada timeline atau jadwal pengingat yang dapat disesuaikan untuk memastikan bahwa penggunanya rajin menulis. Pada aplikasi Writer Tools dapat juga dibagi menjadi beberapa bab atau chapter sesuai keinginan.

4. Pure Writer – Writing, Note 

Penyimpanan otomatis dihadirkan sebagai fitur menarik aplikasi Pure Writer dan jika tidak tersimpan maka akan ada notifikasi yang diberikan. Daya tarik yang lain diberikan Pure Writer juga ada yaitu dapat mengubah latar belakang hasil tulisan, sehingga dapat dipercantik hasilnya.

Sebenarnya aplikasi menulis satu ini tersedia secara gratis, namun ada juga versi Pure Writer Pro yang memiliki lebih banyak fitur lainnya. Misalnya seperti unlimited words, editor kedua, great cursor focus, transparan bar navigasi, dan sebagainya.

Akan tetapi, pengguna juga dapat mengunduh aplikasi versi gratis dan memperoleh banyak fitur menarik. Hanya memerlukan ruang penyimpanan sebesar 16 MB saja disertai dengan nilai ulasan mencapai 4.7 bintang dari 14 ribu pengguna. 

5. Novelist – Write Novels

Dibuat sejak tahun 2017, aplikasi Novelist memiliki fokus untuk menunjang para pengguna yang ingin memulai membuat novel. Di dalam aplikasinya dibagi menjadi beberapa chapter sesuai rencana novel yang akan dibuat. 

Selain itu, aplikasi menulis ini akan sangat membantu untuk meningkatkan kerajinan penggunanya menulis karena memiliki pengaturan jadwal. Pengguna baru juga dapat diperkenalkan cara menggunakan aplikasi untuk membuat plot cerita.

Keistimewaan fitur yang dimiliki adalah pengguna dapat memulai menulis kapan saja dan dengan perangkat apapun. Kemudian hasil akhir dapat dipilih menjadi format EPUB, HTML, atau ODT yang diinginkan.

6. JotterPad – Writer, Screenplay, Novel

Rekomendasi aplikasi menulis berikutnya ada Jotterpad yang sangat mungkin meningkatkan penggunanya semakin rajin menulis. Pasalnya fitur yang disediakan juga beragam dan mudah digunakan, salah satunya adalah dapat menambah gambar dalam tulisan.

Pencarian gambar yang akan digunakan juga disediakan secara langsung oleh Jotterpad, sehingga kemungkinan copyright lebih kecil. Pengguna dapat memilih untuk membagi tulisannya dalam beberapa chapter atau full. 

Selain itu, pengguna dapat melakukan sinkronisasi pada penyimpanan online sehingga progress tidak perlu takut hilang jika tidak tersimpan. Ditambah Jotterpad memiliki kamus tersendiri yang dapat digunakan untuk mencari pengertian suatu kata.

7. Google Docs dan Drive

Nah aplikasi menulis satu ini mungkin telah dikenal atau bahkan digunakan oleh banyak orang karena kemudahan untuk mengeditnya. Untuk memulainya, pastikan memiliki dahulu email lalu masuk ke Drive akun tersebut.

Kemudian pada bagian bawah kanan akan ada tanda tambah dan klik saja untuk membuat dokumen yang secara otomatis masuk ke Google Docs. Setelah itu, pengguna hanya perlu mulai menulis seperti biasa dan penyimpanan diperbarui secara otomatis.

Selain itu, fitur yang dimiliki sepertinya kebanyakan serupa dengan Microsoft Word sehingga lebih mudah. Pengguna juga dapat menambahkan akun atau pengguna lain jika dibutuhkan bantuan untuk menulis atau mengedit.

Nah bagi yang ingin menggunakannya, jangan lupa untuk tetap terhubung dengan jaringan agar dapat menggunakan untuk menulis. Sebagai tambahan informasi, ada status yang bertuliskan saving berarti pembaruan sukses tersimpan.

8. Character Story Planner – World Building App

Terakhir adalah rekomendasi aplikasi yang dapat menciptakan karakter, hubungan antar karakter, dan sebagainya yaitu Character Story Planner. Pengguna juga dapat menambahkan latar belakang karakter yang dibuatnya.

Latar belakang yang dimaksud meliputi nama, usia, jenis kelamin, ras, waktu kelahiran, dan sebagainya. Di dalam aplikasi juga ada pembagian kelompok karakter, proyek, cerita, dan template.

Menarik bukan? Ternyata ada berbagai aplikasi menulis yang sering digunakan, namun ternyata dapat mendukung penggunanya menjadi rajin menulis. Setiap orang tentunya memiliki pilihan dan tujuan tersendiri untuk memilih aplikasi yang sesuai keinginan.

Aplikasi ini telah hadir sejak tahun 2018 dengan jumlah penyimpanan sebesar 16 MB dengan berbagai fitur menarik lainnya. Disediakan di Play Store, sehingga dapat langsung diunduh karena tersedia secara gratis.

Berbagai aplikasi yang direkomendasikan tersebut juga memiliki tujuan khusus yang juga telah disampaikan sebelumnya. Oleh karena itu, memilih aplikasi untuk mengetahui kecocokannya patutnya dipertimbangkan apakah ingin fokus pada peningkatan kosa kata atau perbaikan kata baku.

Aplikasi menulis juga akan cocok untuk digunakan, khususnya bagi pekerja yang sibuk atau tidak memiliki waktu untuk mulai menulis. Sekian dahulu pembahasan kali ini dan semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat dengan baik.