free page hit counter

Penting! Biar Nggak Kesetrum Saat Banjir Datang, Lakukan Ini

Artikel diperbarui pada 15 September 2022.

Apa yang harus dilakukan saat banjir
Banjir menggenang sejumlah kawasan di Indonesia. | Via detik.com

Musim penghujan telah tiba dibuktikan dengan sebagian besar wilayah Indonesia telah diguyur oleh hujan lebat. Bahkan, ada sejumlah daerah yang dilaporkan terkena banjir, sehingga harus selalu waspada setiap waktu.

Apabila kamu seorang pelanggan PLN dan wilayah tempat tinggalmu terkena banjir, kamu mesti berhati-hati dalam penggunaan listrik agar tidak kesetrum. Tapi, tidak perlu takut karena kamu bisa melakukan beberapa langkah tepat untuk menghindari setruman, sebagai berikut:

1. Saat banjir datang, ada baiknya kamu matikan listrik dari MCB atau Meter Circuit Breaker untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan

2. Jangan lupa untuk mencabut semua peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak untuk menghindari setruman, ya.

3 Naikkan juga berbagai alat elektronik yang kamu miliki ke tempat bebas dari air banjir

4. Jika kamu mendapati aliran listrik di sekitar rumah masih belum padam, segera lapor ke Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile, maupun mendatangi kantor PLN terdekat untuk melakukan pemadaman.

Ketika kamu berhasil melakukan semua langkah di atas, PLN dengan sigap akan mematikan listrik di sekitar rumahmu, tak terkecuali gardu distribusi untuk mengantisipasi jika terendam air.

Setelah air mulai surut, kamu bisa menggunakan peralatan elektronik kembali dengan memastikan bahwa semua peralatan tersebut dalam keadaan kering. PLN akan kembali melakukan penormalan listrik jika sudah mendapatkan penandatangan berita acara yang disaksikan oleh RT/RW/tokoh masyarakat setempat.

Apabila kamu dan warga lainnya sudah dalam keadaan aman, serta jaringan PLN sudah aman dari banjir pula, maka pihak PLN akan menyalakan listrik kembali. Dengan begitu, semuanya akan terlindungi dan terhindar dari setruman listrik.

Tinggalkan Balasan