free page hit counter
8 Teknik Marketing Sederhana Namun Hasilnya Luar Biasa
8 Teknik Marketing Sederhana Namun Hasilnya Luar Biasa. | via goodscoop.id

8 Teknik Marketing Sederhana Namun Hasilnya Luar Biasa

Artikel diperbarui pada 16 Maret 2022.

Teknik marketing semakin berkembang. Namun, bukan berarti kamu harus selalu mengejar teknik marketing terbaru. Kalau kamu baru saja mulai bisnis kecil/UMKM, 8 teknik marketing sederhana ini bisa membeli hasil luar biasa jika kamu terapkan dengan tepat.

Penyesuaian strategi dan teknik marketing sederhana dibutuhkan, terlebih lagi pada masa kini ada banyak teknologi yang berkembang. Selain itu, maraknya dan tingginya persaingan usaha yang ada menjadi salah satu dorongan untuk meningkatkan jumlah pelanggan melalui marketing.

Setiap perusahaan, memiliki strateginya masing-masing yang biasanya disesuaikan dengan tujuan, visi, dan misi usaha. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai teknik marketing, kenali terlebih dahulu mengenai pemasaran atau marketing yang sering disebut ini.

Secara singkat, marketing adalah sebuah langkah untuk mencipta, berkomunikasi, hingga memberikan penawaran bagi calon customer. Khusus untuk pembahasan kali ini akan ada penjelasan beragam teknik marketing sederhana yang dapat dilakukan antara lain:

1. Memberikan Rasa Nyaman Pada Pelanggan – Teknik Marketing Sederhana Berfokus Layanan

Hal pertama yang dapat digunakan sebagai cara terbaik untuk meningkatkan branding produk adalah menyambut pelanggan dengan ramah. Perlakuan ini dapat dilakukan dan menjadi regulasi internal tersendiri pada toko offline yang didatangi oleh pelanggan secara langsung.

Kemungkinan besar pelanggan yang memperoleh perlakuan ramah akan memiliki persentase lebih besar untuk datang kembali. Contoh sambutan ramah yang diberikan untuk pelanggan adalah melalui senyum, sapa, dan salam ketika pelanggan datang atau pergi.

Selain perlakuan yang ramah, teknik marketing sederhana yang akan memberikan rasa nyaman adalah dengan menjaga toko bersih. Penataan toko dan kebersihan menjadi alasan juga untuk meningkatkan pelanggan agar kembali atau bahkan merekomendasikannya.

2. Tanggapan dan Pelayanan Cepat – Melayani Pelanggan dengan Baik Bisa Mendorong Cuan Bisnis Kamu

Bagi beberapa orang mungkin perilaku satu ini tidak dianggap sebagai teknik marketing, namun siapa sangka ternyata ini dapat meningkatkan rasa loyal pelanggan. Sebenarnya memberikan tanggapan dan juga pelayanan cepat dapat dilakukan untuk online atau offline store. 

Bagi toko online dapat memberikan tanggapan cepat terkait masalah seperti barang rusak, salah warna, dan lainnya. Ketika sudah merasakan penanganan yang cepat dan juga jelas, maka sudah pasti orang tersebut akan menetap menjadi pelanggan.

Di sisi lain, teknik marketing sederhana ini pada toko offline dapat dilakukan misalnya dengan menjadi asisten ketika pelanggan memilih produk. Akan tetapi, perlu hati-hati sebab beberapa pelanggan mungkin tidak ingin diikuti atau dibantu ketika memilih produk.

3. Membuat Marketing Plan Berjangka Waktu – Ikuti Rencana Marketing dan Disiplin

Berikutnya adalah memiliki perencanaan pemasaran menjadi teknik marketing yang dibutuhkan untuk melihat potensi pasar dan pelanggan. Perencanaan dalam pemasaran memang dibutuhkan, sebab perlu penyesuaian dengan kondisi dan situasi saat penggunaan teknik.

Biasanya perencanaan suatu teknik pemasaran akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu, karena mengikuti kesukaan masyarakat yang cepat berubah. Tim pemasaran juga harus pintar dalam membaca keadaan dan jika mampu untuk memanfaatkan situasi demi branding produk.

Akan tetapi, harap dipertimbangkan pula beberapa hal seperti kelayakan dan kesesuaian dengan target pasar yang akan dituju. Umumnya marketing plan berisi mengenai cara promosi dan medianya, target produk, prioritas, pengaturan budget, dan sebagainya.

4. Lakukan Observasi Lingkungan dan Pelanggan – Pastikan Bisnis Kamu Memiliki Market

Sebenarnya langkah ini akan jauh lebih bermanfaat ketika dilakukan sebelum melakukan atau merencanakan suatu teknik marketing. Tidak hanya bertujuan untuk melihat pasar, namun menilai performa toko hingga pekerja dan mengevaluasinya juga dapat diperoleh.

Setiap usaha atau toko mungkin memiliki jadwal observasi lapangan tertentu dan biasanya sekitar 1 hingga 3 bulan. Teknik observasi juga beragam, misalnya dengan melakukan wawancara secara langsung kepada pengguna atau menyebarkan angket.

Kemudian hasil observasi dan evaluasi dapat menjadi fokus tersendiri kepada perencanaan marketing berikutnya. Beberapa usaha mungkin juga lebih mengetahui manfaatnya melakukan observasi karena akan menghemat budget perusahaan dan memfokuskan pemasaran.

5. Promosi Alami dan Menguntungkan Pelanggan – Teknik Marketing Sederhana Namun Hasil Luar Biasa

Berikutnya bersinggungan dengan promosi, termasuk medianya sebagai teknik marketing sederhana untuk pelanggan. Seringkali marketing memang sangat identik dengan promosi, iklan, media promosi, kemasan produk, proses branding, dan sebagainya.

Oleh karena itu, teknik terampuh untuk melakukan promosi adalah dengan melakukan iklan dan menyebarkannya secara luas. Media promosi juga kini beragam karena ada banyak teknologi, mulai dari radio, televisi, media sosial, hingga situs internet.

Ketika membuat promosi saja, misalnya buy one free one mungkin akan menguntungkan pelanggan namun tidak banyak yang akan datang. Ada banyak sebabnya jika hal itu terjadi seperti kurangnya informasi ke luar atau cara komunikasi yang belum tepat.

6. Investasikan Usaha Pada Pekerja – Tanpa Pekerja, Usaha Kamu Bakal Susah Maju

Setelah berbicara cukup banyak dan hanya seputar pelanggan, kini waktunya beralih kepada orang yang menjadi pekerja di perusahaan. Seharusnya setiap toko atau usaha memandang bahwa pekerja adalah salah satu aset dan investasi yang harus dijaga keberadaannya.

Sebab kehadiran pekerja memang bertugas dan berusaha untuk mencapai tujuan dan keuntungan bagi usaha. Oleh sebab itu, berikan penghargaan sebagai teknik marketing sederhana kepada pekerja melalui bonus setelah menyelesaikan tugasnya.

Ketika melakukan hal tersebut, tentu akan meningkatkan semangat pekerja dan bersiap menghadapi pelanggan dengan lebih baik. Secara tidak langsung, dengan memperbaiki internal maka juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan kepada toko.

7. Memiliki Harga yang Bersaing – Teknik Marketing untuk Menjaring Banyak Pelanggan

Satu hal yang sering menjadi perbandingan oleh pelanggan adalah terletak pada harga suatu produk yang sama. Teknik marketing sederhana yang baik tentunya akan membuat pelanggan berpikiran baik tentang apa saja yang akan diperoleh pada harga yang sama atau berbeda.

Bisa jadi semakin murah suatu produk dibandingkan dengan toko lain, maka akan menarik pelanggan lebih banyak. Alternatif teknik lain yang dapat dipakai adalah dengan membuat penawaran yang masuk akal dan terkesan menguntungkan pelanggan.

Misalnya pada toko lain memiliki harga yang lebih murah, namun toko juga dapat menawarkan hadiah gratis atau kupon undian. Langkah tersebut dapat menjadi cara jitu untuk mengatasi persaingan harga yang ada dengan menawarkan sistem win win.

8. Mengenal Pelanggan – Simpan Data Mereka Tapi Jangan Spam!

Kemudian ada teknik marketing sederhana yang terakhir dan menjadi langkah awal paling mudah yang dapat dilakukan. Hal tersebut adalah mengenal pelanggan, misalnya dengan mengetahui namanya atau kesibukannya sebagai cara untuk mendekatkan diri.

Biasanya teknik ini sering digunakan pada kafe dengan pelanggan rutin atau pemberian jasa seperti properti rumah. Ketika mengenal, setidaknya nama pelanggan akan memberikan rasa kepuasan langsung dan penghargaan pada pelanggan.

Pasalnya pelanggan akan merasa bahwa menjadi orang yang dispesialkan karena namanya diingat. Selain nama, misalnya pesanan rutin dapat juga diingat untuk memberikan penghargaan untuk loyalitasnya. Hal ini juga dapat membuka percakapan menjadi lebih dekat.

Strategi yang telah disampaikan tersebut layaknya dapat menjadi pertimbangan untuk dipilih kemudian dilakukan. Akan tetapi dengan catatan khusus menyesuaikan dengan internal perusahaan, misalnya menonjolkan keunikan atau keistimewaan perusahaan.

Selain itu, berbagai teknik marketing sederhana sepertinya dapat juga menjadi cara untuk mengatasi permasalahan terkait kelesuan penjualan atau ancaman gulung tikar. Memang tidak selamanya bahwa usaha akan terus pada posisi baik atau untung, oleh sebab itu terkadang membutuhkan teknik marketing baru.

Pada transaksi jual beli, terlebih lagi dalam usaha jual beli barang maka dapat dikatakan bahwa teknik marketing sebagai jantung porosnya. Melalui langkah teknik marketing sederhana bisa jadi menyelamatkan usaha dari keterpurukan. 

Teknik Marketing Sederhana Namun Hasilnya Luar Biasa – Infografis

Teknik Marketing Sederhana Namun Hasilnya Luar Biasa
Teknik Marketing Sederhana Namun Hasilnya Luar Biasa. | via goodscoop.id