free page hit counter
Cara Menghasilkan Uang untuk Remaja, Ini Daftarnya
Cara Menghasilkan Uang untuk Remaja, Ini Daftarnya. | via goodscoop.id

Cara Menghasilkan Uang untuk Remaja, (Pelajar, Mahasiswa, Baca Ini)

Artikel diperbarui pada 16 April 2022.

Bisakah pelajar SMP-SMA menghasilkan uang? Buat kamu yang sedang cari uang tambahan untuk jajan dan beli keperluan sekolah maupun keperluan pribadi, artikel ini punya jawabannya. Berikut ini adalah cara menghasilkan uang untuk remaja.

Setiap remaja tentu ingin memiliki uang tambahan agar bisa membeli barang incarannya dengan hasil usaha sendiri. Saat ini tentu ada banyak cara menghasilkan uang untuk remaja, bahkan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Menariknya, beberapa diantaranya juga hanya membutuhkan modal gadget dan paket data saja untuk terhubung ke internet. Seperti yang sudah diketahui, bahwa dengan terhubung dengan jaringan internet akan memudahkan pengguna untuk mendapatkan uang.

Pasalnya, banyak pekerjaan yang menghasilkan uang dengan cepat atau aktivitas online yang kini telah terbukti mampu menghasilkan uang mulai dari recehan hingga ratusan juta. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak pembahasan lengkap berikut:

1. Bisnis Dropship – Cara Menghasilkan Uang untuk Remaja Tanpa Modal

Jadi dropshipper pakaian wanita termasuk cara paling mudah untuk menghasilkan rupiah bagi remaja
Jadi dropshipper pakaian wanita termasuk cara paling mudah untuk menghasilkan rupiah bagi remaja. | via goodscoop.id

Bisnis dropship menjadi salah satu cara menghasilkan uang untuk remaja, karena ini termasuk bisnis online tanpa modal. Selain itu, bisnis yang satu ini dinilai hampir tidak ada resiko kerugian, sehingga cocok sekali bagi pemula.

Langkah memulai bisnis dropship pun cukup mudah, pelaku bisnis harus menentukan jenis produk yang akan dijual. Pastikan memilih produk yang sedang banyak dicari untuk menarik minat pembeli, misalnya Korean dress, skincare dan masih banyak lagi.

Setelah itu, cari supplier terpercaya yang menjual produk tersebut di e-commerce seperti Blibli dan Lazada. Lanjut dengan memasang iklan di sosial media, jika ada pesanan masuk, dropshipper hanya perlu menghubungi supplier. Agar pihak supplier mengirimkan produk sesuai yang dipesan.

Kamu pun bisa mencari peluang sebagai dropshipper dengan menggunakan aplikasi dropship gratis untuk bisnis.

2. Bergabung di Program Afiliasi – Cara Menghasilkan Uang Bagi Remaja yang Suka Bermedsos

Bisnis afiliasi juga mudah dijalankan bahkan oleh remaja yang belum memiliki modal usaha
Bisnis afiliasi juga mudah dijalankan bahkan oleh remaja yang belum memiliki modal usaha. | via goodscoop.id

Apa itu afiliasi? Program afiliasi merupakan bentuk kerjasama promosi dan penjualan suatu produk. Bagi yang mengikuti program afiliasi dan berhasil menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan akan mendapatkan komisi.

Afiliasi dapat dikatakan sebagai cara menghasilkan uang untuk remaja yang dapat dilakukan tanpa modal sepeserpun. Cara bergabung di program afiliasi untuk mendapatkan uang cukup mudah, lakukan pendaftaran terlebih dahulu pada e-commerce yang menyediakan program tersebut.

Jika ingin bergabung program afiliasi e-commerce luar negeri dapat mendaftar melalui Amazon Affiliates. Untuk e-commerce Indonesia penyedia program afiliasi adalah Shopee dan Tokopedia. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, akan diberi banner referral untuk dibagikan ke orang lain.

3. Menjual Pulsa dan Paket Data – Cocok Buat Kamu, Pelajar yang Suka Bersosialisasi

Remaja bisa menghasilkan uang tanpa modal dengan berjualan paket data atau pulsa
Remaja bisa menghasilkan uang tanpa modal dengan berjualan paket data atau pulsa. | via goodscoop.id

Sekarang, pulsa dan paket data sudah menjadi layaknya kebutuhan pokok sehari-hari bagi pengguna gadget. Pasalnya, pulsa dan paket data tidak hanya dapat digunakan untuk keperluan hiburan belaka, tapi juga untuk belajar.

Oleh sebab itu, menjual pulsa dan paket data menjadi salah satu cara menghasilkan uang untuk remaja yang menguntungkan. Tidak memerlukan budget besar, hanya dengan modal awal sebesar 200 ribu saja sudah dapat menjalankan bisnis ini.

Selama kamu mengetahui cara bisnis pulsa dengan modal minim yang benar, kamu pun bisa mendapatkan profit yang lumayan.

Untuk caranya, dapat dengan menentukan platform yang menjual pulsa dan paket data dengan harga reseller. Dengan demikian, ketika pulsa dan paket data tersebut dijual kembali, penjual dapat mematok harga yang tidak terlalu mahal. Namun, tetap memperoleh keuntungan.

4. Menjadi Penulis Lepas – Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

Jasa penulis masih dibutuhkan di media sosial dan bisa kamu jalankan di rumah sebagai usaha sampingan tanpa modal bagi remaja
Jasa penulis masih dibutuhkan di media sosial dan bisa kamu jalankan di rumah sebagai usaha sampingan tanpa modal bagi remaja. | via goodscoop.id

Bagi yang gemar menulis dan ingin hasil tulisannya dibayar tapi belum memiliki blog pribadi, dapat mencoba menjadi penulis lepas dengan bantuan aplikasi menulis. Meskipun aktivitas menulis sebenarnya sudah menjadi salah satu cara menghasilkan uang untuk remaja sejak lama. Namun, beberapa orang belum tahu hal ini.

Kini, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas yang bersedia menulis untuk mengisi website resminya. Ini menjadi salah satu peluang bagi yang hendak memulai usaha kepenulisan agar mendapatkan uang. Baik penulis yang berpengalaman maupun tidak, dapat mencoba.

Untuk lowongan kerja penulis lepas, dapat mudah ditemukan melalui Google dan media sosial seperti Instagram. Namun, imbalan berupa uang yang diperoleh tentu sesuai dengan kemampuan menulis yang dimiliki oleh penulis. Semakin bagus tulisannya, maka penghasilannya semakin besar.

Kalau kamu suka menulis, kamu bisa mencoba menulis di aplikasi penghasil uang dengan menulis novel dan mendownload aplikasi-aplikasi tersebut.

5. Jual Foto dan Video Footage – Cara Mudah Menghasilkan Uang Bagi Kamu yang Suka Traveling

Berjualan footage video dan foto banyak dijalankan oleh remaja di luar negeri untuk mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan modal kamera ponsel
Berjualan footage video dan foto banyak dijalankan oleh remaja di luar negeri untuk mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan modal kamera ponsel. | via goodscoop.id

Di zaman sekarang, banyak hal yang dapat diuangkan, termasuk foto. Bagi yang hobi hunting foto dapat menjual hasil foto-fotonya pada sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto. Banyak platform yang dapat digunakan, biasanya platform untuk mengunggah foto dan video footage memiliki komunitas pengguna yang sangat banyak.

Kamu bisa menggunakan website untuk edit video agar bisa menghasilkan video footage yang bagus tanpa harus membeli lisensi software video editing yang mahal. Biasanya, website edit video tersebut juga memiliki forum untuk berbagi foto dan video.

Sehingga, ketika ada orang lain yang tertarik dengan foto yang diunggah pada platform tersebut dan ingin menggunakannya harus membayar dahulu. Hal ini bertujuan agar orang tersebut dapat memperoleh lisensinya. Untuk platform nya, ada website Shutterstock dan iStockPhoto, dua website tersebut sudah banyak digunakan untuk menjual foto.

Sedangkan untuk menjual video dapat dilakukan melalui website Pond5, VideoHive dan Dissolve. Sebelum memutuskan untuk mengunggah foto dan video, alangkah lebih baik mencari terlebih dahulu style foto dan video yang banyak digunakan. Jangan lupa untuk memoles hasil jepretan melalui photoshop terlebih dahulu agar terlihat lebih menarik.

6. Membuat dan Menjual Desain Grafis – Pekerjaan Sampingan yang Cocok Bagi Pelajar

Kalau kamu bisa buat desain grafis lebih bagus daripada contoh di atas, kamu cocok terjun ke bisnis ini
Kalau kamu bisa buat desain grafis lebih bagus daripada contoh di atas, kamu cocok terjun ke bisnis ini. | via goodscoop.id

Jika memiliki kemampuan desain grafis dan terbiasa bergelut dengan software Photoshop. Ada baiknya jika hasil desain dijual agar memperoleh keuntungan, tidak hanya memenuhi ruang penyimpanan saja. Desain dapat dibuat bervariasi, salah satunya desain untuk media sosial.

Tapi perlu diketahui, desain grafis akan lebih mudah dibuat melalui laptop atau PC jika dibandingkan dengan menggunakan gadget. Aplikasi desain grafis pun tersedia lebih lengkap untuk perangkat laptop. Untuk platformnya dapat menggunakan website 99designs.

Sistem penjualannya, desainer harus mengunggah desain yang sudah jadi ke platform tersebut. Apabila ada klien yang tertarik dengan desain yang telah diunggah tersebut, maka akan langsung segera menghubungi pemilik desain.

7. Mulai Bisnis E-commerce – Dorong Kreatifitas dengan Jualan Produk Populer

Kamu bisa mulai e-commerce dengan berjualan produk kamu sendiri di Instagram hingga Shopify
Kamu bisa mulai e-commerce dengan berjualan produk kamu sendiri di Instagram hingga Shopify. | via goodscoop.id

Bisnis e-commerce kini telah banyak diminati, tidak terkecuali oleh generasi millenial. Ini dapat menjadi salah satu cara menghasilkan untuk remaja, karena bisnis dapat dilakukan dengan mudah. Biayanya pun dapat mulai dari sedikit demi sedikit.

Baru ketika usahanya sudah mulai berjalan, dapat menambah biaya modal agar keuntungan yang didapatkan dapat bertambah banyak. Situs e-commerce dapat dibuat dengan mudah melalui platform WordPress dan WooCommerce.

Dengan bisnis ini, produk yang dijual dapat dipilih secara bebas. Biasanya, orang yang sedang memulai merintis bisnis e-commerce akan membeli produk dari pasar luar negeri. Hal ini karena harganya yang cukup murah, sehingga dapat mengambil keuntungan yang cukup besar.

Tapi, bisa juga kamu menjual produk lokal ke luar negeri. Salahs atu platform untuk jualan barang ke luar negeri dan pengiriman ekspor ke seluruh dunia adalah Shopify. Ikuti panduan cara jualan online ke luar negeri dengan Shopify ini.

8. Menjadi Youtuber – Cara Menghasilkan Uang Meski Kamu Masih Pelajar

Menjadi YouTuber tak harus selalu di depan kamera, dengan animasi sederhana pun kamu bisa dapat dolar ketika remaja
Menjadi YouTuber tak harus selalu di depan kamera, dengan animasi sederhana pun kamu bisa dapat dolar ketika remaja. | via goodscoop.id

YouTube telah menjadi platform yang banyak diakses oleh berbagai orang di belahan bumi yang menampilkan berbagai macam video. Dengan banyaknya orang yang mengakses YouTube, tidak ada salahnya jika mencari uang dengan membuat konten yang diunggah di YouTube.

Pihak YouTube memberikan penghasilan kepada YouTuber melalui iklan yang disisipkan pada video yang diunggah di kanal YouTube nya. Namun, untuk kanal yang videonya dan subscribernya masih sedikit, biasanya tidak diselipkan iklan di dalamnya.

Kamu pun bisa mempelajari cara dapat dolar dari YouTube dan mulai gajian rutin tiap bulan dari YouTube AdSense. Semakin sering kamu membuat video, maka semakin banyak orang yang akan mengenal kanal kamu.

Maka dari itu, pembuatan video harus dilakukan secara rutin dan dibuat semenarik mungkin. Agar semakin bertambah banyak jumlah subscribernya dan semakin besar pula penghasilannya.

Sudah Tahu Cara Menghasilkan Uang untuk Remaja? Segera Mulai!

Itulah cara menghasilkan uang untuk remaja bagi yang membutuhkan uang tambahan, baik untuk jajan maupun untuk tabungan. Cara yang telah disebutkan diatas dapat dipilih yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan sesuai target pasarnya. Agar keuntungan yang diperoleh lebih maksimal.

Bisnis yang telah disebutkan sebelumnya, tidak secara langsung memberikan penghasilan yang banyak. Oleh karena itu, tetaplah bekerja dengan sepenuh hati, supaya lama kelamaan bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel Terkait: