free page hit counter
grup telegram bermanfaat
grup telegram bermanfaat

7 Grup Telegram yang Bermanfaat untuk Belajar

Artikel diperbarui pada 11 Maret 2022.

Kini belajar tidak perlu sulit, karena ada berbagai situs hingga platform aplikasi yang menyediakan layanan tersebut untuk memudahkan. Salah satu contohnya adalah aplikasi Telegram yang marak digunakan karena cara menggunakannya mudah serta lebih hemat ruang. Bahkan ada grup telegram bermanfaat untuk belajar.

Cara menambahkan atau mencari channel tertentu di Telegram juga sangat mudah karena hanya perlu bermodalkan paket internet saja. Kemudian lakukan pencarian dengan mengetik username channel atau grup tertentu dan klik join. Di bawah ini akan disampaikan beberapa rekomendasi grup bermanfaat untuk belajar dan cara untuk bergabung antara lain:

Rekomendasi Channel Belajar yang Bermanfaat Di Telegram

Masuk ke pembahasan pertama yaitu ada rekomendasi grup belajar yang hadir di Telegram dan dapat bermanfaat untuk menambah ilmu. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak yuk daftar grup telegram bermanfaat belajar di bawah ini:

1. Agusmology Channel

Sebelum membahasnya, Agusmology adalah salah satu channel yang cukup terkenal dalam dunia trading saham dan cukup baik penjelasannya. Sebenarnya ada dua channel Agusmology yaitu grup diskusi dan juga penjelasan informasi dari pemilik secara langsung.

Nah pengguna juga bisa memilih ingin mengikuti kedua grup atau tidak dan disesuaikan dengan kebutuhan. Belakangan ini, Agusmology juga tidak hanya membahas mengenai trading saham saja namun juga informasi mengenai bitcoin.

Selain itu, channel ini juga memberikan beberapa pelatihan dalam kelas untuk mengupas tuntas mengenai konsep trading kepada pemula. Bagi pengguna Telegram yang tertarik, tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini bukan?

2. Learn English Idioms Land

Beralih ke grup telegram bermanfaat berikutnya yaitu ada Learn English Idioms Land yang sudah memiliki lebih dari 144 ribu anggota. Model grup ini adalah memberikan suatu idiom atau kata tertentu kemudian dijelaskan juga terkait arti dan penggunaan contoh kata tersebut.

Tentunya grup ini sangat berguna, terlebih lagi bagi orang-orang yang ingin memperbanyak kosa kata dalam bahasa Inggris. Ditambah juga Learn English Idioms Land selalu update pengetahuan barunya setiap hari dan tidak pernah terlewat satu hari pun.

3. Belajar Bahasa Inggris

Ketika channel sebelumnya memiliki konsep untuk menjelaskan suatu kata tertentu kemudian memberikan pengertian dan juga penggunaannya. Berbeda dengan channel satu ini yaitu Belajar Bahasa Inggris yang memiliki berbagai penjelasan, khususnya pada grammar.

Lebih mengkaji dan membedah satu demi satu suatu penempatan atau bentuk kalimat sesuai dengan aturan grammar. Grup ini tentu akan sangat berguna bagi yang ingin tes ujian bahasa Inggris seperti Toefl karena cukup banyak tata kalimat yang menjadi soal.

Keistimewaan channel Belajar Bahasa Inggris adalah menjelaskan pembahasan terkait grammar menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu, catatan dan pembelajaran yang lalu masih tetap ada pada channel dan tidak hilang.

4. Dewa Eka Prayoga

Nah bagi yang tertarik bergabung dengan grup telegram bermanfaat, khususnya investasi maka dapat join ke channel Dewa Eka Prayoga. Tidak hanya investasi, namun ada berbagai ilmu nyata yang bermanfaat misalnya teknik marketing hingga copywriting yang sering dibutuhkan.

Selain itu, channel Dewa Eka Prayoga membagikan khusus buku-buku dan sumber bacaan secara gratis melalui beragam file. Buku tersebut juga ditulis dan dibagikan oleh pemiliknya sendiri yaitu Dewa Eka Prayoga yang memiliki nama seperti channelnya.

5. Ask Me

Menarik namun tidak banyak dipikirkan mungkin menjadi gambaran yang paling sesuai bagi grup telegram bermanfaat untuk belajar satu ini. Pasalnya Ask Me menyajikan berbagai informasi menarik yang seringkali tidak terpikirkan atau dianggap sepele, namun tetap menarik.

Contohnya adalah mengapa memanggil benua Asia dengan kata Asia, menarik bukan? Serupa dengan Quora atau Brainly, namun Ask Me adalah model grup yang lebih mudah untuk dibaca kembali. Keistimewaan grup ini adalah menjelaskan dengan cara yang mudah dipahami.

Ditambah penjelasan dan pengetahuan yang disampaikan dalam Ask Me tidak akan terhapus dan dapat langsung dicari melalui bar search. Perlu diketahui juga bahwa penjelasan dalam Ask Me disampaikan melalui bahasa Inggris.

6. Tech Guide

Selanjutnya ada grup telegram bermanfaat yang dapat memberikan pengetahuan mengenai broadcast disertai dengan informasi suatu teknologi atau aplikasi. Memiliki username dengan nama yang sama dan tanpa spasi ini sering memberikan tips and trick menarik.

Bahkan anggota yang ada dalam Tech Guide sudah mencapai lebih dari 98 ribu pengguna. Sebenarnya tidak hanya informasi terkait teknologi atau aplikasi, namun Tech Guide juga memberikan cara untuk mengatasi permasalahan di dalamnya.

Tersedia dalam bahasa Inggris dan cocok juga untuk pengguna yang ingin meningkatkan bahasa secara tidak langsung. Ditambah bagi yang tertarik untuk mengetahui istilah hingga hal-hal yang menarik juga dapat bergabung dengan grup satu ini.

7. All Psychology

Daftar terakhir dalam grup telegram bermanfaat untuk belajar ada All Psychology dengan username psychologynews44 dan sudah memiliki 56 ribu anggota. Berbeda dengan beberapa grup lainnya, All Psychology menyediakan informasi dan ilmu psikologi menarik.

Selain itu, disajikan juga berbagai kata motivasi, fakta yang menyenangkan, dan fenomena umum. All Psychology menggunakan bahasa Inggris untuk menjelaskan dan menyampaikan beragam kontennya karena terbuka secara global. 

Cara Bergabung dengan Grup Belajar Di Telegram

Setelah mengetahui daftar grup telegram bermanfaat untuk belajar, perlu mengetahui bagaimana cara bergabung dengan channel tersebut. Informasi ini akan berguna bagi pengguna yang baru memakai Telegram. Tidak perlu menunda waktu lagi dan ikuti bagaimana langkahnya berikut:

  • Setelah mengunduh aplikasi Telegram, buka dan lakukan pendaftaran awal. Biasanya akan menggunakan nomor telepon aktif yang dimiliki.
  • Kemudian klik pada bar pencarian yang ada di bagian atas kanan dengan simbol kaca pembesar.
  • Ketikkan nama salah satu nama channel sesuai dengan rekomendasi grup telegram bermanfaat untuk belajar sebelumnya.
  • Klik cari atau search dan tunggu hingga hasilnya muncul.
  • Pilih channel yang paling sesuai, baik nama atau username yang dimiliki.
  • Pada bagian bawah akan ada tulisan join ketika pengguna belum pernah bergabung.
  • Klik bagian join tersebut dan selesai. Pengguna akan resmi menjadi bagian anggota grup Telegram tersebut.
  • Setelah itu, mulai belajar dan gunakan seluruh fasilitas yang disediakan oleh grup Telegram tersebut.

Tambahan informasi bahwa aplikasi Telegram dapat diunduh tanpa berbayar untuk sistem operasi Android, Windows, serta iOS. Selain itu, pengguna dapat menggunakan Telegram melalui situs sehingga dapat dibuka di perangkat manapun.

Pastikan mengingat nomor telepon dan kata sandi agar mudah ketika akan masuk dari perangkat lain. Demikian dahulu pembahasan kali ini mengenai grup telegram bermanfaat untuk belajar yang mungkin akan membantu.

Pasalnya kini belajar tidak hanya dengan membuka buku, namun memanfaatkan teknologi menjadi salah satu yang disukai juga sebagai cara untuk belajar. Semoga penjelasan tersebut dapat berguna dengan baik dan dapat dirasakan manfaatnya secara langsung.