free page hit counter
usaha modal sedikit
usaha modal sedikit

12 Jenis Usaha dengan Modal Sedikit Tapi Menguntungkan

Artikel diperbarui pada 13 April 2022.

Siapa yang tidak ingin memiliki banyak penghasilan yang tetap, tentu semua orang menginginkannya. Cara mendapatkan jutaan rupiah bisa juga dengan berbisnis. Beragam tipe dan jenis bisnis dapat dilakukan untuk meraup untung banyak. Paling terpenting dalam usaha adalah modalnya, usaha modal sedikit tentu dapat dilakukan.

Bagaimana cara menjalankan usaha agar menghasilkan untung berlipat lipat adalah manajemennya. Modal adalah hal penting, namun ketika manajemen pengoperasiannya tidak bagus maka usaha tersebut tidak akan berjalan sesuai tujuan. Agar mengenali resiko dan menganalisisnya dengan baik, simak beberapa usaha dengan modal kecil yang dapat menghasilkan untung lumayan banyak, yaitu:

1. Makanan Ringan

Urutan pertama adalah jenis makanan atau camilan yang ringan. Jika makanan berat membutuhkan modal yang lumayan besar, berbeda dengan beberapa jenis makanan kecil yang lebih terjangkau. Pengemasannya pun tidak terlalu mahal karena biasanya hanya dibungkus plastik, mika ataupun kardus biasa.

Contoh menu camilan ini adalah keripik, roti kering, permen atau juga kerupuk yang unik. Untuk menjalankannya, keterampilan yang diperlukan adalah memasak. Bagi yang memiliki hobi ini, dapat memanfaatkan peluang indah dan besar ini. Disebut indah karena memasak bagi orang tertentu merupakan healing.

2. Minuman

Usaha modal sedikit yang dapat memenuhi kantong penjual adalah minuman. Pada dasarnya minuman hanya berbahan dasar air, tentu diketahui bahwa harga air sangatlah murah.

Hanya yang membedakan rasa dari minuman tersebut adalah bumbunya, yaitu kelapa muda, gula jawa sampai boba dapat menjadi pelengkapnya. Contoh usaha ini yang dapat dicoba adalah usaha dawet ayu atau es buah.

3. Jasa Titip

Pada urutan ketiga, ada usaha jasa titip. Jangan anggap enteng usaha ini karena jika diketahui lebih dalam, jasa titip mampu memberikan pundi pundi keuntungan yang fantastic.

Anggap saja usaha jasa titip makanan, dalam satu took ada 20 pcs titipan makanan yang harus dibeli. Misalnya pelaku usaha ini mengambil untung tiga ribu per pcs nya, maka dikalikan saja 20 x 3.000 yaitu 60.000.

Hanya bermodalkan posting dan memesan menu makanan, pelaku usaha dapat menghasilkan uang lumayan. Itu hanya gambaran, bagaimana kalau jumlah barang lebih banyak dan dilakukan pada beberapa took. Tentu akan menghasilkan uang yang lebih dari sebelumnya. Kuncinya dalam menerapkan usaha ini adalah sabar

4. Reseller

Reseller atau lebih dikenal dengan penjual yang menjual barang kepada konsumen secara langsung namun barang diambil dari produsen. Dalam arti lain, reseller ini hanya menjualkan barang. Bisa dibilang reseller ini mirip distributor.

Tugas reseller adalah menawarkan barang kepada para calon konsumen. Reseller dapat mengambil keuntungan sesuai dengan target yang diharapkan. Barang yang dijual dapat berupa makanan sampai pernak pernik.

5. Jasa Pembuatan Website

Urutan ke lima adalah jasa pembuatan sebuah website. Dalam membuat website tidak semua orang mudah melakukannya. Bahkan ketika menjalankan usaha ini, benar benar memerlukan keterampilan yang tidak biasa.

Memang usaha ini tidak memerlukan modal yang besar dalam prosesnya, namun sebelum itu ada banyak pelajaran untuk mendapatkan keterampilan ini. Bagi yang sudah ahli, maka usaha ini tidak sulit dijalankan.

6. Tutor Pelajaran

Usaha modal sedikit yang nomor enam adalah sebagai instruktur atau tutor. Jangan salah dengan keterangan modal sedikit, karena untuk menjadi tutor maka butuh pendidikan khusus dan juga keterampilan yang mumpuni. Apalagi jika seorang mahasiswa, dapat dengan mudah menjalankan usaha ini. Banyak sekali orang tua yang membutuhkan pendamping belajar untuk anak anak.

7. Joki Tugas

Joki tugas tidak pernah sepi eksistensinya. Untuk orang yang pandai, maka usaha ini adalah sebuah tantangan dan peluang yang besar. Joki ini dapat dilakukan mulai dari tugas ringan yaitu tugas sekolah atau tugas besar seperti mata kuliah yang sulit.

Dalam menjalankan joki ini, tidak serta merta mulus dan lancar. Tantangan yang dihadapi adalah kepuasan konsumen akan jasa yang kita berikan.

8. Penulis

Urutan selanjutnya, usaha modal sedikit adalah usaha bidang jasa. Lebih tepatnya disini adalah jasa menulis. Untuk sebagian orang menulis merupakan hobi yang menyenangkan. Bagaimana jika menulis dan mendapat uang? Tentu banyak peminatnya.

Jangan anggap remeh karena dalam menjalankan usaha ini memerlukan keterampilan menulis yang handal agar tulisan dapat terpercaya dan enak dibaca. Tekuni dunia kepenulisan karena menulis membutuhkan kesabaran. Jangan menyerah dan rajinlah promosi agar jasa kepenulisan bisa dijangkau banyak orang.

9. Jasa Terjemahan

Seseorang yang memiliki keterampilan dalam bidang usaha dapat memanfaatkan usaha ini. Terjemahan yang dimaksud adalah menerjemahkan sebuah Bahasa ke dalam Bahasa lain. Sebagai contoh menerjemahkan Bahasa inggris, spanyol, jepang atau bahkan Bahasa jerman.

Tidak banyak yang mampu menjalankan jenis usaha ini, karena beberapa orang menganggap ini adalah hal yang rumit. Tapi untuk orang yang pandai, tentu ini adalah peluang.

10. Makelar

Tidak jauh berbeda dengan reseller, makelar adalah seseorang yang menjualkan jasa atau barang kepada orang lain dari orang tangan pertama. Orang tangan pertama biasanya kesulitan menawarkan produknya dan memerlukan bantuan seorang makelar, maka ini kesempatan yang baik.

Jika ingin mencoba usaha ini, dapat memperbanyak jaringan agar mendapat informasi informasi seputar produk tertentu. Perbanyaklah relasi dari mana saja seperti contohnya lewat media sosial.

11. Jual Pulsa

Jual pulsa adalah salah satu contoh usaha modal sedikit. Modal yang dikeluarkan ketika berbisnis pulsa ini cukup dengan serratus ribu sudah bisa dilakukan. Harga pulsa mulai dari tujuh ribu hingga ratusan ribu.

Agar usaha dapat selalu jalan, maka jangan biarkan ada yang berhutang pulsa. Karena untung yang didapat hanya sekitar dua ribu rupiah per transaksi, maka manfaatkan saldo sebaik mungkin.

12. Voice Over

Urutan terakhir yang dapat dilakukan adalah jasa usaha voice over. Bagi yang belum mengetahui, usaha voice over adalah usaha menjual suara dalam bentuk dubbing. Jika memiliki suara yang empuk dan enak didengar, maka dapat mencoba usaha ini.

Caranya adalah gabung dalam komunitas voice over dan pantau pekerjaan pekerjaan yang dapat dilakukan jika ada tawaran. Lakukan secara profesional agar selalu dipercaya konsumen. 

Dari sekian banyak penjabaran mengenai usaha modal sedikit, pasti ada salah satu yang dapat dijalankan. Mengenali jenis usaha dengan baik akan mempermudah pengoperasian usaha tersebut. Kenali dan pelajari analisis akan wirausaha.

Tidak memerlukan modal banyak bukan berarti sama sekali tanpa modal atau 0 rupiah. Beberapa diantaranya memerlukan keterampilan terlebih dulu sebelum mantap untuk menjual jasa. Jika ingin yang benar benar 0 rupiah dan tanpa keterampilan, usaha ini juga ada yaitu jasa kuli panggul atau jasa yang mengandalkan otot.

Jangan anggap remeh karena tidak semua orang mampu dan kuat menjalankannya. Usaha yang dilakukan akan memiliki kelebihan maupun kekurangan yang setara dengan porsinya. Perbaiki kesalahan agar dalam menjalankan usaha selalu ada perbaikan dan menjadi maju.