free page hit counter
bisnis modal 10 juta
bisnis modal 10 juta

8 Bisnis yang Bisa Kamu Mulai dengan Modal Rp10 juta

Artikel diperbarui pada 9 Maret 2022.

Saat ini “memulai usaha dengan budget besar” bukan lagi stigma yang harus dikhawatirkan. Karena ada bisnis modal 10 juta yang bisa mendatangkan keuntungan lumayan. Terutama sangat tepat bagi para calon entrepreneur yang takut mengambil risiko.

Modal yang tidak besar menjadi solusi apabila ingin membuka usaha skala medium. Pemanfaatan barang-barang yang telah dimiliki turut membantu meminimalkan jumlah modal. Tinggal kemampuan pelaku dalam mengelola kegiatan bisnisnya.

Jenis bisnis yang dapat dimulai juga beragam, mulai dari kuliner hingga fashion. Para pelaku bisa mengikuti tren agar menarik banyak konsumen, ditambah dengan memaksimalkan strategi. Sebagai pertimbangan, berikut ini disajikan usaha beserta estimasi modal yang diperlukan:

1. Menjual Jilbab

Penggunaan jilbab tidak hanya sebatas pemenuhan kewajiban seorang muslimah, tapi sudah merambah ke dunia fashion. Kesempatan yang besar ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha dengan menjual jilbab model terbaru. Terlebih cocok dijadikan bisnis rumahan.

Modal 10 juta sangat cukup memulai bisnis ini, karena estimasi alokasi biayanya adalah:

  • Etalase: Rp2.500.000.
  • Hanger dan lemari pajangan: Rp2.500.000.
  • Transportasi: Rp200.000.
  • Stok jilbab: Rp3.500.000.
  • Total: Rp8.700.000.

Sisa modal dapat dipakai membeli stok jilbab lagi dengan menghadirkan model beragam dan fashionable dari supplier terpercaya. Bisnis ini mampu menghasilkan omzet hingga Rp4.000.000. Belum lagi jika masuk bulan-bulan tertentu, seperti Ramadhan hingga lebaran.

2. Katering Rumahan

Bisnis modal 10 juta selanjutnya yang memberikan omzet lumayan, khususnya ibu-ibu rumah tangga yaitu katering. Bagi yang mempunyai keahlian memasak, tentu dapat memulainya dengan mempromosikan ke tetangga. Gunakan dapur sebagai tempat produksi.

Modal dari katering dikatakan cukup minim karena tidak perlu menyewa tempat. Jadi uang hanya diperlukan untuk membeli bahan-bahan masakan. Risiko bisnis ini juga tergolong rendah, sebab sistem yang diterapkan adalah pesanan/order.

Dalam satu kali pesanan, perkiraan keuntungan kotor yang diterima yaitu Rp300.000. Jumlah tersebut dihitung dari estimasi order 20 box dengan harga satu kotak Rp15.000. Omzet bisa lebih besar jika ada permintaan harian dari suatu instansi, misal kantor.

3. Warung Makan

Usaha di bidang kuliner yang selanjutnya yaitu membuka warung makan. Berbeda dengan katering, pelaku bisnis ini harus mencari tempat yang strategis dan ramai. Jenis menu yang dihadirkan juga lebih beragam. Modal 10 juta dapat dialokasikan untuk kebutuhan berikut:

  • Sewa tempat: Rp1.000.000.
  • Meja dan kursi: Rp800.000.
  • Etalase: Rp900.000.
  • Gas: Rp100.000.
  • Alat-alat saji: Rp500.000.
  • Bahan makanan dan minuman: Rp6.000.000/bulan (dapat disesuaikan).

Jika masih ada modal yang tersisa, bisa dipakai untuk keperluan lain, seperti transportasi dan pembuatan banner. Usaha warung makan memang memerlukan modal besar daripada katering. Tapi pendapatnya juga lebih banyak, terlebih apabila ramai setiap hari.

4. Cuci Motor

Berhenti berpikir kalau usaha cuci motor itu memerlukan biaya hingga puluhan juta. Sebab semua dapat memulai bisnis modal 10 juta saja. Untuk lebih menghemat, dapat menggunakan halaman rumah sebagai tempat menjalankan usaha.

Apalagi saat ini banyak e-commerce yang menawarkan penjualan paket kompresor beserta alat steam seharga Rp5 juta saja. Karena itulah, sisa modal bisa dialokasikan untuk keperluan lain. Estimasi rincian yang dapat dipertimbangkan adalah:

  • Sampo cuci motor dua botol: Rp150.000.
  • Spons dan sikat: Rp50.000.
  • Ember 2 buah: Rp50.000.
  • Lap 2 buah: Rp100.000.

Ketika menghitung omzet, misalkan setiap hari ada 10 motor yang dicuci dengan masing-masing tarif Rp10.000. Jadi dalam satu hari berhasil mengumpulkan Rp100.000. Jika di total, dalam waktu empat bulan sudah berhasil mengembalikan modal.

5. Waralaba/Franchise

Jika ingin memulai bisnis modal 10 juta yang menjanjikan, coba bergabunglah dengan usaha waralaba atau istilah trennya adalah franchise. Sudah banyak yang mencoba usaha ini karena tidak perlu repot-repot menguasai marketing. Cukup meningkatkan kualitas sajiannya.

Contoh bisnis waralaba yang modalnya hanya Rp 8 juta yaitu tahu pedas bernama Kuch2Hotahu. Semua mitra yang bergabung akan mendapatkan beberapa paket sekaligus. Mulai dari booth, bahan baku usaha, dan peralatan.

Selain makanan, ada juga jenis franchise di bidang minuman yang sedang viral saat ini, yaitu Cheese Tea Co. Bahkan biaya yang harus dibayarkan jika ingin menjadi mitranya hanya Rp7 juta. Jumlah tersebut sudah termasuk bahan baku beserta booth-nya.

6. Jasa Foto

Bagaimana dengan memulai usaha sambil melakukan hobi fotografi? Bagi yang memiliki keahlian di bidang tersebut, mulai saat ini jangan lagi disia-siakan. Karena tidak memerlukan modal lebih dari 10 juta, dijamin cuan-cuan akan berdatangan.

Usaha jasa foto dapat dimulai dengan menggunakan kamera yang sudah dimiliki. Atau jika ingin meng-upgrade ke spek lebih baik, dapat menyiapkan budget kira-kira Rp6.000.000. Lalu sisanya untuk membeli perlengkapan lain, seperti lighting, dekorasi, dan background.

Biasanya, dalam satu sesi foto seorang fotografer diberi bayaran tidak kurang dari Rp250.000. Jumlah tersebut belum termasuk paket editing dan cetak foto. Jadi untuk tiap bulan penghasilan bisa mencapai Rp3.000.000, terlebih di hari-hari khusus seperti wisuda.

7. Warung Kopi

Para calon pengusaha muda, cobalah bisnis modal 10 juta yang berikutnya ini. Mungkin warung kopi sudah banyak hadir dan terkesan mainstream. Tapi jika menghadirkannya dengan dekorasi eye catching, tentu banyak pelanggan yang datang.

Usaha warung kopi dengan gaya kekinian sebenarnya tidak memerlukan modal besar hingga puluhan juta. Karena estimasi dari alokasi anggarannya adalah:

  • Sewa tempat dan renovasi: Rp2.500.000.
  • Panci, kompor, gas, peralatan lain: Rp1.500.000.
  • Meja dan kursi: Rp2.500.000.
  • Pasang WiFi: Rp1.500.000.
  • Kopi dan bahan-bahan dari menu lainnya: sisa modal.

Omzet yang diperoleh dari bisnis warung kopi tergantung dari jumlah pengunjung yang datang. Jadi, usahakan menghadirkan tempat yang asyik dan nyaman untuk bersantai. Ajak teman dan orang-orang terdekat membantu mempromosikan tempat usaha.

8. Laundry Kiloan

Bisnis modal 10 juta yang dapat coba dijalankan yaitu laundry. Terutama jika lokasinya dekat tempat-tempat seperti kampus dan indekos. Tidak perlu modal yang mencekik, sebab dengan budget minim sudah bisa memulainya. Estimasi alokasi anggarannya yaitu:

  • 2 mesin cuci: Rp5.000.000.
  • Mesin pengering: Rp2.000.000.
  • Setrika: Rp100.000.
  • Timbangan: Rp200.000.
  • Kursi dan meja: Rp250.000.
  • Pewangi+deterjen: Rp600.000.
  • Spanduk: Rp200.000.
  • Keperluan lain: Rp200.000.
  • Total: Rp8.800.000.

Perhitungan omzet yang dihasilkan tiap bulannya yaitu dengan permisalan biaya satu kilogram Rp7.000. Apabila setiap harinya ada 15 kilogram cucian, pendapatan mencapai Rp105.000. Jadi untuk satu bulan bisa memperoleh keuntungan kotor Rp3.150.000.

Itulah 8 jenis bisnis modal 10 juta dengan omzet yang lumayan untuk kantong. Setiap membuka usaha, semua harus melakukan perencanaan, terutama dengan modal yang minim. Salah satunya yaitu membuat daftar alokasi yang jelas.

Jika bisnis dijalankan menggunakan strategi yang tepat, pasti mendatangkan profit secara maksimal. Selain peningkatan kualitas, sistem marketing yang baik juga menjadi faktor penting. Pada era seperti ini, promosi bisa dilakukan dengan pemanfaatan teknologi.

Kunci lain agar bisnis cepat berkembang yaitu membuat relasi dengan para pelanggan dan sesama pelaku usaha. Terkhusus bisnis yang bergerak di bidang fashion dan kuliner. Karena nantinya akan tahu produk-produk yang sedang menjadi tren.