free page hit counter
Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar, Profit Hingga Rp 1 Juta
Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar, Profit Hingga Rp 1 Juta. | via goodscoop.id

9 Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar, Profit Hingga Rp 1 Juta

Artikel diperbarui pada 15 April 2022.

Masih pelajar atau mahasiswa bukan jadi alasan untuk tak bisa cari uang. Malah, sebagian besar usahawan dan pebisnis sukses sudah mulai sejak usia muda. Kalau kamu kehabisan ide tentang bisnis yang cocok untuk pelajar, simak 9 bisnis online tanpa modal untuk pelajar di bawah ini.

Menjadi pengusaha muda ketika masih berada di bangku sekolah bukanlah sesuatu yang mustahil dicapai. Karena saat ini ada beberapa bisnis yang cocok untuk pelajar tapi modalnya minim. Terlebih lagi, kegiatan usahanya tidak akan mengganggu waktu belajar.

Bagi pelajar, paling tepat memilih keuntungan usahanya lumayan, namun tidak perlu effort lebih sampai lupa belajar. Terutama jika mampu mengelola keuangan dan memiliki strategi untuk pemasaran. Dijamin uang bisa bertambah tanpa harus minta orang tua.

Kunci utama dari menjalankan usaha di era seperti ini adalah memanfaatkan peluang. Lalu memaksimalkannya dengan teknologi. Sebagai pertimbangan, berikut diberikan 9 bisnis yang simpel dan mendatangkan banyak cuan:

1. Jualan Online – Bisnis bagi Para Pelajar hingga Mahasiswa

Jualan online masih bisa memberi banyak profit tanpa modal
Jualan online masih bisa memberi banyak profit tanpa modal. | via goodscoop.id

Mungkin berjualan barang-barang secara online sudah mainstream untuk saat ini. Tapi semakin berkembangnya teknologi, bisnis tersebut akan melaju pesat. Kunci penting agar mampu bersaing dengan penjual lain adalah melihat tren, khususnya pemuda.

Berjualan secara online juga lebih mudah dijalankan oleh para pelajar, karena tidak banyak menyita waktu sekolah. Bisnis seperti ini hanya membutuhkan kemampuan dalam marketing. Caranya yaitu dengan memanfaatkan smartphone dan keberadaan e-commerce.

Barang-barang yang dijual bisa menyesuaikan dengan permintaan terbesar dari pasar. Meskipun masih menjadi pelajar, tidak perlu khawatir soal modal. Karena dapat memulai jualan dengan berperan sebagai dropshipper atau reseller.

2. Penulis Lepas – Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar

Menyediakan jasa penulisan juga termasuk bisnis online tanpa modal yang bisa kamu garap sekarang
Menyediakan jasa penulisan juga termasuk bisnis online tanpa modal yang bisa kamu garap sekarang. | via goodscoop.id

Menjadi penulis lepas merupakan bisnis yang cocok untuk pelajar dengan hobi menulis. Usaha tidak harus bergerak dalam barang berbentuk fisik, tapi juga produk digital. Seperti halnya menciptakan karya dan mengirimkannya ke website agar memperoleh fee.

Karya tulis yang dibuat beragam, bisa berupa artikel, cerpen, atau opini. Website bukan satu-satunya media untuk mempublikasikannya. Tapi juga dapat mengirimkannya ke media lain, seperti majalah. Tulisan yang diterima pasti mendapatkan imbalan.

Selain itu, banyak bermunculan agensi jasa penulisan artikel. Bukan hanya untuk penulis andal, tapi ada yang menerima dan memberikan bimbingan mulai dari nol. Modal yang diperlukan hanyalah laptop atau smartphone.

3. Kerajinan Tangan – Buat Kamu yang Kreatif

Berjualan kerajinan tangan seperti macrame juga bisa menghasilkan profit banyak
Berjualan kerajinan tangan seperti macrame juga bisa menghasilkan profit banyak. | via goodscoop.id

Jika memiliki kreativitas, bisnis yang ketiga ini sangat wajib dicoba. Apalagi para pelajar selalu mempunyai ide-ide yang estetik dan unik. Ide kerajinan yang mungkin dapat dimaksimalkan yaitu boneka, gelang, kalung, gantungan kunci, sulam, atau kristik.

Sebagai permulaan, bisa memilih satu jenis kerajinan dan menyesuaikannya dengan modal. Budget Rp100.000 sudah cukup untuk membeli kain flanel, benang wol, lem, dan elemen lain. Lalu jual kembali melalui media sosial untuk mendatangkan cuan.

4. Jual Pulsa dan Token Listrik – Bisnis yang Cocok Buat Mahasiswa

Bisnis pulsa online juga bisa kamu mulai dengan nyaris tanpa modal, cocok untuk pelajar
Bisnis pulsa online juga bisa kamu mulai dengan nyaris tanpa modal, cocok untuk pelajar. | via goodscoop.id

Bisnis yang cocok untuk pelajar adalah yang tidak memerlukan effort lebih tapi mendatangkan keuntungan besar. Seperti berjualan pulsa berikut kuota internet. Karena untuk setiap pembelian, akan memperoleh laba paling kecil Rp2.000.

Saat ini menjual pulsa sangat praktis dengan memanfaatkan aplikasi. Jadi tinggal mengisi saldo di minimarket. Modal sebesar Rp100.000 dirasa cukup, sebab bisa mengisinya secara mudah apabila sudah habis.

Berjualan pulsa dan kuota internet dipandang memiliki peluang yang besar, karena semua pengguna smartphone pasti memerlukannya. Para pelajar dapat memaksimalkannya dengan menambah produk lain. Berikan layanan berupa pembelian token listrik juga.

5. Jasa Foto dan Sewa Kamera – Perlu Skill Khusus Tapi Potensi Cuan Tinggi

Bisnis jasa foto produk bisa dijalankan oleh pelajar yang sudah memiliki modal kamera
Bisnis jasa foto produk bisa dijalankan oleh pelajar yang sudah memiliki modal kamera. | via goodscoop.id

Jangan sia-siakan hobi yang dimiliki. Lebih baik manfaatkan dan maksimalkan untuk dijadikan sebagai ladang penghasil cuan. Menjadi fotografer sangat cocok bagi pelajar dengan target pasar anak millennial. Kegiatan usaha pun dapat dilakukan di luar waktu sekolah.

Biasanya, anak-anak yang suka traveling membutuhkan fotografer untuk mengabadikan momen dengan baik. Jadi, ambil peluang dan bukalah jasa foto. Modal dari bisnis fotografer mungkin cukup besar di awal untuk beli kamera spek lumayan, minimal Rp5.000.000.

Agar modal cepat kembali, bisa menyertai kemampuan fotografi dengan skill editing. Paket lengkap ini tentu mendatangkan laba lebih besar. Lalu bagaimana jika memiliki kamera tapi lemah di keduanya? Maka cobalah untuk memulai bisnis rental kamera.

6. Bimbingan Belajar Online – Bisnis untuk Mahasiswa S1 atau S2

Menyediakan bimbel online juga bisa jadi sarana mencari uang tambahan bagi pelajar dan mahasiswa
Menyediakan bimbel online juga bisa jadi sarana mencari uang tambahan bagi pelajar dan mahasiswa. | via goodscoop.id

Membuat bimbingan belajar menjadi ide bisnis yang cocok untuk pelajar di tingkat SMA. Jika mau memaksimalkan, sebenarnya ada peluang yang besar dari usaha tersebut. Karena saat ini kebanyakan orang tua sibuk bekerja dan tidak ada waktu mengajari anaknya.

Tidak ada modal yang diperlukan dari membuka bimbel, cukup ilmu dan skill. Sebagai permulaan, bisa menggunakan ruang kosong di rumah sebagai tempat belajar. Sedangkan dapat memakai buku-buku yang pernah dipelajari saat di sekolah.

Terlebih dahulu lakukan bimbingan kepada anak-anak TK atau SD yang pelajarannya tidak terlalu sulit. Mulai dari tetangga serta jangan terlalu mahal meminta bayaran. Meskipun sedikit, setidaknya dapat menambah uang saku dan pastinya bisa tetap belajar.

7. Menjual Makanan Ringan – Buat Kamu yang Hobi Masak

Jualan makanan ringan bisa menjadi sarana bisnis online tanpa modal bagi pelajar
Jualan makanan ringan bisa menjadi sarana bisnis online tanpa modal bagi pelajar. | via goodscoop.id

Berjualan makanan ringan sepertinya dapat dijadikan sebagai rekomendasi untuk bisnis yang cocok untuk pelajar. Jenis produk yang dijual bisa disesuaikan dengan tren dan diminati banyak orang. Coba tanya teman untuk mendapatkan masukan mengenai camilan yang sering dicari.

Agar mendapatkan keuntungan besar, sebaiknya pilih bahan yang mudah didapat dan harganya ekonomis. Salah satu contohnya yaitu membuat keripik singkong. Bahan tersebut biasanya dijual Rp7 ribu per kilonya, jadi modal sangat minim.

Untuk membedakan dengan produk singkong yang sudah ada di pasaran, dapat menciptakan inovasi sendiri. Misalnya membuat keripik aneka rasa dan dikemas dengan unik. Setelah itu, manfaatkan media sosial sebagai tempat melakukan pemasaran produk.

8. Publisher Online – Pelajar & Mahasiswa Bisa Tekuni Bisnis Ini

Bisnis publisher online juga bisa dijalankan oleh pelajar untuk mendapat uang tambahan
Bisnis publisher online juga bisa dijalankan oleh pelajar untuk mendapat uang tambahan. | via goodscoop.id

Jenis usaha berikutnya yang dapat dilakukan oleh seorang pelajar adalah menjadi publisher online. Keberadaan teknologi merupakan peluang yang menjanjikan untuk mendatangkan cuan. Selain itu, sistem bisnis secara daring tentu tidak akan mengganggu waktu sekolah.

Jika ingin menjadi publisher, siapkan blog atau YouTube sebagai wadah untuk menjalankan usahanya. Modal utamanya tentu kuota internet dan smartphone. Lalu eksekusi dengan pembuatan konten yang orisinil, memberikan manfaat, dan pastinya berkualitas.

9. Jasa Pengetikan dan Print – Bisnis yang Selalu Dibutuhkan

Jasa ketik tugas atau artikel pun termasuk bisnis online tanpa modal yang bisa dijalankan pelajar maupun mahasiswa
Jasa ketik tugas atau artikel pun termasuk bisnis online tanpa modal yang bisa dijalankan pelajar maupun mahasiswa. | via goodscoop.id

Para pelajar memang sangat tepat memilih usaha yang berbasis online. Jika memiliki laptop dan printer di rumah, sebaiknya manfaatkan untuk membuka jasa pengetikan sekaligus print. Jadi modal hanya diperlukan untuk membeli kertas juga tinta.

Target dari bisnis ini adalah sesama pelajar atau mahasiswa yang malas mengetik makalahnya sendiri. Coba tawarkan jasa melalui media sosial dengan kalimat persuasif. Dan di samping itu, tingkatkan kemampuan mengetik yang rapi.

Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar & Mahasiswa – Siap Mulai yang Mana?

Itulah 9 bisnis online tanpa modal untuk pelajar dan tetap bisa fokus sekolah. Kebanyakan ide yang sudah diterangkan memang dijalankan secara online. Karena targetnya sendiri adalah sesama anak milenial dengan lebih memaksimalkan teknologi.

Ketika memutuskan untuk membuat usaha secara mandiri, sebaiknya imbangi juga dengan kemampuan mengatur waktu. Pilih jenis bisnis yang mudah dijalankan dan tidak perlu effort berlebih. Selain itu, pastikan antara modal dan keuntungannya seimbang.

Semua bisnis sebenarnya mampu mendatangkan laba. Tinggal kepekaan dalam melihat sesuatu yang sedang tren untuk dieksekusi menjadi usaha. Bagi seorang pelajar, sebaiknya mengambil peluang usaha yang dapat menambah wawasan dan tetap bisa disertai dengan belajar.

Artikel Terkait: