free page hit counter
cara belajar facebook Ads
cara belajar facebook Ads

Cara Belajar Facebook Ads untuk Pemula Tanpa Kelas Berbayar

Artikel diperbarui pada 6 Maret 2022.

Dengan banyaknya kelas atau workshop Facebook Ads dengan harga belasan juta, tak jarang banyak pelaku bisnis dan UMKM yang ingin tahu cra belajar Facebook Ads untuk pemula tanpa kelas berbayar. Berikut ini adalah panduan dasar cara belajar Facebook Ads untuk pemula gratis.

Salah satu cara agar produk mudah dikenal adalah melalui media sosial, media sosial dapat berupa instagram, twitter maupun facebook. Kini facebook telah memiliki fitur atau menu pemasaran tersendiri, yaitu lebih dikenal dengan facebook ads. Cara belajar facebook Ads tidak terlalu rumit bagi yang sudah terbiasa berseluncur di facebook.

Facebook menjadi penolong yang handal jika dimanfaatkan oleh orang yang tepat untuk berbisnis. Facebook ads ini nantinya dapat menjangkau banyak penonton dan akan berdampak pada viralnya produk.

Namun hal itu tidak serta merta, perlu konten yang menarik agar Facebook ads ini berjalan sesuai rencana. Untuk lebih rincinya, penjelasan mengenai facebook ads ini akan diulas pada bagian selanjutnya.

Apa itu Facebook Ads?

Secara umum, pengertian fb ads adalah sebuah iklan yang ada pada facebook. Sama halnya dengan Instagram ads yang lebih familiar, facebook ads memiliki konsep yang sama. Iklan ini nantinya akan menjangkau banyak orang berdasarkan algoritma pencarian yang dilakukan sebelumnya.

Pada facebook ads juga dapat diisi pengaturan pada siapa saja iklan tersebut akan disampaikan. Jadi semakin jelas siapa target pemasaran dari produk yang dijual tersebut. Tidak membuang-buang energi serta biaya akan tetapi hasilnya menguntungkan.

Jenis-jenis Campaign dalam Facebook Ads

Facebook ads juga memiliki beberapa jenis yang nantinya akan disesuaikan dengan target pasar produk yang dijual. Beberapa pengusaha lebih memilih tipe tertentu karena mengetahui bahwa konsumen produk tersebut lebih menyukai hal ini dibandingkan lainnya. Agar lebih paham, berikut jenis-jenisnya:

1. Facebook Video Ads

Khusus iklan facebook yang satu ini hanya menampilkan video. Video tersebut adalah sebuah pengemasan dari produk yang akan ditawarkan. Biasanya lebih menarik karena merupakan gambar bergerak yang menjelaskan secara rinci.

2. Facebook Website Ads

Jenis yang kedua ini yaitu khusus digunakan untuk promosi yang ditampilkan melalui sebuah website. Beberapa orang memilih website karena lebih menjabarkan informasi serta dapat meraih keuntungan lebih dari sebelumnya. Website yang memiliki banyak pengunjung akan mendapatkan keuntungan berupa uang.

3. Facebook Link Ads

Urutan nomor tiga yang ada dalam facebook ads adalah link ads. Seperti dengan namanya, iklan yang ditampilkan dalam facebook ini berupa link yang perlu diklik. Cara belajar facebook Ads dengan kategori ketiga ini dapat mudah dipahami sama halnya dengan video ads maupun website ads, sama-sama mudahnya.

Barang dan Jasa yang Bisa Kamu Jual di Facebook Ads

Berbagai jenis barang dapat ditawarkan melalui platform facebook ini. Selain menjangkau lebih banyak konsumen, barang yang ditawarkan biasanya akan lebih mudah terjual. Lalu apa saja barang yang dapat ditawarkan melalui facebook ads ini? Berikut rinciannya:

1. Makanan 

Siapa yang tidak memerlukan makanan, setiap penjual makanan sudah pasti tidak pernah sepi konsumen. Makanan yang ditawarkan dapat berupa makanan berat, makanan ringan sampai makanan aneh untuk keperluan obat.

Facebook ads tidak membatasi jenis makanan yang boleh dijual, maka dari itu facebook ads ini sangat menguntungkan. Selain cara belajar facebook Ads yang sederhana, facebook ads disukai karena terjangkau.

2. Pakaian

Keperluan dasar manusia adalah sandang, papan serta pangan. Hal ini menunjukan bahwa pakaian akan selalu dibutuhkan selagi masih ada manusia yang tinggal di bumi. Maka dari itu, jika memiliki produk pakaian entah itu jaket, celana maupun baju dapat ditawarkan di facebook ads ini.

Biasanya produk yang ditawarkan di facebook memanglah produk yang memiliki masa yang lama. Pakaian ini bisa dibilang produk dengan jumlah terbanyak yang menempati iklan pada facebook ads. Sebenarnya tidak heran karena produk pakaian akan selalu memiliki reseller dan dilakukan secara terus menerus.

3. Jasa

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini jasa juga dapat ditawarkan melalui iklan pada facebook. Jasa yang biasanya ada pada facebook sangat bervariasi. Mulai dari jasa les privat anak, jasa tukang cukur rambut, jasa kuli bangunan sampai dengan jasa dengan keahlian khusus.

Penjualan jasa ini akan lebih mudah karena biasanya memiliki sifat yang urgent, dalam arti lain sangat dibutuhkan pada kurun waktu saat itu juga. Berbeda dengan barang yang merupakan barang sekunder pasti selalu memiliki cadangan. Usaha jasa akan lebih cepat dan relative mudah.

4. Barang Bangunan

Tidak hanya barang-barang biasa yang dapat ditawarkan pada facebook ads. Uniknya sekarang banyak orang menawarkan barang-barang bangunan yang ada di toko besi pada facebook ads. Barang itu contohnya genting baja, semen dengan kualitas khusus atau bahkan besi untuk membangun rumah.

Hal ini sangat memudahkan para konsumen untuk menemukan barang impian tanpa repot-repot datang dan mencari dimana tokonya berada. Namun walaupun terkesan lebih gampang, alangkah baiknya lakukan studi banding secara singkat agar mendapatkan produk yang baik dengan harga terjangkau.

5. Obat-obatan

Barang jenis ini tidak pernah sepi. Pasalnya setiap orang pasti akan mengkonsumsinya jika tubuh dalam keadaan yang kurang sehat. Sebetulnya tidak hanya ketika sakit, namun obat juga dicari untuk meningkatkan stamina atau kebugaran tubuh. Obat yang dijual pun beragam jenisnya.

Entah itu obat asam lambung, obat keputihan, obat sakit gigi dan obat pembesar payudara juga ada di facebook. Justru obat-obatan dengan latar belakang unik akan sering muncul dalam facebook ads ini. Maka, agar tidak tertinggal informasi sebaiknya cari tau cara belajar facebook Ads untuk memudahkan transaksi.

Cara Belajar Facebook Ads untuk Pemula Tanpa Kelas Berbayar

Tidak perlu kelas berbayar untuk mempelajari hal ini. Kini semakin mudah agar facebook ads memberikan keuntungan. Hal penting agar semua tercapai adalah mengetahui poin dasar seperti berikut:

  • Pikirkan ide produk apa yang akan ditawarkan.
  • Amati fitur-fitur yang ada dalam facebook ads, khususnya fitur penargetan.
  • Uji sasaran iklan yang akan ditampilkan.
  • Ketahui pesaing produk serupa dan tingkatkan kualitas iklan.
  • Perhatikan skor relevansi dan selalu adakan perbaikan.
  • Cermati waktu target pasar untuk produk.
  • Gunakan piksel agar dapat mengatur sebuah tindakan.
  • Persiapkan konversi halaman facebook ads.

Mempelajari cara belajar facebook Ads tentunya memiliki banyak manfaat. Manfaat yang akan didapatkan yakni bertambahnya pasar hingga meningkatkan jumlah pemasukan yang ada. Facebook ads jika dimanfaatkan dengan baik akan memberikan sebuah gebrakan untuk produk yang bahkan sebelumnya tidak dikenal.

Dengan bantuan facebook ads, barang ataupun jasa yang sebelumnya hilang ditelan bumi akan berjaya bak ayam jago yang bertengger. Sebaliknya, apabila pemanfaatan facebook ads tidak dilakukan dengan baik, tentu kerugian yang akan didapat. Hal ini sangat disayangkan karena membuang energy dan biaya.

Mudahnya mempelajari Facebook ads khususnya bagi pemula, maka tidak perlu ada keraguan lagi untuk memanfaatkannya dengan baik. Facebook ads dapat dilakukan secara sederhana bagi pemula dan bahkan pengguna yang belum canggih dalam hal teknologi, kuncinya yaitu tekun dan semangat.