free page hit counter
publikasi game sendiri
publikasi game sendiri

3 Cara Mempublikasikan Game Buatan Sendiri dengan Mudah

Artikel diperbarui pada 8 Maret 2022.

Bagaimana cara mempublikasikan game buatan sendiri? Kalau kamu seorang game developer yang tengah merintis game indie tapi belum yakin cara distribusi game di platform seperti Steam Store, Nintendo eShop, bahkan Google PlayStore, maka kamu wajib baca artikel ini.

Menjadi seorang developer game bisa jadi merupakan pekerjaan yang menggiurkan. Apabila game yang dipublikasikan mendapat sambutan dan antusiasme yang tinggi dari para pecinta game maka keuntungan yang diperoleh juga besar. Untuk melakukan publikasi game sendiri bisa dilakukan melalui beberapa portal game.

Kendati demikian masih ada yang ragu dan juga bingung dimana sebaiknya mempublikasikan game tersebut. Ada beberapa portal game dan juga platform lain yang dapat digunakan. Untuk mengetahui apa saja platform yang dapat digunakan dan bagaimana cara melakukan publikasi game buatan sendiri alias game indie, simak penjelasan berikut ini:

Baca Juga: 9 Aplikasi Penghasil Uang Selain Game

Cara Publikasi Game Buatan Sendiri di Steam

Portal game pertama yang bisa digunakan untuk publikasi game sendiri adalah Steam. Steam merupakan portal game terbesar dan telah banyak mempublikasikan gamegame populer. Oleh sebab itu jika sebuah aplikasi berhasil dipublikasikan di portal game tersebut maka ada jaminan game tersebut bagus.

Selain itu benefit dari mempublikasikan game di portal tersebut adalah kemungkinan laku yang besar. Sebab game tersebut dapat dipublikasikan lebih luas ke seluruh dunia. Steam sendiri juga tidak membatasi jumlah game yang akan dipublikasikan atau genre apa yang digunakan.

Namun untuk agar bisa mempublikasikan game buatan sendiri di portal tersebut tidaklah mudah. Untuk mempublikasikan game di Steam dapat dilakukan menggunakan Steam Direct. Metode ini sebelumnya disebut dengan Greenlight.

Kendati demikian tetap saja Steam tidak akan serta merta meloloskan game tersebut untuk dipublikasikan. Terdapat serangkaian proses yang harus dilewati saat mempublikasikan game. Untuk mengetahui apa saja caranya simak penjelasan berikut:

1. Lakukan Pendaftaran

Langkah pertama untuk melakukan publikasi game sendiri lewat Steam adalah dengan melakukan pendaftaran. Dengan digantinya Steam Greenlight dengan metode yang baru, mempublikasikan game di Steam menjadi sangat mudah. Pada saat pendaftaran pemilik game akan diminta untuk mengisi formulir yang berisi berbagai informasi.

Link Daftar Developer Game Indie di Steam

2. Membayar Biaya

Ketika hendak mempublikasikan game di Steam developer game harus membayar biaya pendaftaran. Biaya tersebut nantinya akan dikembalikan lagi apabila game yang dipublikasikan berhasil terjual dengan baik. Perkiraan jumlah biaya yang dibutuhkan adalah 100 USD.

3. Tunggu Konfirmasi

Setelah itu nantinya pihak Steam akan melakukan pemeriksaan terkait game yang dikembangkan. Apakah game tersebut benar-benar berisi game atau tidak. Setelah itu game sudah dapat dipublikasikan di Steam dan dapat diunduh oleh pengguna lain.

Baca Juga: 7 Game Penghasil Uang Langsung Ke Rekening, Terbukti! [+Link Download]

Cara Publikasi Game Buatan Sendiri di Nintendo eShop

Berikutnya untuk melakukan publikasi game sendiri bisa dilakukan melalui portal game Nintendo eShop. Pihak Nintendo hanya akan menerima judul game yang dianggap bagus agar bisa dipublikasikan di portal tersebut. Selain itu persaingan untuk mempublikasikan game di portal ini juga cukup ketat.

Ketika mengajukan pendaftaran game, sebaiknya pilih judul yang paling bagus untuk game tersebut. Setelah itu apabila pendaftaran diterima, developer game akan dapat mengakses konsol pengembang khusus. Hal tersebut memungkinkan developer untuk mengembangkan game yang dipublikasikan.

Link Daftar Developer Game di Nintendo eShop

Cara Publikasi Game Buatan Sendiri Di Platform Lain

Selain melalui kedua platform di atas, masih ada platform lain yang dapat digunakan oleh developer aplikasi ketika hendak melakukan publikasi game sendiri. Dengan melakukan publikasi maka game yang dikembangkan dapat dinikmati juga oleh orang lain. Untuk itu simak beberapa platform yang dapat digunakan berikut ini:

1. Menggunakan Google Play Store

Seperti yang sudah diketahui bahwa para pengguna android akan mengunduh berbagai aplikasi melalui Google Play Store. Selain legal, Google Play Store juga memiliki banyak pilihan aplikasi yang bisa dipilih. Hal tersebut karena Google Play Store memang merupakan pilihan utama untuk mempublikasikan aplikasi yang dikembangkan.

Dengan mempublikasikan game di platform ini kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan cukup besar. Pasalnya Google Play Store memiliki jumlah pengguna yang banyak. Untuk mempublikasikan game di platform ini kunjungi situs resmi Google Play Console.

Setelah itu ikuti arahan yang ada di laman tersebut. Google Play Console memiliki berbagai fitur menarik yang dapat membantu developer untuk mengembangkan game yang dimiliki. Namun untuk mempublikasikan game di platform tersebut harus membayar biaya sebesar 25 USD.

Link Daftar Developer Game Google Store

2. Menggunakan Uptodown (Android)

Platform yang satu ini juga merupakan portal pengunduhan game yang banyak digunakan. Ada banyak aplikasi keren yang dapat ditemukan di portal tersebut. Pengguna juga bisa mengunduh secara gratis beragam aplikasi yang tersedia.

Dengan banyaknya pengguna tak heran jika Uptodown juga menjadi pilihan bagi para developer aplikasi yang hendak mempublikasikan game yang dikembangkan. Menariknya lagi, untuk mempublikasikan game di tempat ini gratis. Tapi sayangnya peninjauan game dari pihak Uptodown terbilang cukup lama.

Link Daftar Publikasi Game di Uptodown

3. Menggunakan iTunes (Apple Store)

Platform berikutnya yang dapat digunakan untuk melakukan publikasi game sendiri adalah iTunes. Untuk mempublikasikan game di iTunes ini maka game tersebut harus bisa digunakan pada perangkat iOS. Untuk membuatnya juga harus dikembangkan melalui Mac.

Dengan banyaknya pengguna iOS di seluruh dunia memungkinkan developer untuk mendapatkan banyak keuntungan jika mempublikasikan di platform ini. Untuk bisa mengakses toko, developer harus melakukan pendaftaran. Setelah itu pihak Apple akan melakukan peninjauan.

Lama peninjauan bisa memakan waktu beberapa hari. Terutama jika pada hari libur maka akan membutuhkan waktu lebih lama hingga 2 minggu. Setelah itu lakukan pembayaran biaya tahunan sebesar 100 USD. Jika developer telat membayar biaya tahunan maka game akan ditarik dari itunes.

Link Daftar Developer Game di Apple Store (iTunes)

4. Menggunakan Amazon App and Game Development

Amazon, perusahaan raksasa tersebut memiliki Amazon Appstore yang menjadi toko resmi untuk melakukan jual beli aplikasi. Platform yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk mempublikasikan game yang dikembangkan. Apalagi pengguna Amazon yang berskala global memungkinkan game yang dipublikasikan diunduh oleh banyak orang.

Dengan menggunakan Amazon, developer aplikasi dapat mempublikasikan game miliknya secara gratis. Untuk melakukannya pengguna bisa membuka Amazon developer. Setelah itu buat akun dengan menggunakan alamat email.

Apabila sudah, berikutnya login menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya. Masuk ke bagian dashboard dan klik add new app. Pilih android untuk mempublikasikan game yang berbasis android. Setelah itu isi detail informasi yang berkaitan dengan game.

Masukkan juga pilihan apakah game tersebut dipublikasikan gratis atau berbayar. Setelah itu unggah ikon aplikasi dan juga screenshot dari tampilan game yang dipublikasikan. Terakhir klik submit, dengan demikian publikasi game sendiri melalui Amazon sudah berhasil dilakukan.

Link Daftar Developer Game Melalui Amazon App and Game Development

5. Menggunakan Itch.io

Para developer game yang masih pemula sering mengalami keraguan ketika hendak mempublikasikan game yang dikembangkan. Namun keraguan tersebut terjawab sudah dengan keberadaan Itch.io. Website ini merupakan situs impian bagi para developer game.

Pasalnya portal game ini merupakan tempat untuk mempublikasikan berbagai game indie. Untuk mempublikasikan game di tempat ini lakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah itu publikasikan game secara gratis.

Link Daftar Publikasi Game Melalui Itch.io

Siap Publikasi Game Indie Kamu ke Pasar?

Itu tadi adalah beberapa cara untuk melakukan publikasi game sendiri. Meskipun masih pemula tak perlu ragu untuk melakukan publikasi game. Jika berdasarkan cara di atas untuk pemula bisa memulainya dengan mempublikasikan game di Itch.io.

Platform tersebut bisa menjadi opsi yang tepat untuk pada developer indie yang masih memulai karir. Selain mengandalkan portal game yang digunakan untuk menunjang kesuksesan publikasi juga harus ada usaha dari developer. Lakukan promosi game yang dikembangkan melalui media sosial agar banyak yang melihat.

Baca Juga: Hobi yang Menghasilkan Cuan

Cara Mempublikasikan Game Buatan Sendiri ke Steam, Nintendo eShop, dan Platform Lainnya – Infografis

3 Cara Publish Game Indie di Steam, Nintendo eShop, dan Lainnya - Infografis
3 Cara Publish Game Indie di Steam, Nintendo eShop, dan Lainnya – Infografis