free page hit counter

5+ Ide Bisnis Handmade yang Menguntungkan

Artikel diperbarui pada 24 Januari 2022.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis atau mencoba mencari bisnis sampingan, tidak ada salahnya menggunakan bakat dan kemampuanmu untuk memulai sebuah ide bisnis.

Di era digital ini, tidak sulit lagi memasarkan kreasimu di berbagai daerah bahkan menembus pasar luar negeri.

Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis dengan ide yang unik dan menarik, tidak ada salahnya untuk berbisnis dengan produk handmade. Produk handmade atau produk kerajinan tangan tentunya memiliki daya tarik tersendiri di mata konsumen.

Hal ini dikarenakan produk handmade akan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan produk produksi massal yang dikeluarkan oleh pabrik. Selain itu konsumen juga dapat membeli barang yang diinginkan sesuai dengan selera masing-masing (custom). Bisa dengan model tertentu, warna tertentu, menambahkan ornamen tertentu pada label produk.

Alasan selanjutnya mengapa kamu harus mencoba bisnis produk handmade adalah modal awal untuk memulai bisnis juga tidak terlalu besar, cocok untuk para pengusaha muda pemula dan pemula dalam memulai bisnis. Selain itu, bagi kamu yang sedang bekerja, produk handmade juga bisa dibuat di waktu senggang.

5 Ide bisnis handmande yang menguntungkan

1. Kreasi dari Kain Flanel

Tampaknya kain flanel saat ini menjadi kain yang paling diidolakan digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan berbagai jenis kerajinan tangan. Bentuknya yang mudah diatur dan harganya yang murah menjadi salah satu alasan utama mengapa kain flanel menjadi kain yang paling banyak digunakan.

Dengan kain flanel kamu bisa membuat berbagai produk kerajinan tangan yang unik dan menarik. Contoh produk kain flanel yang sering kita jumpai di pasaran adalah bros, gantungan kunci dan bunga imitasi.

Namun banyak perajin kain flanel yang mulai membuat beberapa produk unik lainnya seperti sajadah lucu untuk si kecil, tempat tisu, boneka, selimut, peralatan dapur seperti celemek dan sarung tangan masak, tas, dompet, hiasan dinding dan masih banyak lagi contoh lainnya produk dari kreasi kain flanel.

2. Kreasi Rajutan Handmade

Berbisnis dengan aneka produk rajutan merupakan salah satu alternatif bisnis berikutnya. Produk hasil dari rajutan tangan biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal, untuk tas selempang kecil paling murah sekitar Rp. 170.000,00.

Meski harganya cukup mahal, ternyata produk rajut tangan tidak sepi peminat, nyatanya produk jenis ini sering diburu wisatawan, apalagi saat ada event seperti bazar dan pameran.

Beberapa produk yang bisa kamu buat dengan rajutan tangan adalah: tas selempang, totebag, syal, bros, sepatu, ornamen/hiasan, sweeter, topi bayi, kaos kaki bayi, dompet dan masih banyak lagi produk rajutan tangan yang bisa kamu buat.

3. Kreasi Limbah / Sampah Plastik

Banyaknya sampah plastik di sekitar kita sebenarnya bisa disulap menjadi berbagai produk kreatif yang memiliki nilai jual kembali. Selain membuat lingkungan kita bersih dan nyaman, mengolah sampah plastik menjadi berbagai kerajinan juga bisa menjadi lahan bisnis yang menjanjikan.

Saat ini banyak kelompok masyarakat yang mulai mendaur ulang sampah menjadi berbagai produk kerajinan. Nah, tidak ada salahnya memanfaatkan sampah yang awalnya tidak ternilai menjadi produk dengan nilai jual yang tinggi.

Beberapa contoh produk daur ulang sampah plastik antara lain: tas, dompet, gorden botol dan tutup botol plastik, tempat pensil, sandal, payung, tempat tisu, keranjang sampah, dekorasi dan ornamen rumah, bunga kantong plastik dan masih banyak contoh produk lainnyan dari daur ulang sampah plastik.

Kamu bisa mulai mengumpulkan sampah plastik dari plastik bekas deterjen, sabun cuci bekas, kemasan kopi, kemasan snack, botol plastik, gelas minum mineral bekas dan sejenisnya. Langkah selanjutnya tinggal kamu berkreasi berdasarkan kemampuan dan ide kamu.

4. Kreasi dari Kain Perca

Kain perca atau sisa kain yang sering diabaikan dan dibuang juga bisa disulap menjadi berbagai kerajinan tangan yang unik, asyik dan tentunya menarik. Melalui kreasi tangan yang cekatan dan terampil, limbah kain perca dapat diolah menjadi benda bermanfaat dan memiliki nilai jual kembali yang tinggi.

Beberapa contoh produk yang dapat dibuat dengan kain perca adalah: keset lantai, sarung bantal, guling, sprei, kemeja, celana, rok, bros, pita, jepit rambut, bandana, gantungan kunci, tas, tas laptop, dompet, sarung handphone, taplak meja, masker kain dan masih banyak lagi yang bisa kamu buat.

5. Kerajinan dari Kayu

Woodcraft atau kerajinan kayu merupakan produk yang sudah lama ditekuni oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia bahkan menjadi salah satu kekayaan seni yang dikenal di luar negeri.

Kerajinan kayu jika dipraktekkan ternyata bisa menjadi alternatif peluang bisnis yang menjanjikan, terutama bagi kamu yang tinggal di daerah tujuan wisata baik di dalam maupun luar negeri.

Banyak sekali contoh produk hasil kreasi dari pengrajin kayu mulai dari produk yang sering dijumpai di toko-toko souvenir dan pinggir jalan seperti kalung, gelang, gantungan kunci, bingkai foto, peralatan dapur hingga produk-produk dengan kompleksitas tertentu dan seringkali anti mainstream seperti miniatur mobil dan motor, puzzle kayu unik, hingga casing handphone dengan gambar unik.

Demikianlah 5 ide bisnis kerajinan tangan dengan modal kurang dari satu jutaan, namun mampu mengasilkan keuntungan yang besar. Selamat mencoba, dan semoga sukses.