free page hit counter

5 Tips Memulai Bisnis Desain Interior

Artikel diperbarui pada 19 Januari 2022.

Jika kamu sering memainkan game The Sims maka kamu pasti tidak asing lagi dengan yang namanya membangun dan mendesain interior rumah The Sims kamu. Tak jarang, game ini juga menjadi sumber inspirasi bagi lulusan SMA hingga jurusan desain interior agar bisa menerapkan apa yang mereka lakukan di The Sims ke dunia nyata.

Karena memang, seindah apapun rumah dari luar, akan terasa percuma jika interiornya tidak bisa memberikan nilai estetika dan kenyamanan. Dari isu tersebut, tidak heran jika permintaan jasa desain interior semakin diminati, selain tentunya didorong oleh perkembangan bisnis properti beberapa tahun terakhir.

Bagi kamu yang ingin memulai karir sebagai desainer interior, ada dua cara untuk melakukannya, tentu saja dengan bekerja di tempat kontraktor atau dengan memulai bisnis sendiri dibidang jasa desain interior. Namun, memulai bisnis desain interiormu sendiri bukanlah hal yang mudah karena orang-orang akan mempercayakan desain rumahnya kepada orang yang lebih berpengalaman.

5 Tips memulai bisnis desain interior yang perlu kamu coba

1. Pahami tentang desain interior

Tentunya untuk memulai bisnis ini kamu membutuhkan pemahaman dasar yang baik tentang desain interior.

Pengetahuan ini mencakup banyak hal mulai dari gaya desain, warna, hingga tata letak yang ada yang dapat membantu dalam menggunakan sudut-sudut rumah seefektif dan seefisien mungkin.

Selain itu, kamu juga harus memiliki wawasan tentang bahan bangunan yang dibutuhkan untuk mewujudkan desain yang ada.

2. Susun portofolio

Portofolio dalam suatu industri yang erat kaitannya dengan aspek kreativitas adalah suatu keharusan, karena dapat menjadi bahan referensi bagi calon klien untuk menilai hasil karyamu.

Untuk itulah penting bagi kamu untuk menyusun portfolio hasil desain interiormu agar dapat kamu susun dengan rapi dan menarik.

Selain menyusun portofolio dengan rapi, kamu juga harus menyediakan banyak pilihan referensi gaya desain yang kamu kuasai untuk calon klien.

3. Pelajari software desain interior terbaru

Perkembangan zaman telah membawa banyak kemudahan, termasuk dalam proses pembuatan desain interior.

Jika sebelumnya semuanya dilakukan melalui sketsa, kini dengan hadirnya software desain, prosesnya menjadi lebih mudah dan akurat karena software tersebut dapat digunakan untuk membangun mockup desain sesuai dengan denah bangunan yang ada.

Selain itu, saat ini tersedia teknologi augmented reality yang dapat langsung memproyeksikan furnitur yang sesuai dengan pondasi gaya interior yang ada.

4. Lakukan analisa pasar

Poin ini sangat penting untuk semua bisnis karena memiliki fungsi untuk melihat tren mana yang disukai masyarakat dan segmen konsumen mana yang sesuai dengan gaya desainmu.

Memahami tren yang berkembang secara alami akan membantu bisnismu beradaptasi dengan lebih baik dan memudahkan kamu untuk mendapatkan pelanggan.

5. Jalin kerjasama dengan supplier

Untuk membangun jenis bisnis ini, sangat penting untuk bermitra dengan pemasok yang menyediakan perlengkapan bangunan yang diperlukan.

Fungsinya agar kamu bisa mendapatkan barang berkualitas dengan harga murah yang tentunya sangat menguntungkan bagi keuangan bisnismu.

Itulah 5 tips dasar di atas, penting untuk kamu ketahui jika ingin memulai bisnis desain interior. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk memulai bisnis jasa desain interior.