free page hit counter

4+ Strategi Agar Bisnis Lebih Efisien

Artikel diperbarui pada 12 Januari 2022.

Persaingan bisnis yang semakin ketat terkadang memungkinkan pemilik usaha kecil untuk lebih fokus pada strategi penjualan. Tujuannya hanya satu, yaitu agar perusahaan dikenal dan dipercaya oleh pelanggan, yang kemudian akan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang dipasarkan.

Namun, hal ini terkadang membuat pemilik usaha kecil terlalu berlebihan, dari berbagai aspek seperti terlalu banyak membuang uang dan tenaga di tahap awal pengembangan usaha. Kamu harus berhati-hati, oke? Karena terlalu banyak pada tahap awal perusahaan menyebabkan operasinal tidak efisien. Konsekuensinya beragam, tapi yang terburuk adalah kerugian yang bisa mengancam kelancaran bisnismu, lho!

4 Strategi yang bisa dilakukan untuk membuat proses pengelolaan bisnis jadi lebih efisien, efektif, dan tentunya menguntungkan

1. Modifikasi Workflow

Di zaman modern ini, bukan kerja keras yang diperlukan, tetapi kerja cerdas. Sama halnya dalam dunia bisnis, pengusaha yang bekerja keras terus-menerus akan kalah dengan pengusaha yang bekerja cerdas, dan sesuai porsi yang dibutuhkan. Salah satu strategi bisnis yang dapat mempermudah pekerjaan adalah dengan mengubah alur kerja atau workflow dalam lingkup bisnismu.

Kamu bisa mulai dengan menilai berbagai alur kerja di bisnismu, mulai dari arus transaksi, pengadaan bahan baku, hingga pengiriman produk. Coba pelajari alirannya dan coba cari solusi yang bisa menyelesaikan alirannya lebih cepat sehingga waktu dan tenaga yang dikeluarkan juga lebih hemat dan tidak berlebihan. Otomatiskan beberapa alur kerja sesuai kebutuhan, menggunakan alat bantu yang dapat membuat alur kerja lebih cepat dan efisien.

2. Satukan Visi Misi

Apapun tantangan bisnis yang kamu hadapi, akan lebih mudah bagi kamu untuk menemukan dan menerapkan solusi dengan orang-orang yang memiliki satu pemahaman. Oleh karena itu, bekerja dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama merupakan nilai plus yang cukup sulit didapatkan.

Kesamaan visi dan misi juga memudahkan kamu untuk saling memahami dalam satu tim. Sehingga menjadi lebih mudah bagi kamu untuk menyepakati dan menjalankan strategi bisnis tanpa harus sibuk berdiskusi dan berkomentar. Selain kesamaan visi dan misi, proses pengelolaan bisnis akan lebih mudah dan cepat, jika dilakukan oleh anggota tim yang dapat dipercaya dan diandalkan. Dengan tujuan yang sama, kamu dan tim berjuang bersama untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

3. Lakukan Evaluasi Rutin

Sekalipun kamu memiliki anggota tim yang dapat diandalkan dan dipercaya, kamu tetap membutuhkan koordinasi timbal balik yang baik. Oleh karena itu, kamu perlu mengadakan rapat koordinasi pada waktu tertentu untuk memastikan semua anggota tim mengetahui tujuan dan arah dari strategi bisnis yang dijalankan.

Selain itu, melakukan evaluasi secara berkala juga dapat menjadi sarana untuk bertukar pikiran dan pendapat antar tim, untuk memecahkan masalah dan tantangan yang dimiliki setiap anggota. Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan strategi bisnis yang tepat dan eksekusi yang tidak berlebihan dan lebih efisien.

4. Manfaatkan Teknologi

Strategi lain yang dapat ditempuh untuk mengefisienkan pengelolaan bisnis adalah dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Di zaman yang serba modern ini, semua pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah, sehingga pengoperasian manual menjadi tidak efisien.