free page hit counter

Cara Bisnis Kursus Bahasa Inggris Online

Artikel diperbarui pada 11 Januari 2022.

Bisnis kursus bahasa Inggris masih menjadi pilihan banyak orang karena pandemi yang sedang berlangsung. Tidak ada salahnya mengisi waktu luang dengan belajar bahasa Inggris. Karena bisa menambah pengetahuan di sejumlah bidang.

Keuntungan dari kursus bahasa Inggris tidak terhitung banyaknya. Selain mampu berbicara, menulis dan membaca bahasa Inggris dengan lancar dengan penulisan dan pengucapan yang benar. Ini juga membawa kamu masuk ke perusahaan multinasional impian. Perusahaan – perusahaan asing yang besar sangat membutuhkan orang yang bisa menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris.

Dengan belajar bahasa Inggris dan lancar berbicara, membaca dan menulis. Hal ini memudahkan kamu dan meningkatkan kepercayaan dirimu saat bepergian ke luar negeri. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional atau bahasa universal yang digunakan di berbagai negara di dunia.

Cara memulai bisnis kursus bahasa Inggris online

1. Membuat Konsep Bisnis

Konsep perencanaan bisnis yang dipikirkan dengan matang akan berdampak sukses pada kursus bahasa Inggris onlinemu. Karena jika ingin memulai bisnis tidak lepas dari perencanaan. Dengan perencanaan dan konsep bisnis yang matang, menjalankan bisnis bisa lebih mudah dan terorganisir.

Kamu dapat membuat konsep bisnis dengan merekmu sendiri atau memilih untuk membuka bisnis waralaba. Keduanya memiliki keuntungan dan kekurangannya masing – masing. Namun harus memilih waralaba yang sudah memiliki citra baik di masyarakat.

2. Menyiapkan Modal Bisnis yang Cukup

Modal usaha sangat diperlukan untuk memulai kursus bahasa Inggris walaupun online. Karena ruangan tempat kamu merekam materi harus tetap terlihat bersih, menarik, proper, serta penerangan yang baik.

Modal selanjutnya adalah pembuatan modul karena modul dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran. Serta modal untuk membayar guru dan tenaga kerja lainnya. Seperti pemasaran, administrasi, dll.

3. Membuat Modul Kursus Bahasa Inggris

Modul adalah buku pegangan dengan materi pembelajaran selama kelas berlangsung. Modul akan selalu menjadi acuan untuk setiap kelas, sehingga penting untuk membuat modul kursus bahasa Inggris. Karena modul berisi kurikulum terbaru untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta kursus.

Dengan modul ini, bahasa Inggris dapat dikuasai dengan cepat dengan senang hati. Baik secara lisan maupun tulisan dalam waktu yang singkat. maka inilah keunggulan modul untuk membuat siswa tertarik untuk mengambil kursus di tempat kamu.

4. Merekrut Pengajar Berkualitas

Merekrut tutor yang berkualitas sangat penting ketika memulai bisnis kursus. Karena kredibilitas lembaga kursus kamu akan dipertanyakan jika kamu tidak mempekerjakan tutor yang berkualitas. Sehingga dapat memberikan citra yang baik tentang kursus bahasa Inggris ini.

Kamu dapat mempekerjakan guru yang berpengalaman dan bersertifikat untuk mengajar bahasa Inggris. Kamu dapat memilih rekanmu dengan gelar sarjana bahasa Inggris untuk mengajar kursus bahasa Inggris di tempat kamu.

5. Ciptakan Pasar yang Unik

Menciptakan pasar yang unik ini sangat bagus untuk meningkatkan pemasaran bisnismu. Kamu dapat memilih untuk menargetkan pasar dengan ekonomi rendah dan kemampuan bahasa Inggris yang rendah. Sehingga segala sesuatunya akan berjalan lebih lancar.

Kamu juga bisa lebih fokus membina kelas bawah, seperti memberikan kursus ringan. Sehingga siswa dapat belajar di lembaga tersebut. Selain itu, dengan bahasa Inggris kamu juga dapat menargetkan siswa dari berbagai ruang lingkup.

6. Sewa Praktisi Internet Marketing untuk Promosi

Pemasaran digital saat ini sedang gencar dilakukan dan dipilih oleh perusahaan-perusahaan besar untuk meningkatkan pemasarannya. Karena selain lebih praktis, juga hemat biaya dan lebih tepat sasaran.

Promosi melalui internet, walaupun terlihat sederhana, namun tetap membutuhkan ilmu. Sayangnya, tidak semua orang memiliki ilmu ini. Kemudian kamu dapat menyewa seorang profesional pemasaran internet untuk mempromosikan kursus bahasa Inggris onlinemu melalui media sosial dan iklan mesin pencari.

7. Menyiapkan Perlengkapan dan Properti yang Dibutuhkan

Meskipun kursus bahasa Inggris ini online, namun penting untuk mempersiapkan peralatan dan fitur apa yang akan dibutuhkan selama pelajaran. Properti dan peralatan dapat mencakup tempat belajar dan kantor.

Mulai dari komputer, layar proyeksi, nomor telepon yang bisa dihubungi, buku referensi bahasa Inggris. Bahkan media pembelajaran bahasa Inggris lainnya. Karena bahasa Inggris tidak hanya membaca dan menulis, tetapi juga mendengarkan.

8. Menentukan Biaya Kursus

Penting untuk menentukan biaya kursus bahasa Inggris online sejak awal. Alasannya adalah biaya sering dipertanyakan di awal sebelum siswa memilih pengaturan kursus. Dengan menetapkan biaya kursus yang murah, hal ini tentunya akan menjadi pilihan calon peserta didik.

Berikan biaya kursus yang dapat bersaing dengan kompetitor yang ada. Selain dapat menarik calon peserta untuk memilih lembaga kursusmu. Padahal, ini juga salah satu strategi bisnis yang bisa kamu terapkan karena banyak manfaatnya.

9. Menjalin Kerja Sama dengan Pihak Sekolah atau Kampus

Bekerja sama dengan pihak sekolah atau kampus manapun sangat penting ketika memulai bisnis. Apalagi jika kamu ingin memulai bisnis kursus bahasa Inggris online. Meski online, minat belajar bahasa Inggris tidak pernah surut dan terus meningkat karena lebih praktis tidak harus keluar rumah.

Terjalinnya kerjasama ini dilakukan agar pihak sekolah atau kampus dapat merekomendasikan bisnis kursus ini kepada siswa dan mahasiswa. Jangan lupa untuk menawarkan sistem komisi yang menarik untuk sekolah atau kampus yang dapat memasukkan siswa atau mahasiswa ke lembaga kursus tersebut.

 

5 Metode Pembelajaran Bahasa Inggris yang Paling Sering Dipakai

1. Grammar Translation Method (GTM)

Metode Grammar Translation adalah metode pembelajaran yang digunakan untuk berbicara, menulis dan membaca. Metode ini melibatkan pembelajaran aturan tata bahasa, kata-kata tata bahasa, dan pembelajaran menggunakan aturan (rumus) saat mengartikan kalimat. Metode ini memungkinkan peserta untuk fokus menerjemahkan bentuk tata bahasa dan menghafal kosakata.

2. Audio-Lingual Method (ALL)

Metode Audio-Lingual secara teknis didukung oleh alat-alat seperti tape recorder dan lab bahasa. Dalam metode ini, pembelajaran dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan komunikasi yang efektif dalam bahasa asing.

3. The Structural Approach

Metode Pendekatan Struktural tentunya merupakan metode struktur. Idenya adalah bahwa setiap bahasa terdiri dari aturan tata bahasa yang kompleks. Aturan pendekatan ini harus dipelajari dalam urutan tertentu untuk mendapatkan kalimat yang benar.

4. Suggestopedia

Suggestopedia ini merupakan teori behaviorist serta terkait dengan ilmu pseudoscience. Metode ini sangat tergantung pada keyakinan siswa terhadap efektifitas metode tersebut. Berlatih dengan metode ini melibatkan banyak seni dan musik.

5. Total Physical Response (TPR)

Total Physical Response merupakan metode yang mengikuti gagasan belajar dengan melakukan. Partisipan memulai penelitian ini dengan serangkaian tindakan berulang. Dengan metode ini, keterampilan yang terpenting adalah pemahaman aksi dan yang lainnya tentu akan mengikuti secara alami.