free page hit counter

10+ Ide Bisnis Cocok Untuk yang Jago Desain Grafis

Artikel diperbarui pada 5 Januari 2022.

Membangun bisnis dengan keterampilan yang kamu miliki tidaklah sulit. Misalnya, kamu memiliki keahlian di bidang desain grafis dan ingin mengubahnya menjadi sebuah bisnis. Apalagi saat ini jasa desainer grafis banyak dicari oleh masyarakat termasuk perusahaan.

Banyak juga yang mengatakan bahwa bisnis desain grafis tidak pernah mati dan bisa terus bersinar di masa depan. Setiap hari semakin banyak desainer grafis lepas yang menggunakan keterampilan mereka untuk menghasilkan uang.

Sayang sekali jika kamu memiliki keterampilan itu tetapi tidak memanfaatkan kesempatan itu dengan baik. Namun, masih banyak desainer grafis yang tidak mengerti bagaimana mengubah bakat mereka menjadi usaha yang menguntungkan. Jika kamu membutuhkan ide bisnis desain grafis, baca artikel ini.

Ide Bisnis Untuk Desain Grafis

1. Bisnis Jual Desain di Microstock

Situs microstock sudah ada sejak lama, situs pertama Getty Images didirikan pada tahun 1995 dan berhasil mengakuisisi Istockphoto (Wikipedia) pada tahun 2006. Hingga saat ini, semakin banyak situs microstock.

Situs microstock ini bisa dijadikan ladang untuk mendapatkan uang untuk menjual desain yang kamu buat menggunakan sistem Pay-per-Download dan Free Royalty. Ini bisa dijadikan ladang untuk para desainer grafis sebagai passive income karena sekali kamu submit, kamu bisa menjual selamanya.

2. Bisnis Program Kartun

Ide bisnis selanjutnya yang bisa dimainkan oleh desainer grafis adalah mengembangkan kartun yang bisa ditampilkan di televisi. Jika kamu berhasil mengembangkan program kartun untuk TV, maka tentu saja kamu akan menghasilkan uang darinya.

Kamu tidak hanya bisa fokus membuat tayangan kartun yang akan ditayangkan di TV, tapi kamu juga bisa menjual soft copy dari cerita kartun di toko buku anak.

3. Buat Desain Situs Web

Kegiatan desain situs web dapat menjadi pilihan yang sangat baik bagi mereka yang profesional di bidang ini untuk merancang situs web dan memiliki pengetahuan dasar tentang pengkodean HTML dan CSS.

Sebagai seorang desainer grafis, jika ingin meningkatkan keuntungan, kamu bisa fokus pada bisnis yang satu ini.

4. Bisnis Jual Font

Selanjutnya, ada ide bisnis yang semakin populer di kalangan desainer grafis, yaitu menjual font. Karena setiap hari jenis font baru lahir di tangan kreatif desainer font. Hasil font tersebut kemudian disajikan pada sebuah website yang menawarkan layanan penjualan font.

Beberapa website yang populer di kalangan desainer font untuk menjual font mereka adalah Creative Market, The Hungryjpeg, Font Bundles dan masih banyak lagi.

5. Jual Jasa Desain

Desainer grafis juga bisa memanfaatkan penjualan jasa desain online di situs-situs tertentu yang menawarkan fitur transaksi instan seperti Fiverr, Freelancer, Upwork dan tentunya masih banyak lagi.

Pilih situs online yang mudah jika kamu seorang pemula. Beberapa desainer grafis dapat menghasilkan hingga ribuan dolar per bulan. Kamu dapat menawarkan layanan mulai dari pembuatan logo, karya seni hingga pembuatan desain web di situs.

6. Buat Program Pelatihan Desain Grafis

Jika kamu memiliki pengetahuan desain grafis, kamu dapat membuka ide bisnis untuk program pelatihan desain grafis bagi orang lain yang tertarik untuk belajar tentang dunia desain. Kamu dapat menawarkan pelatihan secara pribadi atau per kelas.

Bisnis ini tentunya bisa menghasilkan income dan kamu bisa tampil lebih keren karena bisa mentransfer ilmu ke orang lain.

7. Menjadi Youtuber

Kamu juga bisa melebarkan sayap melalui platform media sosial penyedia video terbesar di dunia, YouTube. Tak sedikit para desainer grafis yang mencoba mencari untung di platform ini.

Biasanya mereka akan membagikan video yang berkaitan dengan tutorial dan informasi tentang perkembangan dunia desain grafis. Kamu bisa memanfaatkan Google Adsense dan jumlah viewer untuk mendapatkan penghasilan maksimal dari YouTube.

8. Bisnis Print On Demand

Bisnis print on demand merupakan salah satu bisnis desain grafis yang berkembang seiring dengan perkembangan dunia percetakan. Cara kerjanya adalah dengan memasarkan desain dalam bentuk cetakan seperti kaos, pattern dan perlengkapan sehari-hari lainnya.

Ada website yang populer untuk ide bisnis dengan konsep print-on-demand seperti Zazzle untuk segala macam perlengkapan sehari-hari, Teespring untuk desain kaos, Redbubble untuk desain pattern dan lain-lain.

9. Bisnis Rancang Buku Anak-Anak

Ide bisnis lain yang bisa dicoba adalah bisnis buku bergambar anak seperti komik, buku cerita dan buku anak lainnya yang berhubungan dengan gambar. Dengan pikiran kreatif dan kemampuan desain karakter, kamu bisa mencoba memulai bisnis ini.

Yang dibutuhkan desainer grafis dalam bisnis ini adalah bagaimana desainer dapat meneliti jenis karakter kartun yang disukai anak-anak dan kemudian mengembangkannya menjadi karakter dalam komik.

10. Menjadi Blogger Desainer

Tidak banyak grup desainer yang aktif di bidang ini. Namun, kamu dapat menggunakan blog untuk berbagi keterampilan desainmu. Semakin banyak artikel yang dibaca, semakin besar peluang menghasilkan uang.

 

Itulah ide bisnis bagi para desainer grafis handal yang ingin memanfaatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, apakah kamu siap dikejar klien untuk menjalankan bisnis desain grafis?