free page hit counter

5+ Ide Bisnis Kekinian untuk Milenial Modal Minim

Artikel diperbarui pada 4 Januari 2022.

Banyak orang yang ingin membuka usaha sendiri namun akhirnya menariknya kembali karena percaya bahwa ide untuk memulai bisnis membutuhkan modal yang tidak sedikit. Padahal di era teknologi saat ini sangat memungkinkan untuk memulai bisnis dengan modal yang minim.

Steve Jobs dan Bill Gates menjadi salah satu tokoh populer yang memulai perusahaan dari nol. Perjalanan bisnis mereka dimulai dari sebuah garasi dan kini telah berkembang menjadi perusahaan raksasa kelas dunia. Kini teknologi yang mereka kembangkan dibutuhkan oleh seluruh dunia dan juga membantu mereka menjalankan bisnis dengan modal minim.

Dengan bantuan teknologi, memulai bisnis kini bisa dilakukan dengan modal yang minim. Yang terpenting adalah etos kerja, keinginan yang kuat dan gigih serta tekun dalam menjalankan bisnis itu sendiri.

Beberapa ide bisnis dengan modal minim

1. Social Media Management

Era teknologi digital menuntut setiap pengusaha untuk bermigrasi ke internet marketing. Salah satu saluran pemasaran internet yang paling banyak digunakan adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan bahkan Tiktok.

Banyak dari pemilik bisnis ini tidak memiliki cukup waktu untuk mengelola akun media sosial mereka sendiri, sehingga mereka membutuhkan tim khusus. Disinilah muncul peluang bisnis untuk menawarkan jasa sebagai social media manager.

Tugas manajer media sosial adalah membangun kesadaran merek, membuat dan membagikan konten, serta berkomunikasi dengan pengikut. Menariknya, kamu bisa melakukannya secara online dan tanpa modal apapun.

Mungkin kamu bisa memulai bisnis ini sendiri dan di masa depan seiring pertumbuhan klienmu, kamu bisa merekrut tim dan mengembangkan bisnismu. Mengingat maraknya penggunaan media sosial sebagai area pemasaran, prospek bisnis ini sangat menjanjikan di masa depan.

2. Fotografi

Dulu, jika jasa fotografi membutuhkan peralatan fotografi profesional dengan harga jutaan rupiah, kini kamu bisa menjual foto yang diambil dengan kamera ponsel. kamu dapat menjual foto-foto ini di microstock seperti ShutterStock, Pixabay, dll. Komisi juga dapat mengalir ke sakumu setiap kali foto diunduh dari platform.

Selain menjual foto melalui platform microstock, kamu juga bisa menawarkan jasa fotografi produk bagi para pebisnis. Pasalnya, kini banyak pelaku usaha yang mewajibkan foto produk diunggah di akun media sosialnya.

3. Video Production

Bisnis ini sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai fotografi dan pengeditan video. Kini layanan kreator dan editor video dibutuhkan untuk bisnis yang memposting konten ke YouTube, Instagram, dan Tiktok.

Jika kamu pandai dalam hal ini, mengapa tidak mengubahnya menjadi bisnis saja? Yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini adalah gadget untuk membuat video dan software editing video.

Bagaimana jika kamu tidak mahir dalam merekam atau mengedit video? Tidak perlu khawatir karena kamu dapat menemukan tutorial di internet atau mengambil kursus videografi.

4. Jasa Les Privat

Kondisi pandemi telah mengubah pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh. Tidak dapat disangkal bahwa kondisi ini meningkatkan kebutuhan akan guru privat. Alasannya, tidak semua anak bisa belajar mandiri di rumah dan orang tua tidak selalu punya waktu untuk belajar bersama mereka.

Dengan prospek yang besar ini, tidak ada salahnya membuka layanan konseling pribadi. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu tidak harus langsung ke bimbingan belajar. Sebagai seorang wirausaha, kamu dapat membentuk tim pengajar dan menghubungkan mereka dengan siswa yang membutuhkan les privat.

5. Kuliner Khusus Take Away dan Delivery

Membuka restoran memang membutuhkan modal yang tidak sedikit karena harus membangun restoran sendiri dan merawat fasilitas yang ada di dalamnya. Namun, dengan modal minim, kamu bisa memulai bisnis kuliner yang hanya melayani take away dan delivery.

Apalagi dengan kondisi pandemi saat ini, masyarakat lebih memilih untuk membeli takeaway atau diantar. Jika kamu tidak memiliki karyawan untuk delivery, kamu dapat memanfaatkan platform belanja makanan seperti Go Food, Shopee Food, dan Grab Food.

 

Itulah 5 ide bisnis modern dengan modal minim yang bisa dilakukan dengan bantuan teknologi. Tentunya untuk membangun sebuah bisnis, kamu juga perlu memiliki pemahaman tentang manajemen bisnis.

Dengan manajemen yang baik, kamu dapat menjalankan bisnis apa pun tanpa keahlian khusus. Misalnya, untuk menjalankan bisnis kuliner, kamu tidak perlu menjadi juru masak yang baik karena kamu bisa menyewa juru masak.