free page hit counter

6+ Investasi Terbaik di Tahun 2022

Artikel diperbarui pada 1 Januari 2022.

Kamu perlu mengetahui investasi terbaik yang bisa mendatangkan uang menjanjikan bagimu.

Investasi terbaik ini adalah pilihan yang tepat bagi kamu untuk memilih berbagai tujuan investasi seperti dana pensiun, membeli rumah dan keperluan lainnya sesuai keinginanmu.

Inilah 6 investasi terbaik di tahun 2022

1. Investasi Saham

Saham merupakan salah satu pilihan investasi teratas untuk tahun 2022. Surat berharga ini diterbitkan oleh emiten sebagai penawaran bagi hasil yang besar ketika perusahaan memperoleh keuntungan.

Potensi keuntungan yang bisa kamu peroleh tergantung dari keuntungan yang dihasilkan oleh penerbit. Semakin baik kinerja penerbit, semakin banyak uang yang dapat kamu hasilkan.

Kamu bisa mengandalkan saham untuk investasi jangka panjang atau jangka pendek. Untuk jangka pendek, biasanya kita mengenalnya sebagai perdagangan saham.

Untuk memulai, kamu harus memilih platform perdagangan saham tepercaya. Di pasar modal, kamu membutuhkan perantara yang akan merawat asetmu sebaik mungkin. Pilih platform saham yang terdaftar dan berlisensi OJK. Tidak akan sulit untuk menemukannya.

2. Investasi Properti

Meski masih dalam masa pandemi, investasi real estate tetap menjadi investasi terbaik di tahun 2022. Investasi ini menawarkan keuntungan yang tak terukur di masa depan, asalkan bisa kamu rawat dengan baik.

Investasi ini dapat berupa bangunan atau tanah. Untuk tanah kamu tidak perlu melakukan perawatan apapun, tetapi untuk bangunan kamu harus mengeluarkan sejumlah uang agar tetap terlihat bagus setiap saat.

Kamu juga dapat menyewakannya kepada orang lain untuk mendapatkan penghasilan pasif secara bulanan atau tahunan. Memang, investasi ini paling cocok untuk perencanaan investasi jangka panjang.

Usahakan membeli properti yang terletak di tempat yang strategis. Biasanya cepat laku dan banyak dicari orang lain. Kamu tentu harus menyiapkan modal yang proporsional.

Pastikan properti yang kamu beli memiliki surat lengkap untuk memudahkan proses penjualan.

3. Deposito

Investasi terbaik ini menawarkan proses sederhana bagi investor pemula. Kamu hanya menyimpan uang di bank, menyimpannya di sana selama bertahun-tahun dan kemudian menarik uang itu saat jatuh tempo.

Uang kamu meningkat setidaknya 4% per tahun. Dengan hanya menyimpannya, kamu mendapatkan pengembalian yang cukup memuaskan.

Untuk mendapatkan keuntungan sesuai ketentuan di awal, kamu perlu menarik uang setelah periode deposit. Misalnya, kamu berencana untuk menyimpannya selama 3 tahun, artinya kamu tidak dapat menarik uang sampai 3 tahun kemudian.

Bank mungkin mengizinkan kamu untuk menarik uang dari deposit lebih awal, tetapi kamu tidak akan menerima bunga apa pun dan juga akan dikenakan denda.

4. Obligasi

Ada obligasi lain yang bisa diandalkan untuk mendapatkan uang tunai yang stabil. Obligasi ini diterbitkan oleh pemerintah atau swasta yang membutuhkan uang. Untuk jasa pembelian obligasi, investor yang membelinya akan diberikan kupon atau bunga.

Benefit yang ditawarkan mulai dari 4,95% per tahun. Lebih besar dari setoran apa pun. Tak heran, investor akan memilih obligasi selain deposito.

Untuk membeli obligasi, kamu harus menunggu emiten membuka penerbitan obligasi di pasar modal. Karena tidak dapat melakukannya sendiri, kamu harus memilih mitra distribusi yang didirikan oleh penerbit obligasi.

Risiko yang bisa kamu jalankan ketika berinvestasi di obligasi, penerbit mungkin kesulitan membayar utang atau perusahaan bangkrut karena kesulitan keuangan.

5. Investasi Reksa Dana

Investasi terbaik lainnya adalah reksa dana. Di sini, modal kamu digabungkan dengan modal investor lain dan kemudian dimasukkan ke dalam sekuritas yang ada dalam bentuk reksa dana.

Ada berbagai jenis reksa dana untukmu. Investasi yang berisiko rendah yaitu reksa dana pasar uang, dibandingkan dengan yang berisiko cukup tinggi yaitu reksa dana saham. Keduanya menawarkan manfaat yang kamu harapkan.

Yang perlu kamu ingat adalah bahwa semakin tinggi risikonya, semakin tinggi pula potensi pengembalian yang akan kamu dapatkan.

Tenang saja, karena pengelolaan investasi reksa dana sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengelola aset. Mereka adalah perusahaan yang mengelola dana investor, jadi pastikan kamu memilih perusahaan yang memiliki kinerja yang baik.

Berinvestasi di reksa dana paling cocok untuk pemula karena ada manajer aset yang memberikan wawasan tentang kemajuan investasimu. Kamu hanya perlu menunggu laporan.

Kamu harus memperhatikan kinerja manajer aset di masa lalu. Jika tidak ada kasus yang tampak serius, manajer aset harus dipilih.

6. Investasi Emas

Emas adalah pilihan investasi terbaik yang dapat kamu andalkan. Emas yang digunakan sebagai instrumen berupa logam mulia.

Harga emas bisa naik setiap tahun, jadi investasi ini bagus untuk jangka panjang. Keuntungan lainnya adalah meskipun jatuh, harganya tidak akan turun. Kerugian yang kamu alami tidak banyak. Besoknya bisa naik lagi.

Emas telah menjadi tanda logam mewah sejak zaman kuno. Emas juga dianggap sebagai instrumen paling tangguh selama krisis ekonomi.

Sangat tepat untuk memilih investasi emas untuk menjaga kekayaanmu. Sekarang mudah untuk membelinya dari agen terpercaya. Di Indonesia, bahkan ada BUMN yang mencetak produk emas terbaik.

Tips menjalankannya adalah dengan menyediakan tempat yang layak untuk menyimpan emas dalam waktu yang lama. Pastikan tempat itu aman dan asing bagi semua orang kecuali orang yang kamu percayai.

Hal ini karena emas rentan terhadap pencurian. Jika ingin menyimpannya di lembaga yang terpercaya, kamu harus membayar biaya penyimpanan yaitu bulanan atau tahunan.

Itulah investasi terbaik yang bisa kamu pilih di tahun 2022. Semua investasi di atas memiliki keuntungan dan risiko. Yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari instrumen sampai kamu mengenalnya dengan baik. Tidak ada salahnya mempelajari beberapa alat untuk proses diversifikasi.

Tidak ada manfaat yang bisa diraih dalam sekejap, jadi kamu harus sabar menunggu manfaat tersebut juga. Untuk mencapai tujuan, kamu juga harus berusaha secara konsisten. Selamat berinvestasi!