free page hit counter

Cara Pemasaran Diri Dalam 10 Langkah

Artikel diperbarui pada 22 Januari 2022.

Ide memasarkan diri sendiri mungkin tidak terdengar seperti keterampilan yang harus dikuasai kebanyakan orang kecuali mereka berencana untuk memulai bisnis baru atau menjadi tren di Instagram.

Namun, akhir-akhir ini memasarkan diri sendiri sangat penting untuk dipelajari oleh siapa saja dan merupakan keterampilan yang layak untuk dikuasai. Apakah kamu seorang pengusaha, menjalankan bisnis kecilmu sendiri, atau bahkan hanya seorang karyawan di bisnis lokal, mengetahui cara memasarkan diri sendiri sangat penting untuk kesuksesanmu.

Bagian terbaik? Benar-benar gratis untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memasarkan dirimu sendiri. Berikut adalah sepuluh cara efektif untuk berhasil memasarkan diri sendiri.

Apa yang kamu tawarkan?

Langkah pertama untuk memasarkan diri kamu secara efektif adalah mencari tahu apa yang kamu tawarkan. Penting untuk mengidentifikasi niche pribadimu dan proposisi penjualan unik. Ini juga merupakan ide yang baik bahwa apa pun yang kamu rencanakan untuk dilakukan atau ditawarkan adalah sesuatu yang kamu sukai.

Ketika kamu memiliki hasrat untuk sesuatu, itu membuat segalanya jauh lebih menyenangkan untuk dilakukan dan jauh lebih sedikit melelahkan. Saya akan menyarankan bahwa setelah kamu memilih nichemu, itu ide yang baik untuk mencoba dan tetap fokus pada itu, setidaknya untuk memulai. Seringkali orang membuat kesalahan dengan segera melakukan kegiatan lain dan itu membuatnya semakin sulit untuk memasarkan diri sendiri. Setelah nama dan merek kamu sepenuhnya mapan di pasar atau di niche tertentu, kamu dapat mulai menguji air dan bercabang ke hal-hal lain, tetapi jangan pernah melupakan target pasarmu.

Tetapkan Tujuan

Langkah pertama untuk memasarkan dirimu secara efektif adalah dengan menetapkan tujuan yang masuk akal dan dapat dicapai untuk dirimu sendiri. Sebelum kamu mulai, penting untuk mengidentifikasi sendiri apa yang ingin kamu capai dengan memasarkan dirimu sendiri. Apakah kamu berharap untuk meningkatkan kehadiran media sosialmu? Apakah kamu mencoba menghasilkan buzz dan eksposur untuk bisnis kecilmu? Apa pun itu, sangat penting untuk mengetahui apa yang ingin kamu capai dengan memasarkan dirimu sendiri.

Beberapa tujuan yang perlu dipertimbangkan:

  • Tingkatkan kesadaran merek, tunjukkan namamu, dan pastikan orang tahu siapa kamu dan bisnismu.
  • Membangun kepercayaan dan hubungan baik dengan audiensmu, menciptakan dan mengembangkan audiens atau basis pelanggan yang menghormati merek atau bisnismu dan memiliki kepercayaan pada produk atau layanan yang disampaikan.
  • Membangun reputasimu di mesin pencari, saat ini orang mencari segala sesuatu di mesin pencari seperti google, bing, dll. Penting untuk menumbuhkan reputasi dan merekmu ke titik di mana orang mencari produk atau layananmu di tempat yang sebenarnya muncul. Situs mesin pencari.
    Ini hanyalah beberapa dari banyak tujuan yang mungkin layak untuk kamu tetapkan sebelum memulai proses pemasaran. Terakhir, aspek penting dari penetapan tujuan adalah spesifik dan terukur. Jika tujuanmu adalah untuk meningkatkan kesadaran merek di media sosial, tetapkan tujuan numerik, seperti peningkatan pengikut atau keterlibatan di platform pilihanmu.

Pilih audiens targetmu dan fokus padanya

Penting untuk mempertimbangkan dan mengidentifikasi orang-orang yang tertarik dengan kontenmu. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Apa demografi audiens target kamu?
    Demografi meliputi kelompok umur, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan lokasi. Misalnya, kamu dapat menentukan bahwa produk atau layananmu paling menarik bagi pria berpendidikan dan menikah berusia 30 hingga 35 tahun dengan tingkat pendapatan tahunan di atas $50.000.
  • Apa minat demografis target kamu?
    Misalnya, jika kontenmu adalah pemasaran dan kamu mengiklankan artikel blog, kamu mungkin mencari orang yang tertarik dengan pemasaran.
  • Di mana mereka menjelajah online?
    Jika audiens targetmu sering mengunjungi situs tertentu, mungkin ada baiknya kamu mempromosikan dirimu di situs tersebut. Misalnya, jika kamu menawarkan layanan perbaikan rumah, mungkin kamu sebaiknya terdaftar di situs seperti Homeadvisor.
  • Di mana mereka berjejaring?
    Jika audiens targetmu menghadiri webinar atau konferensi bisnis tertentu, kamu harus berusaha semaksimal mungkin untuk menghadiri dan mengambil kesempatan untuk memperkenalkan namamu di antara orang-orang yang sudah tertarik dan audiens targetmu.
    Mengidentifikasi audiens targetmu akan menjadi kunci besar keberhasilan dalam memasarkan dirimu secara efektif, jadi pastikan untuk meluangkan waktu dan menelitinya secara menyeluruh dan hati-hati.

 

Buat situs web

Penting untuk memiliki kehadiran di web akhir-akhir ini. Salah satu cara untuk membantu keberadaan webmu adalah dengan membuat situs web untukmu sendiri. Contoh yang bagus tentang pentingnya situs web untuk merekmu adalah koki selebriti Ana Quincoces. Ketika dia memulai lini saus dan marinade Skinny Latina, Ana menghubungi BlackDog Advertising untuk merancang situs web untuk lini produk dan merek pribadinya. Ana Q melihat peningkatan yang signifikan dalam lalu lintas dan penjualan dari branding dan desain ulang situs web. Ingatlah bahwa situs webmu harus menjadi tempat yang dapat dikunjungi siapa saja dan segera mengetahui siapa kamu dan apa yang kamu lakukan. Blog dalam situs webmu dapat menjadi cara yang efektif untuk berbagi informasi khusus industri dalam bidangmu.

 

Siapkan akun media sosial

Langkah lain dalam memasarkan dirimu secara efektif adalah menciptakan kehadiran media sosial untuk dirimu sendiri dengan membuat berbagai akun media sosial. Ada beberapa situs media sosial dan masing-masing melayani audiens yang berbeda:

  • Di Facebook, pengguna dapat berkomentar, berbagi foto, streaming langsung, dan menonton video. Ini adalah situs yang bagus untuk menjangkau khalayak luas berusia 30 tahun ke atas.
  • Instagram adalah median yang lebih visual. Ini bagus untuk konten seperti foto, video, streaming langsung, dll. Dan dapat digunakan untuk menjangkau pemirsa berusia 20 tahun ke atas.
  • Twitter sangat cocok untuk menjangkau audiens yang terlibat dan bersemangat dengan pesan singkat (140 karakter atau kurang), yang dikenal sebagai ‘tweet’. Platform ini juga dapat berbagi gambar dan video.
  • LinkedIn adalah situs media sosial yang berfokus pada jaringan profesional dan pengembangan karir. Ini ideal untuk menjangkau orang-orang di industri dan bidang spesifikmu.
  • TikTok digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna melalui video. Ini adalah situs yang bagus untuk menunjukkan karyamu secara visual dalam format video pendek. Ini adalah situs yang ideal untuk menjangkau audiens yang lebih muda, sebagian besar pengguna TikTok berusia antara 15 dan 25 tahun.
  • YouTube adalah situs berbagi video yang memungkinkan pengguna untuk menonton video online dengan mudah. Ini adalah situs yang bagus untuk memamerkan karyamu secara visual dalam format video yang lebih panjang kepada orang-orang dari semua kelompok umur.
    Biasanya merupakan ide yang baik untuk membuat halaman media sosial untukmu sendiri di semua halaman yang berbeda tetapi tidak terlalu penting. Berdasarkan audiens target dan bisnismu, mungkin tidak perlu hadir di situs media sosial tertentu. Sangat penting untuk melakukan penelitian yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat tentang situs media sosial mana yang menjadi fokus dan meluangkan waktu dan upaya untuk mengembangkan konten. Penting juga untuk menautkan akun media sosialmu ke situs web milikmu.

Salah satu pengusaha yang rutin menggunakan media sosial adalah CEO Walmart Doug McMillon. Jelajahi berbagai akun media sosialnya dengan cepat dan kamu akan melihat bahwa dia memposting konten secara teratur, hampir setiap hari. Dia melakukan pekerjaan yang bagus untuk mengeluarkan nama dan mereknya, sementara juga tetap relevan di media sosial. Dia adalah contoh yang bagus mengapa menyiapkan akun media sosial untuk diri sendiri adalah bagian penting dari pemasaran yang efektif untuk diri sendiri.

Tulis bio detail

Bagian dari pemasaran dirimusecara efektif adalah mengkomunikasikan siapa kamu kepada orang-orang dengan cara yang jelas dan efisien. Sesuatu yang membantu orang mengetahui siapa kamu saat mengunjungi situs web milikmu atau menjelajahi halaman media sosialmu adalah dengan membuat bagian atau halaman biografi. Biografi harus merupakan deskripsi terperinci dan mendalam tentang dirimu dan produk, layanan, atau kontenmu. Biografi ini harus diposting di bagian atau halaman “tentang” di situs webmu dan disalin ke bagian “bio” di berbagai halaman dan akun media sosialmu. Beberapa hal yang mungkin ingin kamu sertakan dalam biomu:

  • Pencapaian: Sertifikasi atau penghargaan yang berlaku yang kamu miliki akan sangat bagus untuk disebutkan dan memberimu legitimasi.
  • Sejarah: Informasi latar belakang tentang dirimu, seperti masa kecilmu, latar belakang pendidikan, pekerjaan masa lalu, dll…
  • Preferensi Profesional: Grup industri tempatmu berada yang terkait dengan konten yang kamu bagikan.
  • Hobi: Ini adalah bagian dari biomu untuk membagikan lebih banyak informasi pribadi tentang diri kamu.
  • Tujuan Umum: Di mana kamu melihat dirimu di masa depan.
  • Tujuan dengan Alasan Kuat: Nyatakan mengapa kamu melakukan apa yang kamu lakukan. Ini juga merupakan tempat yang baik untuk membicarakan konten, produk, atau layananmu.
    Ini mungkin tampak seperti langkah kecil dalam memasarkan dirimu secara efektif pada awalnya, tetapi ini adalah salah satu langkah paling penting dalam proses yang berkelanjutan ini. Contoh utama dari hal ini adalah pengusaha Marcus Lemonis, ketika pengunjung mengunjungi situs webnya, pengunjung dapat dengan mudah menemukan biografinya dan dengan mudah mengakses, membaca, dan mempelajari tentang dia dan apa yang dia lakukan.

 

Buat konten yang berwawasan dan menarik

Gunakan situs web dan halaman media sosialmu sebagai cara untuk mengomunikasikan pemikiran dan wawasanmu dengan audiensmu. Pastikan apa pun yang kamu pilih untuk dibagikan atau dibuat berwawasan luas dan menarik. Selalu berusaha untuk menciptakan informasi yang berharga dan bermanfaat yang layak dibagikan, informasi yang benar-benar ingin dibaca dan digunakan orang. Membuat konten yang berwawasan luas dan menarik adalah keharusan mutlak untuk memasarkan dirimu. Melakukan hal ini akan sangat membantu dalam mendapatkan rasa hormat dan kekaguman dari audiens targetmu. Contoh hebat dari seseorang yang membuat konten menarik untuk situs web mereka adalah Gary Vaynerchuk, presiden VaynerX. Pengunjung situsnya dapat dengan mudah menemukan dan mengakses blog yang dibuatnya. Di bagian blog di situs webnya, ia memiliki beragam konten, banyak artikel blog, video, podcast, dll. Semuanya membuat audiensnya tertarik dan terlibat.

 

Jaringan dengan orang lain di industrimu

Jaringan dengan orang lain dalam industrimu merupakan langkah penting dalam memasarkan dirimu secara efektif. Ini menciptakan peluang untuk membangun reputasi kamu dan membangun hubungan dengan orang-orang di industrimu. Bentuk jaringan yang paling umum adalah menghadiri konferensi bisnis dan ceramah. Ini biasanya merupakan cara yang bagus untuk bertatap muka dengan orang-orang yang bekerja di industri serupa dan/atau mencari jenis konten dan wawasan yang kamu berikan. Berinteraksi dengan orang-orang melalui situs media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram adalah cara hebat lainnya untuk membangun jaringan dari kenyamanan rumahmu sendiri. Kontak online atau tatap muka dengan orang lain di industrimu adalah penting. Sebagian besar bidang minat memiliki komunitas orang. Dengan menghadiri konferensi dan berinteraksi dengan komunitas itu secara online, kamu juga menjadi bagian dari komunitas itu. Setelah hubungan terjalin dengan individu-individu tertentu, jangan takut untuk bertanya kepada mereka tentang kemungkinan kerjasama karena hal ini dapat sangat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti blogging tamu, menulis konten untuk situs orang lain, bisa sangat membantu pemasaran dirimu secara efektif.

 

Jadilah aktif

Setelah kamu menumbuhkan dan memupuk audiensmu, bagian penting dari mempertahankannya adalah menjadi aktif dan konsisten. Memposting konten di situs web dan halaman media sosialmu adalah cara yang bagus untuk mengingat nama kamu di benak audiensmu, dan ini adalah cara yang bagus untuk menarik orang baru ke merekmu. Berinteraksi dengan orang-orang yang membicarakan merek atau bisnismu juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan konten yang bagus untuk diri kamu sendiri. Cobalah untuk menghindari keheningan internet yang lama, hal terakhir yang diinginkan perusahaan adalah agar audiens mereka tidak mendengar apa pun dari mereka untuk sementara waktu dan akhirnya melupakan mereka. Dengan membuat jadwal, kamu dapat mempermudah dirimu sendiri untuk membuat dan memposting konten pada tanggal dan waktu tertentu.

 

Buat jadwal

Langkah terakhir untuk memasarkan diri sendiri adalah mengumpulkan semua informasi di atas dan membuat strategi dan rencana untuk diri sendiri. Tentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk situasi spesifik kamu dan buat rencana untuk mencapai tujuanmu. Cari tahu apa dan seberapa sering kamu berencana membuat dan memposting konten untuk situsmu. Kami menyarankan kamu untuk membuat jadwal agar kamu bertanggung jawab. Secara umum, sangat membantu untuk menuliskan semua yang kamu rencanakan untuk dilakukan dan memberi dirimu tenggat waktu dan pos pemeriksaan untuk berusaha tetap fokus dan tepat waktu dengan semua tugas.

 

Pada akhirnya, kamu adalah satu-satunya orang yang benar-benar tahu cara terbaik untuk memasarkan dirimu. Kami berharap panduan langkah demi langkah ini akan membantumu memperkenalkan namamu dan menciptakan lebih banyak peluang untuk memasarkan dirimu sendiri. Semoga berhasil!