free page hit counter

7 Cara Paling Efektif untuk Memasarkan Diri Kamu dengan Sukses

Artikel diperbarui pada 28 Desember 2021.

Jika kamu menjalankan bisnis untuk diri sendiri atau sedang mencari pekerjaan, gagasan untuk memasarkan diri sendiri mungkin tidak terdengar seperti sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Tapi itu adalah keterampilan yang harus dikuasai semua orang. Memahami dasar-dasar akan mempersiapkan kamu untuk memposisikan dirimu sebagai seorang ahli.

7 Strategi yang terbukti untuk memasarkan diri kamu dengan sukses dan efektif:

1. Identifikasi niche kamu

Apa saja minat kamu? Bakatmu? gairahmu? Pikirkan tentang cara kamu menyatukan elemen-elemen ini dan jelajahi kemungkinan bagaimana kamu dapat melibatkan mereka dalam inovasi dan pemecahan masalah. Fokus pada hal-hal tidak biasa yang kamu tawarkan.

2. Carilah pengakuan atas keahlian kamu

Tunjukkan apa yang kamu ketahui dengan membangun basis pengetahuan. Tumbuhkan reputasi kamu dan promosikan opinimu yang terinformasi. Ciri khas dari keahlian adalah mencari tahu apa informasi dan relevan. Kembangkan hubungan dengan para pemimpin pemikiran dan perwakilan media di bidang kamu dan komunitasmu.

3. Bagikan kebijaksanaan kamu

Tulis secara produktif tentang apa yang kamu ketahui untuk membuat namamu di depan orang-orang sebagai seorang ahli. Kontribusikan artikel dan posting blog kapan pun kamu memiliki kesempatan. Pastikan itu informatif, ditulis dengan baik, tepat waktu, dan berharga bagi pembaca.

4. Bangun komunitas

Buat jaringan orang-orang yang berpikiran sama di bidang kamu dan berusahalah untuk terhubung secara mendalam dan benar-benar mengenal satu sama lain. Keahlian asli selalu tertarik pada ahli lain, dan di perusahaan mereka kamu dapat membuka seluruh dunia kemungkinan baru.

5. Jadilah orang yang berguna bagi orang lain

Jadilah penasihat tepercaya dan lakukan apa yang kamu bisa untuk membantu sebanyak mungkin orang. Bagaimana kamu dapat menggunakan apa yang kamu lakukan untuk melayani? Mungkin kamu bisa menawarkan bakatmu ke lembaga nonprofit lokal atau menyiapkan kesempatan magang atau mentoring untuk membantu seseorang memulai.

6. Jadilah cerdas secara sosial

Habiskan waktu di alat media sosial seperti Twitter, LinkedIn, Facebook, Instagram, dan grup elektronik di industri kamu.

Bagikan beberapa keahlianmu secara gratis dan kamu dapat mulai membangun basis penggemar yang kamu percayai dan meminta saran ahli darimu.

7. Ingat siapa kamu – adalah pesan untuk dunia

Setiap kata yang kamu ucapkan, semua yang kamu komunikasikan dan lakukan adalah pesan kepada dunia. Sama seperti organisasi yang baik melindungi mereknya, kamu melindungi reputasimu dengan berhati-hati tentang kata-kata yang kamu ucapkan dan tindakan yang kamu ambil.

Orang yang tahu cara terbaik untuk menjual diri sendiri adalah kamu. Mulai sekarang untuk membedakan diri kamu sebagai pemimpin dan warga yang murah hati dari komunitas profesionalmu, dan kamu dapat melangkah lebih jauh dari yang kamu impikan.