free page hit counter

3 Tips Saat Memilih Lokasi Bisnis

Artikel diperbarui pada 27 Desember 2021.

Mari sambut tahun baru dengan semangat baru! Salah satunya dapat dilakukan dengan mewujudkan keinginan untuk memiliki usaha. Selain mempersiapkan mental dan modal, kamu juga perlu persiapan sebelum akhirnya bisa menjalankan bisnis impianmu. Satu hal yang sering diremehkan namun memegang peranan penting adalah proses pencarian dan penentuan lokasi usaha.

Ketika semua persiapan seperti ide bisnis, rencana anggaran dan semua persiapan operasional telah dilakukan, memilih lokasi bisnis bisa menjadi langkah selanjutnya. Selain mencari lokasi yang strategis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencari dan memilih lokasi yang tepat untuk bisnis yang akan kamu jalankan. Mau tahu ulasan lengkapnya? Simak terus artikel ini, ya!

Tips Memilih Lokasi Usaha yang Tepat

Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum mencari lokasi bisnis adalah mengetahui jenis bisnis apa yang ingin kamu kembangkan. Artinya, kamu harus mempertimbangkan model bisnis dengan kebutuhan lokasi yang kamu cari. Jika kamu lebih tertarik menjalankan bisnis online, carilah lokasi yang tidak terlalu strategis namun mudah dijangkau untuk kebutuhan pengiriman.

Di sisi lain, jika kamu ingin mengembangkan bisnis offline, kamu perlu mencari lokasi yang memiliki kriteria yang sesuai untuk mengembangkan bisnis offlinemu. Apa saja kriterianya? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Lokasi Strategis

Hal pertama dan terpenting ketika memilih lokasi bisnis adalah lokasi yang strategis. Strategis bukan hanya berarti lokasi bisnismu mudah dijangkau pengunjung, tetapi juga berpotensi menjangkau target pasarmu. Pencarian lokasi bisnis yang strategis bisa dimulai dengan melakukan riset pasar dan survey, dengan mencari tahu lokasi bisnis kompetitor yang memiliki niche yang sama dengan perusahaanmu.

Setelah itu, temukan cara kamu sendiri untuk masuk dan berpartisipasi dalam lingkungan bisnis. Selain lokasi yang mudah dijangkau dan ramai, sebaiknya cari juga lokasi dengan fasilitas lengkap seperti tempat parkir yang luas dan akses ke pusat transportasi umum seperti halte atau stasiun.

2. Sesuai dengan Budget

Memiliki lokasi bisnis yang strategis percuma jika tidak sesuai dengan budgetmu. Jadi kamu harus memperhitungkan biaya yang ingin kamu alokasikan untuk lokasi dan lokasi. Anggaran yang dialokasikan dapat disesuaikan dengan status lokasi yang kamu miliki. Jika kamu berencana untuk menyewa lokasi usaha, maka tentunya kamu tidak hanya harus menyusun harga sewa, tetapi juga sejumlah biaya lain seperti biaya perawatan, pajak dan biaya tambahan lainnya.

Hal yang sama berlaku jika kamu membeli toko di lokasi tersebut. Kamu juga perlu mempertimbangkan biaya pajak, izin, dan biaya tambahan lainnya seperti kebutuhan internet, perangkat operasional, aplikasi mesin kasir, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga harus menghitung biaya tambahan yang terkait dengan kegiatan operasional, seperti biaya perjalanan dan pengiriman ke lokasi tersebut. Jika kamu memiliki beberapa kandidat tempat, coba hitung dan bandingkan biaya ini hingga kamu menemukan yang sesuai dengan rencana anggaranmu.

3. Sesuai dengan Branding

Selain hal di atas, kamu tidak boleh melewatkan langkah ini. Penting untuk menyelaraskan lokasi dengan branding perusahaan, karena dapat memengaruhi keseluruhan alur bisnis yang kamu jalankan di lokasi tersebut.

Jika kamu ingin menjual produk dengan target pasar menengah ke bawah, maka lokasi yang kamu cari juga harus menemukan lokasi yang cocok dan sering dikunjungi oleh target audiens. Di sisi lain, jika kamu ingin menyasar kalangan menengah ke atas, lokasi usaha yang kamu pilih juga harus sesuai dengan golongan tersebut.

Menemukan lokasi target yang tepat tentu tidak semudah yang dibayangkan. Oleh karena itu, proses riset dan survei merupakan hal terpenting yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa setiap keputusan yang kamu ambil dapat membuahkan hasil dalam bisnis yang ingin kamu jalankan.