free page hit counter

10+ Cara Meningkatkan Popularitas Bisnis

Artikel diperbarui pada 25 Desember 2021.

Tips meningkatkan popularitas perusahaan menjadi topik utama bagi para pemula atau pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya. Strategi dalam bisnis ini diperlukan untuk mengembangkan bisnis, sehingga tidak terkesan monoton atau stagnan.

Cara Meningkatkan Popularitas Bisnis

Salah satu strategi bisnis yang perlu diperhatikan adalah meningkatkan brand awareness untuk meningkatkan popularitas bisnismu di mata konsumen. Berikut tipsnya:

1. Partnering

Cara pertama untuk mengembangkan popularitas adalah dengan berkolaborasi dengan merek lain. Trik ini dapat memperkenalkan bisnismu kepada calon pelanggan dari segmen pasar yang berbeda. Dengan bekerja sama, perusahaan dapat bertukar pelanggan.

Bekerja sama merupakan strategi jitu untuk mengatasi kemonotonan menjalankan bisnis. Apalagi jika perusahaan kamu sudah memiliki branding dan karakter produk yang konsisten.

2. Memanfaatkan Internet Marketing

Salah satu tips untuk meningkatkan popularitas bisnis lain adalah dengan agresif menggunakan internet marketing atau IM. Dengan cara ini kamu mengetahui apa yang pembeli rasakan dan apa yang mereka butuhkan.

Internet membuka pintu lebar-lebar bagi para pebisnis untuk lebih berinovasi. Selain membutuhkan jasa pembuatan website untuk membuat platform bisnis sendiri, kamu juga bisa memanfaatkan internet marketing melalui media sosial.

3. Referral Programs

Teknik untuk mengembangkan popularitas bisnis ini sama dengan dari mulut ke mulut. Dalam hal ini, kamu menjual jasa atau produkmu kepada kerabat, teman atau kerabat. Dengan begitu, produk yang ditawarkan semakin dikenal masyarakat.

Namun, dari mulut ke mulut biasanya tidak memberikan insentif bagi mereka yang memasarkan produk. Namun, sistem rujukan biasanya memberikan insentif ketika pengguna berhasil mengundang orang untuk menggunakan atau membeli produk.

4. Ulasan Pelanggan

Kebanyakan orang percaya bahwa penilaian atau ulasan dari pelanggan sebelumnya sama dengan rekomendasi dari orang terdekat mereka. Inilah sebabnya mengapa hal-hal seperti itu adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan kesadaran merek.

Dalam berbisnis online, bagi kamu yang sudah memiliki toko online sendiri, kamu dapat mengintegrasikan ulasan pelanggan melalui manfaat anggota atau program loyalitas.

5. Tampilkan Informasi Kontak dan Live Chat

Penting untuk mencantumkan kontak bisnismu yang dapat dihubungi. Informasi tersebut dapat berupa alamat, email, akun media sosial, dan nomor telepon. Selain itu, fitur live chat juga dapat membantu meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata pelanggan.

6. Free Content

Untuk menemukan konten yang dibutuhkan, kebanyakan orang lebih suka menjelajah di mesin pencari. Bisa jadi, di antaranya adalah calon pelangganmu. Jadi tidak ada salahnya memasukkan konten yang menarik dalam sebuah strategi pemasaran produk atau brand.

7. Podcast

Podcast bisa dibilang sebagai fenomena baru di Indonesia. Kehadirannya baru populer sejak munculnya aplikasi streaming seperti Spotify. Dibandingkan dengan jenis konten lainnya, podcast sebenarnya menawarkan banyak keunggulan.

Melalui konten audio, dapat menunjukkan keramahan suatu merek. Inilah yang membuatnya lebih dekat dengan calon pelanggan.

8. Influencer Marketing

Pemasaran influencer juga merupakan strategi pemasaran yang populer karena kehadiran Instagram. Dalam hal ini, kamu dapat bermitra dengan influencer untuk membuat mereka memasarkan produk.

Strategi pemasaran ini sangat efektif ketika kamu baru saja meluncurkan sebuah merek atau produk. Karena jangkauan influencer yang besar dan popularitas mereka, kesadaran merek suatu perusahaan dapat segera ditingkatkan.

9. Sponsorship

Sponsorship adalah cara paling umum untuk meningkatkan popularitas perusahaan. Namun, tidak semua pengusaha berani mengeluarkan modal yang sedikit untuk mensponsori suatu acara.

Bahkan, mensponsori bisnis bisa menjadi strategi paling efektif untuk meningkatkan kesadaran merek. Lebih baik lagi, jika metode tersebut diterapkan pada jenis acara, kelompok sasaran, dan momen yang tepat.

10. Infografik

Infografik adalah cara lain untuk meningkatkan kesadaran merek. Pemeriksaan lebih dekat mengungkapkan bahwa tampilan visual seperti infografik tidak hanya disukai, tetapi juga berdampak positif bagi pemiliknya.

Pasalnya, website dengan infografik bisa mendapatkan pengunjung ekstra hingga persentase 12%.

 

Ini adalah tips untuk meningkatkan popularitas bisnismu agar bisnismulebih dikenal oleh masyarakat atau calon pelanggan. Apapun bisnis yang kamu jalankan tentunya. Kami berharap artikel ini dapat membantu meningkatkan popularitas perusahaan.