free page hit counter

UMKM Harus Punya Website di Tahun 2022

Artikel diperbarui pada 24 Desember 2021.

Dengan berkembangnya era digital saat ini tentunya dapat membantu kamu dalam menjalankan bisnis seperti pemasaran, penjualan dan lain-lain.

Selain itu, pengguna internet selalu meningkat setiap tahun, itulah sebabnya banyak pebisnis beralih ke penjualan online.

Dengan transformasi digital saat ini, sebagai UMKM mau tidak mau mereka juga perlu berkembang, termasuk membuat website belanja online.

Ada yang beranggapan bahwa UMKM tidak membutuhkan website karena merupakan usaha kecil atau menengah. Padahal website sangat dibutuhkan untuk UMKM.

Kenapa UMKM Harus Punya Website di Tahun 2022

Ada 7 alasan utama mengapa usaha kecil menengah atau UMKM juga membutuhkan website untuk penjualan online yang akan saya ceritakan secara detail, antara lain:

1. Membuat Toko Kamu Lebih Professional

Dengan membuat toko online, kamu dapat membuat bisnismu terlihat profesional di mata pelangganmu. Nah, dari situ, calon pelangganmu percaya dan percaya dengan bisnismu.

Jika bisnismu tidak menggunakan situs web, konsumen kamu biasanya dapat ragu-ragu dan, sebagai akibatnya, mereka menunda pembelian produkmu.

Oleh karena itu, website penjualan online sangat penting untuk keberlangsungan bisnis UMKM kamu.

2. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Selain terlihat profesional, bahkan dapat menambah kredibilitas bisnismu. Karena calon konsumen lebih percaya dengan kredibilitas toko dengan website jualan.

Misalnya, kebanyakan orang berpikir bahwa memiliki situs web menunjukkan bahwa toko mereka memiliki layanan dan produk yang terjamin.

3. Terhubung Dengan Pelanggan Secara Langsung

Jika usaha kecil atau menengah kamu membuat website untuk toko online, pasti akan memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan tokomu.

Seperti customer service, yang dapat membantu menjawab pertanyaan dari pelanggan kamu mengenai produk atau lainnya.

Oleh karena itu, memiliki website penjualan online memudahkan pelanggan kamu untuk mendapatkan pelayanan.

4. Mengumpulkan Data Pelanggan Kamu

Salah satu cara menggunakan situs web untuk menjual adalah dengan mengumpulkan data dari calon pelangganmu. Biasanya informasi yang kamu dapatkan adalah nama, nomor telepon, email dan lain-lain.

Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk tetap berhubungan dengan mereka, misalnya dengan memberikan informasi mengenai promosi produk melalui buletin.

Basis data calon pelanggan merupakan target pasar yang potensial sehingga dapat ditindak lanjuti nantinya.

5. Menghemat Biaya Iklan

Ternyata dengan menjual website secara online, kamu bisa menghemat biaya pemasaran.

Jika biasanya ada UMKM yang memasarkan produknya dengan cara penyebaran brosur, maka tidak perlu sekarang karena kamu hanya perlu mempromosikannya melalui website tokomu.

Selain itu, kamu dapat menghubungkannya ke IG Shopping sebagai katalog barang dengan menambahkan URL web penjualanmu.

6. Memudahkan Pelanggan Untuk Mencari Produk

Terakhir, karena sebagian besar situs web toko online memiliki katalog produk, kamu dapat melihat detail informasi produk dan foto produk nanti.

Hal ini memudahkan pelanggan kamu untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Mereka tinggal mengunjungi website penjualan kamu, memesan barang dan tinggal menunggu barang diterima.

Dari situ kamu tahu bahwa bukan hanya perusahaan besar yang membutuhkan website untuk berjualan, tetapi juga perusahaan kecil menengah atau UMKM yang membutuhkan website.