free page hit counter

9+ Cara Buka Usaha Kecil-kecilan di Rumah

Artikel diperbarui pada 21 Desember 2021.

Menjalankan bisnis rumahan dimungkinkan hari ini berkat bantuan teknologi internet. Kamu hanya perlu tahu cara membuka usaha kecil-kecilan di rumah beserta ide bisnisnya.

Membuka usaha rumahan kecil-kecilan di bawah ini bisa dimulai dari nol. Berikut cara membuka usaha dari rumah dan jenis pilihan usaha untuk kamu.

9+ Cara Buka Usaha Kecil-kecilan di Rumah

Pengusaha yang membuka usaha kecil-kecilan di rumah menawarkan keuntungan mulai dari modal kecil hingga memberikan kamu lebih banyak waktu untuk keluarga.

Beberapa cara membuka usaha kecil-kecilan dari rumah mudah untuk diikuti. Berikut adalah tips untuk melakukannya.

1. Memikirkan ide usaha

Memikirkan bisnis yang ingin dijalankan itu mudah dan sulit. Pasti ada banyak ide yang melintas di kepala kamu, tetapi itu hanya membingungkan kamu.

Pertama, pilih ide bisnis dengan modal kecil. Contohnya adalah bisnis kuliner yang memiliki pelanggan potensial yang besar karena setiap orang harus makan. Kamu tinggal mengembangkan bisnis kuliner seperti apa yang akan kamu jalankan.

2. Riset

Cara membuka usaha kecil-kecilan selanjutnya adalah dengan melakukan riset yang mendalam. Penelitian ini akan membantu kamu merencanakan bisnis masa depan kamu.

Riset dimulai dengan persiapan membuka usaha. Pertama-tama, kamu perlu mengetahui target pasarmu. Usaha kecil biasanya dimulai dengan cakupan pasar sasaran kecil terlebih dahulu.

Kedua, jenis bisnis apa yang ingin kamu jalankan, apakah kamu ingin menjalankan toko batu bata atau toko online. Ini memiliki konsekuensi untuk operasi bisnis.

Ketiga, kamu juga perlu mencari tahu siapa pesaing terdekatmu. Kehadiran kompetitor bisa membuat kamu semakin bersemangat untuk memunculkan ide-ide menarik untuk menarik pelanggan.

3. Mempersiapkan modal

Jika membuka usaha yang kamu lakukan membutuhkan modal, kamu perlu mempersiapkan modal tersebut. Hanya kamu yang tahu berapa modal usaha yang dibutuhkan.

Modal awal tidak harus besar. Kamu tentu bisa mempersiapkannya dari tabungan yang kamu miliki.

Modal itu penting karena dengan modal kamu bisa memenuhi segala kebutuhan bisnis. Jumlahnya juga harus ditetapkan karena akan mempengaruhi perhitungan bisnis di masa depan.

4. Menganggarkan modal

Cara membuka usaha kecil-kecilan di rumah yang perlu dilakukan adalah menganggarkan modal. Hal ini untuk mengetahui secara pasti berapa modal yang kamu butuhkan. Benar-benar perlu diperhatikan secara detail.

Walaupun nantinya akan ada perubahan harga seiring dengan perubahan harga kebutuhan bisnis, namun cara ini akan memudahkan kamu untuk menyiapkan modal yang cukup.

Kelebihan modal tidak menjadi masalah, karena sisa modal bisa ditabung untuk dana darurat usaha. Di sisi lain, jika kamu tidak memiliki modal, akan sulit bagi kamu untuk mempersiapkan segala kebutuhan usaha kecil kamu.

Selain itu, modal dalam jumlah tertentu juga memudahkan kamu untuk menentukan harga produk yang kamu jual. Selain itu, kamu ingin mengejar keuntungan, sehingga penetapan harga tidak bisa dilakukan dengan tebak-tebakan.

5. Mencari pemasok bahan baku

Modal bagi perusahaan biasanya akan banyak dikeluarkan untuk menyediakan bahan baku. Jika kamu sudah mengetahui bahan baku apa saja yang dibutuhkan, sebaiknya kamu mencari pemasok.

Carilah supplier yang menyediakan bahan baku berkualitas dan terjangkau. Bangun hubungan yang baik dengannya karena itu akan menjadi jalan yang mulus jika kamu dapat bekerja dengannya untuk waktu yang lama.

Kamu bisa mencari supplier yang dekat dengan lokasi kamu untuk memudahkan proses pengiriman. Namun, jika pemasok bahan baku terbaik berada di lokasi terpencil, itu juga tidak masalah. Jangan lupa sertakan ongkos kirim.

6. Menawarkan produk ke orang terdekat dulu

Cara membuka usaha kecil-kecilan dari rumah bisa dimulai dengan langkah sederhana. Kamu mungkin bingung mau menjualnya kemana. Coba saja tawarkan produk tersebut kepada orang-orang terdekat kamu.

Misalnya, jika kamu membuka layanan antar anak sekolah yang orang tuanya harus bekerja, kamu dapat menawarkan layanan tersebut ke tetangga terdekat. Kamu juga dibayar setiap kali kamu melakukan pengiriman.

Ketika produk atau jasa yang kamu tawarkan bagus, konsumen tersebut secara tidak sengaja akan mempromosikannya kepada orang-orang terdekatnya.

7. Mengandalkan media sosial untuk promosi

Untuk mendapatkan peluang usaha kecil dengan target pasar yang luas, kamu bisa melakukan promosi digital melalui media sosial.

Bentuk promosi ini bisa diandalkan, bahkan perusahaan besar pun rela mengiklankan produknya melalui media sosial. Pasalnya, pengguna media sosial Indonesia banyak, peluang kamu mendapatkan klien baru juga tinggi.

Menentukan anggaran promosi berdasarkan modal awal. Tidak masalah dari kecil dulu.

8. Mengatur pemasukan dengan baik

Sebagai pemilik usaha kecil, kamu harus memiliki kemampuan mengelola keuangan dengan baik. Kamu harus senang mendapatkan penghasilan, tetapi jangan memasukkan semuanya ke dalam uang pribadi.

Kamu harus menggulung uang itu untuk dijual kembali sehingga kamu mendapatkan penghasilan tetap.

Banyak bisnis gagal karena mereka mencampur uang pribadi dan uang bisnis. Jangan biarkan diri kamu gagal karena alasan ini.

9. Evaluasi rutin

Untuk menguasai pasar, kamu perlu melakukan evaluasi secara berkala. Lihat saja laporan keuangan yang kamu miliki. Meskipun merupakan perusahaan kecil, namun tetap membutuhkan pelaporan keuangan yang baik.

Dari situ, kamu tahu bisnismu sedang naik atau turun. Kamu juga akan mudah untuk merencanakan cara membuka usaha kecil-kecilan di rumah di masa mendatang.