free page hit counter

5+ Profesi Yang Banyak Dicari Tahun 2022

Artikel diperbarui pada 20 Desember 2021.

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Revolusi Industri 4.0 bukan? Memasuki Era Industri 4.0, pemerintah meluncurkan kartu Making Indonesia 4.0 pada 4 April 2018. Artinya, banyak tren pekerjaan ke depan akan berubah untuk menyambut Revolusi Industri 4.0. Tren ini juga berimbas pada pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2022 lho. Apa pun itu, mari kita bahas lebih lanjut di artikel ini.

Jadi tahukah kamu apa itu era digital sebelum itu? Seperti namanya, era digital merupakan era dimana kehidupan manusia sangat bergantung pada teknologi. Kebangkitan era digital ini sudah dimulai sejak lama lho, awalnya teknologi digital ditandai dengan maraknya internet yang memudahkan kehidupan masyarakat.

Kamu semakin merasakan kenyamanan ini setiap hari. Misalnya, jika Anda lapar atau ingin mengirim barang ke temanmu, tetapi kamu malas untuk bergerak (mager), kamu dapat menggunakan jasa pengiriman untuk mengirim barang ke temanmu. Ilustrasi ini saja telah menyebabkan perubahan besar dalam tren ketenagakerjaan di masa depan, bukan? Dengan sentuhan teknologi, profesi tukang ojek menjadi kelas dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Menurut kamu, apakah tren ini akan memengaruhi pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2022? Kita lihat. Namun selain perkembangannya, banyak pakar memprediksi bahwa era digital atau revolusi industri 4.0 akan membawa manfaat sekaligus ancaman bagi manusia di masa depan.

Penggunaan teknologi otomasi dan teknologi sibernetika di sektor industri memprediksi beberapa profesi tidak lagi dibutuhkan di masa depan. Di masa depan, pabrik akan lebih bergantung pada teknologi otomatis dan tenaga manusia akan digantikan oleh mesin atau robot. Maka mulai sekarang kamu perlu mempersiapkan diri agar keterampilan kamu sejalan dengan tren pekerjaan masa depan.

Tren Pekerjaan Yang Banyak Dicari Tahun 2022

Jangan panik, masih banyak cara dan kemungkinan untuk mempersiapkannya. Nah, kali ini Mipi ingin membahas tentang profesi yang paling menjanjikan di masa depan dan apa yang harus kamu lakukan untuk menghadapinya. Kamu membaca artikel ini dengan seksama ya.

Web Developer

Profesi ini akan sangat populer di banyak perusahaan. Web developer atau pengembang web adalah sebuah profesi yang tugasnya membuat dan memelihara website. Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia bisnis juga mengalami perubahan besar di bidang digital selain perkembangannya.

Perusahaan mengandalkan Internet sebagai sarana untuk memperluas pasar mereka dan mempromosikannya secara lebih efektif. Website ibarat jendela kantor atau toko yang mencerminkan kredibilitas suatu perusahaan. Maka tidak heran jika web developer termasuk dalam kategori profesi paling menjanjikan di masa depan.

Bagi kamu yang tertarik menjadi web developer, ada spesifikasi khusus yang umumnya dikuasai oleh para webmaster, antara lain frontend web developer, backend developer, dan full stack developer. Pengembang web front-end bertanggung jawab untuk merancang dan membangun antarmuka (interface) halaman web atau aplikasi dan bertanggung jawab untuk membangun antarmuka pengguna.

Nah, jika backend developer bertanggung jawab untuk mengelola bagian dalam halaman web seperti aplikasi, server dan database. Sedangkan full stack developer bertugas membuat bagian luar dan dalam halaman web. Pengembang full-stack juga bertanggung jawab atas semua pengalaman pengguna halaman web dan aplikasi, mulai dari tampilan halaman web dan aplikasi hingga waktu pemuatan halaman web.

Cyber Security

Kejahatan yang terjadi di dunia waktu (cyber crime) menjadikan profesi cybersecurity salah satu profesi yang paling menjanjikan di masa depan. Profesi ini diperlukan bagi perusahaan untuk menjaga keamanan informasi. Selain itu, profesional keamanan siber juga bertugas menjaga keamanan jaringan dan merencanakan pemulihan bencana untuk operasi bisnis.

Inilah mengapa profesi keamanan siber dianggap sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Mengingat rumitnya pekerjaannya, tidak mengherankan jika seorang praktisi keamanan siber dibayar cukup banyak oleh perusahaan. Profesi ini diharapkan menjadi salah satu tren pekerjaan yang paling dicari di tahun 2022.

Content Creator

Siapa yang tidak mengenal profesi yang satu ini. Tentunya bagi kamu yang sering bermain media sosial (medsos), Kamu sudah paham betapa menjanjikannya profesi content creator. Saat ini, konten dianggap sebagai salah satu kunci untuk mendatangkan konsumen potensial bagi bisnis.

Konten yang menarik dan membuat penonton penasaran bisa menjadi senjata ampuh dalam strategi branding sebuah perusahaan. Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang content creator, kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi. Karena kamu bertanggung jawab untuk memproduksi konten yang menarik, meneliti konten pesaing dan membuat strategi branding yang sesuai dengan citra perusahaan tempat kamu bekerja.

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang content creator, kamu perlu mengasah kemampuan dalam produksi konten seperti menulis, fotografi, videografi, dan berbagai media visual lainnya.

Social Media Specialist

Meningkatnya penggunaan media sosial membuat profesi ini menjadi tren pekerjaan masa depan. Di zaman ini, para pebisnis suka menggunakan akun media sosial sebagai alat untuk mempromosikan barang atau jasa mereka.

Karena membutuhkan waktu dan spesialisasi, banyak perusahaan bersedia membayar untuk spesialis media sosial, yang bertanggung jawab untuk mengelola konten media sosial perusahaan. Seorang spesialis media sosial juga harus tahu bagaimana menganalisis konten pesaing, menentukan strategi kampanye media sosial, dan menganalisis audiens target.

Ketika kamu menjadi social media specialist, kamu juga berperan dalam menjaga kepercayaan publik terhadap perusahaan. Oleh karena itu, para ahli media sosial selalu menanggapi pertanyaan dan keluhan dari masyarakat untuk mendapatkan engagement terbaik. Semakin tinggi keterlibatan, semakin baik reputasi perusahaan.

SEO Specialist

Perubahan perilaku konsumen mendorong para pelaku bisnis untuk bersaing memenangkan persaingan di dunia digital. Saat ini, konsumen cenderung meneliti suatu produk sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan demikian, produk yang mudah ditemukan dalam pencarian online memiliki peluang lebih tinggi untuk didekati oleh calon konsumen.

Itulah mengapa spesialis di bidang Search Engine Optimization (SEO) sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini. Profesi spesialis SEO juga diharapkan menjadi tren pekerjaan yang dicari di tahun 2022.

Jika kamu ingin menjadi spesialis SEO, kamu harus berurusan dengan teknik untuk mengoptimalkan halaman web. Kamu harus mengamati setiap perubahan dalam algoritme mesin pencari sehingga konten perusahaan kamu dapat muncul di halaman teratas atau pertama.

Konten atau halaman web yang berada di halaman pertama pencarian internet memiliki potensi yang lebih besar untuk mendatangkan calon konsumen yang akan berdampak pada penjualan produk. Maka tidak heran jika spesialis SEO adalah salah satu tren pekerjaan yang paling banyak dicari di masa depan.

 

Apa yang Harus Kamu Lakukan untuk Menghadapi 4.0?

Nah itulah beberapa tren pekerjaan masa depan yang bisa kamu jadikan referensi. Semakin banyak keterampilan yang kamu kuasai, tergantung pada bidang yang kamu sukai, semakin besar peluang untuk mendapatkan pekerjaan terbaik. Berikut ini adalah keterampilan penting yang harus dimiliki di era 4.0, antara lain:

Critical Thinking

Keterampilan berpikir kritis sangat penting bagi kamu di era digital di mana arus informasi begitu cepat. Keterampilan berpikir kritis memungkinkan kamu membedakan informasi mana yang benar atau salah, fiksi dan nonfiksi, fakta atau opini.

Berpikir kritis dapat membantu kamu menghindari informasi atau hoax yang salah dan menyesatkan. Selain itu, keterampilan berpikir kritis memungkinkan kamu untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan yang tepat tentang masalah yang kamu hadapi.

Communication

Kamu perlu mengasah kemampuan komunikasi Anda agar lebih mudah mengungkapkan pikiran, pengetahuan, dan informasi Anda kepada orang lain. Keterampilan komunikasi yang baik juga akan memberikan peluang kerja di masa depan.

Keterampilan komunikasi yang efektif adalah salah satu alat yang akan membantu kamu membangun hubungan dengan banyak perusahaan dan organisasi, dan membuat kamu dikenal luas di industri yang nantinya akan kamu masuki.

Creativity

Kreativitas adalah salah satu keterampilan yang tidak bisa ditawar ketika berhadapan dengan pekerjaan di masa depan. Kreativitas memungkinkan kamu untuk menciptakan ide dan inovasi yang dibutuhkan banyak orang.

Dengan berpikir kreatif kamu juga terbiasa melihat suatu masalah dari perspektif yang berbeda sehingga kamu dapat menawarkan solusi yang tepat untuk masalah tersebut dengan cara yang out-of-the-box.

Collaboration

Di era new normal saat ini, kita sama-sama merasakan bagaimana kerjasama menjadi salah satu syarat untuk bertahan hidup. Kolaborasi adalah keterampilan yang harus kamu kuasai untuk dapat menangani pekerjaan di masa depan.

Mengasah keterampilan kolaborasi akan membuat kamu menjadi orang yang dapat dengan mudah berkolaborasi dengan organisasi yang berbeda, atau tim kamu sendiri atau tim dari divisi lain ketika kamu bekerja nanti. Keterampilan kolaboratif ini juga akan membiasakan kamu untuk beradaptasi dengan peran dan tanggung jawab yang berbeda, dan kemudian menghargai perbedaan yang ada dalam tim kerja kamu.

 

Itulah beberapa profesi yang menjanjikan di masa depan, beserta skill apa saja yang perlu kamu asah untuk menghadapi era digital. Bagaimana? Sudahkah kamu memilih profesi yang sesuai dengan keahlian kamu?