free page hit counter

Cara Membuka File ENC di Laptop (PC) Tanpa Software

Artikel diperbarui pada 9 November 2021.

Cara Membuka File ENC di Laptop/PC – File merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah komputer, file merupakan identitas dari data yang tersimpan dalam sebuah sistem komputer yang dapat diakses dan dikelola oleh pengguna komputer.

Ada berbagai jenis file di komputer dengan fungsi dan ekstensi yang berbeda, ekstensi file yang biasa kita temukan adalah .doc, .jpg, .mp4 yang dapat dibuka dengan perangkat lunak standar komputer.

Namun ada juga file yang cukup sulit untuk dibuka secara langsung karena diamankan seperti file ENC, file ENC adalah singkatan dari Encryption dalam bahasa Indonesia yang artinya file tersebut tidak bisa dibuka sembarangan karena mengandung data yang aman.

Apa Itu File ENC?

File ENC atau file terenkripsi adalah file yang telah dienkripsi atau diberi kata sandi khusus untuk melindungi data, gambar, dan file sensitif dari penggunaan dan akses yang tidak sah. File ENC hanya dapat dibuka dengan perangkat lunak yang memberikan perlindungan sebelumnya.

File ENC dapat kita temukan di file Whatsapp jika dilihat menggunakan file explorer. File tersebut dilindungi karena berisi data yang tidak dapat dilihat oleh siapapun, baik offline maupun online.

Lalu bagaimana cara membuka file ENC di laptop (PC) tanpa software? Berikut ini adalah salah satu cara yang bisa Kamu gunakan untuk membuka file ENC di laptop Kamu dengan mudah.

Cara Membuka File ENC Tanpa Software

Ada beberapa cara untuk membuka file enc secara online atau offline. File enc merupakan file yang cukup sensitif jika tidak dibuka dengan hati-hati maka ada kemungkinan file ini akan corrupt dan isi dari file tersebut tidak dapat terbaca sama sekali.

Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan, cara paling aman untuk membuka file ENC adalah dengan menggunakan laptop atau komputer. Buat cadangan file ENC yang ingin Kamu buka di tempat yang aman sehingga dapat dipulihkan jika terjadi kesalahan.

Cara Membuka File ENC di Laptop (PC) Windows 10

Bagi Kamu pengguna Laptop windows 10, Kamu bisa bisa membuka file ENC melalui menu windows explorer dan menggunakan software default dari windows, Berikut adalah cara membuka file ENC dengan mudah.

  1. Buka folder tempat file ENC Kamu disimpan
  2. Klik kanan pada file ENC yang ingin Kamu buka
  3. Pilih opsi Kirim ke lalu pilih folder Terkompresi (zip)
  4. Setelah itu, file ENC akan berubah menjadi ekstensi .ZIP
  5. Buka file ZIP dengan cara klik 2x, maka akan muncul isi file tersebut
  6. Untuk menghapus isi file, klik pilih ekstrak semua di kiri atas
  7. Kemudian pilih lokasi folder tujuan lalu klik ekstrak
  8. Isi file ENC akan ditampilkan di folder yang Kamu pilih

Berikut cara membuka file ENC dengan laptop agar proses berjalan lancar, pastikan komputer atau laptop anda dalam keadaan baik, pastikan juga kabel data yang anda gunakan terhubung sempurna dengan laptop jika anda menggunakan dari android telepon.

Cara Membuka File ENC Online

Kamu tidak hanya dapat menggunakan menu standar Windows, tetapi Kamu juga dapat membuka file ENC secara online. Cara membuka file ENC online sangat mudah, berikut tutorialnya :

  1. Tolong jangan gunakan browser Kamu, disarankan untuk menggunakan google chrome
  2. Kemudian kunjungi situs extract.me
  3. Kemudian klik “Pilih File”
  4. Kemudian temukan dan pilih file enc yang ingin Kamu buka dari komputer atau ponsel cerdas Kamu
  5. Tunggu hingga proses pengarsipan selesai
  6. Jika sudah, simpan file yang sudah diproses dengan cara klik “Save all as ZIP”

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat kerusakan data, sebaiknya backup dulu file ENC Kamu di tempat yang aman agar jika terjadi kesalahan file Kamu masih bisa dipulihkan.

Ini adalah cara membuka file enc online dan offline dengan laptop atau PC Windows yang dapat Kamu gunakan. Semoga tutorial di atas bermanfaat.