free page hit counter
Cara Buat Analisa SWOT untuk Usaha Mikro dan Contohnya
Berikut ini adalah cara membuat analisa SWOT untuk UMKM dan contohnya.

Cara Buat Analisa SWOT untuk Usaha Mikro dan Contohnya

Artikel diperbarui pada 8 November 2021.

Analisa SWOT digunakan untuk menganalisa apakah ide bisnis kamu memiliki potensi untuk maju atau tidak. Pada usaha mikro dan UMKM, analisa SWOT bisa menyelamatkan kerugian dalam jumlah besar. Berikut ini adalah cara buat analisa SWOT untuk UMKM dan contohnya.

Sebelum masuk ke contoh analisa SWOT, alangkah lebih baiknya untuk memahami arti dari analisa SWOT terlebih dahulu. Analisa SWOT merupakan langkah strategis manajemen dalam menentukan keputusan mengenai kebijakan yang akan diambil, usaha yang akan didirikan, maupun produk yang akan dihasilkan.

Pada analisa SWOT ini, terdapat 4 aspek yang harus di analisa, yaitu :

  1. Strength yang berarti semua kekuatan, dan keunggulan dari kebijakan dan produk yang dihasilkan.
  2. Weakness berisi mengenai mengenai kekurangan dan kecacatan dari segi industri, kebijakan dan produk yang dihasilkan.
  3. Opportunity yaitu menyangkut tentang peluang yang muncul atau alternatif pilihan atas kebijakan, dan diversifikasi produk pada industri yang didirikan.
  4. Threat yang berupa hambatan yang mungkin akan muncul dari usaha dan produk.

Sebelum melakukan analisa SWOT, kamu haruslah melakukan riset pasar mengenai produk yang akan dihasilkan, dari bahan baku hingga barang di pasaran yang dibuat oleh kompetitor.

Selain itu, kamu sebaikanya melakukan percobaan atau trial dengan prototipe produk.

Lingkup analisa SWOT bukan hanya bertumpu pada produk saja namun juga semua aspek termasuk tempat, dan kondisi lingkungan kegiatan industri utama dilaksanakan.

Pada artikel ini, goodscoop.id akan memberi 2 contoh analisa SWOT pada beberapa jenis usaha mikro.

Contoh Analisa SWOT pada Usaha Kuliner Mikro (UMKM)

Usaha kuliner merupakan usaha yang mempunyai cakupan cukup luas. Mulai dari makanan membuka, makanan utama, makanan pendamping, makanan penutup, hingga pada minuman.

Usaha kuliner juga umumnya menawarkan jenis yang bervariasi pula, dari mulai makanan tradisional hingga makanan internasional.

Dengan rentang jenis yang cukup banyak, maka akan lebih baik untuk mendirikan usaha mikro sebaiknya memfokuskan pada salah satu jenis terlebih dahulu.

Misalnya saja usaha mikro yang memfokuskan pada jenis makanan penutup atau dessert saja.

Setelah mengidentifikasi jenis usaha, maka langkah selanjutnya adalah menentukan tempat yang akan menjadi pusat produksi. Serta melakukan riset pasar terhadap produk dessert di lingkungan yang akan menjadi pusat produksinya.

Setelah semua langkah awal terlalui, maka dapat dilakukan analisa SWOT dengan contoh rincian sebagai berikut:

#1) Strength

  • Menggunakan bahan baku yang berkualitas grade A
  • Sanitasi dan higiene terjamin dengan baik
  • Kualitas rasa cenderung mengikuti selera konsumen

#2) Weakness

  • Letak pusat produksi yang tidak strategis, karena berada di pemukiman perkampungan, dan sulitnya akomodasi karena melewati gang sempit
  • Alat-alat yang digunakan masih alat-alat sederhana seperti layaknya industri mikro rumahan.

#3) Opportunity

  • Diversifikasi pada usaha dessert ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti penambahan komponen maupun penambahan variasi rasa dan bentuk yang dapat dijadikan sebagai highlight produk baru dari usaha yang akan dijalankan.
  • Apabila kompetitor sekitar dengan usaha yang sama masih jarang, maka usaha ini memiliki peluang yang cukup tinggi untuk berkembang.
  • Apabila di sekitar sudah ada kompetitor, maka produk yang di jual haruslah lebih menarik dengan bentuk dan variasi yang lebih banyak.

#4) Threat

  • Kurangnya stok bahan baku ketika permintaan konsumen meningkat.
  • Ketika harga bahan baku naik drastis.

Mencari Solusi atas Permasalahan SWOT yang Muncul

Setelah mengetahui kelebihan, kekurangan, peluang, serta ancaman yang ada pada usaha, langkah selanjutnya adalah menentukan solusi atas kelemahan usaha dan ancaman yang mungkin akan terjadi di masa mendatang.

Contoh solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kelemahan dan ancaman yang muncul yaitu:

Untuk mengatasi kelemahan (weakness):

  • Menyewa ruko dengan ukuran tidak terlalu besar untuk sementara waktu.
  • Adanya anggaran yang disediakan untuk membeli alat-alat yang lebih bagus agar nanti ketika permintaan konsumen meningkat, tidak kewalahan dalam menanganinya.

Untuk mengatasi ancaman (threat) yang mungkin akan timbul di masa depan:

  • Mencari supplier minimal 3-5 agar stok bahan baku selalu ditingkat aman.
  • Ketika harga bahan baku naik drastis, maka langkah yang harus diambil adalah dengan mengurangi ukuran tanpa mengurangi formulasi yang sudah ada dinilai akan lebih bijak, dibandingkan dengan pengurangan formulasi.

Analisa SWOT tidak hanya berlaku untuk riset pasar saja namun juga menjadi rencana jangka panjang atas kemungkinan-kemungkinan yang muncul tiba-tiba tanpa diprediksi.

Contoh Analisa SWOT pada Usaha Mikro Jasa Fotografi dan Videografi

Analisa SWOT tidak hanya berlaku pada usaha yang menghasilkan produk, namun juga pada usaha yang berupa jasa, seperti halnya jasa fotografi, dan videografi. Sama seperti dengan usaha mikro kuliner, usaha jasa fotografi, analisa SWOT dilakukan secara menyeluruh.

Berikut ini contoh analisa SWOT pada jasa fotografi dan videografi:

#1) Strength

  • Kamera dan alat-alat lain yang digunakan adalah kamera keluaran terbaru, dan kualitas terbaik.
  • Skill fotografi dan videografi yang cukup tinggi.
  • Skill editing foto bagus

#2) Weakness

  • Studio yang digunakan terlalu sempit dan monoton
  • Skill editing videografi masih standar

#3) Opportunity

  • Peluang yang muncul pada penyedia jasa ini adalah berupa bisa bekerjasama dengan wedding organizer dan event organizer sekitar untuk menjadi team dokumentasi ketika ada event dan wedding yang ditanganinya.
  • Selain bekerjasama dengan wedding organizer dan event organizer, industri ini juga bisa bekerjasama sama dengan banyak usaha lokal lain sebagai sarana periklanan.

#4) Threat

  • Salah satu komponen alat kerja rusak sewaktu-waktu
  • Kompetitor lain yang memiliki skill lebih tinggi

Mencari Solusi atas Permasalahan SWOT yang Muncul

Setelah melakukan analisa SWOT, maka haruslah dilakukan preview, perbaikan dan mencari solusi untuk mengatasi kelemahan dan ancaman yang akan timbul.

Berikut ini cara mengatasi kelemahan dan ancaman yang akan timbul :

Untuk mengatasi kelemahan (weakness):

  • Menyewa tempat yang lebih besar untuk digunakan sebagai studio.
  • Banyak belajar dalam mengedit video agar skill editing bertambah baik.

Untuk mengatasi ancaman (threat) yang mungkin akan muncul:

  • Memiliki cadangan ataupun budget terpisah khusus untuk membeli alat baru ketika terdapat alat yang rusak sehingga aktivitas kerja tidak terganggu
  • Mengasah skill terus menerus, bahkan jika perlu, mengikuti kursus untuk meningkatkan skill.

Analisa SWOT merupakan rancangan manajemen yang dilakukan untuk mengidentifikasi mengenai usaha yang akan didirikan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Kesimpulan

Membuat Analisa SWOT berfungsi untuk berbagai jenis dan tingkatan usaha, agar memudahkan pengambilan keputusan dan kebijakan, sehingga tidak terjadi shock terapi pada perusahaan apabila bertemu dalam kondisi yang darurat, karena keberadaan ancaman dari usaha yang dijalankan telah diketahui.

Selain itu juga dengan adanya analisa SWOT ini, maka akan lebih mudah untuk menutup celah kelemahan yang muncul sebelum produk ataupun kebijakan diluncurkan.

Dengan adanya analisis SWOT, diharapkan kamu bisa memperkuat kelebihan yang akan menjadi pusat daya tarik konsumen dengan adanya diversifikasi produk.

Itulah dua contoh analisa SWOT pada industri mikro penyedia produk dan jasa semoga dapat bermanfaat untuk mempermudah dalam mendirikan usaha mikro yang sejenis maupun usaha mikro lainnya.