free page hit counter
Ide Bisnis Online yang Bisa Dikembangkan

10 Ide Bisnis Online yang Bisa Kamu Kembangkan Sesuai Passion

Artikel diperbarui pada 30 September 2021.

Bingung mencari ide bisnis online yang sesuai dengan passion kamu? Perlu dorongan dan ide dasar untuk membentuk bisnis online? Apa saja yang diperlukan untuk membangun bisnis online? Artikel ini menjawab kebutuhan kamu untuk mulai jadi pengusaha digital.

Internet adalah tempat yang indah penuh dengan peluang.

Ada banyak jenis bisnis yang dapat kamu mulai, tetapi cara terbaik untuk memulai bisnis apa pun adalah dengan memunculkan berbagai ide.

Lalu, kamu harus meneliti plus dan minus ide tersebut sebelum kamu menginvestasikan waktu atau uang kamu ke dalam bisnis online.

Kenapa Harus Mulai Bisnis Online?

Keuntungan memulai bisnis online adalah kamu tidak perlu khawatir dengan biaya modal. Umumnya, kamu bisa memulai bisnis online dengan modal rendah.

Kamu dapat memulai situs web dengan investasi yang sangat rendah dan kemudian seiring pertumbuhan usaha, kamu bisa meningkatkan margin profit dengan menjual produk bernilai lebih tinggi atau menawarkan lebih banyak layanan.

Jika kamu baru saja mulai bisnis online, maka hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjual sesuatu yang sudah kamu pahami.

Jika kamu memiliki passion di satu bidang tertentu, maka akan lebih mudah bagi untuk mempelajari keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjual produk atau layanan kamu secara online.

Kalau kamu belum menemukan passion kamu, silakan gunakan 10 ide dasar bisnis online yang bisa kamu mulai di bawah ini sebagai inspirasi kamu.

Berbeda dengan daftar ide bisnis online yang sudah bertebaran di luar sana, daftar di bawah ini adalah ide pemicu yang bisa kamu kembangkan sesuai dengan passion dan minat kamu.

Bisnis online bukan untuk semua orang. Beberapa orang senang dengan pekerjaan yang mereka miliki dan tidak ingin repot memulai perusahaan baru.

Mereka juga tidak perlu mempelajari semua yang perlu diketahui tentang pemasaran online.

Jika kamu benar-benar ingin memulai bisnis online, berikut adalah beberapa ide bagus yang dapat kamu coba di waktu luang kamu:

#1. Jualan e-Book – Ide Bisnis Online Paling Mudah

Ide bisnis ini sangat populer di kalangan pemula karena yang kamu butuhkan hanyalah waktu dan motivasi untuk menulis e-book atau menggunakan jasa ghostwriter.

Kemudian, kamu dapat menjual e-book tersebut di situs seperti Amazon, dan pembaca dapat membeli buku kamu dalam format Kindle atau format yang didukung oleh perangkat lain yang kompatibel dengan aplikasi Kindle.

#2. Jual Produk Fisik – Perlu Modal, Tapi Bisa Cuan Lebar

Jika kamu memiliki akses ke manufaktur murah di luar negeri, pertimbangkan untuk menjual barang-barang sederhana secara online terlebih dahulu.

Ide bisnis online yang cukup digemari adalah mengimpor beberapa jenis produk yang kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan kemudian menjualnya secara online.

#3. Jual Produk Informasi Digital – Ide Bisnis Online Modal Tipis

Jualan produk informasi digital adalah salah satu ide bisnis yang paling menguntungkan untuk pemula.

Sebabm kamu hanya perlu koneksi internet dan waktu untuk membuat kursus atau e-book yang luar biasa. Agar ide bisnis online kamu sukses, kamu bisa membuat video tutorial yang mengajarkan sesuatu yang sudah kamu kuasai.

#4. Memulai Forum atau Komunitas Online – Ide Bisnis Online Tanpa Modal

Memulai forum dan membentuk komunitas online adalah cara hebat lainnya untuk menghasilkan uang dari rumah tanpa modal, terutama jika target pasar kamu memiliki kebutuhan dan minat khusus.

Kamu dapat membuat situs web dengan forum di mana orang dapat mengajukan pertanyaan terkait topik diskusi.

Kalau kamu ingin mulai tanpa modal, kamu bisa membuat grup Facebook atau membuat akun Instagram dengan menarget orang-orang tertentu.

#5. Jual Jasa Online – Ide Bisnis dengan Manfaatkan Keahlian Kamu

Mulai jualan jasa kamu secara online dengan mendaftarkan diri di situs web seperti Fiverr.

Fiverr adalah wadah agar kamu dapat melakukan jual beli jasa seperti mendesain web, menulis konten, atau bahkan mendesain logo untuk klien di seluruh dunia.

Bagian terbaiknya adalah tidak ada biaya di muka yang terlibat dalam pekerjaan semacam ini. Oleh sebab itu, jual jasa online bisa menjadi peluang bagus bagi pemula.

#6. Jual Produk Fisik dari AliExpress – Ide Bisnis Online Impor

Menjual produk fisik dari AlieXpres adalah cara terbaik lainnya untuk memulai bisnis online tanpa harus khawatir tentang biaya modal tinggi.

Cukup cari sumber produk murah dari Alibaba atau AliExpress dan kemudian jual di situs web kamu sendiri dengan membuat konten unik di sekitar setiap produk yang kamu jual.

#7. Memulai Bisnis Drop-shipping Online – Mulai Toko Online dari Dasar

Drop-shipping adalah cara populer lainnya untuk memulai toko online tanpa harus khawatir tentang modal.

Untuk memulai drop-shipping, kamu tidak membutuhkan sejumlah uang untuk inventaris. Tetapi untuk hasil maksimal, kamu juga perlu melakukan hal-hal seperti outsourcing fotografi dan pemasaran produk.

Dalam beberapa kasus, kamu sudah disediakan foto produk oleh pemilik brand atau distributor. Jadi, pintar-pintar melihat peluang dan memilih produk yang ingin kamu drop-ship.

#8. Jual Produk Digital dari Situs Web Kamu Sendiri Melalui Afiliasi – Ide Bisnis Favorit IMERS!

Jika kamu sudah memiliki blog atau situs web, ini mungkin ide yang bagus.

Kamu bisa membuat produk digital kamu sendiri dan menjual produk tersebut di situs kamu sendiri.

Atau, kalau kamu tidak punya produk, silakan bermitra dengan perusahaan lain yang memiliki program afiliasi.

Program afiliasi berarti kamu mempromosikan produk mereka dengan imbalan komisi afiliasi untuk setiap penjualan yang dilakukan dari tautan atau iklan spanduk di situs web kamu.

#9. Jual Layanan Virtual – Ide Bisnis Online Paling Mudah

Model bisnis ini mirip dengan menjual barang fisik. Bedanya, kamu menyediakan layanan sebagai pengganti pengiriman produk fisik.

Misalnya, jika seseorang membutuhkan bantuan dengan desain web atau pembuatan logo, mereka dapat membayar kamu untuk waktu online kamu tanpa harus bertemu langsung.

Dalam beberapa hal, kamu bisa jadi asisten virtual, admin virtual, atau bahkan menyediakan layanan kantor virtual.

Ada banyak potensi yang berkaitan dengan layanan virtual kalau kamu mengeksplor lebih jauh lagi.

#10. Impor/Ekspor Barang dengan Pre-Order – Ide Bisnis Online Mancanegara

Bisnis impor ekspor online adalah cara lain yang baik untuk memulai bisnis online tanpa menghabiskan terlalu banyak uang untuk biaya awal.

Kamu dapat membeli toko eCommerce yang ada yang menjual barang fisik melalui Alibaba, kemudian menambahkan nama atau merek kamu sendiri untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik.

#11. Mulai Blog – Bonus!

Kalau kamu suka menulis, ide bisnis online yang cocok untuk kamu adalah memulai situs web atau blog kamu sendiri dan membagikan konten kamu kepada dunia.

Setelah kamu mendapatkan kunjungan blog yang cukup, kamu dapat memonetisasi blog kamu.

Caranya? Silakan bergabung dengan program afiliasi, menjual produk digital, atau bahkan menawarkan konsultasi berbayar melalui penjangkauan email.

Ini adalah salah satu ide paling populer untuk bisnis online karena yang kamu butuhkan untuk memulai adalah ide yang bagus, waktu, dan koneksi internet.

Apa yang Kamu Perlukan untuk Memulai Bisnis Online?

Ada beberapa hal yang biasanya kamu perlukan untuk memulai ide bisnis online kamu sendiri, tergantung pada jenis perusahaannya.  Beberapa hal yang kamu perlukan untuk memulai bisnis online antara lain:

  • produk atau layanan keren yang lebih baik dari kompetitor,
  • desain situs web dan paket hosting yang tepat untuk kebutuhan kamu,
  • teknik pemasaran yang efektif, dan
  • banyak waktu yang dihabiskan untuk mempelajari cara menjalankan bisnis yang sukses melalui internet.

Selain itu, akan sangat membentuk kalau kamu bisa memilih ceruk atau niche yang sudah ada permintaan untuk produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Kamu juga perlu belajar teknik pemasaran yang efektif, terutama jika kamu ingin menarik pelanggan dari luar daerah kamu.

Misalnya, kalau kamu menjual produk secara online, mungkin sekali kamu akan mencari jasa digital marketing yang berkaitan dengan SEO untuk membantu membuat situs web kamu lebih terlihat oleh orang yang mencari jenis produk yang kamu jual.

Kamu mungkin juga menggunakan iklan PPC atau spanduk di situs web lain untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.

Kesimpulan

Untuk memulai bisnis online, ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan serta beberapa pertanyaan yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri sebelum terjun langsung ke dalamnya.

Contoh pertanyaan yang harus kamu renungkan adalah:

  1. Jenis produk atau layanan yang akan kamu berikan?
  2. Berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan?
  3. Jenis perusahaan apa yang ingin saya mulai?
  4. Siapa audiens target saya, dan bagaimana saya bisa menjangkau mereka?
  5. Berapa biaya untuk mendirikan perusahaan ini, dan investasi awal akan digunakan untuk apa (misalnya, situs web, rencana pemasaran)?
  6. Apakah sudah ada permintaan terhadap produk atau jasa yang ingin saya tawarkan?
  7. Apa strategi pemasaran saya dan apa saja teknik efektif yang dapat saya gunakan (misalnya, optimisasi mesin pencari (SEO), iklan bayar per klik (pay-per-click/PPC), iklan media sosial, dll.)?

Tak kalah penting, kamu harus memiliki rencana pemasaran yang dipikirkan dengan matang untuk mengarahkan trafik ke situs web kamu. Tujuannya, agar kamu dapat mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Kamu dapat mencoba menggunakan teknik SEO, PPC, atau iklan spanduk.