free page hit counter
Ide Bisnis Usaha yang Kreatif
Ide Bisnis Usaha yang Kreatif. | via goodscoop.id

9 Usaha yang Kreatif dengan ROI Cepat dan Menjanjikan

Artikel diperbarui pada 24 Juni 2021.

Ciri usaha yang kreatif adalah usaha yang mengandalkan kreativitas pelaku usaha agar bisa mendapatkan untung. Beberapa usaha masuk dalam kategori usaha kreatif meskipun tidak secara langsung berkaitan dengan seni.

Ide Bisnis Usaha yang Kreatif
Ide Bisnis Usaha yang Kreatif. | via goodscoop.id

Usaha yang kreatif tak hanya terkait mengenai usaha desain grafis, seni rupa, seni terapan, maupun seni musik, namun juga usaha yang memerlukan kreativitas dan otak kanan pelakunya.

Ada banyak sekali bidang usaha yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan kamu semua. Mulai dari bisnis online maupun offline, berikut kami merangkum 10 usaha yang kreatif dengan modal kecil tanpa ribet.

Jual Pulsa, Usaha yang Kreatif dan Mudah Dimulai

Siapa yang tidak membutuhkan pulsa?

Semua orang yang memiliki telepon genggam membutuhkan pulsa. Di zaman modern seperti ini pun semua orang masih membutuhkan pulsa.

Kebutuhan akan pulsa justru meningkat tajam semenjak sekolah tatap muka ditiadakan dan para siswa harus menggunakan kuota internet untuk bersekolah.

Bisnis ini sudah lama digandrungi masyarakat karena mudah sekali untuk dijalankan, bahkan anak smp pun bisa memulai bisnis ini dengan modal kecil. A

palagi jika banyak sekali relasi yang kamu punya, sepertinya bisnis ini sangat cocok untuk kamu.

Agen Fashion, Usaha Ini Perlu Kreativitas untuk Melihat Minat Pasar

Ya, bisnis online sekarang sudah marak sekali dijalankan. Mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa maupun anak sma mulai mencoba bisnis ini.

Agen fashion biasanya bisa kamu coba dengan mendaftar ke admin admin agen fashion, dari situ kamu akan dibimbing dan diarahkan untuk berjualan online.

Banyak barang yang dijual di agen fashion, mulai dari tas, baju, sepatu, skin care dan lain lain. Jadi tidak hanya terkhusus satu barang saja ya kamu.

Dan tentunya harga barang barang yang di dapatkan pun juga lebih murah dari harga lainnya, karena kamu adalah resellernya

Bisnis Warung Kopi, Usaha yang Kreatif Agar Bisa Menarik Pasar

Menjamurnya warung kopi di masyarakat terjadi karena meningkatnya jumlah pengunjung yang ada di warung  kopi, mulai dari anak anak kecil sampai pria pria dewasa, maupun mahasiswa.

Semua memilih warung kopi sebagai tempat hang-out untuk sekedar dijadikan tempat mengobrol, menumpang wifi sambil mengerjakan tugas dan masih banyak lagi.

Karena pengunjung yang semakin meningkat ini tidak heran bisnis ini mulai menjadi bisnis yang menjanjikan dan patut untuk dicoba, ya.

Bisnis Kuliner, Bakal Viral Kalau Kamu Kreatif

Perilaku masyarakat zaman sekarang yang cenderung konsumtif dan banyaknya ibu rumah tangga yang merangkap menjadi wanita karier membuat semakin meningkatnya pembeli makanan.

Karena keterbatasan waktu untuk memasak menjadikan para ibu lebih memilih membeli makanan daripada memasak sendiri dirumah.

Jadi tidak heran jika banyak warung makan ataupun restoran yang ramai setiap harinya.

Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar loh kamu.

Hanya dengan modal kecil, skill memasak dan konsisten, kalian bisa mencoba membuka resturant ataupun warung makan dengan menu menu pilihan yang bervariasi.

Handy Craft, Usaha yang Kreatif dan Perlu Keahlian Tinggi

Banyak ide banyak peluang, mungkin kata ini cocok untuk menggambarkan peluang bisnis dan persaingan bisnis yang semakin ketat.

Kamu bisa mencoba bisnis handy craft ini dari rumah loh, jadi tidak perlu mahal menyewa toko.

Kamu hanya perlu menentukan handy craft apa yang mau kamu jual lalu kamu bisa mulai mengiklankannya lewat media sosial facebook instagram dan masih banyak lagi.

Agen Kuota, Penyedia Macam-macam Kebutuhan Pembayaran

Mungkin banyak orang yang masih bertanya tanya apa sih agen kuota?

Agen kuota adalah para penjual online yang menjual bermacam macam kebutuhan, mulai dari pulsa, penerimaan pembayaran listrik, penerimaan pembayaran wifi dan masih banyak lagi.

Bisnis ini juga sangat muah dijalankan, lho.  Hanya dengan modal di bawah Rp 5 juta, kamu sudah bisa memulai bisnis ini

Cafe, Usaha yang Perlu Kreativitas agar Berkembang

Jika tadi di nomer tiga ada warung kopi, sekarang ada cafe.

Beberapa orang terkadang kurang cocok untuk stay di warung kopi sekedar untuk mengerjakan tugas.

Mereka lebih memilih cafe sebagai tempat nongkrong karena memang banyak keunggulan yang bisa didapatkan.

Misanya saja, seperti suasana yang lebih tenang, fasilitas yang lebih banyak, ketersediaan variasi makanan, lebih tenang, dan lebih eksklusif.

Kabar baiknya, pengunjung cafe pun sekarang sedang meningkat. Usaha cafe kreatif ini umumnya dimulai oleh anak muda dengan modal cukup besar.

Reseller Produk Skin Care, Usaha yang Terus Dicari

Di zaman dimana setiap wanita ingin terlihat lebih cantik dan glowing, skin care mulai diburu para wanita untuk menunjang fisik mereka.

Jadi, tak heran jika reseller skin care dapat menjadi referensi bisnis kalau kamu sedang berusaha memulai usaha.

Sebenarnya, bisnis ini hampir sama dengan bisnis agen fashion.

Namun, reseller produk skincare lebih spesifik hanya menjual produk skin care tertentu saja.

Jadi, reseller skin care lebih mudah dijalankan kalau kamu modal kamu terbatas. Sebab, agen fashion harus memiliki modal besar mengingat seorang agen harus punya banyak barang untuk dijual.

Secara umum, reseller memerlukan modal tambahan untuk stok barang, pengemasan barang, dan kirim barang. Namun, jumlah barang  yang kamu stok sebagai reseller tidak sebesar jika kamu menjadi agen.

Kalau kamu memiliki modal minim dan tak ingin repot, silakan pilih untuk jadi dropshipper. Hanya dengan memasarkan produk secara online, kamu mendapat upah setelah barang sampai di tangan penerima.

Tentu saja, agen memiliki keuntungan lebih besar mengingat modal yang dikeluarkan pun cukup besar.

Usaha Pakaian, Fashion Kreatif Bakal Tetap Laku

Masih seputar wanita, kebutuhan akan pakaian meningkat tajam karena perilaku konsumtif yang cenderung disukai masyarakat zaman sekarang apalagi kaum wanita.

Kamu semua bisa mencoba bisnis ini ini kalau kamu punya banyak kenalan kawan wanita baik di media sosial atau di lingkungan sekitar.

Tapi, kamu dituntut rajin mengunggah produk yang kamu jual di di media sosial dan komunitas lain.

Salah saut bentuk usaha yang kreatif dalam bidang pakaian adalah menjual pakaian dengan model-model tertentu. Misanya, kamu hanya menjual pakaian wanita model summer dress, atau khusus menjual pakain wanita muslimah.

Baby Shop, Usaha Kreatif untuk Mulai Merambah Produk Bayi

Toko peralatan bayi memang sudah umum. Namun, toko peralatan bayi kreatif yang menjual produk-produk inovatif tentang perawatan bayi tentu belum banyak.

Sebagai referensi, silakan tilik toko peralatan bayi di daerah-daerah lain atau bahkan negara-negara lain. Cek apakah kamu bisa mengadopsi barang yang mereka jual dan menawarkan produk kreatif tersebut di kota kamu.

Kebanyakan orang tua jaman sekarang sudah semakin melek teknologi. Setiap hari, mereka melihat produk-produk bayi yang inovatif dan memudahkan orang tua untuk mengurus dan merawat bayi, hingga mendidik usia batita.

Nah, kalau kamu bisa memanfaatkan peluang ini, tentu usaha ini termasuk dalam ide bisnis kreatif buat kamu yang ingin mendapat pemasukan.