free page hit counter
Contoh Promosi Diri dalam 300 Karakter

Contoh Promosi Diri dalam 300 Karakter Agar Mudah Dapat Kerja

Kali ini, goodscoop.id akan memberikan beberapa contoh promosi diri dalam 300 karakter bagi kamu yang masih dalam proses mencari pekerjaan. Mencari pekerjaan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Namun saat ini sudah ada banyak platform penyedia lowongan pekerjaan dimana para pelamar dan pencari tenaga kerja dipertemukan.

Ini tentunya kesempatan yang wajib dimanfaatkan oleh para pelamar yang ingin pindah kerja ke lingkungan baru atau bahkan bagi para lulusan baru.

Biar bagaimanapun kamu perlu memahami bahwa persaingan diantara para pencari pekerjaan juga begitu ketat.

Setiap tahunnya ada ribuan bahkan jutaan pelamar di berbagai perusahaan sehingga kesempatan diterima terbatas.

Platform pencari kerja seperti Jobstreet, Glint, dan sebagainya menghadirkan fitur dimana perusahaan dapat menemukan SDM yang mereka cari.

Di sisi lain, pelamar juga dapat menunjukkan kemampuan dan kapasitasnya kepada perusahaan sehingga mereka mendapatkan posisi yang diincar. Fitur tersebut adalah promosi diri.

Kolom promosi tersebut memberi kesempatan bagi pelamar mencantumkan kualifikasi yang dimiliki supaya menarik pemberi kerja mengajaknya bergabung dan bekerja disana.

Perlu kamu ketahui bahwa bagian tersebut terbatas paling banyak 300 karakter saja jadi harus digunakan sebaik mungkin.

Sebelum mempelajari contoh promosi diri dalam 300 karakter, tidak ada salahnya mengetahui tips menulisnya.

Strategi Menulis Promosi Diri dalam 300 Karakter

Pastikan agar mengisi kotak promosi diri dan tidak membiarkannya kosong. Ketika mempromosikan diri melalui platfrom pencari kerja, kamu perlu mengetahui strategi-strategi khusus agar menarik minat perusahaan.

Strategi ini penting untuk diterapkan agar tidak salah ketika menyusun kalimat promosi. Ada beragam cara yang patut kamu pelajari dan lakukan seperti berikut ini.

#1. Cantumkan Skill Secara Spesifik

Contoh promosi diri dalam 300 karakter yang baik adalah menonjolkan skill secara spesifik.

Skill ini bisa dalam bentuk kemampuan yang kamu dapat dari belajar pendidikan formal seperti sekolah, perguruan tinggi, kursus, pelatihan, dan sebagainya.

Karena jumlah karakternya dibatasi, maka kamu harus menuliskannya dalam kalimat singkat.

Tidak perlu bertele-tele dalam menyampaikan kemampuan tersebut karena dapat memakan jumlah karakter.

Kamu bisa menuliskannya tanpa basa-basi, misalnya menuliskan menguasai Adobe Photoshop, Microsoft Office, perangkat statistik SPSS, bahasa pemrograman, dan sebagainya.

Yang terpenting adalah hindari menulis hal generik seperti jujur, bertanggung jawab, pekerja keras, dan sejenisnya.

#2. Tidak Perlu Mencantumkan Identitas Diri

Contoh promosi diri dalam 300 karakter yang tepat tidak perlu mencantumkan informasi terkait identitas diri. Saat hendak mengirimkan lamaran, tentunya kamu sudah diminta mengunggah curriculum vitae.

Di CV tersebut sudah tercantum identitas seperti nama, alamat, kontak, dan sebagainya. Jadi tidak perlu mengulanginya lagi pada bagian promosi.

Lagipula menulis tentang identitas diri justru akan memakan jatah karakter yang sudah terbatas. Sehingga kamu tidak dapat mencantumkan informasi lebih yang dapat menarik minat perusahaan untuk menerimamu.

Sebagai gantinya, tuliskan kemampuan yang kamu kuasai serta pengalaman kerja sebelumnya. Ini jauh lebih menarik bagi perusahaan.

#3. Sesuaikan dengan Jenis Pekerjaan

Memiliki banyak skill memang berguna untuk berbagai pekerjaan. Meski demikian bukan berarti kamu harus menuliskan semua skill dalam kolom promosi.

Sebaiknya cukup menonjolkan kualifikasi atau kapasitas relevan dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Sehingga ini semakin meyakinkan perusahaan untuk mempertimbangkan lamaranmu.

Sebagai contoh kamu hendak melamar di sebuah perusahaan dengan posisi sebagai developer. Maka tonjolkan kapasitasmu dalam bahasa pemrograman seperti PHP, .NET, C++, Javascript, dan sebagainya.

Baca Juga:  Cara Membuat Motivation Letter yang Memukau Calon Bos Kamu

Pada contoh promosi diri dalam 300 karakter tidak perlu mencantumkan skill yang tidak berhubungan dengan posisi tertentu.

#4. Masukkan Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja adalah bekal penting bagi seseorang ketika mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi apapun.

Pengalaman bekerja pada posisi relevan atau berhubungan dengan pekerjaan baru menjelaskan bahwa kamu memiliki pengetahuan terkait bidang itu bukan hanya secara teori tetapi juga prakteknya di lapangan.

Tetapi banyak orang belum memiliki pengalaman kerja terutama bagi para fresh graduate. Tidak perlu khawatir jika memang kamu belum pernah bekerja sebelumnya.

Kamu bisa mencantumkan hal lain seperti prestasi semasa kuliah. Sedangkan bagi freelancer dapat mencantumkan proyek yang pernah dikerjakan sebelumnya.

Contoh Promosi Diri Dalam 300 Kata untuk Posisi Finance

Contoh promosi diri dalam 300 karakter untuk pekerjaan sebagai tim finance memerlukan berbagai keahlian.

Misalnya dalam mengoperasikan Microsoft Excel, manajemen arus kas, data kuantitatif, dan sebagainya. Nah, kamu bisa memasukkan keahlian-keahlian yang kamu miliki secara singkat dan jelas. Di bawah ini adalah contoh penulisannya.

“Saya dapat mengoperasikan Microsoft Excel dengan baik. Saya memiliki keahlian dalam analisis dan data processing, manajemen finansial, serta menjalankan berbagai aplikasi untuk kebutuhan kerja harian. Saya berpengalaman bekerja sebagai staff finance di perusahaan ABC selama 2 tahun.” Ini adalah contoh yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Pada contoh promosi diri di atas, terdapat sejumlah kualifikasi yang dicantumkan.

Selain kapasitas diri, juga terdapat pengalaman pernah bekerja di perusahaan lain sebagai staff finance.

Pengalaman selama 2 tahun adalah bekal menarik sehingga lebih dipertimbangkan perusahaan agar direkrut. Meskipun ditulis secara singkat, namun sudah cukup menggambarkan kualifikasi pelamar.

Contoh Promosi Diri Dalam 300 Karakter untuk Posisi Desainer Grafis

Contoh promosi diri dalam 300 karakter untuk posisi sebagai graphic designer memerlukan keahlian pengoperasian berbagai software grafis.

Misalnya Adobe Photoshop, Illustrator, Corel Draw, dan sebagainya. Pengetahuan seputar dasar fotografi juga menunjang untuk pekerjaan ini. Jadi kamu bisa memasukkanya di dalam kolom pengisian promosi. Berikut ini contohnya.

“Saya dapat mengoperasikan software graphic editing seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator dengan mahir. Saya mengerti basic photography sebagai bekal editing foto. Saya pernah menangani proyek pembuatan logo untuk perusahaan ABC, DEF, dan GHI.” Jika kamu ingin melamar kerja sebagai graphic designer di perusahaan besar bisa memodifikasi contoh ini.

Sama seperti contoh sebelumnya, pada promosi di atas tertulis beberapa keahlian pelamar yang berkaitan dengan posisi sebagai desainer grafis.

Untuk kualifikasi lain yang lebih detail dan personal seperti kreatif, inovatif, manajemen deadline, kemampuan organisasi, dan lainnya dapat dituangkan dalam curriculum vitae.

Contoh Promosi Diri 300 Karakter untuk Posisi Admin

Contoh promosi diri dalam 300 karakter untuk posisi admin tentunya juga harus mencantumkan skill-skill yang dibutuhkan dalam menunjang pekerjaan.

Kemampuan penting yang harus dimiliki misalnya adalah menjalankan semua program pada Microsoft Office seperti Word, Excel, hingga Power Point. Selain itu kemampuan dalam public speaking juga penting. Berikut ini contohnya.

“Saya menguasai Microsoft Office (Word, Excel, Power Point, Access). Lancar mengetik dengan 10 jari. Memiliki kemampuan filing, editing, public relations, manajemen dokumen dan inventori. Berpengalaman bekerja di perusahaan XYZ sebagai staff admin selama 1 tahun.”

Kalau ingin mengajukan lamaran sebagai karyawan di bidang administrasi bisa mengambil contoh tersebut.

Contoh di atas hanya mencantumkan kemampuan dan kapasitas pelamar serta pengalaman yang dimiliki. Data terkait identitas tidak dicantumkan sehingga bisa lebih mengeksplorasi skill secara mendalam.

Contoh promosi diri dalam 300 karakter di atas bisa menjadi pertimbangan dan tentunya harus disesuaikan dengan lamaran kamu.

Tinggalkan Balasan