free page hit counter
Komunikasi Bisnis
Komunikasi Bisnis. | via goodscoop.id

Komunikasi Bisnis: Pengertian dan Manfaatnya untuk Start-Up

Artikel diperbarui pada 24 Juni 2021.

Apa itu komunikasi binis? Pasti jawabannya ya komunikasi untuk berbisnis. Benarkah begitu? Secara umum komunikasi bisnis di gunakan oleh para orang-orang bisnis. Mereka menggunakan teknik ini untuk urusan terkait transaksi dan bisnis.

Komunikasi Bisnis
Komunikasi Bisnis. | via goodscoop.id

Komunikasi ini jelas pentingnya bagi meraka para pebisnis. Komunikasi bisnis di lakukan untuk menyelesaikan pekerjaan dan pemenuhan atas tanggung jawab.

Laba atau klien pun bisa menghilang jika tak pandai – pandainya mengelola kata-kata kita. Hal ini di sebabkan karena konsumen kurang puas dengan pelayanan yang kita berikan. Komunikasi ini poin penting dalam mengembangkan perusahaan.

Lalu apa sebenarnya komunikasi bisnis itu?

Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis adalah sebuah proses memberikan informasi kepada orang di luar sana dengan tujuannya untuk berbisnis baik dari orang dalam ataupun luar perusahaan. Efektifnya komunikasi ini pada saat staf kantor dan para manajemennya melakukan interaksi untuk mencapai sebuah tujuan di perusahaan yang sedang di jalaninya.

Tentu perusahaan punya tujuan yang wajib dicapai karena mereka memiliki manajemen untuk mengelola hal tersebut. Mencapai tujuannya pun tidak hanya staf saja atau pimpinan saja. Akan tetapi komplemen internal seluruhnya juga turut membantu pencapaian tersebut.

Selain itu, dalam mencapai tujuan bisnis perlu adanya orang luar untuk dapar di ikut sertakan dalam kerja sama. Mulai dari investor, lingkungan perusahaan, masyarakat, dan konsumen. Untuk itu perlunya komunikasi bisnis dalam mempersuasif mereka.

Persuasif bukan berarti memberikan dampak negatif, perusahaan tentu mencari poin plus dan minusnya. Hal itu agar menguntungkan bagi semua pihak.

Komunikasi bisnis di lakukan dengan interkasi antara dua orang dan bisa lebih dengan berbagai cara seperti verbal, tulisan ataupun simbol lain. Komunikasi bisnis tidak dapat berjalan jika tidak adanya pemberi dan penerima pesan. Prosesnya memerlukan feedback untuk langkah selanjutnya.

Komunikasi bisnis masuk dalam kategori ilmu terapan. Tujuannya dalam dunia bisnis untuk meningkatkan praktiknya dan meminimalisir kesalahan. Hal penting lainnya pada bagaimana dalam menyajikan ide atau pilihan lain, proposal yang berisis perencanaan bisnis, pembuatan sebuah keputusan, mencapai kesepakatan dan pemenuhan pesanan hingga akhirnya sukses dalam penjualan.

Perusahaan akan terorganisir ketika proses komunikasi bisnis berjalan dengan semestinya. Dapat berupa komunikasi manajerial ataupun vendor dari bisnis yang sedang di lakukan.

Jenis-jenis Komunikasi Bisnis

Komunikais bisnis terdiri dari beberapa jenis yaitu

#1. Komunikasi internal ke atas

Komunikasi ini di lakukan oleh bawahan atau staf kepada atasan sesuai hierarkinya perusahaan dalam bidang bisnis. Para pemimpin tentu menginginkan informasi yang jelas dari stafnya agar mendapatkan pemahaman dari operasionalisasi bisnis.

Komunikasi ini biasanya mencakup survei dan riset, feedback dari konsumen atau investor, laporan yang seharusnya di sampaikan dari bawahan kepada atasan mengenai prospek kerja dan follow up produktivitas bisnis.

#2. Komunikasi internal ke bawah

Komunikasi yang terjadi dari atasan kepada bawahan. Jenis komunikasi bisa berbentuk apa saja, tidak hanya verbal namun bisa surat atau memo. Komunikasi ini biasanya karena atasan memberikan pekerjaan kepada bawahan. Dalam penyampainnya, atasan juga harus profesional kerja dan jelas tujuannya.

#3. Komunikasi bisnis internal lateral

Komunikasi yang terjadi antar karyawan pada perusahaan. Sekarang para karyawan berkomunikasi bisa melalui berbagai macam cara. Menggunakan chatting, email atau pesan. Komunikasi yang di bahas seputar pekerjaan bagaimana peran staf dalam keterlibatan serta produktivitasnya. Sehingga tidak membahas di luar pekerjaan perusahaan.

#4. Komunikasi eksternal

Komunikasi yang di lakukan dengan jangkauan di luar perusahaan. Seperti dengan investor, vendor, mitra, pelanggan, pengirim bahan baku ataupun prospek.

Komunikasi bisnis itu terkadang kurang teratur sehinga menjadikan perusahaan kehilangan laba atau kerja samanya. Dalam hal ini harus punya strategi dalam hal berbicara dan mampu menarik perhatian mereka.

Proses Komunikasi Bisnis

Proses yang terjadi pada komunikasi bisnis:

#1. Perspektif kognitif

Yakni menggunakan lambang dan simbol dalam mencapai kesamaan persepsi dan makna pesan.

Jika pesan telah disampaikan secara jelas dan memberikan pengertian yang sama artinya komunikasi tersebut berjalan dengan lancar.

Seperti halnya dalam dunia bisnis, komunikator harus memberikan informasi yang jelas dan realita sehingga pesan tersampaikan dan dipahamai oleh komunikan.

Ketika hal ini terjadi maka bisnis akan berjalan dengan lancar karena adanya kesepahaman.

#2. Perspektif perilaku

Yakni dalam berkomunikasi satu dengan yang lainnya mengamati perilaku verbal hingga simbolik kita. Menghadapi komunikasi bisnis kita harus mampu memberikan keyakinan pada lawan bicara.

Seperti halnya bebicara dengan menatap mata lawan bicara, menjelaskan dengan menggerakkan tangan yang tidak menggangu lawan bicara dan hal lainnya yang bisa dikatakan sebagai simbolik.

Fungsi Komunikasi Bisnis

Fungsi dari komunikasi bisnis:

#1. Fungsi Normatif

Fungsi normatif bahwa komunikasi bisnis membawa informasi yang lebih banyak, jelas dan on time.

Perusahaan sebagai tempat pemrosesan adanya informasi sehingga semua staf memerlukan sebanyak-banyaknya untuk komunikasi bisnis.

Informasi yang di peroleh memungkinkan para staf untuk melakukan pekerjaan yang lebih pasti karena memiliki informasi dasar yang diperlukan.

Informasi umumnya diperlukan oleh setiap orang walaupun yang mempunyai perbedaan kedudukan sekaligus.

#2. Fungsi Regulatif

Fungsi regulatif yang mana kaitannya dengan peraturan yang perlu di taati di dalam sebuah perusahaan. Yang berpengaruh dalam hal ini adalah atasan yang punya jabatan dan kewenangan mengendalikan informasi yang di sampaikan.

Sehingga atasan dapat memberikan perintah agar dapat di laksanakan sebagaimana mestinya dan staf menjalankan perintah itu sesuai informasi yang diberikan. Pesan regulatif pada intinya berorientasi pada kerja

#3. Fungsi Persuasif

Fungsi persuasif untuk mengelola perusahaan, pemilik kekuasaan belum tentu selalu mendapatkan hasil sesuai ekspektasi.

Karena hal demikian, sekarang ini banyak atasan yang mempersuasif bawahan ketimbang memerintahnya melakukan pekerjaan.

Karena jika pekerjaan di kerjakan tanpa paksaan akan mendapatkan kepedulian yang tinggi dibandingkan jika atasan hanya melihatkan kekuasaannya.

#4. Fungsi Integratif

Fungsi integratif berkaitan penyediaan media yang menjadikan para staf bekerja dengan maksimal. Media tersebut adalah komunikasi formal yaitu laporan progres dan komunikasi informal yaitu obrolan pribadi saat jam istirahat.

Peran Komunikasi Bisnis

Perannya komunikasi bisnis:

  1. Dapat bekerja sama dalam penentuan tujuan yang akan dicapai
  2. Penyusunan rencana kerja
  3. Mengelola perusahaan bisnisnya
  4. Pedoman dalam membuat aturan serta pengambilan keputusan
  5. Membuat relasi bersama ekternal perusahaan

Tujuan Penting Komunikasi Bisnis

Tujuan dalam komunikasi bisnis yaitu:

#1. Menyampaikan informasi

Informasi disini adalah yang behubungan dengan produktiviats bisnis. Dari atasan ataupun bawahan perlu memberikan dan menerima informasi.

#3. Melakukan persuasi

Persuasi adalah kegiatan komunikasi untuk mempengaruhi dan mengajak. Persuasi sering di lakukan saat aktivitas pemasaran. Kita mengajak dan meyakinkan konsumen agra membeli prosuk kita dengan cara menjelaskannya sesuai ketentuan komunikasi bisnis.

Manfaat Komunikasi Bisnis

Manfaat komunikasi bisnis bagi perusahaan:

  1. Internal
  2. Berambisi untuk bergerak lebih maju
  3. Mempunyai kemampuan memanajemen dengan baik
  4. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik
  5. Menarik perhatian
  6. Ekternal

Mampu melakukan komunikasi kepada pihak ketiga yang mana akan membawa keberhasilan bisnis. Keberhasilan inilah yang akan memberikan keuntungan pada perusahaan berupa laba. Strategi kita dalam berkomunikasi akan membawa kita kepada wawasan yang lebih luas dan mudah dalam mencari relasi.

Itulah tadi sedikit mengenai materi komunikasi bisnis, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan