free page hit counter
7 Trik Rahasia Mengembangkan Usaha Dagang agar Bisa Diwariskan
7 Trik Rahasia Mengembangkan Usaha Dagang agar Bisa Diwariskan. | via goodscoop.id

7 Trik Rahasia Mengembangkan Usaha Dagang agar Bisa Diwariskan

Artikel diperbarui pada 9 November 2021.

Siapa saja bisa memulai usaha dagang. Namun, hanya sedikit yang bisa mengembangkan usaha tersebut agar semakin maju, berkembang, dan bisa menghidup keluarga besar. Di bawah ini adalah 7 trik rahasia mengembangkan usaha dagang agar bisa maju hingga bisa kamu wariskan.

Memiliki usaha dagang memang menggiurkan. Selain potensi keuntungan tidak terbatas yang bisa kamu dapatkan dari berdagang, kamu juga tidak perlu lagi mengandalkan gaji bulanan karena kamu bahkan bisa gajian setiap hari.

Kamu juga jadi bisa lebih fleksibel dalam hal waktu karena kamu adalah bosnya.

Namun kenyataannya tidak semudah yang terlihat.

Seorang pedagang harus memiliki karakter dan kemampuan yang tidak dimiliki pegawai kantoran seperti visioner, pola pikir sukses, cerdas membaca peluang, dll. Bahkan pedagang harus memiliki effort yang lebih daripada seorang karyawan.

Lantas bagaimana cara agar usaha dagang bisa berkembang? Berikut 7 tips cara mengembangkan usaha dagang yang bisa kamu praktekkan.

#1. Pahami Target Pasar 

Pahami-Target-Pasar---Cara-Mengembangkan-Usaha-Dagang
Memahami target pasar membantu kamu menjaga penjualan usaha dagang terus meningkat. | via goodscoop.id

Sebelum terjun ke dalam usaha dagang, sebaiknya kamu memahami dulu target pasar kamu. Ini mencakup demografi calon konsumen kamu, perilaku dan daya beli mereka.

Hal ini bertujuan agar kamu dapat menjual produk yang sesuai karakter dan kebutuhan mereka. Serta agar kamu dapat menentukan startegi pemasaran yang tepat sasaran.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui kondisi pasar dengan mengenali dan mencermati kompetitor kamu.

Tujuannya agar kamu dapat menemukan celah untuk memenangkan hati konsumen agar lebih memilih untuk membeli dari usaha dagang kamu.

Tapi harus dengan cara yang fair ya!

#2. Selalu Mengutamakan Kepentingan Konsumen 

Utamakan-Kepentingan-Konsumen-agar-usaha-dagang-kamu-maju
Pastikan pelanggan kamu mendapat kepuasan terbaik ketika berbelanja di toko kamu. | via goodscoop.id

Saat kamu ingin mengembangkan usaha dagang, maka yang perlu kamu utamakan pertama kali adalah konsumen kamu.

Karena layanan yang bagus kepada konsumen akan membuat mereka loyal kepada produk kamu dan bahkan dapat melakukan pemasaran ‘mulut ke mulut’ kepada orang lain tanpa diminta.

Tidak hanya dalam hal pelayanan, kamu juga mengutamakan kualitas produk yang kamu jual agar dapat memuaskan konsumen.

Jadikan saran dan masukan dari konsumen sebagai bahan untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas produk yang kamu jual.

Pastikan produk dan layanan kamu dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan memuaskan mereka.

3. Manfaatkan Social Media 

Manfaatkan media sosial untuk memajukan usaha dagang kamu.
Manfaatkan media sosial untuk memajukan usaha dagang kamu. | via goodscoop.id

Di era serba digital saat ini, sangat penting bagi kamu untuk memanfaatkan social media atau medsos sebagai media untuk memasarkan dagangan kamu.

Karena di sanalah tempat sebagian besar orang menghabiskan waktunya.

Cobalah untuk membuat postingan dengan gambar yang menarik yang berisi informasi tentang produk kamu. Adakan program promosi tertentu seperti diskon, giveaway, quiz, dll.

Jadikan juga medsos sebagai sarana komunikasi dengan konsumen kamu.

4. Tingkatkan Promosi

Alokasikan budget untuk promosi dan iklan tertarget.
Alokasikan budget untuk promosi dan iklan tertarget. | via goodscoop.,id

Promosi merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan jika ingin mengembangkan usaha dagang. Karena dengan promosi konsumen jadi lebih mengenal produk kamu.

Mulai pikirkan untuk membuat materi promosi yang uni dan menarik serta tingkatkan frekuensinya. Kamu bisa memanfaatkan beberapa cara promosi seperti memasang iklan di sosial media, menyebarkan brosur, dll.

Memberikan berbagai promo dengan diskon harga serta voucher pembelian dapat menjadi pilihan yang bagus untuk menjaring konsumen baru. Jangan lupa untuk maksimalkan produk dan layanan kamu agar mereka akan repurchase bahkan menjadi konsumen loyal.

5. Fokus

Ketika keuntungan datang, fokus untuk mengembangkan usaha dagang dan tunda kesenangan.
Ketika keuntungan datang, fokus untuk mengembangkan usaha dagang dan tunda kesenangan. | via goodscoop.id

Agar usaha dagangmu bisa berkembang pesat, kamu harus fokus pada usaha yang sudah ada.

Bukan berarti kamu tidak boleh merambah ke jenis usaha lain ya, hanya saja dengan cara ini akan lebih baik agar waktu, pikiran dan tenagamu tidak terpecah yang membuat kamu jadi tidak maksimal mengembangkan usaha.

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak pendagang yang gulung tikar karena latah mengikuti bisnis usaha yang sedang tren. Apalagi jika usaha dagangmu masih tergolong baru.

6. Memperluas Jaringan Usaha 

Perluas jaringan bisnis dengan orang-orang potensial untuk mengembangan usaha dagang kamu.
Perluas jaringan bisnis dengan orang-orang potensial untuk mengembangan usaha dagang kamu. | via goodscoop.id

 

Memperluas jaringan bukan berarti kamu tidak fokus pada usaha dagangmu, tapi maksudnya memperluas jaringan pemasaranmu.

Jika selama ini kamu hanya memiliki toko offline untuk menjual barang daganganmu, kamu bisa mencoba membuka toko online agar kamu dapat menjaring pembeli lebih banyak. Begitu pun sebaliknya.

Kamu tidak perlu segan menjalin relasi bisnis dengan banyak orang dengan membuat perjanjian kerjasama dengan orang lain agar usaha dagangmu semakin luas berkembang.

Kamu juga bisa menjadikan orang lain sebagai reseller atas barang daganganmu dengan memberikan komisi di setiap hasil penjualan mereka.

7. Mengelola Keuangan dengan Baik 

Disiplin keuangan dan tertib mencatat pengeluaran dan pemasukan adalah kunci sukses memajukan usaha dagang agar bisa diwariskan.
Disiplin keuangan dan tertib mencatat pengeluaran dan pemasukan adalah kunci sukses memajukan usaha dagang agar bisa diwariskan. | via goodscoop.id

 

Setelah semua poin di atas sudah dilakukan, akan jadi sia-sia jika kamu tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memisahkan antara uang pribadi dan uang usaha dagang kamu.

Kamu juga harus melakukan pencatatan dengan baik tentang pengeluaran dan pemasukan, sehingga kamu bisa tahu keuntungan atau kerugian yang dialami usaha dagang kamu sebagai bahan evaluasi ke depannya.

Kalau kamu tidak mau pusing, kamu bisa menghire orang yang ahli di bidang ini atau kamu bisa menggunakan software keuangan yang telah ada.

Penutup

 

Mengembangkan usaha dagang tentu tidak mudah dan memerlukan proses yang tidak sebentar, namun jika kamu gigih melakukannya hasilnya pun akan memuaskan. Selalu ingat bahwa hasil tidak pernah mengkhianati usaha.

Semoga berhasil!