free page hit counter
Asuransi Jiwa Syariah Terdaftar OJK
Ini asuransi jiwa syariah terdaftar OJK. | via goodscoop.id

7 Asuransi Jiwa Syariah Terbaik Terdaftar OJK & Bebas Riba

Advertisements

Artikel diperbarui pada 14 Desember 2021.

Asuransi jiwa syariah hadir untuk memenuhi kebutuhan layanan proteksi jiwa tanpa takut riba dan sesuai dengan syariat islam. Ini dibuktikan dengan penggunaan prinsip sharing of risk, yaitu risiko ditanggung bersama oleh para pemegang polis.

Advertisements

Asuransi jiwa syariah juga bertujuan untuk menanggung orang atas kerugian finansial tak terduga sebab orang yang tertanggung meninggal dunia.

Tak hanya itu, perusahaan asuransi syariah tberperan untuk mengelola operasional dan investasi terhadap dana polis yang diterima.

Di Indonesia sendiri layanan perlindungan ini sudah banyak ditemukan khususnya yang menggunakan sistem syariah.

Tak hanya bersertifikat syariah dan bebas riba, beberapa perusahaan asuransi tersebut juga sudah legal dan terdaftar di OJK.

Baca Juga: Asuransi Syariah Terbaik: Penjelasan Lengkap Jenis dan Produknya (2021)

7 Asuransi Jiwa Syariah Bebas Riba dan Aman

Tak perlu berlama-lama, berikut ini 7 asuransi jiwa syariah yang bebas riba, aman dan telah terdaftar di OJK yang bisa kamu pilih:

#1. Asuransi Jiwa Syariah Takaful Keluarga

Takaful Keluarga
Asuransi Syariah Takaful Keluarga. | via goodscoop.id

Sesuai namanya, asuransi ini menyediakan berbagai produk asuransi seperti perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan, perencaaan pendidikan anak, hingga perencanaan hari tua.

Selain menyediakan produk proteksi diri, asuransi ini juga menyediakan produk yang memudahkan dalam berinvestasi.

Keunggulan dari asuransi ini antara lain, murni syariah atau dana yang dikelola sesuai prinsip syariah di bawah pengawasan MUI dan pembayaran yang fleksibel.

Beberapa pilihan produk yang ditawarkan Takaful Keluarga, antara lain:

a) Takaful Dana Pendidikan

Asuransi ini adalah dana tahapan untuk setiap jenjang pendidikan anak dari sejak usia TK hingga lulus Perguruan Tinggi.

Dengan Takaful Dana Pendidikan, asuransi ini memastikan sang buah hati dapat terus melanjutkan pendidikan bahkan bilamana pemegang polis wafat atau tertimpa musibah.

Selain itu, terdapat dana santunan untuk pemegang polis bilamana sang buah hati wafat.

Baca Juga: Asuransi Pendidikan Syariah: 4 Rekomendasi Terbaik

b) Takafulink Salam

Takafulink Salam merupakan produk asuransi syariah proteksi finansial atas berbagai risiko hidup dan kesehatan sampai dengan usia 80 tahun.

Ada beragam jenis investasi dan perlindungan yang bebas kamu pilih sesuai kebutuhan.

Perlindungan yang ditawarkan meliputi perlindungan biaya kesehatan yang mencakup:

  • rawat inap,
  • rawat jalan,
  • rawat gigi,
  • biaya persalinan sekeluarga.

Baca Juga: Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional, Ini Penjelasannya

c) Takafulink Salam Cendekia

Takafulink Salam Cendekia merupakan asuransi pendidikan syariah berupa dana tahapan untuk setiap jenjang pendidikan sejak TK hingga lulus Perguruan Tinggi.

Selain itu, terdapat santunan biaya kesehatan jika Peserta (anak) dirawat inap di klinik atau rumah sakit.

 Ada berbagai jenis investasi yang bebas kamu pilih sesuai kebutuhan dalam merencanakan pendidikan anak kamu nantinya.

d) Takafulink Salam Ziarah Baitullah

Buat kamu yang ingin pergi ke Tanah Suci dalam rangka ibadah Haji atau Umrah, silakan gunakan Takafulink Salam Ziarah Baitullah. Produk ini merupakan solusi perencanaan biaya perjalanan ibadah ke tanah suci plus asuransi jiwa.

Kamu mendapat santunan biaya kesehatan untuk Peserta senilai dengan plan yang dipilih apabila dirawat inap di klinik atau rumah sakit.

Tentunya, masih ada berbagai jenis investasi yang bebas dipilih sesuai kebutuhan kamu dan keluarga.

e) Takafulink Salam Wakaf

Produk asuransi Takafulink Salam Wakaf memberikan proteksi finansial atas berbagai risiko hidup sampai dengan usia 80 tahun.

Manfaat produk satu ini adalah menghadirkan manfaat wakaf untuk disalurkan melalui Nazhir atau Badan Pengelola Wakaf yang terpercaya.

f) Takafulink Salam Community

Takafulink Salam Community merupakan produk asuransi syariah dari Takaful Keluarga. Produk ini memberi proteksi finansial atas berbagai risiko hidup dan kesehatan sampai dengan usia 80 tahun.

Selain itu, kontribusi dalam produk ini lebih terjangkau dengan minimum 10 orang peserta dan minimum kontribusi kolektif sebesar Rp 2.500.000,- per bulan.

g) Takaful Falah Saving

Takaful Falah Saving memberikan perlindungan keuangan atas risiko hidup dan kesehatan sampai dengan usia 75 tahun.

Kamu mendapatkan perencanaan investasi non-unitlink dengan masa akad minimum 10 tahun dengan penambahan dana investasi yang bisa dilakukan setiap saat.

h) Takaful Falah Proteksi

Takaful Falah Proteksi memberikan perlindungan finansial atas risiko hidup dan kesehatan sampai dengan usia 70 tahun.

Selain itu, perencanaan investasi non-unitlink pun terbilang singkat dengan masa akad 5 tahun. Kontribusi pun cukup terjangkau mulai dari Rp 300.000,- per bulan,

i) Takaful Al Khairat Plus

Produk Takaful Al Khairat Plus dari Takaful Keluarga menawarkan perlindungan finansial atas risiko hidup dan kesehatan sampai dengan usia 75 tahun.

Manfaat tambahan yang bisa kamu peroleh berupa asuransi kesehatan untuk perorangan maupun seluruh anggota keluarga dengan maksimal 4 orang anggota keluarga. Selain itu, kontribusi dapat dibayar per tahun yang semakin meringankan keuangan kamu.

j) Takaful Kecelakaan Diri Individu

Takaful Kecelakaan DIri Individu menawarkan perlindungan dan proteksi finansial atas musibah meninggal dunia karena kecelakaan sampai dengan usia 80 tahun.

Manfaat yang didapatkan antara lain santunan cacat tetap total dan cacat tetap sebagian karena kecelakaan. Kamu bisa mulai berkontribusi secara langsung karena biaya kontribusi yang terjangkau mulai dari Rp 250.000,- per tahun dengan manfaat optimal.

#2. Asuransi Jiwa PRU Syariah

PRUSyariah dari Prudential
Asuransi PRUSyariah dari Prudential. | via goodscoop.id

PRU Syariah merupakan produk dan program asuransi syariah dari Prudential. PruSyariah menghadirkan berbagai pilihan asuransi jiwa dengan berbagai manfaat.

Salah satu keungguan dari asuransi ini, dana kelolaan dari para peserta asuransi akan diinvestasikan pada berbagai jenis usaha yang produktif, dan tentunya halal.

Baca Juga: 3 Cara Menutup Polis Asuransi Prudential [Terbukti & Termudah]

Beberapa produk PRU Syariah yang bisa kamu pilih:

a) PRUProtection Syariah

PRUProtection Syariah merupakan Produk Asuransi Jiwa Pembiayaan Kumpulan dari PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bagi Nasabah Pemegang Polis, dengan pembayaran Kontribusi secara sekaligus.

PRUProtection Syariah dilekatkan pada produk pembiayaan sesuai dengan pilihan Nasabah Pemegang Polis.

Produk ini tersedia dalam mata uang rupiah dan Kontribusi yang dibayarkan oleh Pemegang Polis memberikan manfaat perlindungan (proteksi) selama Masa Kepesertaan

b) PRUCrisis Cover Benefit Plus Syariah 61

Prudential Indonesia hadir untuk memberikan solusi yang dapat kamu pilih. PRUcrisis cover benefit plus syariah 61 merupakan
produk asuransi tambahan yang memberikan perlindungan komprehensif atas 61 penyakit kritis stadium akhir.

Dengan PRUcrisis cover benefit plus syariah 61, kamu bisa mencapai kondisi keuangan yang memadai untuk menjalani perawatan dan berfokus untuk memulihkan diri, apabila terkena penyakit kritis.

c) PRULink Syariah Care

Produk Asuransi Jiwa Syariah dikaitkan dengan Investasi yang memberikan perlindungan komprehensif terhadap risiko meninggal dunia sampai usia 99 tahun dan cacat total & tetap sampai usia 70 tahun.

#3. Asuransi Jiwa Syariah Sinarmas

Asuransi Sinar Mas Syariah
Asuransi Sinar Mas Syariah. | via goodscoop.id

Asuransi Sinarmas Syariah menggunakan beberapa akad, antara lain akad tabarru, akad tijarah, akad wakalah bil ujrah, dan akad mudharabah.

Produk asuransi yang disediakan oleh asuransi ini memiliki beberapa keunggulan, seperti Cashless, tidak perlu pemeriksaan kesehatan hingga klaim jaminan kepuasan para peserta asuransi.

Baca Juga: Ini 5 Asuransi Perjalanan Syariah Terbaik & Aman agar Wisata Tenang

Produk asuransi jiwa syariah yang ditawarkan oleh Sinarmas, antara lain:

a) Simas Sehat Executive Syariah

Program Simas Sehat Executive Syariah hadir untuk mengatasi resiko finansial yang mungkin timbul akibat kecelakaan, sakit maupun pembedahan yang membutuhkan rawat inap dirumah sakit dengan biaya yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

b) Simas Sehat Gold Syariah

Program Simas Sehat Gold Syariah hadir untuk mengatasi resiko finansial yang mungkin timbul akibat kecelakaan, sakit maupun pembedahan yang mensyaratkan Rawat Inap di Rumah Sakit dengan biaya yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

#4. Asuransi Jiwa Allianz Syariah

Allianz Syariah
Asuransi Allianz Syariah. | via goodscoop.id

Selanjutnya ada Allianz  yang juga menyediakan produk asuransi berbasis syariah yang disebut dengan AlliSya.

Asuransi ini menyediakan berbagai lauanan Plan, yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan individu ataupun keluarga.

Sifat dari asuransi ini sendiri adalah stand-alone, yang artinya kamu tidak perlu membeli produk asuransi lainnya.

Produk AlliSya yang dapat dipilih:

a) AlliSya AMAN

Produk asuransi jiwa tradisional syariah yang memberikan solusi perlindungan Asuransi keMAtian dan peNyakit kritis agar kondisi finansial di masa depan senantiasa terjamin, aman dengan santunan untuk salah satu dari 77 penyakit kritis.

b) AlliSya Maxi Fund Plus

AlliSya Maxi Fund Plus merupakan program asuransi jiwa syariah dari Allianz Syariah dengan menawarkan solusi perlindungan, lengkap dengan potensi nilai investasi maksimal jangka panjang yang membantu kamu mewujudkan prioritas mimpi di masa depan.

c) AlliSya Protection Plus

AlliSya Protection Plus merupakan saah satu produk asuransi jiwa unit dari Allianz Syariah untuk memberikan perlindungan maksimal plus potensi nilai investasi baik saat kamu berada di samping keluarga tercinta, atau bahkan ketika kamu sudah tiada.

d) Fitur Wakaf

Salah satu amalan dalam Islam melalui penyaluran harta benda untuk kepentingan masyarakat serta mendapatkan keberkahan pahala yang tidak terputus sampai akhirat kelak.

Melalui fitur wakaf, harta kamu memiliki manfaat guna ketika orang yang mewakafkan meninggal dunia.

e) Alliaz Tasbih

Produk asuransi AlliSya Alliaz Tasbih membantu kamu untuk mewujudkan impian menunaikan ibadah haji.

Dengan perencanaan tahapan dana haji yang tepat dari Allianz Syariah, niat haji kamu dapat direalisasikan dan diwujudkan dengan tambahan manfaat perlindungan bagi Anda dan keluarga tercinta.

Baca Juga: 7 Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik & Legal Terdaftar OJK

#5. Asuransi Jiwa AXA Mandiri Syariah

AXA Mandiri Syariah
Asuransi AXA Mandiri Syariah. | via goodscoop.id

AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang masih terkait dengan Bank Mandiri. Perusahaan asuransi ini juga menyediakan layanan berbasis syariah.

Menariknya, asuransi ini menawarkan berbagai macam keunggulan, seperti:

  • Manfaat rawat inap di rumah sakit seluruh Negara ASEAN,
  • Manfaat rawat jalan sesuai plan yang dipilih, manfaat
  • Santunan tunai harian,
  • Manfaat santunan meninggal dunia akibat kecelakaan,
  • Surplus underwriting (sesuai polis)
  • Fitur wakaf

Selain itu, syarat dan ketentuan untuk menjadi peserta asuransi ini usia minimalnya 18 tahun dan usia tertanggung mulai dari 15 hari hingga 65 tahun.

Baiknya lagi, asuransi AXA Mandiri juga memberikan program perlindungan kesehatan hingga umur 85 tahun.

Baca Juga: 7 Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah Bagi Keuangan Keluarga

#6. Asuransi Jiwa Syariah Manulife

Asuransi Manulife Berkah Safelink
Asuransi Manulife Berkah Safelink. | via goodscoop.id

Manulife Syariah merupakan perusahaan asuransi di Indonesia yang menyediakan beragam layanan perlidungan seperti:

  • Asuransi jiwa
  • Asuransi kesehatan dan kecelakaan
  • Layanan investasi
  • Pengelolaan dana pensiun bagi individu atau pelaku usaha

Manulife membagi asuransi proteksi jiwa dalam dua jangka, yakni proteksi seumur hidup dan proteksi berjangka.

Sesuai namanya, proteksi jiwa sampai seumur hidup, sedangkan proteksi berjangka sampai dengan jangka waktu tertentu.

#7. Asuransi Jiwa BNI Life Syariah

Asuransi BNI Syariah
Asuransi BNI Syariah. | via goodscoop.id

Sebagai salah satu bank BUMN, BNI juga turut memberikan layanan perlindungan berupa asuransi jiwa syariah.

BNI Life Syariah memberikan proteksi keuangan yang mungkin terjadi selama masa berlaku asuransi yang diakibatkan kecelakaan ataupun bukan kecelakaan.

Baca Juga: 6 Asuransi Syariah Terbaik, Aman, dengan Rekam Jejak Memuaskan

Berikut beberapa produk asuransi jiwa syariah yang dikeluarkan oleh BNI Life Syariah:

  • Blife Syariah Multipro Link
  • BNI Life Hy End Pro Syariah
  • BNI Life Sakinah Multipro Link
  • BNI Life Sakinah Investa Link
  • BLife Ekawarsa Syariah
  • BNI Life Wadi’ah Gold Cendekia

Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia – Infografis

Asuransi Syariah Terbaik - Infografis
Asuransi Syariah Terbaik – Infografis. | via goodscoop.id

Penutup

Itulah 7 asuransi jiwa syariah yang bebas dari riba dan telah terdaftar di OJK. Pilihlah polis asuransi yang sesuai manfaat dan kebutuhan kamu, ya!

Advertisements

Tinggalkan Balasan