free page hit counter
Asuransi Perjalanan Syariah
Pilihan asuransi perjalanan syariah terbaik untuk wisata. | via goodscoop.id

Asuransi Perjalanan Syariah: Panduan Lengkap untuk Milenial

Artikel diperbarui pada 24 Desember 2021.

Asuransi perjalanan syariah hadir untuk kamu sebagai bentuk perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Selain memberikan rasa aman dan nyaman asuransi ini juga sudah sesuai dengan tuntunan dan syariat Islam. 

Dewasa ini kian banyak orang yang menyadari tentang pentingnya menggunakan asuransi perjalanan berbasis syariah. 

Selain menjamin perjalanan lebih aman dan nyaman, produk jaminan keselamatan ini juga berpedoman pada ajaran islam serta memiliki banyak manfaat. 

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan asuransi ini meliputi jaminan keselamatan, biaya perawatan medis, kehilangan atau kerusakan bagasi  hingga santunan kematian. 

Tak hanya itu,  masalah ketidaknyamanan selama perjalanan, kehilangan atau kerusakan bagasi dan bencana alam juga dapat dicover dengan menggunakan asuransi perjalanan berbasis syariah. 

Agar kamu semakin paham mengenai asuransi perjalanan syariah dan manfaatnya, simak panduan lengkap yang disusun oleh tim penulis goodscoop.id berikut ini.

Apa Itu Asuransi Perjalanan Syariah?

Apa Itu Asuransi Perjalanan Syariah - Infografis
Pengertian asuransi perjalanan syariah – Infografis. | via goodscoop.id

Asuransi perjalanan syariah adalah produk asuransi bagi pelancong dengan prinsip Islam ta’awun yang mengutamakan asas tolong menolong.

Meskipun memiliki nama asuransi perjalanan syariah, perjalanan yang di-cover oleh asuransi ini tidak hanya perjalanan berkaitan dengan ibadah.

Meskipun memang kebanyakan perusahaan asuransi di Indonesia hanya menawarkan asuransi perjalanan syariah untuk keperluan Umrah atau Haji.

Negara yang Mewajibkan Pelancong Memiliki Asuransi Perjalanan

Dalam beberapa perjalanan luar negeri seperti Umrah, Haji, atau wisata di negara asing, kamu perlu memiliki asuransi perjalanan.

Beberapa negara mewajibkan pelancong untuk memiliki asuransi perjalanan sebagai syarat untuk mendapat visa turis atau visa kunjungan di negara tersebut.

Berikut ini adalah daftar negara yang mewajibkan kamu untuk memiliki asuransi perjalanan luar negeri baik syariah maupun konvensional:

  1. Republik Kuba
  2. 26 Negara yang tergabung dalam perjanjian Schengen seperti Asutris, Belgia, Jerman, Denmark, Finlandia, Perancis, Italia, Spanyol, dan lainnya
  3. Uni Emirat Arab
  4. Antartika
  5. Saudi Arabia
  6. Kamboja
  7. Singapura
  8. Bahama
  9. Costa Rica
  10. dan negara lainnya.

Manfaat Asuransi Perjalanan Syariah

Manfaat Asuransi Perjalanan - Infografis
Manfaat Asuransi Perjalanan – Infografis. | via goodscoop.id

Meskipun tujuan perjalanan kamu untuk melancong, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan, termasuk asuransi perjalanan.

Berikut ini adalah manfaat asuransi perjalanan syariah bagi para pelancong domestik maupun luar negeri:

#1. Asuransi memudahkan perjalanan kamu sampai tujuan

Kalau kamu sudah sering bepergian dengan pesawat terbang dan harus ganti pesawat di negara lain, tentu kamu paham bahwa tidak semuanya bisa berjalan mulus.

Kadang, pesawat kamu mendarat terlambat dan kamu melewatkan penerbangan kedua yang sudah kamu bayar.

Jika kamu tidak memiliki asuransi perjalanan, biasanya kamu masih bisa ikut penerbangan selanjutnya namun dengan membayar biaya tiket baru, baik dengan atau tanpa diskon.

Sebaliknya, jika kamu memiliki asuransi perjalanan, biaya tiket karena keterlambatan pesawat akan diganti sepenuhnya.

#2. Remunerasi pembatalan atau keterlambatan perjalanan

Perjalanan kamu bisa saja dibatalkan atau terlambat karena faktor cuaca, kendaraan, maupun masalah yang dihadapi oleh jasa transportasi.

Jika kamu memiliki asuransi perjalanan, kamu akan mendapat ganti rugi, mulai dari akomodasi, makanan, dan ganti rugi uang.

Tanpa asuransi perjalanan, biasanya kamu hanya mendapat permintaan maaf dari penyedia jasa transportasi.

#3. Asuransi perjalanan menanggung risiko bagasi rusak atau hilang

Ketika bepergian, tentu kamu akan membawa bagasi. Bagasi yang kamu bawa pun bisa memiliki harga jauh lebih mahal daripada tiket pesawat.

Sayangnya, ketika bagasi sudah di-check in, kamu sudah tidak bisa lagi memantau keselamatan bagasi kamu.

Kalau kamu kurang beruntung, bagasi kamu bisa rusak, hilang, tertinggal, atau bahkan dikirim ke tujuan yang salah.

Dengan asuransi perjalanan syariah, kamu bisa mengajukan klaim kerugian yang nantinya akan digantirugi oleh perusahaan asuransi syariah.

#4. Biaya medis

Salah satu manfaat paling penting dari asuransi perjalanan syariah adalah perlindungan biaya medis jika terjadi hal tak diinginkan.

Ketika kamu sakit di luar negeri, biaya rumah sakit bisa jadi sangat tinggi dan mengacaukan budget kamu selama perjalanan.

Karena risiko ini, tak jarang negara-negara Eropa mewajibkan pelancong untuk memiliki asuransi perjalanan yang meng-cover biaya rumah sakit jika kamu sakit di negara mereka.

Perusahaan asuransi akan menanggung biaya rumah sakit jika kamu harus dirawat selama masa perjalanan di luar negeri. Tentu saja, jumlah yang ditanggung akan sesuai dengan isi perjanjian pada buku polis.

Bagi kamu yang ingin melancong ke luar negeri, pastikan kamu memiliki asuransi perjalanan syariah yang meng-cover biaya rumah sakit. Alasannya, karena biaya rumah sakit di luar negeri bisa jadi seharga rumah baru di Indonesia!

#5. Santunan asuransi jiwa

Salah satu risiko perjalanan adalah meninggal di jalan. Meskipun tak banyak orang yang mengalami ini, tapi tetap tidak menutup kemungkinan bahwa kecelakaan bisa saja terjadi.

Kalau kamu memiliki asuransi perjalanan syariah, perusahaan asuransi akan memberi uang santunan tutup usia kepada ahli waris.

Cara Pilih Asuransi Perjalanan Syariah

Cara Pilih Asuransi Perjalanan - Infografis
Cara Pilih Asuransi Perjalanan – Infografis. | via goodscoop.id

Di Indonesia, kamu sudah bisa menemukan berbagai perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi perjalanan syariah.

Agar kamu mendapat asuransi perjalanan syariah yang sesuai dengan kebutuhan kamu, perhatikan tips memilih asuransi perjalanan syariah berikut ini:

#1. Pertimbangkan negara atau kota tujuan

Asuransi perjalanan memiliki pilihan paket agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Hal pertama yang harus kamu filter adalah memilih asuransi perjalanan syariah yang menyediakan perlindungan di negara tujuan kamu.

Sebagai contoh, kebutuhan asuransi kamu yang ingin melakukan perjalanan ke negara-negara Eropa, tentu berbeda dengan kamu yang ingin melancong ke negara-negara Timur Tengah.

Negara-negara yang relatif aman biasanya memiliki premi murah dan rendah. Sedangkan negara-negara berkonflik tinggi tentu memiliki premi lebih mahal, atau bahkan tidak tercover sama sekali.

Kalau negara tujuan kamu cukup populer seperti Saudi Arabia, negara yang masuk dalam perjanjian Schengen, dan Amerika Serikat, maka kamu beruntung.

Cukup mudah untuk menemukan asuransi perjalanan syariah ke negara-negara tersebut.

#2. Besaran premi dan manfaat yang diterima

Pada dasarnya, perusahaan asuransi wajib membayar klaim semua peserta asuransi selama klaim tersebut sesuai dengan perjanjian polis.

Besaran santunan yang diberikan tentu sesuai dengan isi polis dan berbanding lurus dengan jumlah premi yang harus kamu bayarkan.

Pastikan kamu memilih paket yang sesuai dengan risiko perjalanan kamu.

Misalnya jika perjalanan kamu memiliki risiko tinggi seperti olahraga ekstrem, maka tentu kamu memerlukan asuransi perjalanan syariah yang mengcover biaya perawatan rumah sakit jika terjadi cedera.

Sebaliknya, jika perjalanan kamu hanya berjalan-jalan di kota dan tidak melakukan kegiatan berisiko cedera tinggi, kamu bisa memilih paket yang mengutaman keselamat barang kamu dari kehilangan.

#3. Durasi perjalanan kamu

Lama perjalanan tiap orang berbeda, sesuai keperluannya. Oleh sebab itu, tentukan berapa lama kamu akan pergi dan pertimbangkan jenis asuransi yang ingin kamu pakai.

Kalau kamu perlu asuransi perjalanan untuk 30 hari, kamu bisa memilih perusahaan asuransi yang mengcover perjalanan selama itu, seperti Zurich Asuransi Travellin Syariah.

Namun, jika kamu hanya memerlukan asuransi perjalanan dalam jangka waktu beberapa hari saja, kamu bisa memilih asuransi yang menyediakan perlindungan dalam jangk waktu tersebut seperti Allisyah New TravelPRO.

#4. Adanya kantor cabang perusahaan asuransi di negara atau kota tujuan

Kalau kamu ingin melakukan perjalanan dalam jangka waktu lama, pertimbangkan untuk memilih perusahaan asuransi yang memiliki kantor cabang di negara atau kota tujuan kamu.

Hal ini akan meringankan kamu untuk mencairkan klaim tanpa harus pulang ke Indonesia terlebih dahulu.

Perlu dijadikan catatan, tidak semua perusahaan asuransi yang berada dalam satu grup yang sama bisa menerima klaim asuransi kamu. Kadang, mereka hanya membantu proses pengurusan klaim lebih cepat karena dibantu secara internal.

#5. Cari tahu cara klaim asuransi perjalanan syariah

Sebelum kamu membeli polis, pastikan kamu tahu cara klaim asuransi perjalanan tersebut.

Pertimbangkan untuk memilih perusahaan asuransi yang menawarkan hotline dan call center yang bisa dihubungi 24 jam untuk pengajuan klaim.

Kalau kamu membeli asuransi perjalanan syariah melalui agen, pastikan agen tersebut bersedia membantu kamu untuk klaim.

Atau minimal, agen tersebut membantu kamu terhubung dengan agen asuransi lainnya yang masih aktif, jika agen tempat kamu beli sudah tidak bekerja lagi di perusahaan asuransi tempat kamu beli polis.

Baca Juga: Asuransi Syariah Terbaik: Penjelasan Lengkap Jenis dan Produknya (2021)

5 Asuransi Perjalanan Syariah Terbaik

Berikut 5 produk asuransi perjalanan dengan konsep syariah yang bisa dipilih untuk menemani perjalanan wisata atau ibadah kamu bersama keluarga.

#1. Travellin Syariah – Asuransi Perjalanan Syariah dari ADIRA

Asuransi Perjalanan Adira Insurance
Asuransi Perjalanan Adira Insurance. | via goodscoop.id

Travellin Syariah hadir untuk menemani perjalanan ibadah atau halal tour kamu dengan lebih aman dan nyaman.

Berada di bawah naungan Adira Insurance Travellin Syariah memberikan manfaat  berupa jaminan kecelakaan, cidera, sakit, hingga ketidaknyamanan selama melakukan perjalanan.

Traveling Syariah tersedia dalam tiga paket produk yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan yaitu paket gold, paket silver dan paket platinum.

Selain dijalankan sesuai dengan syariat Islam,  Asuransi Travelin Syariah juga memiliki keunggulan antara lain:

  • Repratiasi medis serta jenazah
  • Jaminan IDR 600 juta untuk kematian atau cacat permanen akibat kecelakaan
  • Memberikan santunan rawat inap akibat kecelakaan atau sakit
  • Penjaminan kehilangan bagasi
  • Penjaminan keterlambatan penerbangan
  • Penjaminan keterlambatan kedatangan bagasi
  • Adanya komponen zakat di dalam kontribusi asuransi

Asuransi ini juga dibekali dengan keunggulan lain seperti penggantian biaya pembatalan perjalanan, sistem pembayaran manfaat secara Reimbursement dan Cashless, call center 24 jam.

Baca Juga: Cara Pilih Asuransi Mobil Syariah: Panduan Lengkap Milenial

#2. Asuransi Perjalanan Syariah Jasindo – Haji dan Umrah Tenang

Asuransi Perjalanan Jasindo Syariah
Asuransi Perjalanan Jasindo Syariah. | via goodscoop.id

Selanjutnya ada asuransi Jasindo Syariah yang dapat mengcover ketika tertanggung mengalami kerugian selama melakukan perjalanan.

Bentuk kerugian yang dapat dicover oleh asuransi ini berupa masalah kecelakaan, kehilangan dokumen perjalanan, kehilangan bagasi hingga keterlambatan kedatangan atau keberangkatan.

Selain itu, Asuransi Jasindo Syariah memiliki beberapa manfaat seperti:

  • Memberikan santunan kematian akibat kecelakaan
  • Menanggung biaya perawatan akibat kecelakaan
  • Santunan kebongkaran untuk rumah yang ditinggalkan
  • Santunan kebakaran untuk rumah yang ditinggalkan

Baca Juga: Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional, Ini Penjelasannya

#3. Asuransi Perjalanan Syariah Sonwelis Takaful – Untuk Wisata, Haji & Umrah

Asuransi Perjalanan Syariah Sonwelis Takaful
Asuransi Perjalanan Syariah Sonwelis Takaful. | via goodscoop.id

Tujuan utama dari asuransi ini adalah untuk memberikan perlindungan terhadap tertanggung selama melakukan perjalanan ke luar negeri baik untuk wisata, umrah atau Haji.

Selain itu, produk asuransi perjalanan dari Sonwelis Takaful ini mempunyai beberapa manfaat seperti:

  • Pemberian premi kematian atau kecacatan permanen
  • Biaya perawatan
  • Santunan evakuasi medis
  • Repratiasi jenazah
  • Santunan untuk rawat inap di rumah sakit
  • Mengatasi masalah ketidaknyamanan selama perjalanan

Baca Juga: Ini 5 Asuransi Mobil Syariah Terbaik Bebas Riba, Halal MUI

#4. Asuransi Perjalanan Wakalahmu – Wisata Bebas Khawatir

Asuransi Perjalanan Wakalahmu
Asuransi Perjalanan Wakalahmu. | via goodscoop.id

Selanjutnya ada produk asuransi dari Wakalahmu yang bisa dijadikan teman perlindungan selama dalam perjalanan wisata ataupun beribadah.

Mengedepankan prinsip tolong-menolong asuransi ini juga dapat membantu kamu saat mengalami hal yang tidak diinginkan selama perjalanan seperti:

  • Kecelakaan
  • Sakit saat perjalanan
  • Kehilangan bagasi
  • Kehilangan dokumen
  • Ketinggalan pesawat
  • Keterlambatan penerbangan

Sesuai dengan namanya, asuransi ini berpedoman pada syariat Islam dan mengedepankan asas ta’awun atau tolong menolong.

Selain itu, asuransi perjalanan syariah dari Wakalahmu ini juga terbukti amanah karena dikelola secara professional dengan tetap mengdepankan prinsip syariah.

Di akhir periode polis peserta asuransi berhak mendapatkan bagi hasil dengan perhitungan dari kelebihan dana tabaru dengan syarat peserta tidak melakukan klaim selama periode polis.

Baca Juga: 7 Asuransi Jiwa Syariah Terbaik Terdaftar OJK & Bebas Riba

#5. Salaam Safar – Asuransi Perjalanan dari Asuransi Bintang

Asuransi Salaam Safar dari Asuransi Bintang
Asuransi Salaam Safar dari Asuransi Bintang. | via goodscoop.id

Salaam Safar merupakan salah satu produk Asuransi Bintang yang khusus untuk perjalanan umroh kamu dan keluarga.

Manfaat dari asuransi perjalanan ini adalah sebagai jaminan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan hingga masalah ketidaknyamanan selama perjalanan.

Baca Juga: Reksadana Syariah: Panduan Lengkap untuk Investor Pemula (2021)

Tak hanya itu, Asuransi Salaam Safar juga memiliki manfaat lain seperti:

  • Sebagai jaminan atas terjadinya kecelakaan
  • Memberikan layanan medis
  • Memberikan santunan kematian/kecacatan akibat kecelakaan
  • Menanggung biaya perawatan dan pengobatan ketika terjadi kecelakaan
  • Melakukan evakuasi medis dari luar negeri
  • Menanggung perawatan lanjutan di Indonesia

Selain beberapa manfaat diatas, Asuransi Salaam Safar juga memiliki manfaat lain seperti memfasilitasi kunjungan keluarga, memfasilitasi pemulangan jenazah hingga pemulangan anak di bawah umur.

Baca Juga: 6 Asuransi Syariah Terbaik, Aman, dengan Rekam Jejak Memuaskan

Selalu Merasa Aman Dengan Asuransi Perjalanan Syariah

Dalam perjalanan baik ibadah maupun berwisata setiap orang pasti ingin selalu merasa aman dan nyaman. 

Namun sebagai manusia kita memiliki keterbatasan untuk melihat apa yang akan terjadi di masa depan.

Ketidaktahuan ini kadang membuat sebagian orang dan mungkin juga kamu merasa was-was dan khawatir. 

Namun hal tersebut kini dapat diminimalisir dengan adanya perlindungan keselamatan berupa asuransi perjalanan dengan sistim syariah. 

Baca Juga: 7 Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah Bagi Keuangan Keluarga

Asuransi Perjalanan Syariah – Infografis

Asuransi Perjalanan Syariah Terbaik
Asuransi Perjalanan Syariah Terbaik – Infografis. | via goodscoop.id

Asuransi Perjalanan Syariah – Tanya Jawab

Apa pengertian dari asuransi perjalanan syariah?

Asuransi perjalanan syariah adalah asuransi dengan akad tolong menolong untuk memberikan perlindungan terhadap segala risiko yang mungkin terjadi ketika kamu melakukan perjalanan domestik maupun mancanegara.

Asuransi perjalanan termasuk asuransi apa?

Asuransi perjalanan syariah termasuk asuransi yang memberikan perlindungan pada para pelancong. Beberapa manfaat yang mungkin kamu terima antara lain ganti rugi atas:

  • keterlambatan perjalanan,
  • bagasi hilang atau rusak,
  • sakit dalam perjalanan,
  • dan menfaat lain sesuai polis.

Apa manfaat asuransi perjalanan syariah?

Asuransi perjalanan syariah memiliki manfaat untuk melindungi pelancong dari hal-hal yang tidak terduga seperti kecelakaan atau cedera.

Selain itu, asuransi perjalanan syariah juga memberikan ganti rugi atas keterlambatan perjalanan, memberikan akomodasi dan makanan jika terjadi keterlambatan perjalanan, dan bagasi hilang.

Masih ada manfaat asuransi perjalanan syariah lainnya yang bisa kamu temukan.

Berapa biaya asuransi perjalanan ke Eropa?

Biaya asuransi perjalanan ke Eropa untuk visa Schngen bervariasi mulai dari Rp 1,5 juta per orang dengan pertangunggan maksimal Rp 6 miliar.

Besaran biaya asuransi perjalanan ke Eropa juga ditentukan berdasarkan durasi perjalanan dan tujuan perjalanan.

Penutup

Dengan adanya asuransi ini kamu akan menerima banyak sekali kompensasi serta ganti rugi sesuai dengan peristiwa yang kamu alami dengan berpedoman pada syariat Islam.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa asuransi perjalanan syariah dipilih tidak hanya dari manfaat namun juga selaras dengan tuntunan dan ajaran agama Islam.

Tinggalkan Balasan