free page hit counter
Asuransi Mobil Syariah
Ini pilihan asuransi mobil syariah untuk mengamankan si roda empat. | via goodscoop.id

5 Asuransi Mobil Syariah Terbaik Bebas Riba dengan Rekam Jejak Bagus

Artikel diperbarui pada 28 Desember 2021.

Asuransi mobil syariah menjadi opsi terbaik untuk kamu yang ingin melindungi mobil tanpa takut terkena riba. Selain berporos pada hukum islam, kualitas perlindungan yang ditawarkan juga tak kalah dengan asuransi mobil konvensional. 

Sesuai dengan namanya, Asuransi Mobil (asmob) Syariah merupakan produk layanan yang berlandaskan hukum syariat islam. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan proteksi terhadap berbagai macam kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan, bencana alam maupun kerusuhan. 

Baca Juga: Asuransi Syariah Terbaik: Penjelasan Lengkap Jenis dan Produknya (2021)

Di dalam asuransi kendaraan syariah akad yang digunakan menggunakan akad wakalah bil ujrah. Dimana nanti pihak asuransi akan diberikan kuasa penuh dalam mengelola dana tabarru serta berhak mendapatkan ujrah atau upah. 

Berikut ini adalah 7 produk asuransi kendaraan motor dan mobil syariah di Indonesia yang dapat kamu jadikan bahan petimbangan. 

Baca Juga: Cara Pilih Asuransi Mobil Syariah: Panduan Lengkap Milenial

#1. Asuransi Takaful Ulum – Jaminan untuk Berbagai Jenis Kendaraan

Asuransi Kendaraan Bermotor Syariah Takaful
Asuransi Kendaraan Bermotor Syariah Takaful. | via goodscoop.id

Produk pertama ada dari Asuransi Takaful Ulum. Asuransi mobil berbasis syariah ini menawarkan proteksi maksimal untuk berbagai macam jenis kendaraan (non bus, bus, pickup, non truk hingga sepeda motor) dengan sistem penggunaan non komersial. 

Asuransi kendaraan Takaful Ulum juga menawarkan berbagai jenis polis standar asuransi kendaraan seperti asmob all risk, loss coverage hingga total loss only (TLO). 

Untuk cakupan risiko yang bisa dicover oleh asuransi ini juga cukup luas mulai dari kecelakaan, kebakaran akibat petir, pencurian, benturan, kejahatan hingga biaya derek. 

Baiknya lagi Asuransi kendaraan syariah Takaful Umum telah memiliki bengkel rekaan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Seperti di Pulau Jawa, Jabodetabek, Banten, Kalimantan dan juga Sulawesi. 

Baca Juga: Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil All Risk (+Contoh)

#2. Asuransi Autocillin Syariah – Asuransi Mobil dengan Pilihan Premi

Asuransi Mobil Autocilin Adira Insurance
Asuransi Mobil Autocilin Adira Insurance. | via goodscoop.id

Asuransi Autocillin Syariah merupakan salah satu produk asuransi kendaraan bermotor terbaik di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 10 tahun.

Berada di bawah naungan Adira Insurance, Asuransi Autocillin Syariah menawarkan opsi jumlah premi seperti comprehensive ataupun total loss only (TLO). 

Sama seperti produk sebelumnya sistem perlindungan yang diberikan oleh asuransi ini juga mencakup kecelakaan diri, kerusakan akibat bencana alam, ganti rugi pihak ketiga, mogok, kerusuhan hingga masalah biaya pengobatan. 

Asuransi Autocillin Syariah juga telah menyediakan berbagai fitur unggulan seperti ketersediaan bengkel di seluruh Indonesia, layanan free derek hingga sistem pembayaran premi secara penuh.

Selain itu, Asuransi Adira Syariah juga telah memiliki lebih dari 100 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Asuransi Kendaraan Autocillin Syariah juga telah mendapatkan sertifikasi dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) sebagai produk asuransi halalan toyiban. 

Baca Juga: 7 Asuransi Motor & Mobil Terdaftar OJK, Klaim Mudah Cair

#3. Asuransi Mobil CHUBB Syariah – Layanan Asuransi Terpercaya

Asuransi Kendaraan Bermotor Chubb Syariah
Asuransi Kendaraan Bermotor Chubb Syariah. | via goodscoop.id

Asuransi Mobil CHUBB Syariah menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin melindungi mobil kesayangan dari kerusakan ataupun kehilangan.

Produk layanan yang ditawarkan oleh Asuransi Mobil CHUBB terdiri dari dua macam yaitu:

  • Asuransi Syariah Kendaraan Bermotor Perorangan, dan
  • Asuransi Syariah Kendaraan Bermotor Korporasi. 

Untuk cakupan manfaat dari  asuransi kendaraan berbasis syariah ini meliputi total loss, partial loss hingga constructive total loss.

Asuransi Mobil CHUBB Syariah juga semakin mumpuni dengan fitur klaim yang mudah baik melalui kantor pusat, hotline, email ataupun kantor cabang asuransi. 

Baca Juga: 6 Asuransi Syariah Terbaik, Aman, dengan Rekam Jejak Memuaskan

#4. Asuransi Mobil All Risk Otomate ACA Syariah – Anti Ribet

ACA Asuransi Syariah
ACA Asuransi Syariah. | via goodscoop.id

Asuransi Mobil All Risk Otomate Syariah merupakan salah satu produk asurnasi terbaik di Indonesia dengan harga pertanggungan hingga lebih dari Rp100.000.000. 

Tak hanya itu, asuransi ini juga menawarkan jaminan proteksi atas kerugian dan kerusakan kendaraan yang diakibatkan oleh:

  • kecelakaan,
  • kehilangan,
  • kerusuhan,
  • bencana alam. 

Dari segi manfaat Asuransi Mobil ACA Syariah telah mencakup seputar tanggung jawab hukum pihak ketiga hingga Rp20.000.000.

Selain itu ada juga bentuk santunan kematian untuk penumpang dan pengemudi sebesar  Rp10.000.000 per orang. 

Ada juga manfaat lain yang dapat kamu nikmati seperti fasilitas mobil pengganti, mobil derek, ambulans, perbaikan darurat hingga layanan informasi polis hingga 24 jam. 

Baca Juga: Asuransi Pendidikan Syariah: 4 Rekomendasi Terbaik

#5. Asuransi Garda OTO Syariah – Asuransi Mobil dengan Prinsip Islam

Asuransi Syariah Garda Oto
Asuransi Syariah Garda Oto. | via goodscoop.id

Asuransi Garda OTO Syariah merupakan salah satu produk asuransi kendaraan syariah yang sangat mengutamakan prinsip dan kaidah islam. Hal ini dapat kamu lihat pada sistem akad yang dilandaskan pada asas tolong menolong. 

Tak hanya itu, asuransi  Garda OTO Syariah mempunyai skema no claim bonus dan bagi hasil apabila pihak tertanggung tidak melakukan klaim di periode sebelumnya. Sistem bagi hasil tersebut juga harus dilakukan berdasarkan perhitungan keuntungan dari perusahaan yang nantinya harus dibagikan kepada pelanggan. 

Baca Juga: 7 Asuransi Jiwa Syariah Terbaik Terdaftar OJK & Bebas Riba

Meskipun sedikit berbeda dari produk asuransi konvensional namun dari segi layanan Asuransi Garda OTO Syariah tetaplah sama dan menguntungkan. Ini dapat dilihat dari rate asuransi, layanan bengkel, fasilitas hingga layanan bengkel yang tak jauh beda dengan asuransi mobil konvensional. 

Dari pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa asmob syariah tidak memiliki banyak perbedaan dengan asmob konvensional. Hanya saja untuk asuransi mobil syariah mengedepankan syariat islam dan jauh lebih aman karena bebas riba. 

Jadi untuk kamu yang ingin memberikan perlindungan terbaik pada mobil kesayangan tanpa takut riba 5 produk  asmob syariah di atas bisa dijadikan pilihan. Semoga dapat membantu.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Syariah: Panduan Lengkap untuk Milenial

Manfaat Asuransi Kendaraan Roda Empat Syariah Sebagai Proteksi

Manfaat Asuransi Kendaraan - Infografis
Manfaat Asuransi Kendaraan – Infografis. | via goodscoop.id

Asuransi mobil diperlukan untuk melindungi mobil dari hal-hal yang tak diinginkan. Pembelian polis asuransi mobil syariah penting buat kamu yang memiliki mobil bernilai tinggi dan sering digunakan.

Sebab, membeli asuransi mobil berarti kamu mengambil langkah protektif jika seandainya terjadi hal negatif terhadap mobil kamu seperti:

  • kecelakaan,
  • pencurian,
  • kerusakan,
  • kebanjiran,
  • kebakaran,
  • dan kerusakan lain akibat bencana.

Baca Juga: 8 Mobil Mewah dengan Asuransi Termahal Tahun 2021

Penutup

Sebagai bagian dari umat muslim, kamu bisa memilih membeli produk asuransi mobil syariah. Menurut MUI, asuransi mobil syariah memiliki hukum halal. Setiap perusahaan asuransi syariah memiliki Dewan Pengawas Syariah yang ditempatkan di masing-masing perusahaan.

Baca Juga: Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional, Ini Penjelasannya

Guna DPS adalah untuk memastikan bahwa produk yang diluncurkan oleh perusahaan asuransi dan pengelolaan dana oleh perusahaan tersebut dilakukan sesuai dengan syariah Islam.

Nah, silakan pilih asuransi mobil yang menurut kamu sesuai dengan kebutuhan, baik dari segi premi maupun manfaat yang kamu peroleh.