free page hit counter
Resep Susu Kurma untuk Jualan
Ini resep susu kurma anti gagal untuk jualan. | via goodscoop.id

5 Cara Membuat Susu Kurma Untuk Jualan: Resep Anti Gagal

Artikel diperbarui pada 13 Desember 2022.

Susu kurma tengah digemari karena kepopulerannya di media sosial. Berikut ini adalah resep rahasia dan cara membuat susu kurma untuk jualan. Dengan resep ini, kamu bisa jualan susu kurma atau bisnis open pre-order susu kurma.

Masyarakat Indonesia tentunya mengenal buah kurma yang selalu dihidangkan saat bulan ramadhan tiba. Ternyata, buah kurma ini bisa dicampurkan dengan susu sehingga menjadi minuman nutrisi dan bervitamin yang bernama susu kurma. 

Saat olahan kurma dan susu bersatu, kamu bisa membayangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya pasti berlimpah ruah.

Sebab, buah kurma sendiri sudah memiliki kandungan nutrisi karbohidrat, protein, vitamin B, zat besi, serta kalium. Di sisi lain, susu juga memiliki kandungan nutrisi tak kalah banyak, seperti protein, lemak, serta vitamin A, B6, dan D. 

Dari banyaknya kandungan nutrisi itu, maka susu kurma memiliki sejumlah manfaat yang sangat banyak, lho 

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat dari susu kurma serta cara membuatnya yang bisa dijadikan sebagai ide jualan menarik di jaman sekarang. 

10+ Manfaat Susu Kurma Bagi Kesehatan, Bisa Buat Kecantikan Juga, Lho 

Manfaat susu kurma. | @syifastudio - FREEPIK
Manfaat susu kurma. | @syifastudio – FREEPIK

Susu kurma memang terbukti kaya akan manfaat dan bisa dikonsumsi oleh semua kalangan. Nah, biar kamu yakin buat mengonsumsi rutin susu jenis ini, maka bisa simak manfaatnya terlebih dahulu seperti berikut ini. 

#1. Mampu Menjaga Kesehatan Jantung 

Menurut HelloSehat.com, manfaat susu kurma pertama adalah mampu menjaga kesehatan jantung, karena di dalamnya terdapat kandungan serat dan nutrisi yang mampu menurunkan efek pemicu penyakit jantung. 

Selain itu, susu kurma juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah, serta membantu tubuh dalam mendorong natrium agar pembuluh darah tidak terganggu. 

#3. Mampu Mengurangi Sembelit 

Jika kamu mengalami sembelit, biasanya disarankan untuk mengonsumsi makanan maupun minuman yang kaya akan serat. Nah, susu kurma ini bisa menjadi pilihanmu saat rasa sembelit tengah menyerang. 

Kamu bisa mengonsumsi susu kurma di pagi hari saat perut masih dalam keadaan kosong. Dengan konsumsi susu ini, dipastikan BAB menjadi lancar dan rasa sembelit yang kamu rasakan pun menghilang seketika. 

#4. Mampu Memperkuat Tulang dan Gigi 

Susu dan kurma memiliki manfaat baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki kandungan kalsium tinggi, tembaga, selenium, dan magnesium yang memiliki sifat menguatkan. 

Jadi, kalsium dan magnesium akan berperan sebagai pendorong agar kamu memiliki tulang yang kuat. Di sisi lain, tubuh manusia mengeluarkan kalsium setiap sehari, serta membutuhkan nutrisi baru agar bisa mengganti kalsium yang hilang. 

Oleh karena itu, susu kurma dengan kandungan kalsium tinggi bisa menjadi tambahan untuk menggantikan kalsium yang hilang di dalam tubuh. Alhasil, tubuh mampu memenuhi kebutuhan kalsium dengan baik, dan kamu memiliki tulang kuat, serta terhindar dari ancaman penyakit. 

#5. Mampu Membuat Kulit Lebih Lembut dan Cerah 

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata susu kurma juga berkhasiat dalam kesehatan kulit, lho. Bagi kamu yang menginginkan kulit cerah dan lembut alami, maka bisa mengonsumsi susu kurma setiap hari dengan rutin. 

Sebuah penelitian dari Scientific World Journal mengungkapkan, kurma memiliki kandungan anti penuaan alias phytohormone. Nah, hormon ini diyakini mampu mengurangi efek penuaan dini yang cukup terbukti ampuh.  

Sementara kandungan dari susu sendiri, kamu mungkin pernah melihat atau membaca bahwa susu memiliki kandungan vitamin D. Vitamin ini sangat baik dalam melindungi kulit terhadap radiasi sinar UV, serta mengurangi risiko kulit kering, dan eksim.

Jadi, saat kurma dan susu dicampurkan menjadi susu kurma, kamu bisa tebak sendiri sekaya apa kandungan yang dimiliki oleh minuman tersebut. 

#6. Mampu Menjaga Kesehatan Sistem Saraf 

Sistem saraf merupakan bagian terpenting yang mesti dijaga kesehatannya. Salah satu cara efektif untuk menjaganya adalah dengan mengonsumsi susu kurma, karena minuman itu mengandung nutrisi seperti Vitamin B, Kalium, dan Natrium. 

Ketiga nutrisi itu penting bagi kesehatan saraf karena menjadi penghubung atau pengirim pesan dari tubuh ke otak, maupun sebaliknya. 

Ditambah lagi, ion yang terdapat dalam kalium dan natrium mampu menghasilkan rangsangan saraf serta membantu menyampaikan pesan dari otak ke tubuh.  

#6. Mampu Menambah Stamina Tubuh 

Manfaat susu kurma berikutnya adalah sebagai penambah stamina bagi tubuh, seperti meningkatkan energi, memperbaiki fungsi organ tubuh seperti, sistem saraf, hati, pembuluh darah, hingga usus besar. 

Bahkan, susu kurma bisa membuang berbagai zat berbahaya yang berasal dari makanan di dalam tubuh.  

#7. Mampu Tingkatkan Produksi ASI 

Bagi ibu menyusui, susu kurma cocok diminum agar produksi ASI menjadi meningkat dan membuat si kecil tidak kekurangan ASI. Susu kurma mengandung treonin dan gliserin yang membantu proses produksi ASI menjadi lebih lancar setiap hari. 

#8. Mampu Menjaga Imunitas Tubuh 

Susu kurma bermanfaat besar dalam menjaga sistem imunitas tubuh. Konsumsi susu kurma secara teratur bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit dan menyelamatkan organ hati dari racun berbahaya. 

Manfaat ini muncul dari kandungan kulit kurma yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti virus dan anti jamur. Jadi, tubuh bisa sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. 

#9. Mampu Menurunkan Risiko Kanker 

Konsumsi susu kurma secara rutin ternyata mampu menghindarkan kamu dari risiko kanker, lho. Susu kurma mengandung antioksidan alami, magnesium, kalsium, serta fosfor yang kaya. Kandungan itulah yang menjaga tubuh tetap sehat dan menurunkan risiko terjadinya kanker di dalam tubuh. 

#10. Mampu Menjaga Kesehatan Mata 

Selain menjaga tubuh dari serangan penyakit berbahaya, susu kurma juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Pasalnya, susu kurma memiliki kandungan vitamin A dan B tinggi yang sangat baik bagi mata.  

Perlu kamu ketahui, mata merupakan bagian pancaindra yang penting untuk dijaga agar tidak terkena penyakit berbahaya.

Konsumsi susu kurma setiap hari bisa meningkatkan kelembapan mata, sehingga mampu mempertajam penglihatannya. Selain itu, susu kurma juga mampu mengatasi risiko kebutaan dan lainnya. 

#11. Memberikan Perasaan Rileks dan Menghilangkan Stres 

Susu kurma mampu menghilangkan stres dan membuat perasaanmu menjadi lebih rileks. Selain itu, susu kurma juga memiliki nutrisi makanan yang amat dibutuhkan oleh tubuh, agar bisa merangsang hormon pertumbuhan. 

Saat merasa stres karena pekerjaan, kamu bisa mengonsumsi susu kurma dan rasakan kesegarannya yang membuat perasaan dan hati menjadi rileks. Hilangkan rasa stresmu dengan susu sehat ini, dan kembalilah menjadi seseorang yang mampu berjuang dan tidak mudah stres keesokan harinya.

Meskipun susu kurma memiliki banyak manfaat dan nutrisi, jangan sampai kamu mengandalkan minuman ini untuk kebutuhan gizi atau pola hidup sehatmu, ya.  

Kamu memerlukan nutrisi lain yang berasal dari makanan sehat dan bergizi, tidak sering begadang, olahraga teratur, tidak merokok dan konsumsi alkohol, serta masih banyak lagi. 

5 Ide Cara Membuat Susu Kurma Untuk Jualan

Cara membuat susu kurma untuk jualan. | @FREEPIK
Cara membuat susu kurma untuk jualan. | @FREEPIK

Setelah kamu mengetahui nutrisi dan manfaat susu kurma, kini saatnya kamu membuat susu kurma sendiri di rumah, yuk. Gak hanya membuat, kamu juga bisa menjual susu kurma ini karena peluang bisnis di bidang minuman sedang tinggi-tingginya, lho. 

Kalau gak punya ide buat jualannya, kamu bisa mencoba beberapa resep cara membuat susu kurma untuk jualan disini, dijamin pasti laris. 

1) Resep Susu Kurma Sederhana Untuk Jualan 

Bahan: 

  • Sediakan 75 gram kurma jenis Sukari. 
  • Sediakan 150 ml air matang untuk digunakan merendam kurma. 
  • Lalu, sediakan pula air matang tambahan sebanyak 125 ml. 
  • 200 ml susu segar (fresh milk) dengan merek sesuai keinginan. 
  • 2 sdm madu merek apa saja. 

Cara Membuat: 

  • Langkah pertama, kamu wajib mengupas kurma terlebih dahulu dengan memisahkan bijinya. Sembari mengupas, silakan didihkan air matang yang akan digunakan untuk meredam kurma. 
  • Jika sudah mendidih, tuangkan air tersebut ke dalam mangkok berisi kurma yang telah dikupas. Lalu, tunggu selama 15 menit agar kurma menjadi lembek dan mudah diblender. 
  • Jika sudah 15 menit, silakan blender kurm bersama air rendamannya, kurang lebih selama 30 detik. 
  • Selanjutnya, masukkan air matang tambahan ke dalam blender, dan lanjutkan kembali blender selama kurang lebih 30 detik. 
  • Berikutnya, masukkan susu segar (fresh milk) dan madu ke dalam blender. 
  • Hidupkan kembali blender selama kurang lebih 30 sampai 45 detik saja, sampai kurma menjadi cukup halus. Catatan, apabila kamu merasa kurmanya belum cukup halus, kamu bisa menyaringnya kembali sampai terasa benar-benar halus. 
  • Selesai, susu kurma sudah bisa kamu nikmati dan jual saat itu juga. 

Kamu dapat menyajikan susu kurma untuk jualan ini secara dingin atau tambahkan es batu agar lebih nikmat. Sebaliknya, kalau kamu ingin menyajikannya secara hangat, maka bisa panaskan kompor kurang lebih 1 menit untuk menghangatkannya. 

Resep susu kurma untuk jualan ini sudah menggunakan takaran pas alias tidak terlalu manis, ya. Jadi, kamu bisa menjualnya dengan percaya diri dan dipastikan minuman ini sehat, serta kaya akan manfaat. 

2) Resep Susu Kurma Jelly Plus Madu dengan Segudang Khasiat 

Bahan Membuat Jelly: 

  • Siapkan 1 bungkus Nutrijell rasa Cincau 
  • 500 ml air atau sesuai selera 
  • 6 sdm gula pasir 

Bahan Membuat Susu Kurma: 

  • 10 buah kurma dengan jenis sesuai selera, buang bijinya. 
  • 250 ml air matang. 
  • 500 ml susu UHT. 
  • Madu sesuai selera 

Cara Membuat: 

  • Cuci bersih terlebih dahulu kurmanya, lalu masukkan ke dalam wadah tertutup serta campurkan dengan air matang sebanyak 250 ml. 
  • Kamu dapat mendiamkan kurma di dalam wadah tertutup itu selama kurang lebih 6-8 jam. 
  • Sambil menunggu, kamu bisa membuat jelly terlebih dahulu. Caranya, masukkan semua bahan jelly tadi ke dalam panci. Kemudian, rebus dalam api sedang sambil diaduk-aduk hingga semua bahan larut. 
  • Pindahkan jelly yang sudah direbus tadi ke dalam wadah agar menjadi dingin. Tunggu beberapa menit sampai teksturnya mengental. 
  • Jika sudah mengental alias beku, potong-potong jelly tersebut sesuai selera. Jadi, kamu boleh memotongnya dalam bentuk kotak, memanjang dan lainnya.  
  • Kalau sudah, sisihkan jelly yang sudah dipotong-potong tadi. 
  • Setelah lewat 8 jam, kamu dapat memasukkan kurma ke dalam blender beserta air rendamannya.  
  • Masukkan susu UHT sebanyak 500 ml dan blender sampai semua bahan tercampur. 
  • Selesai. 

Susu kurma bisa dihidangkan atau dijual dalam cangkir plastik ukuran kecil, sedang, maupun besar.  Untuk toppingnya, kamu bisa memasukkan jelly yang sudah dipotong-potong tadi, lalu tambahkan sedikit madu agar tampilannya menjadi lebih menarik. 

3) Resep Es Susu Kurma Cincau Serut 

Bahan: 

  • Siapkan 20 butir kurma yang sudah dibuang bijinya dan direndam semalaman. 
  • Siapkan susu UHT sebanyak 750 ml. 
  • Siapkan madu sebanyak 2 sdm saja. 
  • Siapkan cincau, lalu di serut dan disimpan dalam wadah tertutup. 
  • Es batu secukupnya. 

Cara Membuat: 

  • Langkah pertama, kamu bisa tiriskan kurma lebih dulu dari air rendamannya.  
  • Masukkan kurma yang sudah ditiriskan ke dalam blender. 
  • Selanjutnya, tuangkan 750 ml susu UHT dan 2 sdm madu. 
  • Blender sampai halus, lalu saring hasil blenderan tersebut untuk hasil yang lebih smooth. Sebagai catatan, kamu bisa saring hasil blender menggunakan kain putih bersih yang khusus digunakan untuk saring makanan agar lebih cepat. 
  • Jika sudah, kamu bisa memasukkan susu kurma ke dalam botol, lalu simpan di dalam kulkas agar dingin dan nikmat. 

Apabila ingin disajikan kepada pembeli, kamu bisa menuangkannya ke dalam gelas plastik khusus, lalu ditambahkan topping serutan cincau serta es batu. Dijamin konsumenmu bakal kembali dan ketagihan! 

4) Resep Susu Kurma Almond Paling Banyak Disukai 

Bahan: 

  • Siapkan 1,5 cup kacang almond mentah. 
  • Air matang secukupnya. 
  • 6 kurma medjool yang sudah dibuang bijinya. 
  • 1 sdt ekstrak vanili. 
  • Bubuk kayu manis sebanyak 1,5 sdt. 
  • Garam sedikit saja. 
  • Siapkan 1,5 cup strawberry, lalu potong-potong atau sesuai selera. 
  • Siapkan 3 sdm bubuk cokelat tanpa pemanis. 

Cara Membuat: 

  • Langkah pertama, rendam almond terlebih dahulu selama 6 jam atau semalaman. Simpan di kulkas. 
  • Jika sudah direndam dengan waktu yang ditentukan, silakan tiriskan almond tersebut dan kupas dengan benar. 
  • Kalau kulitnya susah di lepas, kamu bisa merebusnya pada air mendidih selama kurang lebih 1 menit saja. Tiriskan, lalu siram dengan air dingin. (Note: Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa kulit almond mesti dibuang? Sebab, kulit almond sulit untuk dicerna dan mengandung lektin alias senyawa protein yang memberikan rasa sedikit pahit. Sehingga, wajib di buang saat kamu akan membuat susu kurma almond). 
  • Jika sudah, kamu bisa memeras campuran almond, kemudian memasukannya ke dalam botol dan sisihkan. Nah, ampas almond ini bisa kamu manfaatkan untuk hummus maupun selai nantinya. 
  • Sementara itu, kamu bisa mulai merendam kurma dalam air panas selama 10 menit saja.  
  • Jika sudah, tiriskan kurma dari rendamannya. 
  • Selanjutnya, sediakan blender dan masukkan susu almond, kurma, ekstrak vanili, garam, bubuk cokelat, serta strawberry. Hidupkan blender dengan kecepatan tinggi selama 30 detik. 
  • Selesai. Kamu bisa menuangkan susu almond ke dalam botol atau gelas plastik khusus jualan. 

5) Resep Susu Kurma Cokelat Paling Simpel 

Bahan: 

  • Kurma kualitas terbaik secukupnya 
  • 200 ml susu cokelat cair 
  • 3 sdm madu 
  • 1 sendok fiber cream 
  • 100 ml air dingin untuk meredam kurma 

Cara Membuat: 

  • Silakan potong-potong terlebih dahulu kurmanya, lalu buang bijinya. 
  • Rendam dalam air kurang lebih selama 15 menit. 
  • Jika sudah 15 menit, kamu bisa memasukkan kurma dan bahan lainnya ke dalam blender, lalu  haluskan. 
  • Terakhir, masukkan ke dalam botol susu kurma tersebut dan disimpan ke dalam kulkas. 
  • Selesai, kamu bisa mulai menjual susu kurma yang nikmat dan segar. 

Cara Membuat Susu Kurma Untuk Jualan – Tanya Jawab

Berapa lama susu kurma bertahan? 

Apabila disimpan di suhu ruangan, susu kurma mampu bertahan selama 8 jam. Lalu, jika disimpan dalam lemari pendingin akan bertahan selama 3 hari. Sementara, jika disimpan dalam freezer, maka akan bertahan selama 6 hari setelah tanggal produksi. 

Apakah Ibu hamil dan menyusui boleh mengonsumsi susu kurma? 

Tentu saja boleh. Susu kurma bagi ibu hamil dan menyusui mampu memberikan energi, sehingga tubuh tetap vit sepanjang hari. Selain itu, ASI menjadi lebih lancar saat kamu mengonsumsi susu kurma tersebut. 

Jenis kurma apa yang paling enak dikonsumsi? 

Kamu bisa mengonsumsi jenis kurma Ajwa karena termasuk dalam salah satu jenis kurma paling favorit.  

Tertarik untuk Jualan Susu Kurma? 

Seperti yang sudah diketahui, buah kurma merupakan salah satu buah yang berkhasiat tinggi bagi kesehatan dan aman dikonsumsi oleh semua kalangan. Menurut Healthline, buah kurma memiliki sebagian kalori yang berasal dari karbohidrat. Lalu, sisanya berasal dari jumlah protein yang begitu kecil. 

Walaupun mengandung kalori, kurma memiliki kandungan vitamin dan mineral penting yang sebagian besar dari serat. Satu porsi buah kurma sebanyak 3,5 ons (100 gram) memiliki banyak kandungan nutrisi seperti: 

  • 277 kalori 
  • 75 gram karbohidrat 
  • 7 gram serat 
  • 2 gram protein 
  • 20% kalium 
  • 14% Magnesium 
  • 18% tembaga 
  • 15% mangan 
  • 5% besi 
  • 12% vitamin B6 

Dari banyaknya kandungan nutrisi buah kurma, maka kamu bisa memperkirakan sendiri ada berapa banyak kandungan nutrisi dan vitamin saat diolah menjadi susu kurma. Tentunya, minuman sehat ini bisa dijadikan sebagai bisnis kekinian di bidang minuman.

Jika dilihat dari peluangnya, bisnis susu kurma cukup menjanjikan, apalagi saat ini banyak orang yang mencari minuman sehat nan menyegarkan. Dijamin deh, kamu pasti untung dan mendapatkan beragam keuntungan lainnya. 

Artikel Lainnya Terkait Resep Jualan: