free page hit counter
Investasi Bitcoin
Investasi Bitcoin mengundang banyak investor pemula untuk membeli uang kripto satu ini. via goodscoop.id

Investasi Bitcoin: Ini Potensi Untung-Rugi Cryptocurrency Satu Ini

Artikel diperbarui pada 4 Juni 2021.

Karena kepopuleran cryptocurrency Bitcoin yang terus menanjak dan keuntungan yang ditawarkan, tak heran banyak masyarakat menjual aset mereka untuk membeli Bitcoin. Benarkah investasi Bitcoin memberi peluang menggiurkan?

Investasi Bitcoin
Investasi Bitcoin mengundang banyak investor pemula untuk membeli uang kripto satu ini. | via goodscoop.id

Investasi bitcoin mempunyai return (pengembalian) dan perkembangan yang cukup besar dibanding investasi pada instrumen lainnya. Kenaikan return Bitcoin menyentuh angka 700 juta setiap kepingnya.

Sebuah angka yang fantastis. Banyak orang yang penasaran tentang apa itu investasi Bitcoin. Kamu pun mulai merasa kepo bagaimana prospek investasi bitcoin jangka panjang.

Baca Juga: Harganya Bikin Melongo, Apa Sih Bitcoin Itu?

Bukan hanya itu, kamu juga belajar hukum investasi bitcoin dan investasi bitcoin menurut islam. Dan lebih penting lagi, kamu mencari tahu apakah investasi Bitcoin halal atau haram.

Inilah value yang perlu dipegang oleh seorang muslim dalam rangka mencari rezeki. Sebuah faktor ahirat yaitu halal atau haram.

Selebihnya kamu akan mempelajari, apakah investasi Bitcoin aman?

Bagaimana cara investasi bitcoin?

Di mana saja kamu bisa investasi Bitcoin tepercaya?

Tak jarang, kamu bakal mencari orang yang punya pengalaman investasi bitcoin sebagai bahan belajar dan pembanding sebelum memutuskan berinvestasi.

Nah, pada tulisan ini kamu akan masuk ke dunia Bitcoin. Yaitu dunia digital yang mengubah banyak hal, mendisrupsi dan menggantinya dengan yang lebih baik, lebih cepat dan lebih praktis.

Siap?

Yuk, kita lanjutkan.

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Harus Investasi di Deposito Syariah Sekarang

Investasi Bitcoin dan Peluangnya Saat Ini

Tahukah kamu bahwa investasi adalah salah satu cara terbaik meningkatkan uang dan penghasilan. Selain memperoleh uang melalui aktifitas bekerja sebagai employe, berbisnis dan berkarya.

Salah satu investasi yang lagi menjadi buah bibir dan pusat perhatian banyak orang adalah investasi Bitcoin. Boleh dibilang banyak orang penasaran dengan cryptocurrency satu ini, termasuk kamu yang lagi baca artikel ini.

Iya, kan?

Apa Itu Investasi Bitcoin?

Bitcoin adalah salah satu jenis mata uang digital yang sangat populer di dunia. Bitcoin mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan dibanding portofolio investasi lainnya.

Kenapa?

Jawabannya sederhana.

Salah satu pemicu kenaikan popularitas Bitcoin adalah banyaknya orang yang berminat melakukan transaksi dan membeli Bitcoin sehingga harganya cepat naik dan melambung tinggi.

Harga yang cenderung naik begitu cepat membuat banyak orang tertarik untuk melakukan investasi bitcoin.

Baca Juga: Cara Deposito Memberi Kamu Keuntungan

Apakah Investasi Bitcoin Aman?

investasi bitcoin
Apakah investasi bitcoin saat ini aman? | via unsplash.com

Satu pertanyaan penting sebelum kamu membeli cryptocurrency; apakah investasi bitcoin aman?

Banyak orang yang tergiur iming iming dan penawaran kaya mendadak. Ahirnya mereka lalai untuk bersikap hati-hati (prudent).

Tergiur return yang tinggi dan cepat kaya membuat mereka melakukan investasi dengan emosional tanpa pemahaman yang dalam tentang investasi Bitcoin ini.

Teguh Kurnaiwan seorang COO Tokocrypto dan Chairman Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) menjelaskan bahwa sebenarnya aset cryptocurrency seperti Bitcoin ini merupakan sebuah aset virtual yang ditautkan (hashrate) lewat sebuah blok menuju blok yang lainnya.

Istilah ini biasa dikenal sebagai blockchain.

Pada Bitcoin tidak terdapat underlying  fisik tetapi mempunyai sebuah catatan di blockchain.

Tidak ada batasan hingga blok berahir. Masih menurut teguh saat wawancara dengan CNBC Indonesia di program InvesTime, Rabu (24/2/2021) Bitcoin akan mulai habis dan tak bisa diproduksi lagi saat mencapai suplai batas yaitu sebanyak 21 juta.

Teguh menambahkan ada kabar gembira bahwa saat ini PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan)  sudah melakukan pengawasan investasi uang kripto.

Oleh  karenanya masyarakat boleh bernafas lega karena banyak yang bicara tentang Bitcoin sebagai money laundering atau alat mencuci uang oleh kelompok teroris.

Jadi, kamu tak pelru khawatir. Sebab, saat ini sudah ada 13 agen penjual aset kripto yang legal dan sah.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Investasi Deposito Syariah

Keuntungan Investasi Bitcoin

Keuntungan investasi bitcoin
Apa saja keuntungan investasi bitcoin?

Mungkin kamu bertanya-tanya dalam hati “Seberapa besar keuntungan investasi Bitcoin?”

Ini memang pertanyaan dasar setiap orang yang ingin investasi terutama di ranah uang kripto.

Pada dasarnya saat kamu melakukan investasi di bidang apapun, selalu ada peluang untuk memperoleh keuntungan tinggi dan ada peluang mengalami kerugian yang sangat dalam.

Termasuk saat kamu memutuskan berinvestasi di Bitcoin. Agar kamu tambah memahami risiko dan potensi investasi Bitcoin, ada baiknya kamu memahami manfaat dan keuntungan investasi milenial satu ini.

Berikut beberapa manfaat dan keuntungan investasi Bitcoin:

Baca Juga: Apa Itu Deposito Syariah? Simak Panduan Lengkapnya di Sini

Biaya Transaksi Murah Meriah

Salah satu faktor penting dalam berinvestasi adalah mengetahui seberapa besar biaya transaksi saat membeli produk investasi tersebut.

Jangan sampai kamu tergiur investasi yang katanya menguntungkan tapi ternyata biaya transaksi yang ditetapkan cukup mahal.

Kabar baiknya, biaya transaksi investasi Bitcoin termasuk murah.

Seorang Direktur Solid Gold Berjangka, Dikki Soetopo menjelaskan bahwa biaya transaksi investasi Bitcoin sangat murah bila dibandingkan dengan investasi yang lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Investasi Emas Agar Untung: Panduan Khusus Pemula

Potensi Untung Besar

Salah satu faktor penting saat kamu berinvestasi adalah potensi untukng besar. Istilah ini disebut high return.

Wahyu Laksoni, seorang Analis Central Capital Futures bilang bahwa para investor mulai melirik investasi Bitcoin atau mata uang digital yang lainnya. Sebab, investasi jenis ini memiliki potensi untung besar.

Boleh dibilang mata uang digital tidak ada kaitannya dengan institusi, lembaga serta negara.

Resiko Investasi Bitcoin

Sebelum kamu memutuskan berinvestasi bitcoin, kamu perlu memperlajari apa saja risiko investasi uang kripto.

Dengan memperlajari dan mendalami apa saja risiko yang akan melekat pada investasi ini, kamu akan bisa meminimalisir kerugian atau risiko investasi bitcoin sejak dini.

Berikut beberapa risiko investasi bitcoin:

Baca Juga: Investasi Emas di Shopee: 3 Trik Agar Bisa Cuan Lebar

Keuntungan yang fluktuatif

Salah satu faktor penting yang perlu kamu tahu dan pahami adalah faktor risiko saat berinvestasi. Ketika kamu berinvestasi di Bitcoin maka kamu harus sadar sepenuhnya bahwa investasi memiliki risiko.

Salah satu risiko terbesar dari investasi bitcoin adalah keuntungan yang fluktuatif.

Kenapa?

Karena keuntungan Bitcoin yang fluktuatif membuat kamu akan memperoleh return yang sangat tinggi suatu waktu tapi pada waktu yang lain kamu juga berpeluang jatuh dalam kerugian yang sangat dalam.

Tidak Memiliki Legalitas dan Bank Sentral

Salah satu faktor penting mengapa bitcoin kurang menarik adalah tidak adanya legalitas dan bank sentral yang menaungi dan menjamin.

BI (Bank Indonesia) sebagai otoritas keuangan tidak mengakui mata uang digital termasuk Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Sehingga pemerintah dan otoritas keuangan terkait tidak  akan turut campur dalam naik turunnya nilai Bitcoin.

Baca Juga: Menabung atau Investasi? Ini Pilihan Tepat Mapan Finansial Sejak Dini

Kesimpulan

Di satu sisi investasi bitcoin adalah sebuah peluang investasi yang sangat menjanjikan di era digital ini tetapi di sisi yang lain kamu perlu mempelajari secara mendalam bagaimana Bitcoin bekerja.

Satu hal yang perlu diingat ketika berinvestasi adalah, high risk, high return. Semakin tinggi potensi keuntungan yang ditawarkan, semakin tinggi pula risiko yang mungkin kamu terima.

Terakhir, ingat ini. Jangan investasikan uang panas, uang orang lain, atau uang yang diamanahkan ke kamu dari orang lain. Investasikan sejumlah uang yang bisa kamu ikhlaskan kalau hilang 100%.

Kalau kamu hanya bisa kehilangan Rp 1 juta di investasi, maka investasikan saja Rp 1 juta tersebut.

Kamu harus siap kehilangan uang di investasi kripto sebelum berangan-angan cepat kaya dari profit Bitcoin.

Baca Juga: Saham Syariah: Cara Dapat Untung dari Investasi (Panduan 2021)

Tinggalkan Balasan