free page hit counter
Cara Membuat Es Boba dan Varian Paring Laris
Cara Membuat Es Boba dan Varian Paring Laris. | via goodscoop.id

Cara Membuat Es Boba Untuk Jualan, Dijamin Laris

Artikel diperbarui pada 16 November 2022.

Begitu tinggi animo anak muda terhadap Es Boba bikin banyak orang berlomba-lomba buka lapak es. Kunci sukses kamu jualan Es Boba ada di resepnya. Berikut ini adalah cara membuat es boba untuk jualan agar lapak kamu laris manis!

Es boba menjadi minuman yang digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Minuman manis dengan topping black pearl ini populer di Indonesia, dibuktikan ada banyaknya gerai boba di seluruh Indonesia. Saking populernya minuman itu, beberapa orang sampai rela antri untuk merasakan kesegaran dan keunikan rasa es boba.

Minuman es boba masih sama dengan minuman sejenis bubble tea yang dibuat dari racikan susu, teh, gula, dan topping pearls terbuat dari tepung tapioka serta gula.

Menariknya, es boba bukanlah minuman yang baru-baru saja diluncurkan, lho. Minuman ini sudah hadir di Taiwan sejak 1987.

Mengenal Es Boba, Minuman Hits yang Bikin Ketagihan

Sebelum membuat es boba untuk jualan, ada baiknya kamu kenalan lebih dulu dengan es boba ini. Dengan begitu, kamu bisa mengenalkan minuman hits kekinian itu kepada para pembeli yang mengunjungi geraimu.

Asal Usul Es Boba

Minuman es boba pertama kali muncul di Taipei, Taiwan, yaitu pada tahun 1980. Kemudian, minuman ini langsung viral dan menyebar ke China, hingga para pedagang China menjual kembali es boba di Indonesia.

Boba dibuat dari campuran susu dingin, karamel gula aren, dan mutiara tapioka. Untuk proses memasaknya sendiri, mutiara tapioka dimasukkan ke dalam karamel gula aren serta susu, dan dibentuk bulat-bulat.

Minuman hits ini pertama kali diperkenalkan oleh Liu Han-Chieh, seorang pemilik toko teh asal Taiwan bernama ‘Chun Shui Tang’, di Taichung, Taiwan.

Dulu, boba merupakan makanan penutup tradisional bernama ‘Fen Yuan’, yaitu puding dari tapioka dengan rasa manis yang biasanya disajikan bersama es air gula.

Kemudian, orang Taiwan menuangkan bola tapioka itu ke dalam es teh sebagai tambahan untuk menikmati teh. Dikarenakan banyak orang yang menyukainya, akhirnya Liu Han-Chieh menjadikan teh boba sebagai salah satu menu minuman di tokonya.

Minuman boba itu pun mulai dikenal dengan sebutan bubble tea atau pearl milk tea secara internasional, dan es boba atau teh boba di Indonesia.

Kini, boba tidak hanya digunakan dalam Thai Tea saja, melainkan ada banyak sekali gebrakan baru untuk variasi jenis minuman yang diberikan tambahan topping boba di dalamnya.

Awal Mula Istilah Penamaan Es Boba Drink

Sebelum dikenal dengan sebutan boba, terdapat nama lain yang menjadi pendahulunya, yaitu black pearl. Bahkan, ada juga yang menyebutnya tapioca tea, boba n acai, milk tea, serta pearl tea.

Beberapa orang menyebut Boba berasal dari Hongkong yang berarti ‘mutiara’. Ada juga yang menyebut boba berasal dari bahasa slang China dengan artian ‘dada’. Selain itu, warna boba tidak hanya hitam saja, melainkan ada warna emas atau golden pears.

Kandungan Minuman Es Boba

Segelas minuman es boba bisa mengandung lebih dari 50 gram gula. Hal itu belum termasuk tepung tapioka yang memiliki banyak kandungan kalori. Bila diestimasikan, jumlah kandungan kalori dalam segelas es boba bisa mencapai hingga 300 kkal.

Ini tentu berbeda jauh dengan nasi yang hanya memiliki kandungan kalori sekital 180 kkal saja. Artinya, satu gelas boba sebanding dengan jatah makan satu atau dua piring setiap hari. Padahal, Kementerian Kesehatan menyarankan batas konsumsi gula per hari adalah 50 gram atau sekitar empat sendok saja.

Oleh karena itu, para pakar kesehatan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi boba secara berlebihan. Namun, kamu tetap bisa mengkonsumsinya dalam batas wajar saja, ya.

Boba Mulai Populer di Amerika

Awalnya, minuman boba menjadi salah satu menu yang sering dijajakan oleh para penjual di pasar malam Taiwan. Saat itu, para penjual boba masih jarang ditemukan karena belum se-viral sekarang.

Seiring berjalannya waktu, boba semakin disukai masyarakat, hingga akhirnya menumbuhkan para pedagang baru yang berprofesi sebagai penjual boba di negara Taiwan, baik itu dalam sajian aslinya, hingga kreasi inovatif lain.

Pada tahun 90-an, boba mulai populer di negara Amerika Serikat karena dibawa oleh para penjual boba Taiwan yang hijrah ke negara adidaya tersebut. Perkembaangan boba di Amerika Serikat juga berjalan seiring dengan populernya tempat nongkrong  di cafe, salah satunya adalah Starbucks.

Penyajian Minuman Es Boba

Dalam penyajiannya, minuman es boba selalu disajikan dengan satu sendok tepung tapioka, lalu diikuti dengan jus atau teh yang mengisi wadah boba tersebut. Selain itu, penggunaan es dalam boba berupa es berbentuk kecil dengan jumlah banyak.

Saat ini, terdapat gelas plastik khusus es boba yang memiliki tutup di bagian atasnya. Kemudian, sedotan yang digunakan pun lebih besar agar boba bisa mudah tersedot saat kamu sedang menikmatinya.

Menariknya, penjual boba selalu menawarkan takaran gula serta teh kepada konsumennya. Dengan begitu, kamu bisa menentukan sendiri takaran sesuai selera, sehingga bisa menikmati boba tanpa takut kelebihan atau sejenisnya.

Macam-Macam Varian Boba Terbaru, Mana Favoritmu?

Es Boba memiliki berbagai varian unik yang digemari. | via freepik.com
Es Boba memiliki berbagai varian unik yang digemari. | via freepik.com

Pada tahun 2000-an, minuman es boba sempat meredup dan viral kembali baru-baru ini. Tentunya, itu disebabkan dengan adanya franchise yang berani mengeluarkan menu boba dengan keamanan serta rasa yang bikin ketagihan.

Kemunculan tren baru es boba membuat lahirnya varian baru boba yang populer di kalangan muda. Beberapa varian baru boba itu diantaranya sebagai berikut:

1. Clear Boba

Varian boba pertama adalah clear boba yang merupakan boba original dengan warna bening. Boba jenis ini tidak memiliki rasa, namun sebagian orang menyebutnya seperti rasa puding. Biasanya, clear boba sering dicampurkan dengan kombinasi minuman manis, sehingga bisa melengkapi perpaduan rasa di dalamnya.

Boba jenis ini cocok banget dikonsumsi oleh kamu yang tidak terlalu manis. Sebab, cita rasa yang diberikan hanya tercipta dari minuman es itu sendiri.

2. Mini Boba

Seperti namanya, mini boba memiliki ukuran yang lebih kecil daripada boba umumnya. Biasanya, ukuran untuk mini boba seperti halnya biji mutiara yang sering ditemukan dalam bubur sumsum.

Ternyata, bentuknya yang kecil dan imut mampu menarik perhatian pembeli, terutama kalangan anak-anak. Sebab, mini boba mudah dikunyah dan ditelan oleh anak-anak.

Untuk bahan bakunya sendiri, mini boba masih sama dengan jenis boba lainnya. Bedanya, proses pembuatan mini boba ditambahkan perasa dari gula merah atau caramel, sehingga memiliki rasa manis dan enak.

3. Black Boba

Varian black boba merupakan jenis yang lebih banyak digunakan para penjual dan dikenal luas oleh konsumennya. Boba berwarna hitam ini memiliki bentuk yang lebih besar daripada mini boba.

Proses pembuatannya pun sama, black boba dibuat dengan campuran pemanis lain seperti caramel atau gula merah. Saat pertama kali memakan boba ini, kamu akan merasakan cita rasa kenyal di lidah yang membuatmu ketagihan untuk mencobanya kembali.

4. Flavored Boba

Dari segi bentuk dan bahan dasarnya, flavored boba masih seperti jenis boba pada umumnya. Namun, untuk tambahan perasanya tidak menggunakan gula merah atau karamel, melainkan terdapat campuran cita rasa sirup serta buah-buahan sebagai penambah rasa uniknya.

Flavored boba sangat cocok disajikan bersama smoothies, es krim, frozen yogurt dan lainnya. Menariknya, rasa dari varian flavored boba cenderung lebih eksotis. Kamu bisa menemukan aneka rasa mulai dari manis, hingga asam.

5. Popping Boba

Popping boba memiliki rasa yang tidak berbeda jauh dengan varian flavored boba. Namun, untuk tekstur kenyalnya berbeda dengan varian boba kebanyakan. Perbedaan mencolok yang dimiliki oleh popping boba ialah berbentuk gelembung dan bisa meledak di dalam mulut saat kamu mengkonsumsinya.

Efek pop! atau ledakan di dalam mulut ini membuat popping boba memiliki peminat tak kalah banyak dari variasi lain. Kamu bisa mengkonsumsi boba ini bersama frozen yoghurt atau smoothies. Dijamin, sensasi unik ledakannya, bikin kamu ketagihan untuk terus mengkonsumsi.

Setelah berkenalan dengan es boba, kini saatnya kamu bisa langsung membuat es boba agar bisa dijual dan mendapatkan profit dari penjualan. Bisnis es boba diketahui tidak memakan banyak modal, serta mudah disukai oleh berbagai kalangan, terutama kalangan muda.

Bagi kamu yang ingin jualan minuman es boba, simak beberapa inspirasi cara membuat es boba di bawah ini yang paling mudah serta merupakan varian es boba yang paling digemari dan laris!

Cara Membuat Es Boba Instant Metode 5.30.7

Cara membuat es Boba Instan. | via freepik.com
Cara membuat es Boba Instan. | via freepik.com

Bahan-bahan:

Untuk membuat es boba instant metode 5.30.7, kamu hanya perlu menyiapkan tiga bahan utama saja, yaitu:

  • 300 gr boba instan
  • 2 liter air
  • 250 ml gula pasir cair

Dalam video di bawah ini, kanal Mama Dav n Naf memberi tutorial cara memasak boba instan kemasan dengan benar:

Cara Pembuatan:

  • Masukkan air ke dalam panci dan didihkan.
  • Jika sudah mendidih, kamu bisa langsung memasukkan boba instan, lalu rebus selama 5 menit sambil sesekali di aduk.
  • Kalau sudah 5 menit, kamu bisa matikan kompor dulu, dan diamkan selama 30 menit dengan wadah atau panci tertutup.
  • Setelah didiamkan selama 30 menit, silakan rebus kembali selama 7 menit. Apabila kamu ingin rasa bobanya lebih maksimal, maka bisa menambah waktu perebusan hingga 15 menit.
  • Jika sudah direbus selama 7 menit atau waktu yang kamu tentukan sendiri, saatnya mematikan kompor, lalu diamkan boba tersebut selama 30 menit di dalam panci dengan posisi tertutup panci. Pastikan kamu tidak mengangkat panci berisi boba ini di atas kompor.
  • Kalau sudah 30 menit berlalu, kamu bisa mengangkat boba dan mencucinya dengan air matang agar bisa menghilangkan lendirnya.
  • Selanjutnya, masukkan boba itu ke dalam wadah atau toples, serta beri air gula pasir yang sudah dicairkan sebanyak 250 ml atau sesuai selera.
  • Kini, boba instan sudah siap disajikan dan kamu bisa mencampurkannya dengan varian jenis minuman, seperti cokelat, vanilla, strawberry, matcha, aneka jus buah-buahan serta masih banyak lagi.

Cara Membuat Es Boba Brown Sugar

Cara buat es Boba dengan gula merah alias brown sugar. | via freepik.com
Cara buat es Boba dengan gula merah alias brown sugar. | via freepik.com

Bahan-bahan:

  • 250 gr bubble pearl
  • 1,5 lt air
  • ½ kg gula aren
  • 100 gr cheese powder
  • Susu UHT
  • Es batu
  • Topping regal dan oreo (tergantung keinginan)

Kalau kamu bingung, silakan simak panduan cara buat es boba brown sugar dari Chef Devina Hermawan berikut ini:

Cara Pembuatan:

  • Untuk memasak bobanya, terlebih dulu didihkan air sebanyak 1,5 liter. Lalu, masukkan bubble pearl sedikit demi sedikit, sambil diaduk pelan agar tidak mudah lengket di panci atau wadah yang kamu gunakan.
  • Masak bubble pearl kurang lebih 40 menit. Setiap lima menit sekali, kamu bisa mengaduknya agar hasil bubble pearl nanti sesuai keinginan.
  • Jika sudah 40 menit, silakan matikan kompor dan diamkan dengan posisi boba masih di dalam panci tertutup.
  • Sambil menunggu boba, kamu bisa sambil membuat gula aren cair sebagai campurannya nanti. Masukkan 150 ml air dan potongan gula aren ke dalam panci. Masak hingga gula larut, lalu diamkan hingga suhu panasnya turun.
  • Selanjutnya, saring dan simpan gula aren cair itu ke dalam mangkok atau panci bersih.
  • Nah, kalau sudah selesai dengan gula arennya, kamu bisa kembali ke boba yang sudah didiamkan selama beberapa menit.
  • Cucilah boba dengan air yang mengalir, sambil diaduk-aduk menggunakan spatula atau sapu tangan bersih agar tidak panas.
  • Jika boba sudah tidak berlendir dan bersih, kamu bisa memasukkan boba itu ke dalam wadah yang berisikan gula aren cair tadi.
  • Cara berikutnya adalah membuat cheese foam. Kamu bisa sediakan 500 ml susu UHT dan cheese powder, lalu kocok dengan mixer kurang lebih tiga menit sampai mengental.
  • Kalau sudah, kamu bisa menyimpannya di wadah tertutup. Perlu kamu ketahui, cheese foam ini bisa disimpan dalam kulkas maksimal dua hari. lho.
  • Terakhir, saatnya membuat boba milk brown sugar yang akan kamu jual.
  • Siapkan cup atau gelas plastik khusus es boba terlebih dahulu.
  • Masukkan satu centong boba yang sudah dicampur dengan gula aren, lalu masukkan es batu sesuai selera.
  • Masukkan susu dan cheese foam di atas susu. Kamu juga bisa menambahkan gula aren bubuk sebagai garnish-nya.
  • Biar tampilannya makin cantik dan disukai banyak orang, kamu bisa menambahkan regal atau oreo sebagai toppingnya.

Cara Membuat Es Boba Milk Tea Untuk Jualan

Cara buat es Boba Milk Tea. | via freepik.com
Cara buat es Boba Milk Tea. | via freepik.com

Bahan-bahan:

  • Boba yang sudah dimasak
  • 1 kantung teh celup
  • 2 sdm gula pasir
  • 200 ml air panas
  • Air dingin secukupnya
  • Susu segar secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya
  • Es batu secukupnya

Kanal YouTube Rhesti Danty menjelaskan cara membuat es boba milk tea dengan baik. Silakan ikuti langkah-langkahnya ya:

Cara Pembuatan:

  • Masukkan teh celup ke dalam gelas ukuran besar.
  • Tambahkan gula pasir dan air panas, aduk sampai gula menjadi larut dengan air.
  • Masukkan air dingin, susu segar, serta susu kental manis. Aduk hingga merata.
  • Siapkan gelas plastik khusus boba. Lalu, masukkan boba secukupnya ke dalam gelas tersebut.
  • Tuangkan campuran susu serta teh ke dalam gelas.
  • Masukkan es batu dan sajikan.

Cara Membuat Matcha Boba Milk Tea (Resep Kedua)

Cara membuat Boba Matcha Milk Tea. | via freepik.com
Cara membuat Boba Matcha Milk Tea. | via freepik.com

Bahan-bahan:

  • Siapkan boba yang sudah dimasak
  • 2 sdm Thai green tea
  • 100 ml air (untuk merebus teh)
  • 2 sdm krimer
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 sdm kental manis
  • Es batu secukupnya

Cara Pembuatan:

  • Silakan rebus terlebih dulu Thai green tea dengan air mendidih, lalu saring.
  • Campurkan rebusan thai green tea dengan gula pasir, krimer, dan kental manis. Aduk hingga semuanya larut.
  • Masukkan boba dan es batu ke dalam gelas, lalu tuangkan campuran thai green tea.
  • Selesai, kamu bisa langsung mencoba dan menjualnya.

Cara Membuat Banana Milk Boba

Bahan-bahan:

  • Sediakan boba secukupnya
  • 2-3 sdm gula aren dan 100 ml air untuk digunakan menjadi sirup.
  • Siapkan sedikit garam.
  • Siapkan susu rasa pisang.
  • 1 buah pisang.

Cara Pembuatan:

  • Blender terlebih dulu susu rasa pisang dan 1 buah pisangnya.
  • Campurkan boba dengan sirup gula aren, lalu tuangkan di dalam gelas.
  • Tuangkan banana milk, kemudian es batu secukupnya.

Bisnis Es Boba, Bisnis Populer Masa Kini

Setelah membaca beberapa cara membuat es boba untuk jualan diatas, maka kamu bisa mencoba semua resepnya, lalu jadikan varian menu dalam bisnis kamu sendiri. Semakin banyak varian menu es boba yang ditawarkan, maka semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan profit besar dari bisnis ini.

Pastikan kamu bisa bersaing dengan para penjual es boba lain, sehingga perlu ditingkatkan strategi penjualannya. Misalnya, rajinlah membuat promosi di berbagai media sosial agar banyak orang yang tertarik dan ingin mencoba es boba dari tempat bisnis kamu.

Artikel Terkait: