free page hit counter
Asuransi pendidikan syariah. | @yanalya - FREEPIK
Asuransi pendidikan syariah. | @yanalya - FREEPIK

Asuransi Pendidikan Syariah: 4 Rekomendasi Terbaik

Artikel diperbarui pada 6 Maret 2022.

Asuransi diperlukan untuk meminimalisir risiko, baik risiko kesehatan, perjalanan, hingga pendidikan anak. Kalau kamu sudah terpikir untuk memiliki asuransi pendidikan, kamu bisa memilih asuransi pendidikan syariah yang ada di Indonesia. Nah, apa saja asuransi pendidikan syariah terbaik di Indonesia?

Seperti asuransi kesehatan, asuransi pendidikan syariah juga penting untuk dimiliki, terutama untuk yang sudah memiliki anak. Seperti yang diketahui, setiap tahun biaya pendidikan selalu meningkat, sehingga perlu menyiapkan dana khusus pendidikan agar anak bisa menempuh pendidikan setinggi mungkin.

Bagi kamu yang ingin daftar di asuransi pendidikan syariah, pastikan bahwa jumlah dana diserahkan sesuai dengan target biaya pendidikan yang akan ditempuh anak. Kamu juga mesti memahami risiko yang ada, serta tidak mudah tergoda oleh agen asuransi tidak jelas.

Agar menemukan asuransi pendidikan syariah terbaik, kamu bisa lihat daftar di bawah. Berikut ini adalah 4 asuransi pendidikan syariah pilihan terbaik dengan menimbang manfaat dan premi yang dikeluarkan:

Baca Juga: 6 Asuransi Syariah Terbaik, Aman, dengan Rekam Jejak Memuaskan

#1. AXA Cerdas Amanah Syariah – Asuransi Pendidikan Syariah dengan Risiko Hingga 25 Tahun

Asuransi Pendidikan Syariah AXA Cerdas Amanah Syariah
Asuransi Pendidikan Syariah AXA Cerdas Amanah Syariah. | via axa.co.id

Asuransi dana pendidikan syariah ini merupakan program dari PT AXA Financial Indonesia. Asuransi AXA Cerdas Amanah Syariah ini memiliki banyak sekali keunggulan, diantaranya:

  • Perlindungan terhadap risiko meninggal dan cacat, minimal 10 tahun sampai 25 tahun.
  • Pembayaran 200 persen uang pertanggungan, apabila meninggal pada saat menunaikan ibadah haji dan umrah.
  • Pengembalian seluruh kontribusi dasar dan top up berkala sepanjang masa kontrak apabila terjadi risiko.

Minimum premi yang ditetapkan adalah senilai Rp.300.000 (premi dasar) dengan Rp.100.000 untuk top up berkalanya. Premi itu bisa kamu bayarkan dengan beberapa cara yaitu, tahunan, semesteran, kuartalan, serta bulanan.

Baca Juga: 7 Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah Bagi Keuangan Keluarga

#2. Asuransi Mandiri Elite Plan – Asuransi Pendidikan Syariah dengan Perlindungan Menyeluruh

Asuransi Pendidikan Syariah Mandiri Elite Plan dengan Perlindungan Jiwa dan Hasil Investasi Masa Depan. | via axa-mandiri.co.id
Asuransi Pendidikan Syariah Mandiri Elite Plan dengan Perlindungan Jiwa dan Hasil Investasi Masa Depan. | via axa-mandiri.co.id

Asuransi syariah ini hadir untuk perlindungan masa depan pendidikan anak agar terhindar dari ketidakpastikan (gharar), riba, serta barang haram.

Usia masuk yang ditetapkan dalam asuransi ini adalah, untuk pemegang polis mulai dari usia 18 tahun sampai 70 tahun. Sedangkan untuk pesertanya mulai dari usia 15 hari, sampai dengan 70 tahun.

Sementara itu, masa pertanggungannya hingga 100 tahun dengan minimum premi senilai Rp.25.000.000/tahun.

Lalu, komposisi 50 persen dana diinvestasikan pada pembayaran premi tahun  pertama, serta 100 persen dana diinvestasikan pada tahun-tahun berikutnya. Sehingga, investasi akan lebih maksimal untuk memberikan jaminan finansial yang lebih baik kepada anak atau cucu.

Baca Juga: 7 Asuransi Jiwa Syariah Terbaik Terdaftar OJK & Bebas Riba

#3. PRUlink Syariah Edu Protection – Asuransi Pendidikan Syariah dari Prudential

Asuransi Pendidikan Syariah PRULink Syariah Edu Protection
Asuransi Pendidikan Syariah PRULink Syariah Edu Protection untuk Perlindungan Masa Depan. | via prudential.co.id

PRUlink Syariah Edu Protection merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi atau biasa disebut unit link dari PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia.

Kontribusi yang kamu bayarkan memberikan manfaat perlindungan (proteksi) serta manfaat investasi dalam bentuk nilai tunai. Produksi asuransi ini tersedia dalam mata uang Rupiah yang memberikan manfaat asuransi selama polis masi aktif.

Program ini menetapkan minimum premi sebesar Rp.500.000/bulan dengan usia masuk tertanggung bagi anak mulai dari umur 1 tahun sampai 15 tahun di ulang tahun berikutnya.

Masa perlindungan di PRUlink syariah edu protection sampai peserta utama yang diasuransikan meninggal dunia sebelum usia 99 tahun, atau jika peserta utama mengalami cacat total dan tetap, setelah berusia 6 tahun dan sebelum usia 70 tahun.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat dari asuransi pendidikan ini, yaitu:

  • Bisa memberikan dua manfaat perlindungan untuk orang tua serta anak sekaligus dalam satu polis yang komprehensif.
  • Memberikan manfaat bulanan sampai anak berusia 18 tahun atau 25 tahun (sesuai dengan pilihan pemegang polis).
  • Mengimbangi dampak inflasi karena setiap 3 tahun sekali manfaat bulanan akan naik sebesar 15 persen dari nilai manfaat bulanan awal.
  • Dana investasi akan tetap berpotensi untuk berkembang sesuai jenis investasi yang dipilih nasabah, karena pihak asuransi syariah ini akan melanjutkan pembayaran kontribusi polis anak sampai anak berusia 18 tahun atau 25 tahun.
  • Mampu memberikan kemudahan unuk aplikasi anak kedua.

Baca Juga: 7 Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik & Legal Terdaftar OJK

#4. Takaful Dana Pendidikan – Asuransi Pendidikan Syariah yang Dikaitkan dengan Program Tabungan

Asuransi Pendidikan Syariah Takaful Keluarga yang Dikaitkan dengan Program Tabungan
Asuransi Pendidikan Syariah Takaful Keluarga yang Dikaitkan dengan Program Tabungan. | via takaful.co.id

Takaful dana pendidikan merupakan salah satu produk asuransi jiwa syariah yang dikaitkan dengan program tabungan khusus untuk membantu setiap orang tua dalam merencanakan dana pendidikan anaknya.

Untuk pola penarikan dananya sendiri akan disesuaikan dengan kebutuhan biaya  untuk setiap jenjang pendidikan, mulai dari Taman Kanak-kanak, hingga perguruan tinggi.

100% manfaat takaful dasar, dana tahapan pendidikan, dan beasiswa perguruan tinggi akan dibayarkan apabila peserta (orangtua) meninggal dunia karena kecelakaan.

Selain itu, 50% manfaat takaful dasar, dana tahapan pendidikan, serta beasiswa perguruan tinggi akan dibayarkan jika peserta (orangtua) mengalami cacat tetap dan total karena kecelakaan.

Lalu, 10% uang pertanggungan dan dana tabungan pendidikan yang terbentuk akan dibayarkan jika penerima hibah (anak) meninggal dunia selama polis aktif.

Tafakul dana pendidikan ini murni menggunakan prinsip syariah karena dana dikelola berdasarkan prinsip syariah Islam, di bawah pengawasan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca Juga: 5 Asuransi Mobil Syariah Terbaik Bebas Riba dengan Rekam Jejak Bagus

Pilih Asuransi Pendidikan Syariah yang Mana?

Asuransi pendidikan syariah bertujuan untuk menjamin kebutuhan pendidikan anak-anak kamu terpenuhi hingga lulus kuliah. Setelah kamu mengetahui 4 pilihan asuransi pendidikan syariah terbaik yang ada di Indonesia, sekarang kamu bisa memutuskan mana yang ingin kamu ambil sebagai pilihan terbaik untuk buah hati kamu.

Baca Juga: 7 Asuransi Motor & Mobil Legal OJK, Klaim Mudah Cair

Tinggalkan Balasan