free page hit counter
Bansos Mudik Lebaran 2021
Meski mudik mungkn dilarang, kamu bisa dapat bansos dari pemerintah pusat. | goodscoop.id

Pemerintah Siapkan Bansos Hadapi Larangan Mudik Lebaran

Artikel diperbarui pada 5 September 2022.

Bansos Mudik Lebaran 2021
Meski mudik mungkin dilarang, kamu bisa dapat bansos dari pemerintah pusat. | goodscoop.id

Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Raden Pardede mengatakan pemerintah sedang menyiapkan skema bantuan sosial untuk mendorong masyarakat tidak mudik tahun ini.

Baca Juga: Cara Daftar UMKM Online untuk Dapat BLT UMKM

“Kami siapkan bantuan sosial kepada saudara kita yang seharusnya mudik ini,” ujar Raden dalam webinar, Kamis, 25 Maret 2021. “Dari bantuan sosial tersebut, mereka bisa mentransfer sebagian dana tersebut kepada keluarga dan saudara di kampung.”

Raden mengatakan pemberian bansos merupakan bagian dari kebijakan pembatasan mudik yang disiapkan pemerintah tahun ini. Kebijakan tersebut telah dibahas oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) bersama dengan kepolisian, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Dalam Negeri.

Baca Juga: Belum Terdaftar DTKS? Ini Trik Terbaru!

“Jadi ada kemungkinan. Saya belum boleh mengumumkan ini secara resmi karena harus presiden, bahwa kita sudah menyiapkan kemungkinan besar untuk melakukan pelarangan mudik,” ujar Raden.

Pemerintah juga akan menyelesaikan masalah perayaan dan transportasi saat mudik lebaran mendatang. Dia mengatakan kebijakan tahun ini kemungkinan akan mengikuti tren tahun lalu.

Baca Juga: 8 Bansos yang Cair Sampai Akhir Maret 2021

“Kami memang kemungkinan akan menerapkan apa yang kita lakukan tahun lalu. Jadi akan ada pembatasan untuk mudik,” tutur Raden Pardede.

Raden mengatakan, penegakan kegiatan masyarakat berskala mikro yang juga dikenal dengan PPKM Mikro sudah cukup baik selama sebulan terakhir sehingga akan meluas dan meluas di beberapa provinsi. Ia mengklaim, kebijakan yang berlaku di tingkat RT dan RW tersebut berhasil menurunkan tingkat penularan Covid-19 di Tanah Air.

Baca Juga: Ini Link & Cara Daftar Bansos PKH Ibu Hamil 2021

“Jadi apa yang dikatakan tadi bahwa apa yang sudah kita capai ini tentu kami tidak mau buang begitu saja,” ujar Raden.

Pekan lalu, pemerintah menegaskan bahwa tidak ada larangan tahun ini bagi orang-orang untuk bepergian sebelum Leberan. Sedangkan untuk mudik 2021, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan pada prinsipnya tidak melarang, kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat rapat kerja dengan Komisi V DPR di Jakarta, Selasa, 16 Maret 2021.

Meski begitu, kata Budi Karya, Dinas Perhubungan akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan Satgas Covid-19 untuk melacak warga yang akan mudik.

Baca Juga: Cek Kamu Lolos Prakerja Atau Nggak di Sini!