free page hit counter
Syarat-Mendirikan-PT
Apa saja syarat mendirikan PT? | @snowing - freepik.com

Syarat Mendirikan PT: Lengkap & Terbaru 2021

Artikel diperbarui pada 17 Desember 2022.

Syarat mendirikan PT terdiri dari syarat dokumen yang diperlukan dan prosedur yang harus dilakui. Kalau kamu ingin mendirikan Perseroan Terbatas (PT), simak syarat lengkapnya di bawah ini.

Syarat-Mendirikan-PT
Apa saja syarat mendirikan PT? | @snowing – freepik.com

Di Indonesia sekarang sudah ada beberapa jenis badan usaha yang bisa dipilih oleh perbisnis seperti CV, Firma, dan Perseroan Terbatas (PT).

Namun sekarang badan usaha yang banyak dipilih oleh usahawan adalah PT, dan jika kamu ingin membangun perusahaan jenis ini alangkah baiknya mengetahui syarat mendirikan PT dan prosedur pendiriannya.

Untuk penjelasan lebih lanjut, kami telah mengulasnya pada artikel di bawah  ini.

Baca Juga: Syarat Mendirikan CV atau Persekutuan Komanditer

Syarat Mendirikan Perseroan Terbatas (PT)

Jika kamu adalah pebisnis pemula yang ingin mendirikan badan usaha Perseroan Terbatas,  alangkah baiknya jika kamu memahami dan belajar terlebih dahulu tentang jenis usaha ini.

Apabila kamu sudah merasa matang dan tetap ingin mendirikan PT, maka langkah selanjutnya kamu harus harus memahami Syarat-syarat mendirikan PT, sebagai berikut:

  1. Siapkan Kartu Tanda Penduduk, NPWP, dan Kartu Keluarga bagi para pemegang saham dan pengurus dengan syarat minimal dua orang pemegang saham.
  2. Siapkan foto direktur perusahaan dengan ukuran 3×4.
  3. Siapkan foto copy PBB tahun terakhir sesuai dengan domisili atau lokasi perusahaan.
  4. Siapkan fotocopy surat kontrak atau bukti yang menyatakan kepemilikan perusahaan.
  5. Siapkan surat keterangan domisili dari pengelola gedung jika perusahaanmu berdomisili di gedung perusahaan.
  6. Siapkan surat keterangan dari RT atau RW yang menyatakan persetujuan jika perusahaan di bangun diwilayah mereka.
  7. Kantor atau Perusahaan yang kamu bangun harus diwilayah plaza, ruko, dan tidak boleh dibangun di wilayah pemukiman.
  8. Siapkan surat keterangan zonasi yang berasal dari kelurahan setempat.
  9. Silakan stempel dari perusahaan.
  10. Silakan nama untuk perusahaan yang akan kamu dirikan.
  11. Pendiri wajib mengambil bagian dalam saham.
  12. Akta pendirian perusahaan harus disahkan oleh HAM dan Kementrian Hukum.
  13. Siapkan nilai dari modal dasar.
  14. Pengurus perusahaan terdiri dari minimal 2 orang yaitu satu orang direktur dan satu komisaris.
  15. Pemegang saham harus warga negara Indonesia.
  16. Pilihlah notaris yang akan mengurusi berkas-berkas dan akta yang dibuat harus berbahasa Indonesia.

Bagi kamu yang pemula harus teliti dalam melengkapi berbagai syarat mendirikan PT dengan tepat. Selain syarat PT, kamu juga harus menjalani beberapa prosedur, loh!

Prosedur dan Langkah Membuat PT

Cara-Mendirikan-PT
Prosedur mendirikan Perseroan Terbatas (PT). | @tirachardz – freepik.com

Nah jika kamu sudah memenuhi syarat-syarat di atas, maka kamu harus mengetahui prosedur-prosedur yang tepat di saat mendirikan sebuah perusahaan PT. Berikut penjelasannya.

#1. Pilihlah notaris

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih seorang notaris yang baik dan profesional, sebab notaris inilah yang akan mengurusi semua proses dan berkas-berkas yang dibutuhkan dalam pembuatan PT.

#2. Berapa biaya untuk mendirikan PT?

Sesuai dengan undang-undang nomor 4 tahu. 2007, maka seorang yang mendirikan PT wajib mempunyai modal dasar sebesar 50 juta dengan setoran minimal 25 persen untuk proses pendirian.

#3. Tentukan domisili

Setelah menentukan modal dasar, maka langkah selanjutnya adalah tentukan domisili dari perusahaan yang akan anda dirikan dengan mendapatkan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP).

#4. Tentukan bidang usaha

Setelah itu kamu harus mentukan Klasifikasi bNaku Lapangan Usaha Indonesia dan kode bidang usaha, sebab kode ini nantinya akan dicantumkan pada SIUP dan TDP yang akan diurus di daerah setempat.

#5. Tentukan nama perusahaan

Saran dari kami buatlah nama perusahaan yang menarik, unik, dan tidak pernah terpikirkan oleh orang lain, selain itu jangan membuat nama perusahaan dengan menggunakan bahasa asing.

#6. Pembuatan Akta Perusahaan

Setelah kamu menyerahkan nama perusahaan ke notaris, maka notaris akan memnuatkanmu akta kelahiran perusahaan dengan menggunakan nama perusahaan yang telah disetujui.

#7. Tanda tangan dan disahkan

Jika akta kelahiran Perusahaan telah dibuat, maka pemegang saham akan menandatangi akta tersebut di hadapan notaris dan kemudian akan disahkan oleh kementerian hukum dan HAM.

#8. Membuat BPJS dan NPWP

Ketika sudah disahkan, maka kamu sebagai pemilik perusahaan harus menyiapkan surat BPJS untuk ketenagakerjaan PT. Dan langkah terakhir adalah kamu harus membuat surat NPWP untuk perusahaanmu.

Perhatikan syarat mendirikan PT dan prosedur wajib yang harus dilalui dan dilengkapi secara benar dan tepat. Kalau kamu awam dan ingin mulai mendirikan PT tapi ragu dengan prosedur yang ada, konsultasikan pada notaris kepercayaan kamu.