free page hit counter
6 Bank Syariah Terbaik di Indonesia
6 Bank Syariah Terbaik di Indonesia

Bank Syariah Terbaik di Indonesia: Ini 6 Daftarnya

Artikel diperbarui pada 7 Juni 2021.

Sebagai bentuk kemajuan ekonomi syariah Indonesia, ada beberapa bank syariah terbaik yang bisa kamu pilih sebagai sarana transaksi keuangan, instrumen invesaasi, atau layanan finansial. Berikut ini adalah 6 bank syariah terbaik yang ada di Indonesia.

Bank-Syariah-Terbaik-di-Indonesia
Ini 6 bank syariah terbaik di Indonesia. | freepik.com

Mungkin kamu tertarik untuk mencoba layanan dari bank syariah yang ada di Indonesia. Tetapi kamu masih bingung apa saja bank syariah yang terbaik dan terpercaya di Indonesia?

Untuk itu, alangkah baiknya kamu simak baik-baik artikel di bawah ini yang akan mengulas terkait daftar Bank Syariah terbaik di Indonesia, yang pasti salah satunya akan menjadi favoritmu.

#1. Bank BCA Syariah

BCA Syariah
BCA kini juga memiliki bank syariah dengan nama BCA Syariah. | via bcasyariah.co.id

Kamu tahu enggak jika Bank BCA merupakan bank swasta yang terbesar di Indonesia? Bahkan  hingga saat ini masih exis dengan adanya layanan BCA Syariah di Indonesia, loh!

Mungkin kamu telah mengetahui jika bank BCA awalnya bukan bernama Bank BCA Syariah  tetapi bernama bank Utama Indonesia.

Namun pada tahun 2009 lalu ketika telah resmi diakusisi oleh BCA maka namanya pun telah berubah menjadi Bank BCA Syariah.

5 April 2010 merupakan pertama kali Bank BCA Syariah beroperasi dan bank ini mampu menawarkan produk finansial yaitu pendanaan dan pembiayaan kepada para nasabahnya.

#2. Bank Muamalat Indonesia

Bank Muamalat
Bank Muamalat, bank syariah pertama di Indonesia. | via bankmuamalat.co.id

Ketika kamu mencari daftar bank syariah yang terbaik di Indonesia, tentu Bank Muamalat akan ikut andil didalamnya.

Bank yang diprakarsai oleh MUI dan didirikan pada 1 November 1991 ini semakin meningkatkan pelayanan sebagai bank syariah terbaik di Indonesia hingga saat ini.

Bahkan Bank Muamalat memegang komitmen yang kuat dan berhasil meraup penghargaan sebagai bank syariah terbaik dalam versi Global Finance tahun lalu.

Perlu kamu ketahui jika Bank Muamalat ini telah berhasil membuka lebih dari 300 grai dan tersebar di provinsi Indonesia.

Konon kabarnya, Bank Muamalat merupakan salah satu bank syariah yang mampu membuka cabang di luar negeri seperti Kuala Lumpur, Malaysia.

#3. Bank Mandiri Syariah

Bank Mandiri Syariah
Bank Mandiri Syariah. | via bsm.co.id

Ternyata Bank Mandiri Syariah juga termasuk kedalam daftar Bank Syariah terbaik yang ada di Indonesia, loh!

Perlu kamu ketahui jika bank mandiri syariah mulai berkoperasi sejak tahun 1999 Silam.

Sejauh yang diketahui bahwa bank Mandiri Syariah telah mempunyai 1000 lebih jaringan kantor serta bank ini juga dinilai menjadi Bank yang mempunyai pelayanan yang lengkap kepada para nasabahnya.

Menariknya, Bank Mandiri Syariah telah dinobatkan sebagai Mitra terbaik khususnya dalam bidang investasi. Bank Mandiri Syariah bisa kamu gunakan untuk membuka tabungan baru.

#4. Bank BNI Syariah

Bank BNI Syariah
Bank BNI Syariah kini merger dengan bank syariah terbaik lainnya di Indonesia menjadi Bank Syariah Indonesia. | via bankbsi.co.id

Sejak 19 Juni 2010, Bank BNI Syariah mulai beroperasi dan masuk ke dalam daftar Bank Syariah terbaik yang ada di Indonesia sampai saat ini.

Bank BNI Syariah menyediakan berbagai layanan yang berbasis teknologi digital. Hal ini tentu saja bertujuan untuk membantu nasabah yang ingin membuka rekening melalui Hasanah online di Bank BNI Syariah.

BNI Syariah juga menawarkan berbagai macam produk finansial tetapi hal ini dikhususkan untuk produk personal saja dan kamu dapat menggunakannya untuk pembiayaan dan juga pendanaan.

Kamu jangan khawatir sebab produk dari Bank BNI Syariah ini telah berdasarkan prinsip syariah yang adil.

#5. Bank BRI Syariah

BRI Syariah
BRI Syariah termasuk salah satu bank syariah terbaik di Indonesia. | via brisyariah.co.id

Kurang afdol rasanya jika Bank BRI tidak dimasukkan ke dalam daftar Bank Syariah terbaik di Indonesia.

Bank BRI ini bernama bank jasa Arta sebelum operasi dan berubah nama menjadi Bank BRI Syariah sampai saat ini.

Sejak tahun 2008, Bank BRI Syariah ini mampu menghadirkan penawaran produk finansial yang unggul.

Produk yang ditawarkan Ini seperti perbankan bisnis, perbankan nasional hingga produk yang dikhususkan untuk berinvestasi.

#6. Bank BTPN Syariah

Bank BTPN Syariah
BTPN Syariah memiliki saham dengan kode BTPS yang bisa kamu beli di pasar modal. | via btpnsyariah.com

Bank BTPN Syariah hadir untuk memperluas layanan perbankan di Indonesia. Sejak tahun 2014, Bank BTPN Syariah ini masuk ke dalam daftar Bank Syariah terbaik di Indonesia.

Bank yang merupakan peleburan dari bank sahabat purba danarta dengan Bank UUS BTPN.

Pada bank BTPN Syariah ini akan menyediakan pelayanan pelatihan keuangan yang bertujuan untuk membantu kamu dalam pencarian nasabah dan juga dapat membina masyarakat melalui adanya program Bank BTPN Syariah.

Produk yang ada pada bank BTPN Syariah ini mencakup tabungan jamaah haji, deposito tabungan, dan banyak produk lainnya.

Adanya porduk yang bersedia merupakan salah satu komitmen pihak bank syariah terbaik di Indonesia.

Apakah Bank Syariah Halal?

MUI telah menyatakan bahwa bank syariah yang ada di Indonesia memenuhi standar untuk transaksi keuangan dan menyediakan layanan finansial untuk masyarakat muslim.

Meskipun penerapan bank syariah Indonesia belum 100% sempurna mengikuri syariah Islam, penerapan yang saat ini dilakukan oleh MUI melalui Dewan Syariah sudah merupakan langkah terbaik.

Perlahan-lahan, bank syariah terbaik yang ada di Indonesia ini menerapkan aturan-aturan syariah hingga sempurna sesuai dengan hukum Islam yang berlaku.

So, tak ada lagi alasan buat kamu ragu menggunakan layanan dan produk dari bank syariah.  Kalau bukan umat Islam yang mendukung bank syariah, siapa lagi?

Tinggalkan Balasan