free page hit counter
Cara Jualan di eBay dari Indonesia
Cara Jualan di eBay dari Indonesia. | via goodscoop.id

Cara Jualan di eBay dari Indonesia (Panduan Lengkap Terbaru)

Artikel diperbarui pada 30 November 2022.

Bagaimana cara jualan di eBay dari Indonesia? Sebagai platform yang paling sering digunakan di Eropa dan Amerika Serikat, eBay memiliki potensi cuan yang tak kalah fantastis. Kamu bisa jualan online ke luar negeri dengan memajang produk kamu di eBay. Atau, kamu juga bisa mencari suplier produk paling laku di eBay dan menjualnya di sana.

Ya, eBay termasuk salah satu marketplace internasional tertua di dunia tentu jadi pilihan utama buat kamu yang ingin jualan online ke luar negeri.

Di awal tahun 2000-an, jualan online ke luar negeri terlihat mewah, luar biasa, dan sebagai tanda bahwa bisnis kamu sudah maju dan sukses.Kini, jualan online semakin mudah dan murah dengan berbagai marketplace internasional dan teknik kerjasama antar negara yang sudah berkembang pesat.

Kalau pilihan jualan online kamu jatuh pada eBay, simak panduan lengkap cara jualan di eBay dari Indonesia berikut ini.

Cara Jualan di eBay dari Indonesia: Daftar Akun

Logo Ebay
Jualan online ke luar negeri di eBay dari Indonesia. | via ebay.com

Jualan online ke luar negeri di eBay termasuk pilihan bijak kalau pilihan pasar kamu berada di Eropa, Amerika, atau Jepang.

eBay adalah sebuah marketplace yang target pasarnya adalah internasional. Karena ini adalah pasar global tentu syarat dam ketentuan tidak sama dengan marketplace dalam negeri.

Selain itu penggunaan bahasa dan pembayaran secara umum menggunkan USD.

Ada sekitar 100 negara yang dilayani oleh platform ini. Kamu dapat membidik salah satu negara misalnya Malaysia. Untuk itu kamu harus membuat akun di Ebay.com.my.

Sistem pembayaran serta bahasa mengikuti negara yang menjadi tujuan pasar. Nah, cara jualan di eBay dari Indonesia adalah:

  1. Login ke ebay.com. lalu buat akun di platform ini.
  2. Cari menu register pada pojok kiri atas halaman
  3. Isi formulir pada kolom yang sudaj disediakan. Mulai dari nama sampai alamat email.
  4. Jangan lupa untuk membuat password
  5. Isikan alamat dan nomor telpon kamu ke kolom yang sudah tersedia
  6. Setelah selesai kamu akan diarahkan ke dashboard
  7. Untuk memulai penjualan kamu bisa klik all selling
  8. Di kolom yang tersedia, kamu bisa mengetik jenis barang yang dijual. Tapi kamu juga bisa memilih kategori yang sudah ada
  9. Isi kolom kondisi barang yang akan kamu jual. Tambahkan foto dengan kualitas yang bagus.
  10. Yang terakhir yaitu mengisi daftar item. Item tersebut akan tampil di beranda kamu selama 2 bulan. Apabila telah mencapai waktu tersebut, kamu bisa menghapus atau memasukkannya kembali ke daftar/ listing.

Baca Juga: 12 Barang Indonesia Yang Laku Di Luar Negeri, Primadona Mancanegara!

Cara Jualan di eBay dari Indonesia: Memahami Format Listing Produk

Memahami sistem listing produk di eBay untuk jualan online
Memahami sistem listing produk di eBay untuk jualan online. | via goodscoop.id

Ketika eBay pertama kali diluncurkan pada tahun 1995, itu adalah pasar peer-to-peer sejati yang dibangun di atas lelang.

Namun, dalam perkembangannya, eBay memperkenalkan alternatif lelang dengan fungsi “Beli Sekarang”. Setiap metode penjualan memiliki kelebihan dan kekurangan – mana yang paling cocok untuk kamu akan sangat bergantung pada bisnis pribadi kamu.

Auction-Style Selling – Jual Barang dengan Sistem Lelang di eBay

eBay menjadi terkenal karena penjualannya yang bergaya lelang. kamu menjalankan lelang tradisional selama beberapa hari tertentu. Pada awal lelang, kamu menempatkan tawaran pembukaan, dan kemudian pembeli mulai menawar dari harga pembukaan. Di akhir lelang, penawar tertinggi menang.

Jenis penjualan ini sangat cocok untuk seseorang seperti Video Game Vince karena mereka berurusan dengan koleksi unik. Penggemar genre komik yang antusias akan buru-buru menaikkan harga agar Vince bisa meraup untung besar.

Tips: Tetapkan harga cadangan atau harga terendah yang ingin kamu terima untuk item tersebut. Ini membuat kamu memegang kendali untuk memastikan kamu tidak menjual barang tersebut sampai kamu mendapatkan apa yang menurut kamu sepadan.

Fixed-price Listing – Jual Barang dengan Sistem Harga Jual Tetap di eBay

Juga dikenal sebagai metode penjualan “Beli Sekarang”, ini memungkinkan penjual untuk mengutip harga tetap untuk suatu barang.

Pembeli eBay mengetahui harga yang tepat sebelumnya dan dapat membelinya secara instan – tidak diperlukan penawaran. Jenis penjualan ini efisien dan nyaman karena tidak ada tawar-menawar atau menunggu lelang berakhir.

Baca Juga: Barang yang Dibutuhkan di Luar Negeri, Biasa Di Dalam, Hebat Di Luar

10 Langkah Jualan di eBay dari Indonesia

Kenali produk kamu untuk tentukan target pasar yang ingin kamu tuju di eBay untuk jualan online ke luar negeri
Kenali produk kamu untuk tentukan target pasar yang ingin kamu tuju di eBay untuk jualan online ke luar negeri. | via goodscoop.id

Kalau kamu ingin merambah pasar luar negeri, pastikan kamu sudah memiliki akun eBay. Mudah sekali untuk memuat listing barang yang ingin kamu jual ke pasar Eropa, Australia, Asia, maupun Amerika Serikat.

Jika sudah, ikuti 10 langkah jualan di eBay dari Indonesia berikut ini:

1. Tentukan User ID

Setelah kamu memiliki akun eBay, kamu harus memiliki user ID. User ID ini ditunjukkan di semua listing kamu. Jadi pilihlah nama profesional yang berhubungan dengan bisnis kamu.

Hindari penggunaan nama aneh-aneh atau menggunakan angka. Pastikan kamu memilih nama yang terkait bisnis atau gunakan nama brand kamu.

2. Metode Pembayaran

Pada langkah selanjutnya ini, kamu perlu menyiapkan metode pembayaran otomatis. Metode pembayaran bisa berupa PayPal, rekening bank, atau kartu kredit/debit.

eBay menggunakan metode pembayaran ini untuk menagih biaya dan pengembalian uang ke kamu.

3. Identifikasi Produk yang Ingin Kamu Jual Online

Pertama-tama, pilih salah satu dari dua metode listing yang ditawarkan oleh Ebay.

Quick Listing Tool bisa jadi pilihan kalau kamu baru pertama kali jualan online di eBay. Sebab, metode ini memberi panduan cara jualan di eBay bagi kamu yang masih pertama kali menggunakan eBay.

Nantinya jika kamu sudah terbiasa dan ingin menjual secara teratur dalam jumlah besar, gunakan Advanced Listing Tool.

Tool ini menawarkan beberapa fitur tambahan yang berguna untuk membuat daftar produk yang lebih detail.

Untuk membuat listing produk, masukkan judul produk atau kata kunci produk yang kamu jual di bilah pencarian dan isi informasi produk yang diperlukan.

4. Pilih Tipe Listing Produk

Di eBay, kamu bisa memilih dua tipe listing produk. Pertama, adalah auction-style listing dan fixed-price-style listing. Yaitu penawaran bergaya lelang atau penawaran harga tetap.

Gunakan listing auction saat kamu tidak yakin dengan nilai harga barang yang kamu jual. Hal ini biasanya terjadi jika kamu jualan online barang langka atau unik.

Gunakan fixed-price-style listing jika kamu ingin menjual barang dengan cepat dan sudah tahu harga pasar.

Selain itu, kamu juga dapat menyertakan opsi Buy Now dengan harga tetap dalam auction kamu. Kalau kamu sudah mengetahui harga yang ingin kamu tetapkan untuk barang terrsebut dan kamu memiliki persediaan yang besar, daftar harga tetap alias fixed-price-style listing lebih baik untuk kamu.

5. Durasi

Pada langkah berikutnya kamu menetapkan waktu mulai dan durasi untuk entri kamu. Karena lelang harga tetap diperpanjang secara otomatis setiap bulan kecuali penjual menghapusnya, langkah ini sangat penting untuk lelang.

Pikirkan tentang kapan pembeli kemungkinan besar akan menawar. Semakin banyak penjual online di akhir lelang kamu, semakin banyak tawaran yang akan ditempatkan pada penawaran kamu. Waktu penutupan adalah waktu yang sama dengan waktu mulai untuk semua lelang.

6. Harga

Jangan pernah meremehkan pentingnya harga yang kompetitif di eBay! Ini memiliki dampak besar pada keinginan orang lain untuk membeli dan pada saat yang sama meningkatkan visibilitas barang kamu.

Untuk mendapatkan harga, lakukan riset dan lihat barang yang dijual serupa dengan milik kamu. Juga, perhatikan baik-baik barang yang tidak terjual dan mengapa tidak terjual sehingga Anda dapat menghindari kesalahan yang sama.

7. Pengiriman

Di dunia Amazon Prime, penting untuk memiliki kebijakan pengiriman yang menarik, sebaiknya dengan pengiriman cepat dan pengembalian yang mudah.

eBay memberi kamu banyak pilihan berbeda untuk dipilih tergantung pada jenis produk yang kamu jual. Namun, jika kamu merasa perlu bantuan untuk mengirimkan pesanan, kamu harus mendaftar ke program pengiriman global eBay. Dengan cara ini, eBay menangani proses pengiriman dan bertanggung jawab atas kerusakan apa pun, kamu hanya akan dikenakan biaya dan biaya pengiriman.

8. Jaga Reputasi

Mempertahankan reputasi penjual yang positif akan sangat meningkatkan kredibilitas kamu sebagai penjual, yang pada gilirannya akan mendorong lebih banyak pembeli untuk membeli produk kamu.

Ada banyak saran sederhana untuk membangun reputasi positif. Ini hanya beberapa di antaranya: berikan layanan pelanggan yang baik, pantau stok dan hindari penjualan berlebihan, tinggalkan umpan balik positif untuk pembeli.

9. Selesaikan Transaksi

Kkamu akan segera diberi tahu jika ada barang kamu yang terjual. kamu harus selalu mengirim barang setelah pembayaran dikonfirmasi.

Jika kamu belum menerima pembayaran dalam beberapa hari, silahkan hubungi pembeli. Jika mereka tidak menjawab kamu, maka kamu harus melaporkannya ke eBay, yang kemudian mengajukan keluhan kepada pembeli.

Jika ini tidak diklarifikasi, biaya akan dikembalikan kepada kamu dan kamu dapat membuat daftar item lagi.

10. Terus Promosikan Listing

Jika kamu berjuang untuk menghasilkan minat yang cukup untuk listing kamu, kamu dapat dengan mudah mempromosikannya melalui Iklan eBay, yang menurut eBay, akan meningkatkan kehadiran kamu lebih dari 30%.

Kamu bebas memilih berapa banyak kamu ingin membayar untuk iklan karena eBay menggunakan harga iklan. Namun, jika kamu memilih harga yang lebih tinggi, semakin besar kemungkinan eBay akan mengiklankan kamu.

Barang Indonesia Paling Diminati di Luar Negeri untuk Jualan Online di eBay

Kategori di eBay
Kategori barang yang bisa kamu jual di eBay. | via cedcommerce.com

Pada dasarnya, eBay memiliki klasifikasi produk dan kategori yang terdiri dari:

  • Books
  • Business and Industrial
  • Clothing, Shoes, and accessories
  • Collectibles
  • Consumer Electronics
  • Crafts
  • Dolls and Bears
  • Home and Garden
  • Motors
  • Pet Supplies
  • Sporting Goods
  • Toys
  • Antiques
  • Computers/Tablets & Networking

Salah satu cara untuk mengetahui apa yang sedang hot di pasar luar negeri adalah dengan melihat apa yang sedang tren di eBay. Kamu bisa menggunakan tools ini untuk melihat apa yang dicari pembeli.

Cara lain untuk meneliti tren musiman dan data historis mengenai barang paling laku di luar negeri di platform eBay adalah Google Trends.

Kamu bisa menggunakan tool tersebut untuk membantu mengukur permintaan konsumen dan menentukan waktu terbaik untuk listing dan menjual produk kamu.

Sedangkan gambaran umum untuk produk yang paling laku untuk kamu jual di eBay adalah produk seperti:

1. Ponsel dan Aksesorisnya

Produk yang Laku di eBay
Produk smartphone dan aksesorisnya masih jadi yang paling laku di ebay. | via cedcommerce.com

Menurut statistik, ponsel dan aksesoris smartphone jadi barang yang paling laku di eBay, terutama produk iPhone. Berikut ini detailnya:

  • Terjual sebanyak 55.000 unit adalah silikon smartphone untuk iPhone
  • Terjual sebanyak 65.000 unit adalah kaca pelindung smartphone yaitu tempered glass
  • Terjual sebanyak 28.000 adalah iPhone holder untuk mobil

2. Games

Produk Game Konsol di eBay yang Laku
Game konsol seperti Nintendo Wii, Gameboy, SNES, juga laku di eBay. | via cedcommerce.com

Game konsol jadi produk paling laku di eBay dengan variasi harga mulai dari $4.99 sampai $88 per produk. Rata-rata harga produk games di eBay adalah $25.23.

Berdasarkan data ini, kamu bisa menjual:

  • Game untuk Nintendo Wii
  • Game untuk SNES
  • Game untuk Gameboy/Gameboy Advance

3. Produk Kesehatan dan Kecantikan

Produk Paling Laku di eBay Produk Kecantikan dan Kesehatan
Tidak mengherankan kalau produk kesehatan dan kecantikan juga laku di eBay. | via cedcommerce.com

Produk paling laku di eBay adalah vitamin dan suplemen diet yang termasuk dalam kategori produk kesehatan dan kecantikan.

Dalam 30 hari, sebanyak 1.140 unit produk kesehatan dan kecantikan terjual dengan rata-rata harga $37. Oleh sebab itu, kamu bisa menjual:

  • Produk skincare
  • Parfum
  • Suplemen rambut
  • Vitamin
  • Suplemen diet
  • Hair dryer

4. Produk Home and Garden

Produk Paling Laku di eBay Home and Garden
Buat kamu yang suka home decor, silakan mulai jualan online ke luar neger. | via cedcommerce.com

Di eBay, produk yang juga banyak terjual adalah produk dekorasi rumah dan taman. Kalau kamu menjual dekorasi dinding, lampu, bantal sofa, atau pot tanaman, bisa saja jualan kamu laku keras di sini.

Barang yang bisa kamu jual online ke luar negeri melalui eBay:

  • Pot
  • Dekorasi
  • Kerajinan keramik
  • Taplak meja
  • Hiasan dinding
  • Jam dinding

5. Komputer dan Tablet

Produk Paling Laku di eBay Komputer
Komputer, laptop, dan tablet juga masih merajai penjualan di eBay. | via cedcommerce.com

Komputer dan tablet sudah jadi kebutuhan umum di masa sekarang. Tak mengherankan kalau kini produk komputer dan tablet jadi incaran di eBay.

Kamu bisa menjual produk berikut ini ke luar negeri:

  • Komputer
  • Spare-part komputer/laptop/tablet
  • Scanner
  • Printer
  • Aksesoris komputer

Cara Jualan di eBay dari Indonesia: Membuat Deskripsi Produk

Di eBay, pembeli mencari produk menggunakan kata kunci. kamu dapat mengoptimalkan deskripsi produk kamu dengan memastikan untuk menyertakan kata kunci dan label produk yang relevan.

Tulis deskripsi produk terperinci yang mencakup atribut berikut:

  • Merek Dagang (“Nike”).
  • Gaya atau model (“Air Zoom Pegasus”).
  • Nomor model (“Galaxy S10”).
  • Warna (“hitam”).
  • Ukuran (“ukuran pria 12”, “ekstra lebar” atau “ukuran wanita 8”).

Sangat penting bahwa kamu menyusun atribut produk kamu mirip dengan kata dan frasa yang dimasukkan pengguna dalam pencarian eBay mereka. Alih-alih judul produk “Sepatu Converse Chuck Taylor”, misalnya, judul yang dioptimalkan adalah “Sepatu Converse Chuck Taylor All Star, Ukuran 9 Putih”.

kamu juga harus sangat transparan tentang cacat produk apa pun pada item tersebut dan mengungkapkan masalah atau cacat apa pun yang terkait dengan produk.

Informasi tambahan untuk disebutkan:

  • Seberapa besar dimensi barang?
  • Apakah perlu baterai dan apakah sudah termasuk?
  • Aksesori apa saja yang termasuk dalam cakupan pengiriman?

Identifikasi Produk untuk Optimalkan Penjualan di eBay

Menggunakan pengenal produk dalam cantuman kamu dapat membantu meningkatkan visibilitas item kamu, yang pada gilirannya membantu mengoptimalkan penjualan.

Saat pembeli menelusuri item di mesin telusur seperti Google atau Bing, mesin telusur tersebut mencari data spesifik yang disebut pengenal produk. eBay memerlukan ID produk saat menjual produk bermerek dalam kondisi baru atau rekondisi dalam kategori tertentu seperti elektronik konsumen serta kesehatan dan kecantikan. Daftar lengkap kategori dapat ditemukan di sini.

Pengenal produk terdiri dari tiga elemen:

  • Merek.
  • Nomor Bagian Pabrikan (MPN).
  • Nomor Barang Perdagangan Global (GTIN). GTIN dapat berisi Kode Produk Universal (UPC), Nomor Artikel Eropa (EAN), Nomor Artikel Jepang (JAN), atau Nomor Buku Standar Internasional (ISBN).

eBay menggunakan pengenal produk untuk membantu pembeli menemukan barang dengan cepat selama pencarian. Jika kamu menyertakan pengidentifikasi produk dalam penawaran kamu, produk kamu akan memenuhi syarat untuk visibilitas yang lebih tinggi dalam pencarian – baik di eBay maupun di mesin pencari eksternal.

Itu juga berhak atas pemberitahuan harga khusus (misalnya jika penawaran kamu di bawah harga yang sedang tren) dan termasuk dalam penawaran dan promosi lainnya.

Menambahkan pengenal produk sangat disarankan untuk memaksimalkan potensi kamu di eBay melalui penempatan produk yang lebih baik dan data SEO yang lebih baik untuk mesin telusur.

Cara Membuat Atribut Produk & Tips Sukses Jualan di eBay

Atribut produk menentukan fakta yang relevan dan penting tentang suatu produk – seperti merek, gaya, ukuran, dan warna. Seringkali kamu akan menemukan atribut produk tercantum sebagai “spesifikasi produk” atau spesifikasi.

eBay mendefinisikan sejumlah karakteristik barang untuk setiap kategori. Atribut produk dibuat dengan memetakan spesifikasi produk ke spesifikasi item kategori eBay.

Menyediakan serangkaian karakteristik item yang sangat mendetail akan menghasilkan sekumpulan data terstruktur lengkap yang memungkinkan mesin pencari menemukan dan memfilter produk. Ini meningkatkan relevansi hasil penelusuran dengan apa yang dimasukkan pengguna dalam kueri penelusuran mereka.

Dimensi Produk

Jika perlu, masukkan dimensi item di atribut. Dimensi produk harus mencerminkan ukuran produk sebenarnya, bukan ukuran kemasan.
Multipak dan produk yang dibundel.

Berikut adalah beberapa detail penting yang perlu diingat saat membuat daftar atribut untuk multipak atau bundel buatan pabrikan:

  • Atribut untuk produk yang dibundel harus berisi pengidentifikasi produk yang ditetapkan oleh pabrikan ke bundel.
  • Atribut untuk produk paket harus menggunakan nomor GTIN pabrikan untuk paket. Jangan gunakan GTIN produk dasar atau produk apa pun dalam kemasan.
  • Atribut untuk multipak harus berisi pengenal produk yang ditetapkan ke multipak oleh pabrikan.
  • Atribut multipak harus menunjukkan GTIN multipak spesifik yang sedang dijelaskan.

Varian Produk

Tip lainnya adalah memasukkan varian produk pada satu halaman, bukan beberapa halaman. Kami melihat eBay mulai mengelompokkan produk berdasarkan GTIN, jadi ini akan menjadi semakin penting dalam penyiapan kamu.

Tips & Cara Sukses Jualan di eBay dari Indonesia

Praktik terbaik yang tercantum di sini sebagian besar sesuai dengan praktik terbaik yang harus kamu ikuti di pasar mana pun serta situs e-niaga kamu. Namun, kamu akan menjadi sangat penting di eBay karena kamu perlu membedakan diri kamu dari pesaing yang juga menjual di saluran tersebut.

Berikut adalah beberapa tip umum dengan informasi lebih lanjut:

  • Kirim produk dalam jangka waktu yang diharapkan.
  • Segera proses pesanan kamu.
  • Segera tanggapi pertanyaan pelanggan.
  • Pastikan kamu mematuhi kebijakan pengembalian yang tercantum di eBay.

1. Buat Foto Produk Berkualitas

Ambil foto beresolusi tinggi dengan latar belakang putih polos untuk membuat produk menonjol. Pastikan ada cukup pencahayaan untuk menampilkan item dan detail yang relevan.

Cobalah untuk menangkap produk dari sudut yang berbeda dan juga mengambil beberapa foto close-up untuk menonjolkan detailnya. Jangan gunakan alat peraga – ini hanya akan mengalihkan perhatian pembeli kamu.

2. Beri Ongkir Murah dan Cepat

Biaya dan kecepatan sangat penting bagi pembeli eBay. Selama bertahun-tahun, harapan pembeli telah meningkat dan mereka lebih sering mencari pengiriman gratis.

Baik untuk diketahui: 71% produk yang dibeli di pasar eBay dikirimkan secara gratis.

Tawarkan harga pengiriman yang kompetitif (pengiriman murah atau gratis adalah yang terbaik) untuk menarik lebih banyak pembeli dan meningkatkan peluang penjualan kamu.

3. Kebijakan Pengembalian Barang

eBay menawarkan lima kebijakan pengembalian yang berbeda untuk dipilih:

  • Tidak ada pengembalian.
  • Pengembalian dibayar oleh pembeli selama 30 hari.
  • Pengembalian gratis selama 30 hari.
  • Pengembalian dibayar oleh pembeli selama 60 hari.
  • 60 hari pengembalian gratis.

Hak pengembalian yang paling menarik bagi pembeli eBay tentu saja adalah pengembalian gratis.

4. Berikan Customer Service Terbaik

Cara terbaik untuk menghindari ulasan eBay yang buruk adalah dengan mempertahankan reputasi yang baik dengan pelanggan kamu dengan memiliki layanan pelanggan. Dengan demikian, ulasan mengenai toko kamu pun akan jadi baik.

Penutup

Untuk memaksimalkan potensi toko e-niaga kamu di eBay, kamu perlu meneliti, bekerja, dan bersabar. Tidak ada yang seperti eBay yang menawarkan variasi dan luasnya produk unik dan memungkinkan penjual menjual produk yang tidak akan kamu lihat di pasar lain mana pun.

Artikel Lainnya Terkait Jualan Online ke Luar Negeri: