free page hit counter
Syarat Daftar Beasiswa Chevening
Alur daftar beasiswa Chevening bagi mahasiswa internasional. | via @news.itmo.ru

Beasiswa Chevening: Syarat Daftar Bagi Calon Mahasiswa Pascasarjana

Artikel diperbarui pada 4 November 2022.

Beasiswa Chevening yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kerajaan Inggris sudah banyak dikenal oleh para pemburu beasiswa. Hal ini karena Inggris menjadi salah satu tujuan belajar bagi banyak mahasiswa asal Indonesia.

Beasiswa Chevening
Beasiswa Chevening jadi incaran pemburu beasiswa yang ingin belajar di Britania Raya. | via @study-in-uk.org

Inggris dinilai memiliki sistem pendidikan lebih maju, terlihat dari banyaknya universitas top dunia disana.

Chevening Scholarships untuk tahun 2021-2022 sendiri sebenarnya sudah dibuka sejak November 2020 lalu.

Pendaftaran tersebut khusus untuk Indonesia dan bisa dilakukan melalui registrasi online. Meskipun sudah terlewat, namun kamu perlu mengetahui tentang Chevening Scholarship.

Hal ini untuk mempersiapkan ketika akan dibuka kembali pada periode selanjutnya.

Dari mulai persyaratan umum hingga khusus perlu diketahui dengan baik. Hal ini untuk menambah kesempatan lolos beasiswa tersebut.

Apalagi, kamu nanti akan bersaing dengan banyak mahasiswa dari seluruh dunia. Semakin matang persiapanya, maka semakin besar juga kesempatan diterima dan lolos beasiswa tersebut.

Baca Juga: Beasiswa S1 Luar Negeri untuk Kuliah di Jerman, Turki, hingga Jepang

Persyaratan Umum yang Harus Dipenuhi

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melamar beasiswa Chevening.

Persyaratan umum diberikan untuk melakukan standarisasi mahasiswa mana saja yang berhak mendapatkan bantuan biaya pendidikan secara gratis.

Hal ini juga berlaku demi mendapatkan mahasiswa yang sesuai dengan kriteria supaya mampu menghasilkan lulusan terbaik.

Syarat pertama tentu saja adalah berasal dari negara yang sudah menjadi mitra.

Negara yang sudah terdaftar dan memenuhi syarat mengirimkan mahasiswanya ke Inggris bisa mengikuti seleksi beasiswa tersebut dan Indonesia adalah negara yang sudah memenuhi syarat.

Syarat selanjutnya adalah mau serta bersedia kembali ke negara asal ketika masa beasiswa sudah berakhir. Syarat ini juga diberlakukan dengan batasan waktu tertentu.

Biasanya, Pemerintah Kerajaan Inggris akan menentukan minimal 2 tahun. Jadi, setelah beasiswa berakhir dan setidaknya sudah mencapai 2 tahun maka harus kembali.

Baca Juga: Beasiswa untuk Anak SMA: Kuliah Gratis D3 & S1 di Indonesia

Untuk masalah akademik, beasiswa Chevening juga menerapkan standar khusus. Ukuran nilai akademik menggunakan predikat upper second class 2:1 honours.

Jika disamakan dengan sistem akademik di Indonesia maka IPK minimal adalah 3,33. Pelamar juga diharuskan sudah memiliki pengalaman kerja dengan akumulasi setara 2.800 jam kerja.

Syarat yang paling penting adalah pelamar harus sudah mendaftar pada 3 jurusan berbeda. Tentunya ini harus sudah memenuhi persyaratan dari universitas serta pendaftar telah menerima undangan masuk tanpa syarat. Batas akhir undangan masuk tanpa syarat dari salah satu jurusan tersebut terakhir pada 15 Juli 2021.

Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak bisa mendaftar jika sebelumnya sudah pernah belajar di Inggris. Apalagi biaya pendidikan juga ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Kerajaan.

Artinya, setiap orang hanya akan menerima 1 kali pendidikan gratis yang biayanya ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Kerajaan Inggris.

Baca Juga: Kuliah di Jepang: Syarat & Cara Daftar Beasiswa S2 Ajinomoto

Dokumen Aplikasi yang Diperlukan Pelamar

Pelamar beasiswa Chevening juga harus menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Dokumen ini nantinya bisa berupa surat rekomendasi dari perwakilan kampus atau sejenisnya.

Hal ini untuk melihat sejauh mana pelamar layak untuk mendapatkan pendidikan gratis tersebut. Ditambah juga untuk ketentuan dari universitas tujuan.

Dokumen pertama yang nantinya kamu persiapkan adalah kartu pengenal. Identitas ini bisa berupa paspor yang masih berlaku atau Kartu Tanda Penduduk.

Tujuanya adalah untuk melihat apakah pelamar datang dari negara mitra atau bukan. Jika bukan, maka akan otomatis terdiskualifikasi pada tahap awal.

Dokumen kedua dan paling penting bukti kelulusan dari universitas asal. Ijazah menjadi bukti bahwa pelamar telah menyelesaikan masa studi S1 dan layak melanjutkan pendidikan selanjutnya.

Selain itu, transkrip nilai juga perlu dilampirkan sebagai pelengkap ijazah. Tujuannya adalah untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Baca Juga: 4 Beasiswa Jepang untuk Kamu Pilih Agar Lanjut S2

Ketika melakukan registrasi, pelamar dipersilahkan memilih 3 jurusan master dan itu disarankan berbeda di Inggris.

Meskipun beasiswa Chevening menerima semua program studi, namun pelamar akan disambut dengan baik ketika memilih jurusan tertentu.

Misalnya pada bidang keilmuan perubahan iklim, energi, kebijakan luar negeri, hingga ekonomi.

Dokumen lain yang tidak kalah penting adalah surat rekomendasi.

Ada 2 surat rekomendasi yang dibutuhkan, pertama rekomendasi kapasitas profesional dan kedua adalah untuk rekomendasi akademik. Tidak lupa juga pelamar harus mencantumkan biografi singkat.

Tujuanya supaya pihak pengelola beasiswa tersebut mengetahui riwayat dari para pelamar.

Semua dokumen ini akan diunggah oleh calon penerima beasiswa ketika sudah dinyatakan lolos tahap pertama.

Namun, sayangnya upload dokumen untuk pendaftaran masa studi 2021-2022 sudah ditutup sejak 22 Februari 2021 lalu.

Meskipun begitu, hal ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk pendaftaran masa studi selanjutnya.

Baca Juga: Beasiswa Turki untuk Lulusan SMA, Diploma, dan Sarjana

Alur Pendaftaran Beasiswa Chevening Inggris

Syarat Daftar Beasiswa Chevening
Alur daftar beasiswa Chevening bagi mahasiswa internasional. | via @news.itmo.ru

Semua informasi lengkap tentang Chevening Scholarship sebenarnya bisa diketahui melalui laman resminya. Calon pelamar harus selalu mencari informasi sebanyak-banyaknya supaya tidak ketinggalan update informasi.

Hal ini untuk meningkatkan persiapan pelamar dalam menyiapkan semua dokumen aplikasi. Hal ini akan lebih baik bagi calon pelamar.

Pelamar bisa mencari tahu di laman www.chevening.org/indonesia jika ingin informasi lebih lengkap. Namun, untuk masa studi 2021-2022 ini pendaftaran sudah ditutup.

Namun, kamu bisa mempersiapkan dari sekarang untuk pendaftaran selanjutnya. Semakin matang persiapan yang kamu siapkan, maka semakin besar juga kesempatan lolos.

Nantinya, setelah melakukan pendaftaran online, maka pelamar akan mengikuti beberapa tahapan. Jika lolos pada pendaftaran online, pelamar akan mengikuti sesi wawancara sebagai puncak seleksi.

Baca Juga: Panduan Pendaftaran Beasiswa Australia untuk Jenjang Magister dan Doktoral

Disini pelamar diharapkan mampu memberikan jawaban yang spesifik terhadap setiap pertanyaan. Tentunya tes wawancara akan dilakukan dengan Bahasa Inggris.

Jika lolos seleksi wawancara dan dinyatakan sebagai penerima beasiswa, maka pelamar diharuskan mengunggah undangan masuk tanpa syarat atau yang lebih dikenal dengan unconditional offer.

Surat undangan ini merupakan bukti bahwa pelamar telah diterima di salah satu universitas Inggris sehingga berhak menerima beasiswa Chevening.

Pendaftaran Online 3 September – 3 November 2020
Pengumuman Lolos Seleksi Online 22 Februari 2021
Wawancara 1 Maret – 30 April 2021
Pengumuman Akhir Pertengahan Juni 2021
Upload unconditional Offer 15 Juli 2021
Mulai Masa Studi September/Oktober 2021

Pilihan Universitas Tujuan Penerima Beasiswa

Beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Kerajaan Inggris ini menawarkan banyak pilihan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Hal ini karena disana iklim pendidikan telah mendukung siapa saja untuk berkembang. Ditambah dengan kebiasaan orang Eropa yang sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan.

Setidaknya ada lebih dari 30 universitas yang bisa dipilih bagi para calon penerima beasiswa. Universitas top dunia juga bisa dipilih bagi semua calon penerima beasiswa.

Sebut saja Cambridge University, Cardiff University, Oxford Center for Islamic Study, University of London dan masih banyak lagi.

Selain itu, para pelamar beasiswa Chevening bisa memilih jurusan apa saja yang menjadi minatnya.

Meskipun semua jurusan bisa diambil, namun beasiswa ini akan sangat mendukung bagi pelamar yang mengambil beberapa jurusan tertentu. Misalnya bidang perubahan iklim, ekonomi, teknologi, hingga kebijakan luar negeri.

Untuk masa studi 2021-2022, penerima yang lolos beasiswa ini akan mulai belajar pada September atau Oktober tahun ini. Selama masa studi di Inggris, penerima beasiswa akan mendapatkan beberapa tunjangan.

Misalnya biaya hidup, biaya thesis, dan masih banyak lagi yang menjadi fasilitas yang bakal kamu terima sebagai pemenang beasiswa Chevening.

Baca Juga: Syarat Khusus Melamar Beasiswa Australia untuk S2 & S3