free page hit counter
Bisnis-Online-Shop
Bisnis toko online (online shop). | FREEPIK

Hei, Kamu Wanita Karir! Ini 6 Adab Islam yang Harus Kamu Jaga

Artikel diperbarui pada 13 Mei 2021.

Asian muslim woman wearing medical face mask for prevent dust and infection virus and looking smartwatch in skytrain transit system public. Premium Photo
Ini adab yang harus dijaga ketika kamu para wanita bekerja.| EAKKACHAIHALANG_FREEPIK

Menjadi wanita karir atau wanita rumahan merupakan dua pilihan masing-masing orang, ada yang dipaksa keadaan untuk berubah menjadi tulang punggung, ada yang tergerak hatinya mengabdikan ilmu yang didapat dan ada yang memilih berkhidmah untuk keluarga di rumah. Tidak ada hal yang istimewa ketika seorang wanita terpaksa menjadi tulang punggung keluarga atau menjadi pendidik penerus bangsa, istimewa adalah ketika dua pilihan tadi dijalani dengan tanggung jawab tanpa mengurangi kodrat masing-masing sebagai seorang wanita dan seorang muslimah.

Jadi kamu perlu tahu hal-hal apa saja yang menjadi pakem dan panduan islam untuk para wanita karir, cek yuk.

Jangan Sampai Mengganggu Kewajiban Kamu

Young muslim woman in wear black dress read quran and making wish praying in mosque. make a wish and read quran in ramadan. Premium Photo
Ilustrasi | EAKKACHAIHALANG_FREEPIK

Wanita karir atau wanita yang bekerja sudah ada dari zaman dahulu, bahkan dari kalangan para Sahabiyat Nabi ada yang terjun ke medan perang menjadi prajurit suplai atau juru rawat.

Artinya menjadi wanita karir dan memilik andil di masyarakat bukanlah halangan dalam islam selama faham kewajibannya sebagai seorang wanita.

Menjadi muslimah baik di rumah atau pekerja tentu tetap terikat dengan kewajiban, terutama kewajiban menutup aurat. Menutup aurat harus menjadi harga mati seorang wanita karir.

Carilah tempat kerja yang mensupport idealisme yang kamu yakini, jangan sampai mengorbankan keyakinan demi sebuah pekerjaan dimana masih ada tempat kerja lain yang bisa kamu pilih dan tidak mengekang kewajiban menutup aurat.

Kewajiban lainnya bagi wanita karir adalah kewajiban sebagai ibu dan istri.

Tujuan seorang wanita bekerja adalah meringankan beban keluarga dan membahagiakannya, namun jangan lupa ada anak dan suami yang perlu mendapatkan perhatian dari kamu para wanita karir.

Harus Mendapat Izin Wali atau Suami

Muslim woman and man. close up portrait of a young arab girl and man in traditional dress. Premium Photo
Ilustrasi | GURICHEV_FREEPIK

Asalnya seorang wanita menjadi tanggungan keluarga dan suaminya, jika ada hal yang memaksa seorang wanita keluar pastikan sudah berizin wali atau suaminya.

Atas dasar ini wali dan suami berhak mencabut izin karir seorang wanita jika ada mashlahat dan kebaikan yang lebih dominan.

 Jaga Adab Sebagai Seorang Muslimah

Young muslim woman in wear black dress sitting alone in mosque, rear view. Premium Photo
Ilustrasi | EAKKACHAIHALANG_FREEPIK

Baik di rumah atau tempat kerja, seorang muslimah harus senantiasa menjaga adab-adab yang berkaitan dengan identitas dirinya. Menjadi wanita karir akan lebih sering bertemu dengan lawan jenis, jadi kamu harus membatasi diri kamu dengan adab-adab yang baik.

Tidak mudah melepaskan pandangan kepada lawan jenis, bercanda dan tertawa dengan lawan jenis tanpa sadar batasan, menghindari penggunaan pakaian ketat dan celana, tidak berhias diri dan menggunakan parfum yang menyengat, kamu bisa menggunakan deodorant untuk menghilangkan bau badan serta menggunakan rok yang lebar.

Pilih Pekerjaan yang Dibutuhkan Wanita, Anak-anak dan Lansia

Muslim woman teaching her children painting and drawing at home. Premium Photo
Ilustrasi | KENCHIRO75_FREEPIK

Karakter wanita adalah sebagai fitnah untuk laki-laki, untuk meminimalisir fitnah antar lawan jenis selayaknya memilih karir yang berkaitan dengan anak-anak dan perempuan.

Hal ini juga meminimalisir terjadinya kesalahpahaman antara kamu dan pasangan.

Kamu bisa memilih manjadi pendidik anak-anak pra baligh, membuka jasa perawatan lansia, dan yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan wanita.

Pada point ini wanita dianjurkan memiliki pendidikan tinggi agar bisa mendidik generasi bangsa, menjadi dokter ataupun perawat.

Pastikan No Ikhtilat!

Serious business team watching project presentation Free Photo
Ilustrasi | PCH.VECTOR_FREEPIK

Ikhtilat adalah campur-baur antara laki-laki dan wanita tanpa peduli batasan satu dengan lainnya. Jika tidak bisa memilih bekerja di tempat yang berkaitan dengan anak-anak dan wanita, pastikan di tempat kerja kamu tersebut tidak terjadi ikhtilat.

Jika terpaksa harus berkumpul atau keluar dengan lawan jenis maka ajaklah orang lain sebagai pihak ketiga.

Prioritaskan Pekerjaan yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Beautiful young smiling asian muslim woman working on phone sitting in living room at home Free Photo
Ilustrasi | TIRACHARDZ_FREEPIK

Di zaman modern ini tidak ada lagi halangan seorang wanita untuk explore dan mengembangkan keahliannya, teknologi dan internet memudahkan siapapun untuk menjadi apapun yang dia mau.

Kamu para wanita bisa memilih melakukan pekerjaan dari rumah seperti jual beli online, mejadi designer, penulis konten, editor video dan pekerjaan lain yang bisa dikontrol menggunakan HP atau Leptop.

Aturan-aturan dalam islam terkait muslimah seperti pembatasan bergaul dengan lawan jenis dan menutup aurat bukanlah untuk mendiskreditkan kaum wanita tapi sebaliknya yaitu untuk melindungi kaum wanita, memberikan privasi dan kenyamanan sesama wanita.

Tentunya islam sangat menjunjung tinggi dan memuliakan kaum wanita. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan