free page hit counter
Cara-Jualan-Online-di-Facebook
Cara jualan online di Facebook untuk UMKM. | @m-teerapat - freepik.com

Trik Jitu Jualan di Facebook bagi UMKM yang Jarang Orang Tahu

Artikel diperbarui pada 7 Juni 2021.

Cara-Jualan-Online-di-Facebook
Cara jualan online di Facebook untuk UMKM. | @m-teerapat – freepik.com

Bagi kamu yang baru menjalankan jualan online di Facebook pasti mengalami sedikit kebingungan saat membuat iklan promosi. Saat membuat iklan yang biasa saja dan terlihat datar, pengunjung sangat sedikit begitu juga dengan like dan komentarnya.

Banyak orang yang tidak terlalu suka dengan iklan yang biasa saja. Lalu bagaimana jualan di Facebook terlihat elegan, berikut ini rahasianya;

Artikel ini adalah sambungan dari topik Cara Jualan Online di Facebook bagi Usaha Kecil.

Cara Jualan Online di Facebook bagi UMKM dan Usaha Kecil

#1. Siapkan Akun yang Terpercaya

Akun dalam media sosial Facebook ibarat sebuah rumah yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Akun yang dimiliki bisa berupa akun pribadi atau akun fanspage.

Sebagian besar orang yang ingin terlihat profesional banyak yang memisahkan akun antara pribadi dan akun jualan online di Facebook. Untuk berjualan biasanya banyak menggunakan fanspage.

Untuk akun ini, sebaiknya menghindari membuat akun yang lebay. Misalnya dengan menggunakan nama yang sulit diucapkan. Agar lebih mudah dipercaya orang lebih baik membuat akun dengan nama sendiri.

Informasi tentang siapa diri kamu harus tertera dengan jela. Misalnya nama, kontak yang bisa dihubungi, penjelasan bisnis kamu hingga bagaimana cara memesan.

#2. Persiapan Produk

Jualan online di Facebook yang dibutuhkan tidak Cuma iklan saja. Produk yang akan dijual juga harus disiapkan dengan sebaik mungkin.

Bayangkan saja, jika ada pembeli yang tertarik dengan iklan dan produk kamu, lalu ingin membeli ternyata barang yang tersedia kualitasnya tidak bagus. Tentu pembeli akan merasa kecewa dan kapok untuk kembali membeli.

Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, maka produk harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin agar pembeli percaya. Bukan hanya produknya, cara packaging serta yang lainnya usahakan dilakukan secara profesional.

Sebab, keprofesionalan toko online umumnya dilihat dari sini ini selain dari kecepatan pelayanan dan keramahan.

#3. Analisa Pasar

Berjualan di media sosial pun membutuhkan analisa pasar layaknya berjualan offline. Kamu wajib tahu siapa saja yang menjadi kompetitor dan mengetahui bagaimana cara mereka melakukan promosi.

Terpenting pula adalah mengetahui tentang produk apa yang sedang booming saat ini.

Contohnya, jika yang sedang trend saat ini jualan baju muslimah menjelang lebaran, kamu pun bisa ikutan jualan online di Facebook berbagai macam baju muslimah. Jangan takut dibilang mengekor.

Karena meskipun jualan sama, kadang rejeki yang diterima akan berbeda.

#4. Lakukan Promosi

Jualan online di Facebook tanpa adanya promosi akan sia-sia dan tidak akan ada yang tahu apabila kamu berjualan di Facebook. Untuk itulah, promosi adalah senjata ampuh yang harus senantiasa dilakukan para pebisnis online di media sosial.

Cara melakukan promosi pun tidak bisa dilakukan sembarangan.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa pembeli akan bosan dengan iklan yang biasa saja dan dilakukan secara hard selling.

Untuk itu, jualan online di Facebook membutuhkan konten marketing yang berbeda. Berikan postingan yang bermanfaat. Jangan selalu digunakan untuk jualan produk.

Untuk menghindari kebosanan para pengikut akun kamu, sesekali buatlah status tentang sesuatu yang dibutuhkan oleh mereka.

Misalnya saja informasi film tertentu yang sekarang sedang viral. Biasanya yang seperti ini akan menarik banyak perhatian teman-teman kamu.

Artikel lain terkait jualan online di Facebook bagi UMKM dan usaha kecil:

Tinggalkan Balasan